6:16:00 AM

Lamaran Kerja Posisi Administrasi Inggris Indonesia

Contoh Surat Lamaran Kerja Posisi Administrasi dalam Bahasa Inggris Indonesia - ada yang sedang belajar membuat lamaran pekerjaan? Mungkin ingin belajar mengajukan lamaran dalam bahasa Inggris, atau bahasa Indonesia?

Anda bisa mengikuti pembahasan kita kali ini. Kali ini kita akan membahas satu jenis surat yang sangat banyak dibutuhkan. Yaitu, surat lamaran kerja. Kebetulan yang akan kita buat ini untuk posisi lowongan administrasi.

Kalau sudah biasa sebenarnya tidak perlu dibahas satu-satu. Umumnya lamaran sama saja meski posisinya berbeda. Meski begitu kadang kita ingin cari yang mudah. Supaya tidak bingung jadi kita langsung mempelajari contoh yang posisinya sama. 

Mungkin ada yang memang suka dengan posisi ini? Mungkin posisi administrasi merupakan pekerjaan impian yang ditunggu. Mumpung ada lowongan, langsung cepat mempersiapkan surat yang dibutuhkan. Mudah kok. Yuk kita bahas. 

A. Surat Lamaran dalam Bahasa Indonesia

Karena ini untuk belajar maka sekalian saja ya. Kita belajar membuat lamaran kerja untuk dua bahasa sekaligus. Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Siapa tahu nanti dibutuhkan. Kalau sudah belajar kan enak. Kalau perlu tinggal tulis saja karna sudah bisa.

Yang pertama akan kita pelajari adalah yang versi bahasa Indonesia. Bagaimana membuat yang berbahasa Indonesia?

Sama saja sih. Sama dengan surat untuk melamar kerja yang sudah biasa kita lihat. Bahasa yang digunakan yaitu menggunakan bahasa resmi. Yaitu bahasa baku, bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Penulisannya juga menggunakan format penulisan surat resmi. Bisa ditulis dengan tangan. Bisa juga diketik menggunakan komputer. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan. Susunan atau bagian - bagian dari suratnya juga tidak jauh beda.

Ada penerima surat, ada hal dan lampiran dan dilanjutkan dengan salam pembuka. Contoh salam pembukanya yaitu dengan hormat. Kemudian setelah salam tersebut diikuti dengan kalimat yang kurang lebih isinya yang bertanda tangan di bawah ini.

Begitu seterusnya sampai pada penutup surat. Ada isi dan juga ada penutup. Lamaran juga ditutup dengan nama terang dan ditandatangani. Seperti yang lain deh. Untuk lebih jelas mari kita pelajari salah satu contohnya di bawah ini.



Jelas ya. Jangan lupa, dalam lamaran juga perlu dicantumkan atau dijelaskan mengenai siapa diri kita. Misalnya dengan mencantumkan mengenai nama, tanggal lahir, agama dan lainnya. Perlu juga disebutkan mengenai pendidikan terakhir atau keahlian yang dimiliki.

B. Lamaran Administrasi dalam Inggris

Yang di atas sudah dibahas mengenai contoh ini khususnya yang berbahasa Indonesia. Bagaimana jika kita membutuhkan yang berbahasa Inggris? Tenang. Akan disiapkan juga satu contoh yang bisa dijadikan bahan referensi kita bersama.

Sebenarnya pada prinsipnya sama saja sih. Hanya beda di bahasa saja. Kalau kita perhatikan dan kita bandingkan maka tidak jauh berbeda. Harusnya kita yang bisa membuat bahasa Indonesia-nya pasti bisa yang berbahasa Inggris. Contohnya, silahkan pelajari berikut.



Itu tadi sedikit pembahasan kita mengenai contoh surat lamaran pekerjaan untuk administrasi di kantor. Semoga saja contoh yang sudah diberikan bisa berkenan dan bermanfaat untuk bahan belajar kita semua.

Selain contoh di atas masih ada banyak posisi lain yang bisa dipelajari. Lain waktu akan kita tambahkan lagi berbagai koleksi surat lainnya. Silahkan dilanjutkan dengan mempelajari referensi surat yang sudah disiapkan di bawah. 
2:24:00 AM

Lamaran Pekerjaan Posisi Manager

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan untuk Posisi Manager - kalau sudah bisa membuat lamaran kerja mau posisi apapun sebenarnya tidak masalah. Kita hanya perlu menyesuaikan sedikit. Kalau sudah pengalaman pasti tidak akan sulit.

Bagaimana dengan yang baru lulus. Tentu kadang agak ragu-ragu juga ya dalam menyusun surat ini? Makanya, edisi ini kita akan mengajak anda semua belajar dan berlatih menyusun surat lamaran kerja yang baik.

Tujuannya tentu agar kita bisa mendapatkan posisi yang diinginkan. Kalau untuk posisi manager seperti apa sih? Apa harus beda, apa perlu dibuat khusus? Tentu saja, khusus dalam artian posisi pekerjaannya saja.

Kalau bentuk atau susunan suratnya tentu akan mengikuti standar baku dalam pembuatan surat. Supaya tidak ragu - ragu dan bingung mari kita bahas lebih jauh mengenai jenis surat yang kita butuhkan tersebut.

A. Bentuk Susunan, Isi dan Penulisan Surat

Seperti sudah kita singgung sebelumnya, bentuk surat ini mengikuti kaidah penulisan surat yang baik dan benar. Dari sisi tata letak dan susunan suratnya, kita merujuk pada pedoman penulisan surat resmi. Misalnya saja bagian-bagian dalam surat yang kita buat. 

Dalam lamaran yang dibuat juga ada bagian-bagian surat resmi. Misalnya ada bagian tanggal surat. Ada juga bagian penerima surat. Juga ada salam pembuka, isi dan juga penutup. Secara umum bentuknya seperti itu.

Bagaimana dengan isinya? Masalah isi tentu disesuaikan dengan target informasi yang ingin disampaikan melalui surat yang dibuat. Informasinya apa saja? 

Pertama mungkin data diri secara ringkas. Dalam hal ini yang berkaitan dengan bidang pekerjaan yang hendak kita lamar. Sebagai contoh kita bisa memberikan sedikit gambaran mengenai kemampuan kita untuk posisi yang diminati.

Sebut saja misalnya mengenai latar belakang pengalaman yang menunjang dalam melaksanakan tugas manager yang akan dilamar. 

Lalu untuk penulisannya sendiri bagaimana ya? Ya kalau masalah penulisan juga sama saja. Sama dengan yang lain. Surat ditulis rapi. Bisa ditulis tangan atau diketik menggunakan komputer. Tinggal disesuaikan saja. Kan biasanya ada yang secara khusus meminta lamaran ditulis tangan.

Dalam penulisan harus rapi. Tidak ada coretan, apalagi kotor. Kalau diketik komputer juga sama saja. Rapih, jenis font yang digunakan sama, ukurannya standar dan sama. Batas-batas kertas pun harus diatur sesuai kaidah penulisan yang baik.

Intinya, dalam membuat lamaran baik bentuk, susunan, isi maupun penulisannya harus sebaik mungkin. Jangan sampai ada kesalahan, apalagi yang fatal. Melalui lamaran harus bisa ditunjukkan bahwa anda kompeten dengan bidang yang diinginkan. 

B. Contoh Lamaran untuk Jabatan Manager
Di atas kita sudah jelaskan secara jelas mengenai surat ini. Kita sudah belajar merumuskan isinya. Sudah dijelaskan juga mengenai penulisannya. Tentu tidak akan lengkap jika semua penjelasan itu tidak didukung dengan contoh.

Untuk memudahkan kita memahami bagaimana menyusun lamaran manager tentu kita harus mempelajari contohnya langsung. Sebenarnya banyak sih contoh yang ada di internet. Tapi untuk menambah referensi khususnya untuk pengunjung setia kami siapkan juga contohnya.

Berikut ada salah satu contoh bentuk penulisan surat yang sudah jadi. Silahkan dipelajari lebih jauh agar tahu bagaimana cara membuatnya.

Lamaran Pekerjaan Manager

Sementara satu saja dulu. Lain waktu untuk lowongan posisi manager ini akan kita lengkapi lagi contoh - contoh surat lamaran lain yang dibutuhkan. Dengan begitu kita akan memiliki gambaran yang lebih jelas.

Untuk selanjutnya silahkan pelajari juga beberapa bentuk surat lamaran lain yang juga sudah kita bahas sebelumnya. Khusus untuk anda telah disiapkan beberapa lamaran lain yang sering dibutuhkan. Silahkan dipelajari bersama-sama.
8:33:00 PM

Surat Lamaran Kerja di Hotel

Contoh surat lamaran kerja di hotel, itu yang akan kita bahas kali ini. Seperti kita tahu, surat lamaran merupakan sesuatu yang sangat penting. Surat ini banyak sekali dibutuhkan, khususnya bagi pencari kerja. Mungkin anda salah satu diantaranya.

Kalau ingin mendapatkan kerja dengan posisi yang diimpikan tentu wajib bisa dong membuat lamaran kerja. Maka dari itu kita belajar bersama di situs ini. Kita akan bahas secara rinci dan menyeluruh.

Kita tidak hanya akan memberikan contoh saja tetapi akan kita bahas bagaimana cara menulisnya. Lengkap dengan langkah dan proses pengetikan atau penulisan yang baik. Jangan sampai ketinggalan ya. Ini sangat penting. 

1) Amplop lamaran cpns
2) Lamaran kepala gudang
3) Control systems enginering
4) Lamaran via email

Apa saja yang harus dibahas? Mengenai surat ini kita akan membagi pembahasannya menjadi dua. Pertama yaitu membuat lamaran dalam bahasa Inggris dan yang kedua yang dalam bahasa Indonesia. Kita akan menjelaskan caranya. 

A. Lamaran kerja dalam Bahasa Inggris

Bagaimana cara membuat yang berbahasa Inggris? Pada dasarnya sama saja sih. Yang berbeda hanyalah pada bahasa yang digunakan. Kalau diperhatikan bentuknya juga bisa sama dengan lamaran pada umumnya.

Pada surat berbahasa Inggris mungkin yang agak berbeda adalah penulisan tanggal karena format penulisan suratnya tidak sama. Kalimat-kalimatnya juga hampir mirip dengan yang bahasa Indonesia. Kalau masalah bentuk bisa berbeda - beda.

Dalam penulisan atau pengetikan juga sama saja. Lamaran bisa ditulis menggunakan ketikan komputer. Bisa juga ditulis tangan. Sesuai yang dibutuhkan saja. Bentuk penulisannya bisa melihat kaidah penulisan surat.

Dalam membuat surat ini bisa juga dibuat yang versi lengkap. Dimana pelamar bisa memilih bentuk yang menyerupai resume pribadi. Di dalamnya bisa terdiri dari berbagai informasi yang dibutuhkan. Mari perhatikan contoh berikut.


Apa ya, yang di atas lebih tepat dikatakan seperti curiculum vitae atau daftar riwayat hidup. Mungkin bisa digunakan sebagai persyaratan melengkapi surat lamaran yang dibuat. Kalau untuk lamarannya bisa diambil seperti yang umum digunakan. 

B. Surat Lamaran kerja bahasa Indonesia

Untuk posisi lowongan di hotel juga bisa dibuat dalam bahasa Indonesia. Tentu ini jika hotel tersebut memang memberikan info lowongan kerja atau iklan lowongan kerja dalam bahasa Indonesia. Kalau lowongannya dalam bahasa Inggris ya pakai Inggris.

Lalu, seperti apa cara membuat lamaran yang berbahasa Indonesia? Sama saja sih. Sama dengan yang sudah umum digunakan.

Anda bisa memilih bentuk surat yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Yang terpenting adalah baku dan sesuai kaidah penulisan surat yang baik dan benar. Misalnya, bisa menggunakan bentuk yang seperti surat umumnya.

Penulisan dimulai dari tanggal surat. Misalnya dari tempat dan tanggal seperti "Jakarta, 11 Oktober 2019". Tinggal disesuaikan tanggal pembuatannya ya.

Setelah itu diikuti dengan penulisan penerima surat yaitu "Kepada Yth" dan seterusnya. Setelah itu akan dilanjutkan dengan salam pembuka. Biasanya menggunakan kalimat pembuka "dengan hormat".

Setelah salam pembuka maka diikuti dengan paragraf pertama. Untuk lebih jelas silahkan langsung pelajari saja contoh yang sudah disiapkan berikut ini.


Di atas adalah salah satu bentuk lamaran kerja hotel yang bisa digunakan sebagai bahan referensi. Tentu anda tidak harus menggunakan contoh di atas. Silahkan disesuaikan saja dengan kebutuhan.

Selain contoh yang pertama di atas juga masih ada bentuk yang lain lagi. Bentuk penulisan suratnya sebenarnya bisa mengikuti kaidah penulisan surat. Tentunya yang umum dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Untuk yang kedua silahkan pelajari di bawah.

surat lamaran kerja di hotel

Demikian tadi pembahasan kita mengenai contoh lamaran kerja di hotel yang bisa dijadikan tambahan referensi. Perlu diingat bahwa yang ada di atas hanyalah contoh saja. Silahkan dipelajari agar bisa memilih mana yang pas untuk digunakan.

Anda bisa menggunakan atau tidak menggunakan contoh tersebut. Diterima atau tidak diterimanya lamaran tentu banyak pertimbangannya. Sebuah lamaran juga tidak bisa serta merta menjamin lamaran diterima atau disetujui. Tetap belajar dan jangan putus asa ya.
8:29:00 AM

Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit - tapi jangan akal-akalan ya. Tidak masuk sekolah karena pura-pura tidak enak badan. Nanti bisa sakit betulan. Tapi kalau memang benar-benar sakit ya mudah-mudahan lekas sembuh. 

Untuk rekan pelajar. Jika memang dibutuhkan, orang tua atau wali bisa menulis surat untuk meminta izin jika anaknya sedang tidak enak badan atau sakit. Surat ini dibuat dan dikirim ke sekolah agar pihak sekolah bisa mengetahui alasan kenapa anak kita tidak dapat mengikuti pelajaran. 

Jika dikarenakan sedang sakit, orang tua / wali yang harus memintakan izin kepada guru atau wali kelas siswa yang bersangkutan. 

Surat ini sekaligus bisa berfungsi sebagai pemberitahuan kepada pihak sekolah atas kondisi kesehatan salah satu muridnya. Nah, lalu bagaimana sih cara membuat surat ini yang baik dan benar?

Yang namanya surat untuk pihak sekolah tentunya tidak boleh asal - asalan ya. Pertama bahasa yang digunakan harus sopan. Susunannya baku, bahasanya efektif dan juga yang tidak kalah penting penulisannya juga harus rapi.

Tapi jangan takut. Untuk orang tua atau wali yang tidak biasa menulis surat izin sakit seperti ini bisa belajar kilat menyusun atau membuat surat tersebut. Mudah kok, tinggal diikuti saja contohnya. Seperti apa, mari langsung kita pelajari draf surat-nya berikut. 

Jakarta, 06 September 2019 

Kepada Yth. 
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI TSM 
SMK Kesatuan 10 Jakarta Barat 

Dengan hormat, 
Dengan ini saya orang tua/wali murid dari : 

Nama : Faris Farisi 
Siswa : Kelas XII TKJ SMK Kesatuan 2 Samarinda 
Alamat : Jl. Ruhui 121 Gg. Asem Jakarta Barat 

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut diatas tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Jum'at 06 September 2019 dikarenakan sakit. Oleh karena itu, sekiranya Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI TSM memberikan izin. 

Demikian surat izin saya buat, atas pemberian izin dan kebijaksanaan Bapak/Ibu Guru Wali Kelas saya ucapkan banyak terima kasih. 

Hormat saya, 
Orang tua/Wali murid 

Sapri Sapridang 

Itu tadi contoh redaksi suratnya ya. Kalau dibutuhkan bisa disalin saja. Setelah itu tinggal disesuaikan saja data anak dan sekolahnya. Jadi tidak susah harus ketik ulang. Tinggal diedit saja seperlunya. Kalau bentuk penulisannya bisa melihat gambar di bawah.

Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit
Contoh Surat Izin Sakit dari Orang Tua/Wali

Demikian tadi sedikit pembahasan kita mengenai surat izin tidak masuk sekolah dikarenakan sedang sakit. Semoga saja kita tidak pernah menggunakan surat tersebut. Mudah-mudahan kita semua selalu sehat dan bisa beraktivitas sebagaimana mestinya. 
4:38:00 AM

Amplop Lamaran Kerja CPNS

Contoh Penulisan Amplop Lamaran Kerja CPNS - menyambut penerimaan CPNS 2019 ini tentu banyak yang sudah menantikan jauh - jauh hari. Banyak persiapan yang sudah dilakukan. Ada yang sudah menyiapkan berkas-berkas dan lain sebagainya.

Yang tidak boleh ketinggalan juga adalah mengenai penulisan amplop untuk proses mengikuti seleksi cpns tahun ini. Jangan sampai jadi bingung karena tidak tahu, benar kan?

Tentu kita harus mempersiapkan juga mengenai amplop tersebut. Ada dua jenis yaitu mengenai amplop. Keduanya tentu harus dipelajari juga agar nanti bisa lancar urusannya.

Sebenarnya sudah banyak juga sih yang memberikan contoh mengenai hal ini. Tapi, siapa tahu saja pengunjung setia situs ini ada yang lupa atau bagaimana. 

Lalu, kira-kira seperti apa sih cara penulisan amplop cpns tersebut. Tidak rumit sih, tidak sulit jika diperhatikan dengan seksama. 

1) Lamaran cpns 2019
2) Contoh surat lamaran cpns 2019
3) Berkas cpns 2019
4) Persyaratan cpns 2019
5) Formasi cpns 2019
6) Persyaratan cpns 2019 untuk s1 
7) Sscn bkn go id

Supaya tidak bingung maka kita berikan saja langsung bagaimana contoh untuk amplop yang akan digunakan tersebut. Seperti apa, mari kita lihat di bawah ini.


Ternyata tidak sulit juga bukan? Ya, kadang kita memang hanya bingung dan terlalu terburu-buru alias gupek juga. 

Makanya kalau sudah dipersiapkan dengan baik kan kita bisa dengan santai mengurusi proses seleksi cpns yang akan kita ikuti. Jadi, bisa berharap yang maksimal bukan?

Maka dari itu, jangan lupa persiapkan semua hal dengan baik. Semoga saja  pembahasan mengenai penulisan amplop lamaran cpns ini bisa berguna untuk rekan semua.

Jangan  lupa cek juga beberapa informasi penting lain yang sudah disiapkan dibagian bawah. Silahkan cek pengumuman seleksi sampai dengan hasil yang nanti keluar. Itu saja. semoga sukses!
10:31:00 PM

Pernyataan Sewa Lahan Garapan

Contoh Surat Pernyataan Sewa Lahan Garapan – sebelumnya kita telah belajar bagaimana membuat keterangan dari kelurahan untuk lahan pertanian yang kita sewa. Kali ini giliran kita untuk mempelajari jenis surat lain yang mirip yaitu jenis surat pernyataan. Sudah tahu bukan bagaimana beda antara pernyataan dan keterangan, pasti sudah dong.

Ya, yang akan kita bahas kali ini adalah sebuah surat pernyataan dari pemilik tanah yang menyewakan lahan garapan kepada orang lain. Jenis surat seperti ini biasanya dibutuhkan ketika ada penyewa yang hendak mengajukan permohonan kredit pinjaman ke bank dan menjaminkan usaha pertanian. Untuk pemilik lahan sendiri biasanya tidak membutuhkan surat seperti ini untuk urusan tersebut.

Siapa tahu dibutuhkan, baik anda sebagai pemilik atau penyewa lahan garapan. Maka dari itu kita coba bahas bagaimana cara menulis surat ini dan juga bagaimana contohnya. Paling tidak jika nanti dibutuhkan anda sudah tidak bingung dalam menyiapkan surat tersebut.

Jenis surat pernyataan ini tidak melibatkan orang lain melainkan yang bersangkutan. Karena itu anda harus membuat sendiri pernyataan ini jika memang dibutuhkan. Lalu bagaimana bentuk dan cara membuat surat pernyataan seperti ini, kita simak saja selengkapnya berikut.

1. Cara membuat

Dalam membuat sruat pernyataan yang perlu diperhatikan lebih dahulu adalah bentuk surat tersebut. Dengan mengetahui bagaimana bentuknya maka anda akan lebih mudah untuk menulis suratnya. Lalu apakah surat ini bentuknya berbeda dengan jenis surat lainnya?

Surat pernyataan menyewakan lahan tidak berbeda dengan bentuk pernyataan lain. Hanya poin-poin intinya saja yang berbeda. Demikian juga dengan penulisan surat tersebut, sama dengan lainnya yaitu di tulis dengan bahasa Indonesia yang baku.

Jika anda hendak membuat surat ini maka perlu anda perhatian beberapa poin informasi yang harus anda siapkan. Informasi tersebut nantinya akan disusun dalam bentuk pernyataan sesuai dengan situasi yang sebenarnya. Apa saja informasi penting tersebut? Informasi yang sebaiknya anda persiapkan yaitu seperti di bawah ini.

a. Nama pemilik dan penyewa lahan
b. Umur pemilik dan penyewa lahan
c. Pekerjaan pemilik dan penyewa lahan
d. Alamat pemilik dan penyewa lahan

Jadi, sebelum menulis surat hendaknya anda siapkan terlebih dahulu data yang dibutuhkan mulai dari siapa yang terlibat, data lahan dan juga inti sewanya bagaimana. Untuk data yang bersangkutan, baik pemilik maupun penyewa setidaknya disebutkan informasi data diri yang bersangkutan mulai dari nama, umur atau tempat tanggal lahir, pekerjaan dan juga alamat.

Selanjutnya, susunan surat ini diawali dengan judul surat yang ditulis dibagian tengah dengan huruf besar. Setelah itu diikuti dengan awal surat yang berbunyi “Saya yang bertanda tangan di bawah ini”.

Setelah kalimat tersebut kemudian ditulis data diri pemilik lahan yang akan memberikan pernyataan. Setelah data diri maka surat dilanjutkan dengan kalimat “Dengan ini menyewakan tanah persawahan seluas …… M2 dengan harga Rp. ………… (………………………………) yang terletak di ……………………. selama …………………… kepada”.

Setelah kalimat di atas maka selanjutnya adalah informasi mengenai siapa yang menyewa lahan tersebut. Isinya sama dengan data pemilik lahan yaitu nama, umur, pekerjaan dan juga alamat. Pada akhir surat, pernyataan ini akan ditutup dengan kalimat sebagai berikut “Demikian surat pernyataan ini dibuat dengan sebenar-benarnya”.

Surat ini dibuat dan ditandatangani oleh pemilik lahan dengan berbagai data atau informasi seperti dijelaskan di atas. Jangan lupa, pernyataan seperti ini biasanya juga ditandatangani di atas materai cukup untuk kekuatan hukum.

Tidak begitu rumit bukan informasi yang harus diberikan dalam pernyataan ini? Tidak, itu tadi masalah penulisan, mungkin masih kurang jelas jika hanya penjelasan seperti itu maka dari itu kita sudah siapkan juga contohnya di bagian bawah.

2) Contoh surat

Dari informasi di atas sebenarnya sudah jelas bagaimana cara membuat pernyataan sewa. Tetapi mungkin jika belum pernah sama sekali menggunakan surat seperti ini masih sedikit bingung dan ragu. Supaya lebih mudah dan tidak takut maka anda bisa mempelajari dan melihat langsung contoh yang sudah disiapkan.

Contoh berikut bukan dalam bentuk surat yang bisa disalin karena di atas kata-kata atau kalimatnya sudah disediakan. Contoh surat berikut diberikan dalam bentuk gambar yaitu dalam bentuk draft surat pernyataan. Anda bisa mempelajari atau menyalin gambar tersebut jika diperlukan. Sekarang silahkan lihat contohnya berikut.

Surat Pernyataan Sewa Lahan Garapan
Contoh Surat Pernyataan Sewa Lahan Garapan

Ya sudah, kalau sudah melihat contohnya langsung biasanya sudah jelas dan tidak akan ada pertanyaan lagi. Bagi anda yang kebetulan membutuhkan surat seperti ini bisa menyalin dari gambar yang ada di atas. Atau bisa juga langsung anda gunakan sebagai draft atau redaksi surat yang anda butuhkan.

Itu saja, semoga pembahasan kali ini bisa menjadi tambahan informasi dan pengetahuan bagi kita semua. Supaya lebih paham lagi silahkan baca juga beberapa contoh dan informasi lain yang sudah disiapkan dibagian bawah. Jangan lupa besok kita akan belajar jenis surat lainnya lagi, sampai bertemu besok!

Salam Pembuka dan Penutup pada Surat

Salam Pembuka dan Salam Penutup Surat - Akhirnya sampai juga pada bagian-bagian akhirsurat, panjang juga pembahasan mengenai hal ini. Ternyata, meski sederhana dan terlihat remeh bagian yang satu ini juga cukup penting kok. Apalagi dalam surat yang resmi, tentu hendaknya bisa dibuat dengan baik dan benar, bekan begitu?

Salam pembuka pada surat dan juga salam penutup juga memberikan kesan tersendiri pada surat yang dibuat. Makanya perlu juga diperhatikan bagaimana penggunaan kedua bagian tersebut.

Penulisan pembukaan yang benar dalam surat resmi yang diperuntukan untuk acara formal. Dalam prakteknya dalam penulisan sebuah pembuka dan penutup memang masih banyak yang mengalai banyak kesalahan, baik dari penulisan maupun dari subtansi.

Salam pembuka di tulis sebagai pembuka dalam sebuah surat. Sebaliknya salam penutup digunakan untuk menutup sebuah surat. Berikut saya akan memberikan sebuah informasi tentang cara pembuatan salam pembuka dan juga salam penutup yang baik dan benar.

A. Salam pembuka

Salam pembuka adalah sebagai sebuah pengantar pembuka secara lebih adab. Sehingga kata-kata yang digunakan juga harus kata-kata yang baik dan sopan. Salam pembuka juga bisa tidak digunakan dalam sebuah surat resmi, dan langsung kepada kata-kata sambutan.

Cara Penulisan:
1) Huruf awal ditulis dengan huruf kapital.
Penulisan salam pembuka haruslah dituliskan dengan menggunakan huruf kapital. Yang tentunya semua hal tersebut berpedoman dengan penulisan dengan ejaan yang benar menurut bahasa Indonesia.

2) Penulisan diikuti tanda (,)
Selai itu penulisan tanda koma pada setiap kalimat/paragraf juga menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Karena memang hal tersebut adalah sebuah tori penulisan untuk menghasilkan salam pembuka yang baik.

Contoh:
1) Dengan hormat,
2) Saudara…yth.
3) Bapak/Ibu … yth.
4) Yang mulia …

B. Salam penutup

Fungsi dari pada salam penutup adalah sebagai kalimat menambah kesantunan dalam berkomunikasi. Yang tentunya untuk mendapatkan sebuah simpati dari para penerima surat tersebut. Karena hanya dengan kata-kata yang santunlah, penerima akan merasa lebih dihormati.

Namun meski salam penutup ini cukup baik digunakan, tetapi tidaklah berarti semua surat wajib menggunakan salam penutup. Yakni mempunyai sebuah arti bahwa salam penutup tidak mempunyai sebuah keharusan diterapkan dalam sebuah surat. Hal tersebut dikarenakan salam penutup hanya wajib digunakan dalam surat-surat berita.

Dalam penulisan salam penutup yang benar, haruslah mengikuti kaidah yang benar. Dalam artian penulisan salam penutup tidaklah boleh sembarangan. Semua ada tata caranya. Dan penulisan salam penutup yang benar adalah pada pojok kanan bawah, tepatnya diantara paragraph penutup dan tanda tangan pengirim surat.

Maksud dari salam ini bisa diartikan atau diibaratkan sebagai ucapan permisi atau pamitan setelah seseorang bertamu atau berkomunikasi dengan orang lain. Untuk itulah dengan adanya sebuah salam penutup ini surat menjadi lebih santun.

Penulisan pada salam penutup tidak berbeda dengan salam pembuka. Yang mana salam penutup ditulis dengan huruf kapital pada huruf awal dan unsur yang pertama. Sedangkan huruf awal pada unsure selanjutnya ditulis dengan huruf kecil. Kemudian sertakan tanda koma pada akhir salam penutup.

Contoh salam penutup:
a. Salam kami,
b. Hormat kami,

Sudah ya, dengan adanya pembahasan ini sekarang semua sudah lengkap mengenai berbagai macam bagian surat, fungsi dan cara penulisannya. Dengan begitu tidak ada alasan lagi bagi kita untuk ragu-ragu dan takut dalam membuat sebuah surat yang baik.



Untuk melengkapi pembahasan ini jangan lupa baca juga berbagai penjelasan lain tentang bagian surat yang sudah dibahas sebelumnya. Beberapa pembahasan sudah disiapkan dibagian akhir artikel ini, silahkan disimak. Mohon maaf juga jika dalam pembahasan ini ada kekeliruan dan hal yang kurang berkenan, salam.

Surat Kuasa Pengambilan BPKB Mobil

Surat Kuasa Pengambilan BPKB Mobil Terbaru - tidak perlu ribet sebenarnya kalau sudah pernah membuat. Tapi kali ini kita posisikan untuk belajar jadi kita berikan contoh dan penjelasannya sekaligus. Tak berbeda jauh dengan lainnya, hanya berbeda di hal yang dikuasakan apa.

Ingin mengambil BPKB kendaraan mobil tetapi tidak dapat mengambil sendiri? Berarti harus membuat surat kuasa untuk mengambil BPKB dan untuk membuatnya surat tersebut dapat melihat contoh surat kuasa terbaru yang akan ditampilkan berikut.

Pasti kalau ada contohnya akan lebih mudah membuatnya. Inti dari surat kuasa adalah pernyataan memberikan kuasa atau kewenangan untuk melakukan sesuatu atas nama orang lain dalam hal ini pemberi kuasa.

Di dalam jenis surat yang satu ini akan diberikan detail data dua orang yaitu pemberi dan juga penerima kuasa. Selanjutnya tentunya akan dijelaskan juga isi atau inti dari apa yang dikuasakan. Lalu bentuknya seperti apa ya?

Formatnya terdiri dari tiga bagian yaitu yang pertama judul surat kemudian isi surat serta bagian terakhirnya tanda tangan dan nama jelas pihak-pihak terkait. Untuk tanda tangan, surat kuasa akan ditanda tangani dua orang yaitu pemberi kuasa dan juga penerima.

Perlu di catat juga adalah surat kuasa ini akan ditanda tangani diatas materai agar memiliki kekuatan hukum yang lebih kuat. Dalam penulisan surat seperti ini hendaknya diperhatikan benar tentang data informasi pihak-pihak yang berkaitan baik itu pemberi kuasa maupun penerima kuasa.

Harus ditulis dengan jelas data diri siapa yang memberikan kuasa, begitu juga dengan pihak yang menerima kuasa. Paling tidak, ada beberapa data penting yang sebaiknya disertakan yaitu sebagai berikut.

1) Nama pemberi dan penerima kuasa
2) Jenis kelamin pemberi dan penerima kuasa
3) Alamat pemberi dan penerima kuasa
4) Nomor identitas pemberi dan penerima kuasa
5) Pekerjaan pemberi dan penerima kuasa
6) Alamat / tempat tinggal pemberi dan penerima kuasa

Beberapa data di atas hendaknya ditulis dengan benar demi untuk memperlancar proses penguasaan yang dimaksud. Nah, agar lebih jelas bagaimana bentuk dari surat ini anda bisa melihat langsung contohnya. Contoh format suratnya dapat dilihat langsung Kuasa Pengambilan BPKB dibawah ini.

Blangko Surat Kuasa Pengambilan BPKB Mobil Terbaru
Contoh Format Kuasa Pengambilan BPKB Mobil
Mohon maaf sebelumnya karena surat kuasa untuk mengambil BPKB yang diberikan adalah berupa format atau draft surat bukannya contoh sesuai dengan judul pada artikel ini. Dari format di atas tentu bisa dibuat sendiri.

Hal ini dimaksudkan agar pengunjung semua yang membutuhkan surat seperti ini dapat langsung memanfaatkan contoh tersebut agar tidak susah-susah lagi dalam membuatnya.

Jika dimungkinkan kita tinggal menyalin draft di atas dan mengisi data asli yang dibutuhkan. Sampai disini saja, terima kasih atas kunjungan dan dukungan yang selalu diberikan untuk blog contoh format draft surat ini.

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Mobil Terbaru

Semoga blog ini dapat selalu hadir dengan berbagai materi penting yang dibutuhkan bagi banyak pengunjung dan selalu menyajikannya GRATIS. Itu saja, sampai bertemu dengan beberapa pembahasan lain yang tak kalah bermanfaat.

Penulisan Alamat Tujuan Surat Resmi

Penulisan Alamat Tujuan pada Surat Resmi - Selain kop surat, bagian surat yang juga perlu perhatian adalah bagian alamat surat. Sudah tahu tentang bagian ini? Tenang, kita akan coba membahas lebih jauh mengenai bagian surat tersebut mulai dari pengertiannya bila perlu sampai fungsi, tujuan dan cara penulisannya.

Dalam pembuatan surat resmi alamat tujuan menjadi hal yang cukup penting untuk dicantumkan. Karena tanpa alamat tersebut maka surat tersebut tentu tidak akan sampai kepada orang yang dituju. Untuk itulah alamat surat menjadi hal yang perlu diperhatikan dan penting untuk dicantumkan dalam surat resmi.

Dalam surat resmi ada 2 tempat yang menjadi letak alamat tujuan. Pertama, alamat pada bagian sampul surat atau bagian depan. Sedangkan yang kedua, alamat yang ditulis pada lembar kertas surat dibagian atas.

Namun begitu, kedua alamat yang ditulis pada surat resmi tersebut dituliskan secara berbeda. Ada yang lengkap ada pula yang penulisan alamatnya kurang lengkap. Untuk bagian penulisan alamat yang lengkap biasanya terletak pada sampul. Sedangkan pada lembar kertas surat bisa tidak selengkap alamat yang tertulis pada sampul.

A. Cara menulis

Sebenarnya penulisan bagian alamat ini bisa dilihat bagaimana umumnya menulis alamat pada surat. Intinya biasanya alamat ditulis dengan lengkap dan jelas sesuai dengan alamat resmi instansi penerima.

Kalau di surat pribadi contohnya, alamat ini ditulis sampai lengkap mulai dari nama daerah sampai rt/rw sekalipun. Pada surat resmi pun demikian tetapi disesuaikan dengan alamat resmi si penerima. Hal yang memang harus diperhatikan untuk bisa membuat sebuah alamat tujuan dengan baik. Langkah-langkah dalam menulis alamat ini adalah sebagai berikut:

Langkah awal untuk membuat alamat tujuan adalah penggunaan kata, “kepada”. Kata kepada boleh diguanakan boleh juga tidak. Yang pasti penggunaan kata kepada tidak diwajibkan dalam penulisan alamat tujuan. Karena mengandung sebuah kemubadziran. Tanpa disertai dengan kata tersebut, penulisan alamat tujuan juga sudah dibenarkan.  

Kemudian, langkah ke-2 adalah dengan mencantukan sebuah ungkapan ”Yang terhormat” atau yang biasa disingkat ”Yth.”. Yang tujuannya adalah dipakai dengan maksud menghormati orang atau pihak penerima surat. Misalnya atasan, teman, kolega atau relasi kerja.

Sebagai sebuah kata yang mempunyai maksud  menghormati pihak yang dituju seperti kedudukannya sebagai pejabat suatu lembaga, organisasi dan perusahaan. Ungkapan ”Yang terhormat” atau ”Yth.” tidak perlu dipakai apabila alamat yang dituju tidak menyebutkan nama atau jabatan seseorang.

Apabila ada sebuah penulisan yang menyebutkan nama orang, maka wajib menggunakan sebutan ”Bapak”, ”Ibu”, atau ”Sdr.”. Namun kaidah tersebut menjadi tidak berlaku bila tidak ada penyebutan nama orang.

Selanjutnya, tanda titik tidak perlu diberlakukan pada setiap akhir baris, termasuk baris akhir, terkecuali kata tersebut adalah sebuah singkatan. Maka penulisannya harus menggunakan titik.

Perlu diperhatikan bahwa ada tanda baca yang memang tidak boleh diberlakukan dalam pembuatan tujuan penulis ini. Macam tanda baca tersebut adalah meliputi: garis bawah, dan huruf kapital yang mencolok.

Jangan lupa juga untuk mencantumkan  kode pos, karena  tanpa adanya kode pos akan menyulitkan para petugas pos dalam mengirimkan  surat tersebut, terutama bila dikirimkan melalui Perum Pos dan Giro.

B. Contoh penulisan

Berikut ini saya mempunyai sebuah contoh tentang penulisan alamat tujuan yang baik dan benar. Pada contoh ini alamat yang ditulis adalah alamat yang ada didalam surat dan bukan yang ada di amplop.

Semoga para pembaca semua bisa tercerahkan dengan contoh yang akan saya cantumkan berikut. Tapi perlu di ingat bahwa contoh yang diberikan ini hanya untuk referensi saja dan tidak harus menjadi patokan. Langsung saja kita simak informasinya.

Contoh 1)
Yth. Direktur Radius Mutu
Jalan Telajung udik, Gunung Putri
Bogor

Contoh 2)
Yth. Bapak Selameti, S.H. M.H
Wakil Ketua Pimpinan Pusat Pemuda Muhamadyah
Jalan Ahmad Dahlan No. 62
Jogjakarta

Contoh 3)
PT Unindo
Jalan Cicadas No. 55
Gunung Putri Ayu
Bogor


Penulisan Alamat Tujuan Surat Resmi

Itu tadi sedikit pembahasan kita mengenai bagian surat kali ini. Kalau ada kesalahan dari apa yang disampaikan mohon maklum dan mohon dikoreksi sebagai bahan belajar bersama. Jangan lupa lihat juga beberapa contoh lain yang sudah dibahas dibagian akhir tulisan ini. Lain waktu kita akan tambah lagi contoh yang sudah ada. 

Kop Surat Resmi (Kepala Surat)

Pengertian dan Contoh Kop Surat Resmi (Kepala Surat) - Kop surat resmi adalah sebuah struktur yang harus ada pada sebuah surat resmi. Kop mempunyai fungsi yang cukup besar bagi isi dari pada surat tersebut. Hal tersebut dikarenakan karena bagian awal surat ini mempunyai sebuah fungsi dan tujuan tertentu.

Kepala surat dibuat bukan hanya untuk pantas-pantasan saja. Bagian tersebut setidaknya setidaknya untuk beberapa tujuan penting. Tujuan tersebut tak lain sebagai salah satu pemberi informasi mengenai instansi asal pembuat surat-nya.

Pertama, fungsi kop adalah sebagai keterangan tentang nama dan alamat kantor lembaga yang bersangkutan. Memang benar adanya bahwa fungsi dari kop surat memuat sebuah keterangan tentang nama dan alamat kantor lembaga yang bersangkutan.

Dengan demikian para penerima surat bisa mengetahui nama dan alamat dan kantor lembaga hanya dari kop surat. Yang kedua yaitu untuk memberikan informasi tentang bidang usaha, atau jenis kegiatan yang dilakukan oleh instansi, badan atau lembaga.

Dengan begitu, bagian ini bukan hanya memuat sebuah informasi tentang nama, dan alamat lembaga, tetapi juga memberikan informasi tentang jenis kegiatan yang hendak dilaksanakan. Melihat fungsi dan tujuan dari adanya bagian tersebut sangat penting maka sudah layaknya diperhatikan dengan baik.

Selain itu kop surat juga mempunyai sebuah fungsi sebagai sebuah alat promosi, sebelum hingga akhrinya masuk kepada inti surat. Hal tersebut dikarenakan pada kop surat mencantumkan sebuah nama lembaga, bidangu  usaha, dan jenis kegiatan. Sehingga secara tidak langsung fungsi kop surat juga bisa dikatakan sebagai alat promosi.

Lalu, bagaimana sih sebenarnya bentuk dari bagian surat yang satu ini? Kepala surat umumnya mencantumkan identitas lembaga organisasi. Identitas tersebut terdiri dari logo, nama, alamat dan juga nomor kontak yang bisa dihubungi. Selengkapnya isi identitas tersebut dijelaskan di bawah ini.

a. Logo atau lambang lembaga atau perusahaan, organisasi
Logo menjadi hal yang penting untuk dicantumkan dalam kop surat, karena memang untuk sebuah penginformasian tentang sebuah lembaga yang bersangkutan. Letak logo biasanya terletak pada bagian samping pojok atas pada bagian kop surat.

b. Nama lembaga
Juga sebuah nama lembaga yang bersangkutan dalam surat tersebut. Fungsi pencantuman nama lembaga juga sebagai sebuah keterangan tentang logo yang sudah dicantumkan pada kop surat tersebut. Sehingga  bila hanya logo tanpa sebuah nama lembaga aka akan membingungkan.
c. Alamat lembaga
Tidak lupa pula sebuah alamat dari lembaga yang sudah dicantumkan di kop tersebut. Alamat yang dicantumkan adalah alamat yang lengkap. Agar keterangan pada alamat tersebut objektif dan tidak membuat bingung para pembacanya.

d. Nomor telepon, teleks, faximile.
Yang terakhir adalah pencantuman sebuah nomer telepon yang dimiliki oleh  lembaga tersebut. Adapun teleks sebagai sebuah kontak tambahan yang bisa memudahan para penerimanya menghubungi.

Atau bisa juga faximile. Namun ada baiknya semua itu harus dicantumkan dalam kop surat. Khusus untuk surat perusahaan dapat ditambahkan macam usaha, bidang kegiatan, nomor izin usaha.

A. Tips membuat kop

Dengan mengetahui apa saja yang harus ditulis dalam kop atau kepala surat sebenarnya anda akan tahu bagaimana membuatnya. Namun begitu ada beberapa hal yang perlu ditekankan lagi dan perlu dipertimbangkan.

Pertama, kop ini ditulis dengan rapi dengan komputer atau bisa juga dibuat blangko secara langsung. Pengetikan kop adalah rata tengah di tulis dengan huruf kapital dan huruf kecil pada bagian alamat. Penulisan menggunakan bahasa baku. Dalam membuat bagian surat ini beberapa tips yang bisa dipertimbangkan sebagai berikut.

1) Buat kop sesuai standar instansi terkait
Langkah awal dalam membuat sebuah kop surat adalah dengan mencantumkan intansi yang bersangkutan. Buat seperti yang sudah ditrangkan diatas, yaitu mencantumkan sebuah alamat, logo, nama instansi, dan kontak person.

2) Pastikan tidak ada salah penulisan
Pastikan tidak ada salah-salah dalam penulisan, untuk itu prikas kembali setelah kop selesai dibuat. Pastikan tidak ada kata-kata yang salah dalam penulisan. Sesuaikan pula jenis font yang digunakan pada kop surat tersebut. untuk nama instansi lebih besar dari pada alamat, dan sebuah kontak person.

3) Gunakan bahasa baku
Karena ini adalah sebuah surat resmi maka penggunaan bahasa juga tidak boleh sembarangan. Bahasa yang digunakan adalah bahasa yang baku, bukan bahasa gaul, atau bahasa santai.

4) Gunakan file logo yang ukurannya besar agar gambar tidak pecah.
Pastikan logo yang anda gunakan adalah logo yang mempunyai ukuran yang besar. Sehingga tidak akan pecah ketika logo disesuaikan ukurannya dalam kop tersebut. Bila memakai sebuah logo yang berukuran kecil maka kemungkinan gambar pecah akan terjadi.

5) Buat garis pembatas kop dengan “border paragraf” pada ms words
Jangan lupa untuk membuat sebuah garis pembatas untuk memisahkan kop dan isi dari pada surat. Cara membuat sebuah garis pada kop adalah dengan border paragraf pada program miscroskop word.

B. Contoh kepala surat

Kepala atau kop tersebut bisa diterapkan pada berbagai macam surat khususnya surat formal atau resmi. Jenisnya ada anyak, bermacam-macam dan masing-masing instansi atau lembaga bisa saja memiliki aturan sendiri.

Berikut beberapa contoh penggunaan kop surat yang bisa digunakan oleh berbagai jenis instansi, lembaga atau lainnya. Beberapa contoh kop surat antara lain misalnya seperti dijelaskan di bawah ini.

1) Kop surat resmi karang taruna
Surat resmi bisa dipergunakan dalam acara karang taruna. Hal ini dikarenanakan acara karang taruna juga termasuk ke dalam acara yang resmi. Sehingga surat resmi cukup singron diaplikasikan dalam acara ini. Karena memang acara karang taruna membutuhkan sebuah fungsi dari pada surat resmi.

2) Contoh kop surat resmi sekolah
Selain itu surat resmi juga bisa diaplikasikan dalam acara sekolah. karena seperti yang kita semua tahu, acara di dalam sekolah adalah sebuah acara yang formal. Sehingga surat yang digunakan haruslah surat resmi.

3) Contoh kop surat resmi perusahaan
Tidak berbeda dengan acara dalam perusahaan, yang bisa menggunakan surat resmi ini dalam kaitannya masalah ungan-mengundang. Acara prusahaan juga termasuk ke dalam acara yang cukup formal, sehingga penggunaan surat resmi bisa digunakan di sini.

4) Contoh kop surat instansi pemerintah

Berbicara instansi pemerintahan maka tidak perlu ditanya lagi. Karena sudah pasti dalam instansi pemerintahan menggunakan sebuah surat resmi ketika mengadakan acara. Dengan demikian acara instansi pemerintahan cukuplah membutuhkan jenis kop surat resmi.


5) Contoh kop surat instansi swasta
Yang terakhir adalah acara intansi swasta, yang merupakan salah satu acara yang bisa mempergunakan jenis undangan resmi. Hal tersebut dikarenakan acara ini juga termasuk ke dalam acara yang formal. 

Meski belum terlalu lengkap namun mudah-mudahan beberapa contoh yang dibahas disini bisa dijadikan referensi tambahan. Jangan lupa juga untuk melihat dan mempelajari berbagai informasi lain seputar surat resmi yang ada di situs ini.

Undangan Reuni Non Formal

Contoh Surat Undangan Reuni Non Formal - Sudah ada banyak sekali jenis surat yang kita pelajari disini. Surat undangan adalah salah satu jenis surat yang banyak dibahas. Kali ini, masih berkaitan dengan undangan, kita akan belajar untuk membuat surat untuk acara reuni.

Mudah-mudahan dengan pembahasan ini kita bisa mendapatkan ide dan inspirasi dalam membuat desain atau bentuk undangan pemberitahuan yang bagus dan layak. Jadi nanti kalau mau membuat undangan bisa lebih bagus dan tidak membuat malu.

Undangan non-formal, memudahkan digunakan dalam acara non-formal. Lebih mudah karena dengan adanya undangan tentunya akan jauh mempunyai kesan yang lebih sopan. Macam-macam jenis undangan yang mungkin bisa anda coba untuk anda gunakan dalam acara non-formal anda.

Di bawah ini sudah ada sebuah tips dan sebuah contoh tentang tata cara pembuatan undangan untuk acara tidak resmi yang bisa anda praktekan di rumah. Tips ini dilengkapi dengan contoh yang tujuannya memudahkan untuk anda dalam proses belajar.

Dengan begitu anda dapat dengan mudah memahaminnya. Untuk itu mari kita simak terlebih dahulu informasi tentang tips untuk membuat jenis undangan tersebut. Ada tips atau kiat dan ada juga contoh langsung, jadi bisa lebih mudah.

A. Tips menyusun undangan

Pada dasarnya, yang namanya surat non formal atau tak resmi tidak ada aturan khusus yang harus diikuti. Jadi intinya kita bisa membuat surat non-formal sesuka hati sesuai kebutuhan dan keinginan. Yang terpenting adalah isi dari surat tersebut bisa dibaca dengan baik dan jelas.

Meski tidak ada aturan khusus, untuk mempermudah dalam membuat surat ini berikut sudah disiapkan beberapa kiat dalam menyusun surat ini agar bagus dan menarik. Beberapa tips ini bisa dipertimbangkan bila anda ingin membuat undangan yang sesuai. Beberapa tips yang bisa dipertimbangkan yaitu sebegai berikut!

1. Pilih desain yang gaul dan tidak membosankan
Mula-mula dalam pembuatan sebuah undangan non-formal adalah dengan cara memilih terlebih dahulu desain yang enak dipandang dan tidak membosankan. Dengan pemilihan desain warna yang menarik diharapkan akan lebih mempercantik tampilan dari undangan non formal tersebut.

Warna bisa anda sesuaikan dengan karakter peserta yang hendak menjadi penerima undangan tersebut. Bila memang ditunjukan untuk para anak-anak muda, mungkin bangusnya adalah sebuah warna yang kalem. Warna kalem tersebut sekaligus dipadukan dengan sebuah desain gambar yang gaul.

2. Pakain warna – warna yang santai dan segar
Hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan warna adalah pemilihan warna yang santai dan segar. Dalam artian jangan terlalu mencolok, dan terlalu banyak dominasi warna yang akan mengganggu penampilan undangan tersebut. Sehingga desain yang ditampilkan undangan tersebut tidak membosankan ketika dipandang.

3. Sisipkan gambar atau objek lucu yang menarik
Jangan lupa untuk menyisipkan gambar atau sebuah objek yang menarik pada bagian-bagian yang anda suka. Pemilihan gambar objek juga harus selaras dengan sebuah desain yang ada pada undangan. Sehingga hadirnya gambar tersebut akan lebih mempercantik tampilan undangan, bukan malah membosankan untuk dilihat.

4. Gunakan bahasa yang santai dan akrab
Penggunaan bahasa juga harus sesuai dengan bahasa yang digunakan para penerima undangan, sehingga undangan tersebut terkesan lebih akrab dari pandangan penerima. Bila acara ini adalah acara non-formal maka bahasa yang digunakan adalah bahasa yang terdengar santai, dan tidak terlalu kaku.

5. Buat bentuk undangan yang beda
Salah satu cara membuat undangan yang menarik adalah undangan yang memang mempunyai ciri khas sendiri. Artinya undangan tersebut lain dari pada yang lain. Dengan demikian undangan akan terlihat unik, karena memang tidak ada yang menyamainnya.

B. Contoh - contoh

Macam-macam undangan non-formal dan acara non-formal bisa berupa acara yang berkaitan dengan acara di bawah ini. karena memang dilihat dari sifatnya acara di bawah ini adalah acara yang memang bukan acara formal, sehingga undangan non-formal bisa diberlakukan dalam acara ini. Macam-macam contoh acara non-formal adalah sebagai berikut:

1) Reuni rekan satu team olahraga
Acara reuni satu team olah raga juga termasuk kategori sebuah acara non-formal, sehingga undangan non-formal bisa anda tunjukan untuk acara ini. Karena sesuai dengan fungsinya undangan non-formal adalah undangan yang ditunjukan untuk acara non-formal. Sehingga acara reuni satu team olah raga adalah salah satunya. 

2) Reuni teman satu kantor
Adapun yang ke-2 juga termasuk kategori sebuah acara non-formal, yang bisa diberlakuakan undangan non-formal. Karena acara reuni teman satu kantor biasanya diselenggarakan dengan sebuah kemasan acara yang santai.

Surat Undangan Reuni Non Formal

3) Reuni teman satu organisasi
Adapun sebuah reuni teman satu organisasi juga merupakan sebuah acara non-formal, yang memang bisa diberlakukan undangan non-formal, karena memang acara reuni teman satu organisasi bukan acara formal, tetapi non-formal.

4) Reuni keluarga besar
Yang terrakhir adalah sebuah reuni keluarga besar yang termasuk kepada katergori sebuah acara non-formal. Sehingga penggunaan undangannya juga harus menggunakan undangan non-formalh. Adapun contoh undangan reuni acara non-formal adalah sebagai berikut.

Surat Cinta Romantis

Contoh Surat Cinta Romantis untuk Cewek - Cinta bisa dikatakan adalah nafas kehidupan jadi membahas tema ini cukup menyenangkan juga, benar tidak? Ya, kali ini yang akan kita bicarakan adalah tentang jenis surat pribadi yaitu surat cinta untuk seorang wanita yang disayangi atau dikasihi. 

Khususnya, kita akan berbicara mengenai surat cinta romantis untuk orang yang kita sayangi. Sebagai surat yang sifatnya pribadi tentu saja tidak ada aturan baku harus begini atau harus begitu. 

Namun demikian, dalam membuat surat cinta tentu saja kita ingin memberikan yang terbaik, benar bukan? Jelas, untuk orang yang disayang tentu kita ingin merangkai kata terindah dan kalimat cinta paling romantis untuk orang tersebut.

Bagaimanapun latar belakang kita, sederhana atau mewah, puitis atau tidak, kita pasti ingin menuangkan perasaan – perasaan indah di hati kita dengan sempurna. Kalau bisa tidak ada salah sedikitpun. Kata, kalimat, tanda baca maupun susunan suratnya harus sempurna.

Jika berbicara mengenai romantis maka kita akan dihadapkan pada pilihan yang sangat subjektif. Artinya, romantis atau tidak sebuah kalimat akan dipengaruhi juga oleh siapa yang membaca dan menilainya. Bahkan bisa dipengaruhi juga dengan situasi, kondisi, pandangan dan juga jangkauan dari si penilai.

Sederhananya, yang dikatakan romantis oleh kita belum tentu dikatakan romantis oleh pasangan, begitu juga sebaliknya. Lalu, bagaimana cara membuat surat cinta yang sangat romantis dan menyentuh hati? Tidak usah dibahas terlalu dalam, kita kembalikan saja semua pada diri masing-masing.

Yang perlu digaris bawahi adalah kita harus memberikan ungkapan yang indah, menarik, jujur, tidak menyakiti dan meneduhkan atau bisa membuat pasangan kita atau kekasih kita senang. Bukankah itu salah satu tujuan surat ini? Nah, untuk anda semua berikut akan diberikan beberapa contoh untuk bahan referensi.

1) Kata dan kalimat romantis

Siapa tahu saja ada yang butuh inspirasi, berikut sudah disiapkan contoh kata-kata dan kalimat surat yang untuk surat romantis untuk pacar tercinta. Mungkin tidak se-bagus yang bisa anda buat tetapi kan lumayan untuk tambahan ide dan inspirasi untuk yang membutuhkan, benar tidak?

Yang berikut ini adalah sebuah contoh yang sudah dalam bentuk surat. Surat pribadi ini ditujukan untuk seorang gadis cantik sang pujaan hati. Sederhana tapi romantis dan menyentuh hati, penasaran? Silahkan baca langsung contoh kalimat tersebut di bawah ini.

Untuk Selly gadis manis pujaan hati
Hari sudah mulai menampakan matahari dari timur, sedang aku sangat bahagia melihat matahari itu di sini. Tetapi kebahagiaanku tentu kurang lengkap karena tiada hadirmu di sini. Tetapi setidaknya tanpa ada kau di sini aku masih bisa tersenyum, dan tidak terlarut dengan perpisahan yang hanya sementara ini.

Selly semoga harimu menyenangkan di sekolahanmu yang baru. Karena dengan kau bahagia di sana, tentu aku juga akan merasakan bahagia di sini. Walaupun rindu tentu selalu ada. Tetapi perlu kau ketahui kebahagianmu adalah kebahagianku juga, dan sedihmu juga sedihku juga.

Tapi apalah daya demi kebaikan kita untuk saat ini, mungkin ini adalah jalan yang diberikan tuhan kepada kita. Aku yakin tuhan itu maha adil, dan tuhan pasti tidak akan membiarkan cinta kita pudar dimakan waktu. Aku ingin cinta kita selalu tumbuh berkembang dan tidak lekang oleh waktu. 
Dari Rendi kekasihmu

Dalam membuat surat cinta untuk kekasih sebenarnya sederhana kok, tapi kalau yang tidak biasa ya sulit. Jangan salah loh, cara kita membuat surat juga bisa untuk melihat tingkat kecerdasan kita. Kata yang dipilih, susunan kalimat yang digunakan, makanya jangan sembarangan ya.

2) Contoh surat romantis

Untuk melengkapi contoh surat yang sudah ada di atas, sudah disiapkan juga sebuah contoh yang langsung dalam bentuk siap pakai. Surat yang ada pada contoh ini sudah dihias, dibingkai sedemikian rupa sehingga tampak cantik dan menarik.

Contoh Surat Cinta Romantis untuk Cewek

Bagi yang suka, lumayan bisa untuk tambahan koleksi surat romantis yang sudah ada. Siapa tahu suatu saat nanti dibutuhkan, kan tinggal di cetak saja. Seperti apa contoh surat tersebut, mari kita lihat bersama – sama di bawah ini, mudah-mudahan berkenan.

Terakhir, jangan lupa juga untuk melihat beberapa contoh lain yang sudah disiapkan. Tidak perlu kaget, selain surat resmi, di situs ini memang banyak dibahas juga surat-surat tak resmi atau non formal. Bagi yang membutuhkan tinggal dicari saja pada kotak pencarian situs.