11:10:00 PM

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Latihan PSHT

Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), anggota atau siswanya harus latihan kan? Pernah tidak mengalami hal ini. Jadwalnya latihan tetapi tidak bisa berangkat atau tidak bisa ikut karena ada suatu hal yang tidak bisa ditinggalkan. Makanya, kita perlu surat izin tidak masuk latihan.

Sebagai siswa yang tergabung dalam PSHT tentu saja kita akan memiliki latihan rutin yang harus diikuti. Latihan ini menjadi sebuah program nyata untuk melatih bela diri dan juga mental. Setiap siswa tentunya diharapkan bisa mengikuti kegiatan dengan baik.

Meski begitu, yang namanya keadaan kadang tidak terduga. Kadang waktunya latihan ada hal yang tidak bisa ditinggalkan. Ada musibah yang menimpa misalnya. Atau ada urusan keluarga yang tidak bisa ditinggalkan.

Sebagai siswa tentu kita harus menjunjung nilai-nilai sopan santun dan tata krama yang diajarkan. Jika tidak dapat mengikuti latihan tentunya disarankan untuk memberikan informasi yang benar. Maka dari itu perlu berkirim surat izin.

Bagaimana caranya untuk membuat surat izin tersebut? Sama saja dengan jenis surat izin lainnya. Intinya kita memberitahukan bahwa kita tidak dapat mengikuti latihan yang diselenggarakan karena alasan tertentu.

Surat tersebut dapat diketik yang rapi menggunakan komputer. Lalu bagaimana bentuknya. Apa saja yang harus ditulis? Supaya ada gambaran dan tidak bingung, berikut telah disiapkan sebuah contoh untuk dipelajari.


Surat izin tidak masuk latihan PSHT di atas tentu saja hanya sebuah contoh untuk referensi dalam membuat surat yang dibutuhkan. Bentuknya tentu tidak harus sama. Tapi paling tidak contoh diatas bisa memberikan gambaran bagi yang membutuhkan.

Yang perlu diingat adalah dalam meminta izin tentunya harus diberikan informasi dengan jelas alasan kenapa tidak dapat mengikuti kegiatan latihan. Jadi tidak asal membuat alasan saja. Harus jujur, tidak boleh bohong dan mengada-ada. 

Contoh Surat Farewell dalam Bahasa Inggris dan Terjemahannya

Surat Farewell atau dalam Bahasa Inggris-nya farewell letter adalah sebuah surat yang menunjukkan kehangatan dan kelembutan yang ditujukan pada seseorang yang akan berpisah. Tujuan surat ini adalah untuk memberikan ucapan atau salam perpisahan kepada seseorang tersebut. 


Surat ini biasanya disusun dengan kata-kata yang indah, hangat dan berkesan. Tujuannya, agar perpisahan tidak akan terasa perih atau sedih. Kita tentu ingin perpisahan tidak menjadi momok bukan?

Untuk melengkapi apa yang sudah kita pelajari, kali ini kita akan membahas contoh dari surat ini. Dengan contoh ini kita bisa belajar lebih jelas lagi mengenai apa dan bagaimana surat tersebut. Diharapkan kita bisa lebih paham. Dan, tentunya bisa menyusun atau membuat sendiri surat tersebut.

Sebelum kita sampai ke contohnya, kita bahas isinya dulu. Surat yang satu ini tentu bisa masuk kategori surat pribadi atau pun surat resmi. Pribadi jika disusun atau ditulis oleh individu untuk kebutuhan pribadi.

Resmi jika surat ini diberikan oleh badan atau instansi untuk ucapan yang formal. Dalam surat ini ada beberapa hal penting yang biasanya jadi fokus utama. 

Pertama, surat ini biasanya mengungkapkan kebahagiaan, keindahan atau hal-hal baik lain yang berhubungan dengan kebersamaan yang pernah terjalin dan akan segera berakhir. Misalnya dengan ungkapan betapa bahagianya dulu saat menjalani sesuatu bersama-sama.

Yang kedua, surat ini biasanya juga akan mengungkapkan harapan-harapan ke depan. Khususnya yang berkaitan dengan hubungan yang pernah terjalin antara pemberi dan penerima surat. Tak lupa juga biasanya ada doa-doa yang diucapkan. 

Bagaimana bentuk surat ini? Bentuknya bebas kalau berkaitan dengan surat pribadi. Hanya ada tiga bagian pokok didalam suratnya. Pertama ada pembuka, isi dan kemudian penutup. Seperti apa, langsung kita lihat contohnya berikut!


Pendek ya suratnya? Kita bahas sedikit ya. Surat ini diawali dengan kalimat "to whom it may concern". Bisa dikatakan, bagian ini adalah bagian "kepada" atau bagian alamat surat. Kalau diartikan kurang lebih "untuk yang...."

Bagian berikutnya ada "dear all". Bagian ini merupakan bagian salam pembuka. Sudah tahu artinya bukan? Nah, setelah bagian tersebut baru masuk ke bagian isi suratnya. Bagian isinya sendiri biasanya juga terbagi menjadi tiga, yaitu pembukaan, inti dan penutupan. 

Setelah itu surat juga akan ditutup dengan salam penutup. Dalam contoh ini yang digunakan adalah "your sincerely". Silahkan diartikan sendiri ya, pastikan sudah tahu semua. 

Selanjutnya, karena kita memang sedang membahas contoh untuk surat farewell dalam Bahasa Inggris dan terjemahannya maka berikut sudah disiapkan juga arti atau terjemahan surat di atas. Silahkan dipelajari.


Melihat dari contoh yang sudah kita bahas di atas sebenarnya tidak sulit bukan untuk membuat surat ini. Kalau rekan merasa kesulitan, rekan bisa membuat versi bahasa Indonesia terlebih dahulu. Tujuannya sebagai kerangka atau pedoman penyusunan.

Setelah versi Indonesianya siap rekan semua bisa mulai menyusunnya menggunakan bahasa Inggris. Bisa disusun perlahan dari kalimat per kalimat. Jangan per kata ya, nanti berantakan dan jadi lucu. 

Sudah. Untuk contoh kali ini kita bahas sampai disini saja. Tenang saja, lain waktu kita akan memberikan lebih banyak contoh lagi untuk bahan belajar. Sekarang yang terpenting kita bisa terus belajar dengan rutin meski sedikit-sedikit. Itu dulu ya, sampai bertemu lagi!
1:00:00 AM

Surat Kuasa Pengambilan Kartu Ujian CPNS

Tidak bisa mengambil kartu ujian CPNS, makanya terpaksa harus membuat surat kuasa untuk pengambilan kartu yang sangat penting tersebut. Kadang, yang namanya sedang pusing atau tidak dalam kondisi pikiran memadai, yang sederhana jadi lupa.

Yang namanya surat kuasa sebenarnya pada intinya ya sama saja satu dengan yang lain. Meski beda pokok hal yang dikuasakan tetapi bentuknya umumnya tidak jauh berbeda. Ada yang memberikan kuasa dan ada pihak yang menerima.

Dalam membuat surat ini ada tiga poin informasi yang hendaknya dipersiapkan. Pertama tentu saja mengenai si pemberi kuasa. Poin kedua yaitu tentang penerimanya siapa. Lalu apa lagi?

Masih ada yang ketiga yaitu tentang hal yang dikuasakan. Hal yang dikuasakan ini biasanya adalah suatu hal yang seharusnya dikerjakan atau dilakukan oleh si pemberi kuasa. Pada intinya seperti itu.

Kalau sudah dibayangkan ketiga hal tersebut maka seharusnya kita sudah bisa membayangkan bagaimana isi atau bentuk dari surat ini.

Nah, untuk memberikan gambaran yang lebih jelas, ada baiknya kita langsung mempelajari contoh surat kuasa pengambilan karta ujian CPNS tersebut.

Dengan begitu akan lebih jelas bagaimana menulis atau menyusunnya. Seperti apa bentuknya, mari kita pelajari salah satu contoh yang sudah disiapkan di bawah ini.

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Kartu Ujian CPNS

Di atas merupakan blangko atau redaksi surat kuasa untuk mengambil karya ujian yang bisa disusun. Tentu, yang ada di atas hanya salah satu contoh saja. Bisa dijadikan sebagai rujukan atau referensi dalam menyusun surat ini khususnya untuk yang belum tahu sama sekali.

Lalu bagaimana cara membuat surat tersebut? Mudah saja. Tinggal diketik komputer dengan melihat referensi yang ada di atas. Yang di atas kan blangko surat jadi tinggal dilengkapi saja informasi yang sesuai.

Pada data pemberi dan penerimanya sebaiknya ditulis sesuai dengan kartu identitas. Jangan lupa juga untuk mencantumkan tempat, tanggal dan bulan dibagian bawah yang kemudian diikuti tanda tangan kedua pihak.

Surat kuasa ini juga harus ditandatangani di atas materai agar memiliki kekuatan hukum dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Itulah tadi sedikit mengenai kuasa pengambilan kartu ujian untuk peserta cpns. Mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah ilmu kita semua. Untuk informasi lain yang berkaitan dengan cpns bisa dilihat dibagian akhir pembahasan ini. 
12:16:00 AM

Surat Pemberitahuan, Pengertian Contoh dan Cara Membuatnya

Surat pemberitahuan merupakan salah satu jenis surat yang banyak dibutuhkan atau banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti apa sih sebenarnya surat ini. Bentuknya seperti apa, isinya apa, terus bagaimana cara membuat atau menulis surat ini? Semua itu akan kita bahas satu persatu. 


Ada tiga hal pokok yang akan kita bahas kali ini. Ketiga hal tersebut akan dibahas secara sederhana tetapi dengan jelas dan gamblang. Apa saja? Tentu saja yang pertama adalah mengenai definisi dari surat ini.

Kita pelajari dulu dari sisi pengertiannya. Dengan begitu kita bisa mendapatkan gambaran yang dalam mulai dari bentuknya secara keseluruhan. Supaya jangan sampai salah persepsi.

Hal kedua yang tentu saja akan kita bahas adalah mengenai bagaimana cara menulis surat ini. Pada bagian ini kita akan mengetahui lebih detail mengenai berbagai bagian - bagian surat tersebut sekaligus bagaimana penyusunannya.

1) Surat pemberitahuan doc
2) Surat pemberitahuan pajak
3) Surat pemberitahuan adalah
4) Surat pemberitahuan perusahaan
5) Surat pemberitahuan pembayaran
6) Surat pemberitahuan kenaikan harga

Setelah kita tahu definisi dan cara membuatnya maka hal berikutnya adalah mengenai contohnya. Ya, supaya lebih konkrit. Lebih nyata agar lebih jelas langsung mempelajari salah satu bentuk atau contoh dari surat ini. 

A. Pengertian surat pemberitahuan

Mengenai pengertian atau definisi, secara sederhana dapat dikatakan bahwa surat pemberitahuan adalah surat yang dibuat dengan tujuan untuk memberitahukan informasi. Jadi, jelas terlihat dari nama atau sebutannya, surat ini disusun atau ditulis untuk menginformasikan sesuatu.

Demikian definisi secara umum. Namun, kita bisa mendapatkan definisi yang sedikit berbeda jika dihubungkan dengan inti informasi yang akan diberikan. Sebut saja misalnya untuk SPT pajak. Tentu akan sedikit berbeda. Tetapi pada intinya sama saja.

Jenis surat yang satu ini bisa dikatakan merupakan media atau sarana yang digunakan oleh instansi tertentu untuk menyampaikan perihal informasi penting kepada pihak lain.

Maka dari itu, jika melihat dari pengertiannya maka paling tidak ada tiga pokok yang perlu dicermati. Pokok atau hal tersebut yaitu mengenai siapa yang akan memberitahukan, apa yang akan diberitahukan dan kepada siapa "sesuatu" tersebut akan diberitahukan.

Dalam surat ini paling tidak ada tiga bagian hal tersebut. Bagaimana dengan bentuk atau isi suratnya? Apakah berbeda dengan surat resmi lain?

Bicara mengenai bentuk atau bagian - bagian surat maka tidak ada perbedaan yang jauh dalam surat ini. Hampir sama dengan jenis surat lain dimana intinya surat ini disusun menggunakan bahasa baku dengan tata penulisan yang standar.

B. Cara membuat surat pemberitahuan

Bagaimana cara membuat surat ini? Kalau kita sudah memahami apa yang dijelaskan di atas maka kita tentu sudah bisa mendapatkan gambaran bagaimana bentuk surat ini. Pada intinya, membuat surat ini tidaklah rumit dan sulit.

Kalau isinya tidak akan terlalu pusing. Mungkin tata cara penulisan yang paling banyak dipertimbangkan. Sebenarnya, sama dengan yang lain. Kuncinya menggunakan bahasa baku dengan tata penulisan surat resmi.

Untuk itu, perlu dipahami terlebih dahulu bagian-bagian dalam surat resmi. Karena surat ini juga merupakan salah satu surat resmi yang penyusunannya juga harus sesuai kaidah. Lalu apa saja bagian - bagian dari surat pemberitahuan? Yang umum, surat ini terdiri dari beberapa bagian surat seperti di bawah ini:

  1. Kepala surat
  2. Tanggal, nomor, lampiran, perihal
  3. Alamat tujuan (penerima)
  4. Salam pembuka
  5. Isi surat
  6. Salam penutup
  7. Tanda tangan, nama jelas

Kalau dilihat, bagian di atas sama dengan bagian surat resmi bukan? Benar sekali. Maka dari itu proses penyusunan atau penulisannya juga tidak akan jauh berbeda.

Sebelum membuat surat ini, agar lebih mudah perlu diperhatikan tiga hal yaitu siapa yang memberitahukan, apa yang diberitahukan dan kepada siapa diberitahukan. Tiga hal itu harus jelas terlebih dahulu.

Sebagai contoh saja, misalnya yang memberitahukan PT. Jaya AB Sentosa. Yang diberitahukan adalah perubahan harga barang. Informasi tersebut akan diberitahukan kepada pelanggan yaitu Bapak Cofid AB. Disini harus lengkap juga mengenai penerimanya termasuk alamatnya.

Setelah tiga hal tersebut jelas maka bisa mulai menyusun suratnya sesuai dengan bagian-bagian di atas. Mulai dari Kop Surat, setelah itu diikuti dengan tanggal, nomor, lampiran, perihal. Tulis kemudian penerima yaitu si Bapak Cofid AB, lengkap dengan alamatnya.

Setelah bagian awal tersebut maka bisa disusun bagian isinya mulai dari salam sampai penutup. Dibagian akhir juga akan diberikan tanda tangan berikut nama dan jabatan yang memberitahukan. Mudah kok. Agar lebih jelas nanti silahkan lihat dibagian contoh.

C. Contoh surat pemberitahuan

Di atas telah dijelaskan secara rinci bagaimana mengenai surat ini. Mulai dari pengertian, bagian-bagian sampai dengan cara membuatnya. Dengan adanya penjelasan di atas tentunya diharapkan rekan semua bisa dengan mudah untuk membuat surat ini.

Tapi, kalau hanya penjelasan, membaca saja kadang bingung. Harus ada contohnya langsung. Benar sekali. Kalau bicara mengenai contoh tentu ada banyak. Sesuai dengan apa yang akan diberitahukan.

Untuk pemberitahuan sendiri ada banyak informasi yang menjadi hal pokok yang ingin disampaikan. Beberapa contoh diantaranya yaitu sebagai berikut.

1) Contoh surat pemberitahuan kegiatan
2) Contoh surat pemberitahuan sekolah
3) Contoh surat edaran pemberitahuan
4) Contoh surat pemberitahuan resmi
5) Contoh surat pemberitahuan dinas
6) Contoh surat pemberitahuan perusahaan kepada karyawan

Nah, ada banyak sebenarnya. Tapi ya satu satu dulu ya. Kalau langsung dibahas semua disini pasti akan pusing juga. Makanya, bagi rekan yang membutuhkan contoh silahkan dipelajari satu contoh yang sudah disiapkan dibawah ini.

Contoh Surat Pemberitahuan

Di atas merupakan salah satu contoh pemberitahuan tentang sebuah kegiatan di sekolah. Kita jelaskan sedikit. Pihak yang mengirim surat atau yang memberitahukan adalah instansi sekolah. Selanjutnya, hal yang diberitahukan adalah mengenai kegiatan pengukuhan ekskul yang sudah dijelaskan juga tanggalnya.

Berikutnya, informasi mengenai pengukuhan ekstrakurikuler tersebut diberitahukan kepada bapak, ibu atau orang tua wali. Bisa dilihat dibagian alamat surat. Jelas bukan?

Nah, demikianlah tadi pembahasan kita mengenai surat pemberitahuan. Lain waktu khusus untuk contohnya akan kita tambah lagi agar lebih banyak. Akan kita usahakan untuk melengkapi contoh - contoh yang diperlukan. Itu dulu, selamat bekerja.