5:18:00 PM

Surat Lamaran Posisi Kepala Gudang

Contoh Surat Lamaran Kerja Posisi Kepala Gudang - Contoh surat lamaran paling banyak di cari dan di butuhkan baik bagi yang belum pernah membuat atau bahkan yang sudah sering membuat surat ini. Maka dari itu kali ini kita akan tambahkan lagi koleksi contoh surat yang sudah ada agar lebih lengkap dan dapat menjadi referensi serta bahan belajar kita semua. Artikel ini tidak akan dibuat terlalu panjang lebar karena perihal lamaran sudah sering kita ulas dengan lengkap dan jelas.

Tidak perlu ada pembahasan mengenai pengertian surat atau definisi surat lamaran tetapi hanya akan kita ingat sedikit mengenai susunan dari surat lamaran kerja kepala gudang ini. Posisi kepala gudang merupakan salah satu posisi pekerjaan yang banyak dicari dan dibutuhkan.

Posisi ini memiliki kriteria sendiri tentunya dengan berbagai pengalaman yang bisa mendukung berbagai pekerjaan yang akan ditangani oleh seorang kepala gudang. Untuk posisi ini biasanya juga akan diutamakan untuk kita yang memiliki pengalaman memadai di bidang tersebut.

Tidak berbeda dengan berbagai lamaran lain, lamaran kerja ini juga akan memuat dua hal penting yaitu yang pertama mengenai data diri kita sebagai pelamar dan yang kedua berbagai dokumen lampiran sebagai penguat. Untuk data diri pelamar akan terdiri dari informasi sebagai berikut:

- Nama
- Tempat, tgl lahir
- Pendidikan Akhir
- Alamat
- Telepon
- e-mail
- Status Perkawinan

Sedangkan data kedua yang kita sertakan dalam lamaran ini dapat berupa dokumen pendukung yang akan disertakan sebagai lampiran. Lampiran berkas untuk lamaran bisa terdiri dari:

1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai
3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan
4. Pas foto terbaru

Beberapa lampiran di atas hanya sebagai contoh saja untuk dokumen-dokumen penting yang bisa kita siapkan. Perlu kita ingat juga bahwa terkadang lampiran tersebut disusun berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan oleh pihak pencari pekerja dalam hal ini PT atau perusahaan.

Itu tadi informasi yang berkaitan dengan diri pelamar lalu bagaimana dengan bentuk dan kalimat yang ada dalam surat tersebut?

Bentuk surat akan mengikuti kaidah bentuk surat resmi yang didalamnya kita akan mengikuti aturan format penulisan surat resmi yang menggunakan bahasa yang baku. Agar lebih jelas mari kita lihat langsung contoh lamaran pekerjaan posisi kepala gudang yang sudah disiapkan di bawah ini.

Surat Lamaran Kepala Gudang

Kita dapat menggunakan contoh di atas sebagai bahan pembanding kita dalam menyiapkan surat lamaran yang dibutuhkan. Perlu di ingat bahwa Surat Lamaran Posisi Kepala Gudang yang ada di atas hanya sekedar contoh saja yang pada penerapannya bisa saja berbeda dan berubah sesuai kebutuhan kita masing-masing.

Agar tidak ragu pastikan kita mempelajari juga beberapa contoh lamaran kerja lain yang sudah disiapkan di bagian bawah. Nanti bisa dibandingkan dan disesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Sampai disini, lain waktu akan kita bahas lagi untuk lowongan kerja posisi lainnya. 

Surat Lamaran Kerja Control Systems Engineer Bahasa Inggris

Surat Lamaran Kerja Control Systems Engineer - Yang satu ini masih lanjutan dari beberapa contoh surat lamaran bahasa Inggris yang sebelumnya telah diberikan. Mudah-mudahan bisa dijadikan bahan referensi bagi semua yang membutuhkan. Untuk belajar, bisa juga untuk bahan bacaan.

Dalam pelajaran bahasa Inggris kita juga belajar mengenai surat menyurat. Biasanya kita akan diajak untuk belajar membuat berbagai jenis surat yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah jenis surat lamaran.

Surat ini sangat penting. Sukses dan tidaknya kita mendapatkan posisi pekerjaan yang sesuai juga dipengaruhi bagaimana menyusun lamaran. Karena itulah kita harus menguasai bagaimana cara membuat lamaran yang baik.

Dari materi pelajaran bahasa Inggris ini rekan pelajar diharapkan memiliki kemampuan tersebut. Makanya kami mengajak rekan semua belajar bersama.

Selain untuk pelajar juga untuk pengunjung lain yang kebetulan hendak menyusun lamaran posisi CSE di sebuah perusahaan. Control Systems Engineer juga merupakan salah satu posisi kerja yang bisa diisi.

Bagaimana caranya membuat surat ini? Panjang kalau dijelaskan secara rinci. Bisa langsung ke contohnya saja ya. Untuk format penulisan Surat Lamaran Kerja Control Systems Engineer tersebut silahkan disesuaikan dengan kebutuhan.

Surat Lamaran Kerja Control Systems Engineer

February 28, 2019



Engr. Rigor Buenvinna
Samsung Products Inc.
1345 St. Bernard Drive
Pasig City

Dear Engr. Buenvinna:

In March 2003, I will be graduating from the University of the Philippines with a Bachelor’s Degree in Electrical Engineering.  I am writing to explore the possibility of employment as a Control Systems Engineer at your Pasig facility.

Early in my coursework at UP, I seriously began considering future employment with Samsung Products Inc.  We use a number of your products in our laboratory work, and their design, precision and reliability are impressive.  More recently, however, I noted in a professional computing journal that you are undertaking a new project to apply microcomputers in automatic control systems.  Many of my electives were in the fields of control systems and computers, and I have worked for two summers in microcomputers applications.  I believe that I am well qualified to begin working on your new project; I know that it is directly related to my interests.

The enclosed resume details my educational background and experience.  I will be in the Pasig area on the first week of January and I could be available for an interview, if convenient.  In the meantime, if you need any further information, you may contact me at 047.791.2991.  I look forward to hearing from you soon.

Sincerely yours,

Jayson Andaya

Nah, itu tadi salah satu contoh yang bisa dipelajari. Mudah-mudahan dengan adanya contoh tersebut rekan pelajar bisa memahaminya. Semoga pengunjung lain juga bisa terbantu untuk membuat lamaran kerja yang baik.

Surat Lamaran Kerja Control Systems Engineer Bahasa Inggris

Lain waktu akan ditambah lagi dengan contoh lainnya. Akan diusahakan untuk menghadirkan beberapa contoh sekaligus jika memungkinkan. Makanya silahkan dicatat alamat situs ini ya. Kan lain waktu bisa lebih mudah.
11:25:00 PM

Contoh Surat Pengunduran Diri PT AAA

Contoh Surat Pengunduran Diri PT AAA - Yang terbaru kali ini adalah isu pengunduran diri yang akan diangkat melalui contoh surat pengunduran diri berikut. Kenapa mengundurkan diri dari pekerjaan kita? Pastinya banyak alasan yang dapat menjadi latar belakang dilayangkannya jenis surat resmi yang satu ini.

Sebelumnya telah dibahas beberapa contoh surat yang banyak dibutuhkan, salah satunya adalah surat tidak menuntut jadi PNS. Sebagai lanjutan dan untuk melengkapi kebutuhan surat menyurat kini giliran pernyataan mengundurkan diri yang akan kita bahas. 

Permohonan pengunduran diri diajukan apabila kita berniat keluar dari suatu pekerjaan yang telah dijalani sebelumnya. Surat ini tentunya akan berisi permohonan dan sekilas mengenai alasan pengunduran yang juga dilengkapi dengan data diri sebagai karyawan PT dimana kita bekerja. 

Kalau kita sekelas karyawan sebuah PT maka kami yakin tidak akan sulit untuk menyusun surat risain ini. Kalau memang mengalami kesulitan dan belum pernah membuat surat ini sebelumnya maka kita dapat memanfaatkan satu contoh surat tersebut seperti yang ditampilkan di bawah ini.



Surat Permohonan Pengunduran Diri


Jakarta, 29 Mei 2013
Kepada, yth, Kepala. HRD PT AAA
Di Tempat

Dengan Hormat,

Dengan surat ini saya sebagai karyawan PT AAA berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) mengenai peraturan tenaga kerja dan karyawan, maka:
Nama               : …………….
Departemen      : …………….
Jabatan             : …………….
No Karyawan : …………….

bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT AAA karena (sebutkan alasan mengapa anda mohon mengundurkan diri dari PT AAA, tidak perlu detail). Surat ini saya buat sesuai prosedur hubungan industrial dan tanpa motivasi negatif. Saya berharap perusahaan bisa menerima keadaan saya dan memberikan hak-hak sesuai peraturan yang berlaku.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini saya buat dengan sejujurnya. Atas dukungan dan bantuan yang telah diberikan selama saya bekerja di PT AAA, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,
Jakarta, 29 Juni 2014


( …………………. )


Berbekal dengan contoh surat yang sudah diberikan di atas semoga sobat pengunjung yang membutuhkannya dapat terbantu. Setelah mengundurkan diri dari perusahaan mungkin kita akan segera membutuhkan pekerjaan baru dan harus mempersiapkan surat lamaran pekerjaan yang akan dikirim.

Contoh Surat Pengunduran Diri

Jika diperlukan sebagai tindak lanjut pengunduran diri silahkan buat surat lamaran pekerjaan yang dibutuhkan. Mengundurkan diri merupakan hal yang tidak sepatutnya membuat kita sedih atau kecewa karena masih banyak jalan yang lebih baik yang mungkin akan kita dapatkan.

Tetap semangat dan jangan berhenti sampai disini agar dapat mengikuti kehidupan dan berbagai contoh surat selanjutnya. Terima kasih!
5:48:00 PM

Cara Melamar Pekerjaan di Kirim Via Email

Melamar Pekerjaan Kirim Via Email - Kalau kita biasa melamar pekerjaan secara konvensional yang di kirim via pos atau  kita kirim langsung kita biasanya akan ragu dan kurang paham jika hendak melamar pekerjaan lewat email.

Hal ini sering terjadi bukan karena kita tidak memiliki kemampuan tetapi karena kurangnya pengalaman dalam hal mencari pekerjaan menggunakan media online atau internet. Pada pembahasan ini kita akan belajar mengenai hal ini yaitu kita akan membahas persiapan apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana cara melamar pekerjaan dengan metode tersebut. 

Perlu diketahui bahwa melamar pekerjaan via email tidaklah berbeda dengan melamar lewat pos atau kirim langsung. Perbedaan yang ada hanya ada pada media yang digunakan untuk mengirimkan surat lamaran kita, dalam hal ini kita menggunakan email sebagai media pengiriman lamaran yang kita ajukan.

Hal-hal lain yang berkaitan dengan hal tersebut tidaklah berbeda dengan yang biasa kita temui. Berkaitan dengan hal ini, beberapa yang sering kita butuhkan yaitu informasi tentang:

2) Cara melamar kerja lewat email di hp
3) Cara melamar kerja lewat email yang baik dan benar
4) Cara melamar kerja lewat email kaskus
5) Cara melamar kerja online
6) Cara melamar kerja di indomaret
7) Jobstreet
8) Contoh daftar riwayat hidup
9) Ngirim cv lewat email

Kami ingat sekali, beberapa hari yang lalu ada seorang rekan yang bertanya tentang "cara ngelamar pekerjaan kirim via email" padahal ia sendiri kesehariannya sudah tidak asing dengan dunia online dan internet dan bahkan sering sekali berkirim email.

Pertanyaan tersebut muncul karena ketidaktahuan tentang prosedur yang harus dilalui dalam mengajukan lamaran kerja sistem online. Untuk mengatasi hal tersebut maka langsung saja kita bahas dua hal penting mengenai persiapan dan tata cara yang harus dilakukan.

A. Persiapan Melamar Pekerjaan Via Email

Jika kita hendak mengajukan lamaran via email maka ada beberapa persiapan yang harus kita lakukan. Persiapan yang paling penting dan berbeda dari persiapan biasanya adalah persiapan untuk sarana pengiriman email. Beberapa persiapan tersebut yaitu sebagai berikut:

1. Sambungan internet
2. Alamat email aktif
3. Berkas lamaran

Yang pertama kali harus kita siapkan untuk mengajukan lamaran seperti ini tentu sudah pasti adalah sambungan internet. Meski kita harus menyiapkan sambungan atau koneksi internet namun tentu kita tidak harus memiliki internet sendiri.

Kita bisa memanfaatkan fasilitas yang sudah ada misalnya menggunakan modem, pinjam teman atau bisa juga dengan memanfaatkan jasa warung internet. Yang terpenting adalah koneksi internat yang akan digunakan cukup stabil dan lancar untuk mengirim email.

Yang kedua, untuk melakukan ini maka kita harus memiliki alamat email aktif. Alamat email ini adalah email pribadi kita yang akan kita gunakan untuk mengajukan lamaran pekerjaan. Kita bisa menggunakan alamat email yang biasa kita gunakan, atau jika tidak ada kita bisa membuat email baru untuk kepentingan kita tersebut.

Selanjutnya persiapan yang harus dilakukan adalah untuk berkas lamaran. Berbeda dengan lamaran biasanya, untuk melamar pekerjaan dengan email maka kita membutuhkan soft copy atau file lamaran pekerjaan dalam bentuk file ms word atau pdf. Berkas lamaran lainnya pun harus dalam bentuk file seperti ini baik untuk cv, foto, ijazah dan lain sebagainya.

Surat lamaran bisa kita kirim di file dokumen ms words atau di tulis langsung di email. Berkas lain bisa kita buat seperti biasa lalu kita scan dalam bentuk file pdf agar bisa di kirim via email nantinya saat mengajukan lamaran kerja. Hal inilah yang membuat melamar kerja online via email berbeda dengan melamar kerja via pos yang biasa kita lakukan.

B. Tata Cara Melamar Pekerjaan Kirim Via Email

Lalu bagaimana caranya jika kita hendak melamar pekerjaan menggunakan cara ini? Pertanyaan bagus, untuk melamar kerja dengan sistem seperti ini sebenarnya caranya gampang.

Pertama kita siapkan semua berkas yang di butuhkan lalu setelah itu kita masuk ke email kita dan melampirkan berbagai berkas yang dimaksud dan mengirimnya ke alamat yang dituju. Supaya lebih jelas, dalam pengiriman lamaran tersebut kita dapat mengikuti langkah berikut!
  1. Persiapkan semua berkas lamaran dalam bentuk file
  2. Masuk ke email yang kita miliki (gmail, yahoo, dsb)
  3. Pilih menu tulis (kirim email)
  4. Tulis alamat penerima dan subjek email
  5. Tulis surat lamaran pada kolom yang disediakan (Lewati langkah ini jika kita sudah menulis lamaran dalam bentuk file ms words)
  6. Lampirkan berkas-berkas yang dibutuhkan (lamaran, CV, Foto, dst)
  7. Klik tombol Kirim Emal
  8. Selesai

Tata cara pengirimannya seperti itu, mudah bukan? Ya, intinya sama saja dengan saat kita mengirimkan email untuk orang lain. Agar lebih jelas saya akan berikan gambar proses pengiriman email untuk melamar pekerjaan via email. Silahkan pelajari langkah-langkahnya pada gambar di bawah ini.

Melamar Pekerjaan Via Email

Demikianlah tadi sedikit mengenai lamaran kerja Via email, mudah-mudahan dengan sedikit pembahasan ini kita tidak akan bingung lagi jika harus melamar pekerjaan menggunakan media online seperti pada contoh di atas. Jika masih ada yang kurang jelas silahkan baca juga beberapa panduan membuat surat lainnya yang ada di bagian bawah. Itu saja, semoga sukses!

Contoh Daftar Riwayat Hidup Bahasa Inggris

Contoh Daftar Riwayat Hidup Bahasa Inggris - Pernahkah anda menulis daftar riwayat hidup, khususnya yang dalam bahasa Inggris? Apakah anda bisa membuatnya dengan mudah? Ya, hari ini kita akan mengingat kembali bagaimana menyusun sebuah daftar riwayat hidup yang biasanya banyak kita butuhkan.

Disini akan dijelaskan mulai dari definisi atau pengertian, cara membuat dan juga contoh yang bisa dipelajari.

Sebenarnya perkara ini tidak begitu sulit, anda belajar sekali saja pasti akan bisa membuat sendiri. Sisi sulitnya mungkin dari segi bahasanya saja. Kalau sudah bisa membuat yang bahasa Indonesia seharusnya bisa yang bahasa Inggris juga. Tapi supaya lebih paham lagi mari kita baca penjelasan berikut.

A. Pengertian (Definisi) Daftar Riwayat Hidup

Seperti kita ketahui, curriculum vitae (CV; juga ditulis curriculum vitæ) atau daftar riwayat hidup adalah dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman seseorang dan kualifikasi lainnya. 

Didalam dokumen ini akan diterangkan dengan jelas berbagai informasi seseorang mulai dari identitas diri sampai informasi seputar pengalaman yang berkaitan dengan pekerjaan. Beberapa informasi tersebut yaitu sebagai berikut:
1. Identitas diri
2. Riwayat pendidikan
3. Pengalaman organisasi
4. Riwayat pekerjaan
5. Prestasi jika ada, dst

Pada bagian pertama identitas diri akan memuat berbagai informasi data pribadi mulai dari nama, tempat dan tanggal lahir dan seterusnya. Setelah data pribadi tersebut biasanya akan diberikan juga beberapa informasi mengenai kebisaan atau skill kita. 

Di dalam Riwayat Hidup juga akan diberikan informasi mengenai riwayat pendidikan kita mulai dari awal sampai yang terakhir; meliputi nama instansi dan tahun lulusnya. Selanjutnya ada juga informasi mengenai pengalaman organisasi yang kita miliki dilanjutkan dengan pekerjaan dan berbagai prestasi yang ada. 

Itulah gambaran mengenai isi riwayat hidup yang biasa kita butuhkan. Setelah tahu apa saja isinya sekarang kita akan bahas sedikit mengenai tata penulisannya. Untuk menulis CV ini bahasa yang digunakan tentu adalah bahasa baku, formatnya menggunakan format resmi yang telah ditetapkan. 

Karena judulnya adalah "Daftar Riwayat Hidup" maka bentuk tulisannya hampir sama dengan berbagai penulisan daftar yang lain, tidak berbentuk esai atau paragraf. Meski begitu memang ada juga yang membuatnya dalam bentuk esai, semua tergantung keperluan.

Untuk apakah riwayat hidup dibuat? Ya, Daftar Riwayat Hidup (curriculum vitae) dibuat untuk memberikan gambaran menyeluruh mengenai runutan kehidupan kita mulai dari awal pendidikan sampai masa kerja.

Riwayat ini biasa digunakan sebagai salah satu syarat untuk melamar pekerjaan. Jadi, tidak heran jika setelah mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan terbaru biasanya orang akan sibuk membuat lamaran dan juga cv.

Riwayat ini biasanya dilampirkan pada surat lamaran pekerjaan yang akan kita kirim baik itu untuk perusahaan maupun instansi lainnya. Agar lebih jelas ada baiknya anda mempelajari langsung contoh yang akan disertakan berikut ini.

B. Contoh Daftar Riwayat Hidup Bahasa Inggris

Anda yang sedang belajar membuat cv atau yang sedang membutuhkan contoh penulisan cv bisa menggunakan contoh yang akan diberikan di bawah ini sebagai bahan referensi. Karena kita membahas Riwayat Hidup dalam Bahasa Inggris maka contohnya pun akan diberikan yang berbahasa Inggris saja.

Contoh ini terdiri dari dua buah, yang keduanya ditulis versi Inggris, jika anda membutuhkan cv bahasa Indonesia anda bisa membacanya di bagian akhir. Contoh tersebut yaitu sebagai berikut!

CURRICULUM VITAE

PERSONAL DATA
Date & Place of Birth : Jakarta August 17, 1945
Status : Single
Country : Indonesia
Religion : Moslem

WORK EXPERIENCE
2007 – 2009 : Lecturer assistant on Computer and Physics Subject
2007 – 2008 : Physics and Mathematics Instructor on International College Jakarta

SKILL
Language : English
Computer : Microsoft Office, Excel, PowePoint, CorelDraw, Movie Maker
Internet : Web Design, Php, Owner and Admin of more than 20 national and international websites

ORGANIZATIONAL EXPERIENCE
2007 – 2008 : HIMAPA
2007 – 2008 : Rakarba (Ormas) Jakarta
2007 – 2008 : BEM Jakarta
2003 – 2004 : Committee Chairman, Physics, Chemistry, Mathematics Olympiad 
2008 – 2009 : Rohis

FORMAL EDUCATION
1994 - 2000 : SD Jakarta
2000 - 2003 : MTs Jakarta
2003 - 2006 : SMA 2 Jakarta
2006 - 2011 : Universitas Jakarta

Surabaya, February 22, 1950

Mboten Enten

Satu contoh di atas bisa anda pelajari sebagai bahan referensi tambahan mengenai bentuk dan susunan Riwayat Hidup Bahasa Inggris jika kurang jelas silahkan baca juga contoh kedua berikut ini.


CURRICULUM VITAE

Personal Details
Full Name : Agung Raharja
Sex : Male
Place, Date of Birth : Kuripan August 5, 1980
Nationality : Indonesia
Marital Status : Married
Height, Weight : 165 cm, 53 kg
Health : Perfect
Religion : Moslem
Address : Perum 1, Blok ZA No.30, Kurpanja 16945
Mobile : 0819 6565 6565
Phone : 021 - 745745
E-mail : oraono@gmail.com

Educational Background
1985 - 1991 : Gajahmada Elementary School, Kurpanja
1991 - 1994 : Junior High School No.1, Kurpanja
1994 - 1997 : Senior High School No.1, Kurpanja
1997 - 2001 : Accounting Department at the University, Kurpanja

Course & Education 
1998 - 1999 : Computer & Internet Course at Puskom Gilland Ganesha, Kurpanja
1999 - 2002 : English Language Course at LBA Gilland Ganesha, Kurpanja
2004 - 2004 : Tax Course (Brevet A & B) di FAIUP, Kurpanja

Qualifications
1. Accounting & Administration Skills (Journal Printing & Calculation, Ledger, Petty Cash Payroll & Calculation, Inventory Controls, Project Data Updating, Teller, Salary Caldulation).
2. Taxation System.
3. Computer Literate (MS Word, MS Excel, MS Power Point, MS Access, MS Outlook).
4. Internet Literate.

Working Experience
Working at PT. Flamboyan Bumi Singo, Kurpanja
Period : August 2001 - January 2013
Purpose : Permanently working
Position : Accounting & Taxation staff

Job's Description :
* Payroll Staff;
* Project's data updating;
* Business correspondences;
* Expatriates documentation filling & follow up;
* Translation;
* Appointment arrangement;
* Filling data updating;
* Arranged of business trip schedule;
* Meeting budget arrangement;
* Procurement filling, inventory control, and administration asistant;
* Preparing for breakdown statement for the project, preparing intern finance circular correspondences, and preparing for the presentation materials;
* Issuing invoice & receipt for vendor and customers;
* Inventory Controller;
* Preparation of purchase requirement and purchase order;
* Invoice & payment arrangement.

Kurpanja, February 22, 2013
Ora Ono

Sudah dijelaskan mulai dari pengertian, dijelaskan bagaimana isi dan cara membuatnya serta diberikan juga contohnya, apalagi coba? Sekarang anda bisa mulai membuat atau menulis cv anda sendiri untuk keperluan melamar kerja yang akan dilakukan.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Bahasa Inggris

Untuk contoh lain anda bisa baca di bawah, jangan lupa bagikan juga contoh ini di sosial media yang anda miliki, dengan demikian kami bisa terus memberikan bacaan yang bermutu bagi referensi anda semua. Terima kasih, semoga Contoh Daftar Riwayat Hidup Bahasa Inggris ini bermanfaat!

Contoh Surat Keterangan Usaha dari Kelurahan

Contoh Surat Keterangan Usaha dari Kelurahan – masih merupakan surat yang juga dibutuhkan ketika mengajukan pinjaman ke bank. Jenis surat ini kadang diminta pihak bank untuk melengkapi atau menguatkan permohonan kredit yang diajukan kepada pihak bank. Tujuan surat ini jelas yaitu untuk mengetahui apakah pemohon memiliki usaha yang sesuai dengan pengajuan kredit yang diminta.

Karena tidak tahu maka seringkali kita bingung ketika diminta untuk menunjukkan surat keterangan untuk jenis usaha yang kita jalankan. Padahal sebenarnya surat keterangan usaha ini bisa diurus langsung ke kantor kelurahan atau desa melalui pejabat yang berwenang disana. Lalu kenapa kita harus belajar mengenai surat ini?

Dalam keadaan mendesak bisa saja anda harus membuat atau menulis sendiri surat ini. Contohnya ketika anda dikejar waktu tidak memiliki cukup waktu untuk menunggu surat dari kelurahan. Maka anda bisa berinisiatif menyiapkan suratnya baru setelah itu ke kelurahan untuk meminta pengesahan.

Ya tentunya penting untuk belajar membuat surat seperti ini apalagi untuk rekan pelajar. Maka dari itu kali ini kita juga akan membahas dua hal sekaligus. Pertama kita akan belajar bagaimana menulis surat ini. Berikutnya kita akan mempelajari langsung bagaimana bentuk suratnya melalui contoh yang disiapkan.

Dari dua pembahasan tersebut maka kebutuhan akan mudah dipenuhi. Bagi yang butuh surat ini bisa langsung melihat contohnya. Bagi yang ingin belajar surat menyurat bisa mempelajari cara membuatnya. Ya sudah, sekarang kita bahas langsung selengkapnya berikut.

1) Cara membuat surat keterangan usaha

Cara yang paling mudah untuk membuat surat ini adalah dengan datang ke kantor kelurahan langsung. Disana anda tinggal bilang untuk meminta surat keterangan usaha. Nanti anda akan ditanya beberapa data dan kemudian suratnya sudah siap. Ya memang demikian, surat ini memang bukan anda yang mengeluarkan melainkan dari kelurahan.

Kalau surat ini bisa langsung diminta di kelurahan lalu untuk apa kita belajar membuatnya? Tidak begitu, kadang kala juga kita kan butuh, atau mungkin ada yang ingin belajar surat menyurat lebih dalam makanya kita pelajari juga. Siapa tahu nanti anda jadi sekretaris kampung dan harus tahu hal ini, benar bukan?

Ya, surat ini adalah jenis surat resmi. Jadi surat ini dibuat dengan aturan pembuatan surat baku baik dari bentuk, penulisan maupun bahasa yang digunakan. Surat ini bisa anda buat dengan komputer yaitu diketik rapi dan dicetak dengan kertas yang sesuai.

Seperti surat lain, keterangan usaha diawali dengan kop surat surat resmi. Setelah itu ada judul surat yang diikuti dengan nomor surat. Nomor surat ini berbeda antara satu kelurahan dengan kelurahan atau desa lainnya. Selanjutnya isi surat di ketik seperti biasa layaknya surat resmi lain.

Dibagian awal, surat ini akan dimulai dengan kalimat “Yang bertanda tangan dibawah ini”, kemudian diikuti dengan identitas kepala kampung yang meliputi nama, NIP (jika ada) dan juga jabatan.

Setelah itu akan diikuti dengan kalimat “Dengan ini menerangkan bahwa”. Setelah kalimat tersebut maka akan ditulis informasi mengenai pemohon surat keterangan yang terdiri dari nama, jenis kelamin, umur, pekerjaan dan juga alamat. Dalam penulisan data tersebut jangan sampai salah, apalagi data nama yang bersangkutan.

Setelah data tersebut maka bagian berikutnya adalah keterangan yang berupa kalimat “Nama tersebut diatas adalah benar masyarakat Kampung …………… yang memiliki usaha di bidang ……………  di …………….” dan dilanjutkan dengan kalimat “Demikian surat keterangan ini kami buat dengan sebenar-benarnya dan untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.”

Pada bagian akhir surat ini kemudian ditandatangani dan dicap oleh kepala kampung. Cukup sederhana bukan bentuk dari surat ini? Ya, kalau sudah melihat contohnya, nanti anda pasti akan lebih paham dan pandai membuat sendiri surat tersebut. Sekarang lebih baik anda lihat dulu contohnya dibagian bawah.

2) Contoh surat keterangan usaha dari kelurahan

Kalau untuk contohnya tidak usaha dijelaskan panjang lebar ya. Anda pasti bisa mempelajari sendiri dengan melihat contoh surat yang sudah disiapkan berikut. Namun tak lupa kami ingatkan, contoh yang diberikan disini adalah dalam bentuk format gambar jadi tidak bisa disalin tulisannya.

Bagi yang membutuhkan bentuk tulisan bisa menyusun sendiri dari pembahasan pada bagian awal. Dengan begitu anda akan lebih paham dalam membuat suratnya sendiri menggunakan panduan dari gambar surat yang disediakan. Berikut contoh format surat untuk keterangan usaha yang anda butuhkan.

Surat Keterangan Usaha dari Kelurahan
Contoh Surat Keterangan Usaha dari Kelurahan atau Desa

Selesai sudah, sekarang anda sudah tahu bagaimana bentuk, susunan dan cara membuat keterangan usaha jika dibutuhkan. Mudah-mudahan penjelasan di atas cukup bisa dimengerti oleh pengunjung semua. Apabila ada yang kurang jelas silahkan langsung lihat pada contohnya saja. Sampai disini, salam hangat dari kami.

Contoh Surat untuk Memutuskan Pacar

Contoh Surat Cinta untuk Memutuskan Pacar - Ada banyak alasan sebuah pacaran bisa berakhir, bisa karena kecurangan, perselingkuhan, rasa jenuh dan bosan dan lainnya. Kalau di kalangan remaja yang sudah pacaran pun sering terjadi putus-nyambung. Kali ini surat yang akan kita berikan berkaitan dengan hal tersebut.

Ya, seperti pada judul, kita akan memberikan beberapa contoh surat cinta yang isinya untuk memutuskan hubungan kita dengan kekasih atau pacar kita. Contoh ini bukan untuk mendoakan atau menganjurkan anda putus tetapi agar bisa dijadikan pelajaran bagaimana membina hubungan baik.

Maksudnya, mudah-mudahan contoh yang akan disampaikan ini bisa menjadi gambaran bagi yang ingin mencari cara terbaik dan santun dalam memutuskan pacar atau kekasih. Dengan begitu, tidak perlu ada dendam dan permusuhan, biarkan semua berlalu dengan indah.

Yang ada di bawah ini setidaknya ada beberapa penyebab putus yang nantinya isi surat-nya pun akan sesuai penyebab tersebut. Sebagai contoh, ada yang diputusin karena dia selingkuh, ada yang memutuskan pacar karena bosan dan sebagainya. Silahkan langsung dibaca saja contoh surat di bawah ini.

1) Surat memutuskan pacar selingkuh

Aku tidak tau apa kesalahanku padamu sehingga kau menduakan aku? Apakah aku sudah tak seperti dulu lagi? Apa aku tidak setiap waktu, setiap menit, setiap detik selalu ada untukmu sehingga kau selingkuh dibelakangku? 

Kamu jahat, kamu khianati cinta ku! Aku ingin putus dengan mu karena kamu sudah tidak sayang lagi dengan ku. Apa sih kekuranganku padamu sehingga kau lebih memilih dia di bandingkan aku…!

Jujur nih aku masih sayang sama kamu tapi seandainya waktu bisa berubah, aku akan merubah sifatmu! Aku heran, mengapa kau sampai selingkuh di belakangku begini! Tapi, waktu biarlah berlalu, dan waktu juga tidak akan merubahnya. Memang aku tahu, kalau memang itu jalan yang kamu pilih gak apa.

Detik ini juga aku ingin putus kepadamu dan kesalahan yang kau buat. Ingatlah karma pasti berlaku. Aku ingin putus dengamu dan jangan ganggu aku lagi. Aku harap ini surat ku yang terahir. Maafkan aku kalau selama aku denganmu kamu tidak bahagia, maaf! Sakali lagi aku ingin putus denganmu.

2) Surat putus karena sudah bosan

Sungguh aku tak tagu perasaanku selama ini ke kamu mungkin sudah menghilang seiring jalanya waktu ke kamu, karena kamu! Kamu tak seperti dulu! Kamu sekarang berbeda, kamu membosankan dan aku ingin putus denganmu! 

Mafkan aku karena aku tidak menjadi pacar terbaikmu, sungguh aku benar benar minta maaf ke kamu. Aku ingin putus denganmu karena kamu sudah membosankan. Bagiku kamu egois, kamu tidak mengerti tentang keadaanku. 

Sungguh maafkan aku, mungkin aku bukan yang terbaik untuk mu. Semoga kamu menemukan seseorang yang lebih baik dariku. Mungkin ini jalan yang terbaik bagi kita. Aku harap kau menemukan sosok yang lebih baik dariku. Bagi ku ini biasa tapi mungkin bagimu ini sesuatu yang sangat sakit banget.

Aku memutuskan mu bugitu saja tanpa sebab yang jalas karena aku sudah bosan denganmu. Mungkin karena sifatmu yang telah membuatku bosan karena kamu begitu begitu saja. Aku ingin penjelasan darimu tetntang hubungan kita tapi kamu malah tidak menghiraukanya.

Ya sudah, yang lalu biarlah berlalu. Jangan kau ungkit - ungkit lagi, tidak ada gunanya lagi. Sekarang aku ingin putus, sekali lagi memang masih sangat mencintai mu tapi apa balasanmu kepadaku sehingga kau hancurkan cinta kita yang selama ini kita bina bersama selama satu tahun.

Kau hancurkan begitu saja, satu tahun bukan waktu itu waktu yakg cukup lama! Mengapa kau begitu mudah sehingga kau acuhkan begitu saja! Apakah kamu sudah bosan! Sudah lupa dengan janji yang kita buat dulu! 

Apapun masalah kamu, kamu ceritakan kepadaku dan kita hadapi bersama sama tapi apa kenyataanya kau biarkan cintaku begitu saja. Maafkan, aku ingin putus!

3) Surat putus sudah ada yang lain

Sudah sejak lama aku ingin mengutarakkan perasaan ku ini kekamu kalau aku sudah tidak mencintai kamu lagi aku ingin putus maaf kan aku, dan waktu bergulir lambat merantai pejalanan kita berjuta cerita terukir dalam menjadi sebuah dilema mengertikah engkau perasaanku yang tak tergantikan, dan sungguh maaf aku sudah tidak mencintaimu lagi seperti dulu karena kamu semakin lama semakin berubah jadi kita sudah tidak ada lagi kecokan lagi .

Aku harap kau mengerti dengan keadaanku, kamu sudah berbeda tidak kseperti dulu lagi jadi aku memutuskan untuk tidak lagi bersamamu aku ingin putus aku harap kamu menerimanya dan sekali lagi maaf dan alasan yang lain yaitu karena aku sudah ada penganti dirimu, tolong maafkanlah kesalahanku ini.

Dan aku tidak bisa menjaga janji suci yang telah kita sepakati dulu sekali lagi maafkan aku, aku imgim putus darimu.

Contoh Surat Memutuskan Pacar

Tiga contoh di atas merupakan isi surat cinta untuk memutuskan sang kekasih. Sengaja dibuat sederhana tanpa desain agar bisa direnungkan. Namanya juga surat putus ya kurang pantas kalau dibuat dengan desain yang indah-indah.

Kalau ada yang masih ingin melihat contoh lainnya bisa mencarinya langsung dibagian bawah. Sudah disiapkan beberapa contoh surat pribadi lainnya yang bisa dijadikan tambahan referensi. Itu saja, semoga berkenan dan salam hangat dari kami.

Contoh Gambar Surat Undangan Reuni yang Lucu

Contoh Gambar Surat Undangan Reuni yang Lucu - Undangan keren tentu sudah menjadi hal yang biasa, karena sudah banyak orang yang bisa membuatnya. Namun bagaimana bila undangan lucu yang dipergunakan dalam acara reuni..? Pasti akan cukup luar biasa, karena memberikan sebuah kesan yang cukup menyenangkan bagi para penerima.

Dan di bawah ini sudah saya siapkan tentang tips dan contoh cara membuat undangan yang lucu untuk reuni. Yang mungkin bisa anda praktekan di rumah, yang kemudian anda gunakan untuk acara reuni anda.

Untuk acara yang tidak resmi atau non formal, tidak ada salahnya mengambil tema santai yang lucu. Tentu saja semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Yang perlu diingat, tujuan dalam membuat undangan yang lucu adalah untuk menarik perhatian yang diundang.

Harapannya dengan undangan yang lucu dan menarik maka semakin banyak yang datang berpartisipasi dalam acara tersebut. Berikut mari kita semak terlebih dahulu informasi tentang tips membuat undangan yang lucu untuk acara reuni.

A. Tips undangan reuni agar lucu

Bagaimana cara agar bisa membuat undangan yang keren, gaul dan tidak ketinggalan zaman? Ya, kalau masalah desain undangan reuni sebenarnya bisa langsung diserahkan pada yang ahli saja. Tetapi jika ingin coba-coba belajar bisa memulainya dengan beberapa tips berikut.

1. Pilih desain undangan yang aneh, lucu dan tidak biasa
Langkah awal membuat sebuah undangan yang lucu adalah dengan cara membuat desain yang berbeda dengan dengan yang lain. Desain tersebut haruslah berbeda, aneh dan tidak biasa. Hal ini dimaksudkan bahwa desain yang aneh, tidak biasa, dan berbeda, menjadi sebuah daya tertarik karena memang terkesan lucu.

2. Gunakan kombinasi warna yang menarik
Kombinasi sebuah warna yang menarik juga menjadi hal yang penting untuk membuat tampilan undangan menjadi sedikit keren dan lucu. Dengan demikian undangan tidak akan terlihat membosankan, karena diberi sebuah desain yang lucu, unik sebagai kombinasi warna yang membuat tampilan undangan menjadi menarik.

3. Sisipkan gambar yang lucu dan unik
Tidak lupa berikan sebuah gambar yang lucu, dan unik serta bila bisa lain dari pada yang lain. Dengan demikian nuansa gambar yang lucu dan menarik akan memberikan sebuah kesan undangan lucu bila dipandang. Hal tersebut berawal dari pemilihan gambar yang tepat, sesuai dengan desain yang sudah dibuat.

4. Gunakan bahasa santai dan akrab
Penggunaan bahasa juga cukup mempengaruhi sebuah hasil undangan yang mempunyai nuansa lucu. Karena dari bahasalah undangan tersebut bisa mempunyai sebuah karisma yang lucu yang bisa dirasakan oleh penerimannya. Dengan demikian pemilihan bahasa yang akrab dan santai menjadi hal yang penting, untuk menciptakan sebuah kesan lucu pada undangan.

5. Gunakan tulisan yang unik, beda
Selain bahasa gunakan juga sebuah tulisan yang unik dan berbeda. Tulisan bisa dibuat seunik mungkin, seperti mencantumkan seni dalam penulisan tersebut, sehingga menghasilkan tulisan yang berbeda dan unik serta indah. Hanya dengan menggabungkan sebuah seni dan tulisanlah anda bisa membuat tulisan yang unik dan berbeda.

B. Contoh undangan reuni lucu

Undangan yang dibuat dengan proses yang lucu dan menghasilakn undangan yang lucu ini bisa anda peruntungkan untuk sebuah acara-acara non-formal. Macam-macam acara tersebut bisa meliputi sebagai berikut:

1) Reuni teman satu angkatan
Undangan dengan sebuah bingkaian lucu bisa diaplikasikan dalam acara reuni teman satu angkatan. Karena sesuai dengan sebuah karakteristik yang ada pada acara tersebut yang merupakan sebuah acara yang non-formal. Sehingga undangan yang mempunyai sebuah corak lucu bisa diberlakukan dalam acara ini.
 
2) Reuni teman satu organisasi
Undangan reuni lucu juga bisa digunakan dalam acara reuni teman satu organisasi. Organisasi memang mempunyai sebuah acara-acara formal, tetapi berbicara tengang reuni maka acaranya tentu non-formal. Dan undangan lucu di sini mempunyai tempat untuk diaplikasikan.

3) Reuni teman satu kontrakan/kost
Adapun yang terakhir adalah sebuah reuni tentang satu kontrakan/kost, yang juga bisa dipalikasikan dengan penggunaan undangan bercorak lucu ini. Acara reuni satu kontrakan/kos juga termasuk dalam kategori acara non-formal.

Dengan begitu bisa saja diberlakukan undangan lucu ini. Berikut saya akan memberikan sebuah contoh surat undangan untuk acara reuni dengan tema lucu.

Gambar Surat Undangan Reuni Lucu

Jadi, banyak pilihan jenis surat undangan reuni lucu yang bisa digunakan. Untuk acara yang akan diadakan kita bisa memilih jenis undangan dengan tema lucu, gaul, santai atau yang lainnya. Semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Kalau sudah selesai, jangan lupa untuk melihat desain undangan lain yang sudah disiapkan dibagian akhir pembahasan. Jangan lupa juga untuk selalu berkunjung ke sini untuk mendapatkan berbagai contoh lainnya.
8:59:00 PM

Contoh Curriculum Vitae (CV) Daftar Riwayat Hidup

Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup tentu anda butuhkan saat anda hendak mengirimkan lamaran kerja. Meski bisa dikatakan sangat mudah tapi mungkin anda belum paham bagaimana membuat CV tersebut untuk itulah akan dibahas disini lengkap dengan contohnya. Anda bisa belajar membuatnya baik dari penjelasan maupun dari draft atau format yang disertakan.

Dalam surat lamaran pekerjaan, Curriculum Vitae (CV) ini merupakan salah satu hal penting yang harus anda perhatikan. Jika anda asal-asalan membuatnya bukan tidak mungkin lamaran yang sudah diajukan akan dikembalikan atau ditolak. Tidak mau mengalami hal itu bukan? Silahkan anda pelajari penjelasan lengkap mengenai hal tersebut pada uraian di bawah.

Bagaimanakah bentuk cv yang baik dan benar? Apa saja informasi yang harus ada dalam jenis surat ini? Dari pada anda bertanya-tanya tak jelas tanpa ada penjelasan lebih baik anda langsung melihat contohnya berikut ini, lumayan bisa buat belajar dan referensi tambahan, mau?

A. Cara Menyusun Curriculum Vitae (CV)

Bingung bagaimana membuat cv, tidak tahu sama sekali bentuknya? Baiklah, anda bisa menyusun dengan cara yang sangat mudah dengan beberapa tips dan teknik berikut.

Yang perlu anda perhatikan dalam pembuatan cv adalah bagaimana bentuknya dan apa saja informasi yang harus diberikan. Perlu anda ketahui bahwa Curriculum Vitae (CV) adalah sebuah dokumen yang berisi informasi tentang pengalaman dan juga kualifikasi atau kemampuan seseorang.

CV ini dibuat dengan bahasa baku dengan bentuk yang sudah ditentukan. Dalam menyusun nya anda perlu memperhatikan beberapa informasi berikut:

1. Informasi dasar
2. Informasi tentang kemampuan, skill atau kualifikasi
3. Informasi tentang pengalaman

Yang dimaksud dengan informasi dasar yaitu mengenai data diri yang akan memuat detail data diri anda mulai dari nama, ttl, status dan juga nomor kontak.

Setelah informasi mengenai data tersebut anda juga akan memberikan informasi mengenai kualifikasi yang didalamnya ada riwayat pendidikan. Anda akan menuliskan detail pendidikan anda pada bagian ini mulai dari pendidikan dasar sampai perkuliahan.

Yang tak kalah penting dalam Daftar Riwayat Hidup ini yaitu informasi mengenai pengalaman. Bagian ini akan memuat detail pengalaman anda baik itu organisasi maupun pengalaman bekerja. Perlu anda ingat, anda tidak boleh memberikan informasi yang tidak dibutuhkan dalam surat ini, jadi semuanya sudah ditentukan.


B. Format Curriculum Vitae (CV)

Cara yang paling mudah dalam belajar membuat cv adalah dengan mempelajari contohnya. Untuk anda yang ingin bisa membuat surat ini anda bisa mempelajari contoh format daftar riwayat hidup berikut ini. Mudah-mudahan dengan adanya contoh ini anda lebih mudah dalam membuatnya, silahkan disimak.



DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA PRIBADI
1. Nama Lengkap                    : .................................................
2. Tempat, Tanggal Lahir        : .................................................
3. Domisili                               :..................................................
4. Jenis Kelamin                      :..................................................
5. Agama                                 : ..................................................
6. Status                                  : ...................................................
7. Tinggi / Berat Badan           : ...................................................
8. Telepon / Hp                       : ...................................................
9. E-mail                                  : ...................................................

RIWAYAT PENDIDIKAN

A. Formal
1. (………) Lulus ………………………………..
2. (………) Lulus ………………………………..
3. (………) Lulus ………………………………..
4. (………) Lulus Universitas ………………………………..
5. (………) Lulus Universitas ………………………………..

B. Non Formal
1. (………) Lulus ………………………………..
2. (………) Lulus ………………………………..

KETERAMPILAN
1. Menguasai komputer ( MS Word, Excel )
2. Menguasai Bahasa Inggris dengan fasih

PENGALAMAN KERJA
1. PT. ……………………….., ……………….. s.d. ………………..
1. PT. ……………………….., ……………….. s.d. ………………..

1. PT. ……………………….., ……………….. s.d. ………………..

Di atas adalah contoh saja, silahkan gunakan sesuai dengan ketentuan dan tata penulisan yang sesuai dan baku. Bentuk dan isi dari Contoh Curriculum Vitae (CV) Daftar Riwayat Hidup di atas bisa saja berbeda satu sama lain.

Tidak perlu dicetak tebal, ditulis biasa saja, dan pastikan anda cek dengan format CV lain yang ada baik dari perusahaan maupun instansi terkait.

Contoh Curriculum Vitae (CV) Daftar Riwayat Hidup

Cukup sampai disini saja obrolan kita mengenai jenis surat tersebut. Saya sangat berharap apa yang diuraikan di atas dapat menjadi bahan belajar anda semua yang membutuhkan. Untuk lainnya, anda bisa mempelajari juga cara penulisan lamaran pekerjaan dan juga contoh lamaran di bagian akhir tulisan ini. Itu saja, sampai bertemu lain waktu.

Surat Cinta dari Pengagum Rahasia

Contoh Surat Cinta dari Pengagum Rahasia - Berbicara mengenai pengagum rahasia sebenarnya sangat menarik. Ada sisi unik yang bisa digali, misalnya berhubungan dengan rasa cinta, atau surat kaleng mungkin. Tapi bukan yang seperti itu yang akan kita bahas melainkan sebuah surat cinta dari pengagum rahasia yang ingin mengungkapkan sebagian isi hati. 

Menarik, ada sebuah rahasia yang akan diungkap dengan tetap menyamarkan identitas. Bukan untuk membuat tidak nyaman tetapi memang biasanya ada alasan lain, mungkin malu, tidak percaya diri atau mungkin memang sengaja untuk menimbulkan hal yang berkesan.

Dalam surat pribadi seperti ini, surat pengagum rahasia bisa saja mengungkapkan banyak hal. Surat tersebut bisa sekedar untuk menyampaikan kegaguman seseorang terhadap orang lain, bisa juga untuk mengungkapkan rasa cinta atau lainnya. 

Yang menjadi ciri yaitu identitas dari pengirim surat ini tetap samar dan tidak diketahui pasti. Bagi penerima tentu saja ini menjadi teka-teki yang harus dijawab karena menimbulkan rasa penasaran, benar tidak?

Anda pernah mendapatkan surat kaleng dari pengagum anda, bagaimana rasanya diberi surat seperti itu? Mendapatkan surat dari pengagum tentu saja senang, tapi kalau menimbulkan misteri dan penasaran bisa jadi jengkel, atau bahkan marah atau lainnya. Yuk, kita lihat saja beberapa contoh surat tersebut.

1) Kata-kata gombal pengagum rahasia

Biasanya sih, yang namanya pengagum pasti memiliki sejuta alasan kuat yang membuat ia tertarik pada orang yang dikagumi. Sering kali, perasaan yang ada diungkapkan dengan banyak kata dan kalimat manis yang bisa membuat perasaan melambung.

Kata manis dan romantis tersebut bahkan ada juga yang berlebihan atau bisa juga dikatakan kata-kata gombal untuk merayu yang dikagumi. Kalau diamati lebih jauh, kata dan kalimat seperti itu menarik juga bahkan cukup romantis. Sebagai contoh, berikut kata-kata indah dari sang pengagum rahasia.

Hay cinta, sunguh kau sangat menarik perhatianku. Kau sangat cantik dan kau sungguh menawan bagiku. Bagiku cobaan yang paling berat saat harus duduk berdua denganmu dan Sungguh aku tidak sanggup untuk berdua denganmu. Aku takut kalau berdua denganmu.

Aku tak sanggup kalau kau menangkap binar binar cinta dimataku. Seakan rahasia cinta yang selama ini ku pendam dan tutup rapi terkuak ke udara. Dan kau mengetahui cintaku yang selama ini ku simpan dalam hatiku dimana aku harus mengungkapkann rasa aku berat aku idak bisa sampai kau mengetahui perasanku yang selama ini ku tutup rapi 

Berikut ini ada beberapa contoh kata dan kalimat yang digunakan untuk mengungkapkan perasaan dan kekaguman seseorang. Contoh kalimat gombal untuk merayu tersebut sudah tersusun menjadi sebuah surat sederhana. Penasaran, berikut dua contohnya untuk anda.

Kepada Ayu 
Yang sangat aku kagumi

Di pagi hari aku selalu melihatmu duduk di kantin sendirian, sambil sibuk dengan laptopmu. Sementara aku melihatmu dari kejauhan, sambil menyandarkan dagu di tangan. Wajahmu sungguh membuatku nyaman hingga aku betah berlama-lama memandangmu.

Tidak jarang aku juga selalu menyempatkan untuk mengabadikan wajahmu yang indah, dengan kameraku untukku pajang di dalam kamar. Dengan cara inilah aku bisa benar-benar selalu terbayang dengan wajah indahmu, meski kau tidak ada di sampingku.

Selama ini aku hanya berani menjadi seseorang pengaggum rahasiamu, karena jujur aku belum siap. Tetapi suatu saat percayalah, aku akan menunjukan siapa sosoku di balik layar. Tetapi akupun tidak tahu kapan waktunya, yang pasti aku akan cari waktu yang tepat untuk itu.

Untuk Ayu gadis yang aku kagumi, aku harap kau tidak risih denganku, yang selalu mengirimkan sepotong surat setiap minggu. Percayalah aku tidak mempunyai niatan buruk kepadamu, aku hanya seorang pengaggumu dan tidak mungkin untuk menyakitimu.
Dari pengaggum rahasiamu

Bagaimana, seru juga ya? Bayangkan saja jika anda mendapatkan surat seperti itu yang anda sendiri tidak paham atau tidak tahu siapa pengirimnya, mungkin bisa senyum-senyum sendiri, benar tidak?

2) Contoh Surat cinta dari pengagum rahasia

Selain contoh di atas masih ada satu lagi contoh yang sudah disiapkan. Contoh berikutnya juga sama dengan contoh yang pertama tetapi khusus untuk penerima yang berbeda. Dengan tambahan berikut ini anda yang penasaran bagaimana membuat surat cinta bisa mendapatkan inspirasi.

Sedikit berbeda, pada contoh kedua ini akan diberikan kata, kalimat yang sudah disusun menjadi surat pribadi. Contoh tersebut juga sudah disertakan dengan yang sudah siap digunakan dalam bentuk desain yang menarik. Agar lebih jelas langsung kita lihat saja bagaimana contoh tersebut.

Kepada Indra 
Lelaki gagah yang aku kagumi

Indra, aku harap kedatangan surat ini tidak membuatmu risih karena tiada identitas di dalam surat ini. Ini semua sengaja aku lakukan yang memang untuk menutupi jati diriku yang sebenarnya. Karena sungguh aku belum berani untuk mengungkapkannya.

Aku adalah gadis yang sangat mengaggumimu, yang selalu hadir dalam pertandingan basketmu. Aku selalu mendukungmu sepenuh hati, meski kau sendiri tidak tahu bahwa aku mendukungmu. 

Tetapi ketahuilah bahwa aku ada di antara suporter yang mendukungmu. Tetapi perlu kau ketahui, bahwa aku tidak sama dengan suporter yang lain, aku tulus mendukungmu, karena memang aku adalah seorang pengaggummu.

Aku selalu melantunkan sebuah doa dalam hati dengan khusyu setiap kau bertanding. Aku ingin kau selalu diberikan sebuah kesehatan, dan selalu bisa memenangkan pertandingan. Itulah yang selalu aku lakukan setiap kau bertanding menghadapi musuh-musuhmu.

Aku harap kau tidak gundah, karena aku yakin suatu saat Tuhan pasti akan memberikan jalan untukmu mengetahuiku. Tetapi untuk saat ini biarlah aku menjadi pengaggum rahasia yang setia untukmu, hingga tiba waktunya kau tau tentang aku. Aku bukan siapa-siapa aku hanya adik kelasmu yang mengaggumimu.

Dari gadis yang mengaggumimu

Di zaman sekarang ini kalau dipikir-pikir surat seperti itu romantis juga bukan? Ya, ada sisi estetis dan kepribadian yang kuat dalam surat tersebut. Ya bisa dibayangkan, di era yang serba digital tapi masih ada yang mau membuat surat untuk orang yang ia kagumi.

Contoh Surat Cinta dari Pengagum Rahasia

Pasti ada alasan khusus, mungkin saja orangnya sangat romantis, benar tidak? Karena sepertinya tidak mungkin penagum itu membuat surat karena tidak memiliki ponsel atau hp untuk membantu mengutarakan isi hatinya, benar tidak? Maka dari itulah hal seperti ini menjadi lebih menarik.

Ya mudah-mudahan saja sedikit contoh tersebut bisa menjadi tambahan inspirasi dan referensi bagi kita semua yang membutuhkan. Jangan lupa lihat juga beberapa contoh surat lainnya yang sudah disediakan dibagian akhir pembahasan ini. Selamat melanjutkan dan salam hangat dari kami semua.

Surat Undangan Reuni untuk SD

Contoh Surat Undangan Reuni untuk SD - Jenis undangan yang satu ini sebenarnya sudah banyak kita bahas. Tapi tidak apa, untuk melengkapi pembahasan sebelumnya agar lebih banyak contoh akan kita bahas sekali lagi. Kali ini khusus untuk undangan acara reunian anak sekolah dasar.

Undangan reuni SD termasuk dalam katergori dalam undangan non-formal. Sehingga penggunaan bahasanya tidak harus kaku. Tetapi pergunakan bahasa yang santai, dan mudah dipahami. Terlebih ini adalah reuni SD, yang memang para pesertanya baru saja lulus dan sudah menginjak SMP.

Yang terpenting dalam membuat undangan ini sebenarnya informasi yang jelas dan desain yang menarik. Diusahakan untuk membuat desain undangan yang segar dan ceria seperti keceriaan di masa anak-anak.

Berikut sebuah tips cara membuat sebuah undangan untuk acara reuni SD yang menarik. yang mungkin bisa anda gunakan dalam acara reuni SD anda dengan teman-teman anda. Berikut informasinya.

A. Tips membuat undangan reuni sd

Seperti disinggung di atas, undangan ini bisa menjadi undangan informal yang artinya tidak ada patokan resmi yang harus diikuti. Namun demikian, bisa juga undangan ini disesuaikan jika acaranya dibuat menjadi acara resmi.

Intinya, dalam penulisan atau pembuatan undangan jangan sampai ada kesalahan ketik sehingga informasinya salah. Contohnya, penulisan waktu atau tanggal acara tidak boleh salah karena akan berakibat fatal. Berkaitan dengan penulisan, berikut beberapa tips yang bisa dipertimbangkan.

1. Pilih desain sederhana dan menarik
Langkah awal dalam pembuatan undangan reuni SD adalah dengan cara menetapkan desainnya terlebih dahulu. Desain yang pas untuk digunakan dalam pembuatan undangan reuni SD adalah desain yang sederhana tetapi menarik. Sehingga meski sederhana tetapi tetap enak dipandang.

2. Gunakan warna yang ceria
Warna ceria juga harus dipilih, karena warna ceria adalah warrna yang bisa mewakili sebuah karakter yang dimiliki oleh para penerima undangan ini. Untuk itu pemilihan warna ceria juga menjadi hal yang penting. Ada banyak pilihan warna ceria, yang mana warna ceria adalah warna yang memang cerah.

3. Sisipkan gambar kartun anak atau lainnya
Jangan lupa juga sebuah gambar animasi yang diaplikasikan dalam undangan tersebut. Yang tujuannya adalah untuk menambah daya tarik dari undangan itu sendiri. Dengan menambahkan sebuah karakter animasi, undangan tersebut akan jauh lebih menarik, terlebih bila seorang penerimanya adalah anak-anak, tentulah akan menambah sebuah keceriaan..

4. Pakai bahasa yang singkat dan mudah dimengerti
Gunakanlah sebuah bahasa yang jelas tetapi singkat dan mudah dipahami. Penggunaan bahasa juga harus santai dan tidak menggunakan bahasa yang terlalu kaku dan sulit dipahami. Hal ini dimaksudkan agar para penerima tidak salah persepsi tentang informasi yang ada pada undangan tersebut.

5. Buat bentuk undangan yang simpel dan menarik
Penggunaan bentukk undangan yang baik adalah udangan dengan bentuk yang simpel dan menarik. Jangan pernah membuat bentuk sebuah undangan yang terlalu berlebihan, karena hal tersebut tentu akan merusak sebuah desain yang dihadirkan oleh undangan tersebut.

Untuk itu pemilihan bentuk undangan yang baik untuk acara anak-anak seperti ini adalah undangan dengan bentuk sederhana dan menarik. Ya bisa disesuaikan saja dengan konsep dan kebutuhan.
 

B. Contoh undangan reuni sd

Inti dari pembahasan ini memang untuk memberikan contoh langsung bagaimana bentuk undangan yang bisa dibuat. Harapannya adalah bisa menjadi inspirasi bagi rekan semua yang membutuhkan. Tidak sempurna tapi bisa dijadikan tambahan referensi bukan?

Berkaitan dengan contoh tadi, untuk surat ini bisa dibuat dalam beberapa jenis sesuai inti acara yang akan digunakan. Nanti tema suratnya bisa disesuaikan lebih lanjut. Contohnya undangan ini bisa dibuat khusus untuk acara berikut!

1) Reuni teman SD
Reuni teman SD sudah tentu sebuah acara yang bisa diaplikasikan dengan undangan reuni SD, karena memang udangan reuni SD adalah sebuah undangan yang diperuntungkan untuk acara ini. Dengan demikian anda yang hendak mengadakan sebuah acara reuni SD, bisa menyimak informasi ini lebih lanjut.

2) Reuni teman sekolah SD Islam
Reuni teman sekolah SD Islam juga termasuk ke dalam sebuah target dari pada undangan reuni SD. Yang mana memang tidak ada perbedaan SD umum dan SD Islam. Hanya saja dari segi cara belajarnya sedikit berbeda, karena SD Islam cendrung fokus ke dalam agama.

Undangan Reuni SD

Tetapi SD Islam dan SD umum, mempunyai kedudukan yang sama, dengan demikian apabila mengadakan sebuah reuni maka udangan yang dipakai juga mempunyai karakteristik yang sama.

3) Reuni teman pondok/pesantren
Reuni teman Pondok juga merupakan sebuah objek yang bisa diberlakukannya sebuah undangan ini. Meskipun SD dan pondok pesantren berbeda, tetapi keduanya adalah sebuah acara non formal, untuk itu dalam pembuatan undangannya memiliki karakteristik yang sama.

Supaya lebih jelas dengan apa yang sudah disampaikan di atas, sudah disiapkan sebuah contoh sederhana untuk anda yang membutuhkan. Dengan contoh untuk undangan reuni SD yang disertakan di atas mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Contoh Surat Undangan Acara Reuni yang Gaul

Surat undangan reuni gaul adalah surat yang umumnya sering dipakai oleh remaja atau anak-anak SMA pada saat hendak mengadakan acara reuni. Pemilihan undangan dengan tema gaul dirasa cukup mewakili karakteristik yang dimiliki oleh para murid SMA, yang memang gaya gaul adalah gaya pilihan.

Banyak macam dan desain gaul yang bisa diaplikasikan dalam undangan berwajah unik nan menarik tersebut. Untuk sekedar tambahan, akan diberikan satu contoh untuk menjadi sebuah pencerah tentang wajah dari pada surat undangan tersebut.

Namun sebelum diberikan contohnya, akan terlebih dahulu dijelaskan tata cara membuat undangan yang menarik, gaul dan sesuai tema kekinian yang keren. Dari pada penasaran apa saja kiat dalam menyusun atau membuat surat tersebut lebih baik kita ikuti tipsnya di bawah ini.

A. Tips membuat undangan reuni gaul

Kalau kita bacara mengenai pembuatan maka untuk surat non formal ini tentu suka-suka kita saja. Pasalnya surat ini ditujukan untuk sebuah acara yang tidak resmi sehingga tidak perlu terlalu kaku dalam membuatnya. 

Agar bisa terlihat menarik dan gaul maka ada beberapa yang bisa dipertimbangkan. Beberapa tips membuat surat tersebut seperti dijelaskan di bawah ini.

1. Pilih desain yang kekinian
Seperti namannya desai yang harus dipilih juga harus desain yang kekinian. Desain kekinian biasanya memberikan sebuah nuansa yang memang cukup pas untuk diaplikasikan dengan anak muda.

Karakteristiknya adalah biasanya mempunyai sebuah tampilan yang keren. Dan untuk membuat undangan semacam ini haruslah terlebih dahulu membuat desain yang kekinian. Desain atau bentuknya bisa bervariasi dan disesuaikan dengan keinginan masing-masing.

2. Gunakan kombinasi warna yang cerah
Pemilihan kombinasi yang pas juga menjadi hal yang harus diperhatikan, untuk menciptakan sebuah tampilan yang keren dan kekinian. Warna yang pas untuk sebuah kombinasi dalam pembuatan undangan reuni gaul ini adalah warna cerah.

Kombinasi pas akan memberikan hasil akhir yang bagus. Untuk itu kombinasikan sebaik mungkin agar mendapat hasil yang memuaskan. Jangan terpaku dengan warna yang terbatas, tidak apa sesekali memadukan warna cerah dan berani asal sesuai.

3. Sisipkan gambar menarik
Jangan lupa untuk mencantumkan sebuah gambar yang menarik pada undangan tersebut. yang tujuannya adalah untuk menambah nuansa gaul dan keren serta menhasilkan sebuah tampilan yang kekinian.

Caranya adalah gambar yang dipakai adalah gambar yang sesuai dengan tujuan undangan tersebut diberlakukan. Jangan lupa juga untuk memilih gambar yang tingkat kecerahannya cukup bagus. dalam arti gambar yang digunakan tidak pecah atau tidak jelas.

4. Gunakan bahasa yang santai dan akrab
Gunakan bahasa yang santai dan akrab sebagai bahasa yang informatife pada undangan tersebut. Yang tujuannya adalah untuk membangun menset kedekatan antara penerima dan penyebar undangan.

Dengan demikian bahasa yang kaku dan formal tidak bisa diberlakukan dalam pembuatan undangan ini. Bisa disisipkan kata dan kalimat yang enak didengar meski itu bahasa daerah sekalipun. Yang terpenting semua informasi bisa diterima dengan jelas dan dimengerti.

5. Buat bentuk undangan yang menarik
Anda bisa mengkreasikan sendiri hingga undangan mempunyai bentuk fisik yang menarik. Pemilihan bentuk undangan yang tepat maka akan menambah nilai lebih kepada unangan tersebut.

B. Contoh undangan reuni gaul

Undangan reuni seperti ini contohnya bisa dibuat untuk acara:

1) Reuni teman sekolah
Diantara sebuah acara yang bisa di berlakukan undangan gaul ini adalah undangan teman sekolah. Yang mana acara tersebut mempunyai sebuah krakteristik yang tidak formal, sehingga pemakaian undangan gaul dalam acara ini cukup cocok. Karena memang undangan gaul dan acara reuni teman sekolah cukup singkron.

2) Reuni teman satu organisasi tertentu
Selain itu acara reuni satu organisasi juga termasuk ke dalam sebuah acara yang bisa menggunakan jenis undangan gaul. Sehingga dengan pemakaian sebuah undangan gaul ini diharapkan akan lebih memberikan sebuah nuansa santai dan akrab.

3) Reuni muda-mudi keluarga
Reuni muda-mudi juga termasuk ke dalam acara yang bisa dipergunakan undangan reuni gaul. Karena memang acara ini kebanyakan digelar dengan sebuah konsep yang terbilang santai dan non-formal. Untuk itulah undangan reuni gaul bisa diberlakukan dalam acara ini.

Surat Undangan Reuni Gaul

4) Reuni khusus teman dekat
Undangan reuni gaul juga bisa diaplikasikan dalam acara reuni khusus teman dekat. Yang mana membuat suasana kekerabatan jauh lebih hangat dan semakin akrab. Karena memang bahasa yang digunakan juga santai. Berikut sebuah contoh tentang undangan reuni gaul.

Dengan tambahan contoh surat undangan tersebut maka semakin lengkap lagi koleksi contoh surat yang bisa dipelajari di sini. Jangan lupa juga untuk melihat desain-desain undangan terbaru yang menarik dibagian akhir pembahasan.