Surat Pemberitahuan, Pengertian Contoh dan Cara Membuatnya

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Surat pemberitahuan merupakan salah satu jenis surat yang banyak dibutuhkan atau banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti apa sih sebenarnya surat ini. Bentuknya seperti apa, isinya apa, terus bagaimana cara membuat atau menulis surat ini? Semua itu akan kita bahas satu persatu. 


Ada tiga hal pokok yang akan kita bahas kali ini. Ketiga hal tersebut akan dibahas secara sederhana tetapi dengan jelas dan gamblang. Apa saja? Tentu saja yang pertama adalah mengenai definisi dari surat ini.

Kita pelajari dulu dari sisi pengertiannya. Dengan begitu kita bisa mendapatkan gambaran yang dalam mulai dari bentuknya secara keseluruhan. Supaya jangan sampai salah persepsi.

Hal kedua yang tentu saja akan kita bahas adalah mengenai bagaimana cara menulis surat ini. Pada bagian ini kita akan mengetahui lebih detail mengenai berbagai bagian - bagian surat tersebut sekaligus bagaimana penyusunannya.

1) Surat pemberitahuan doc
2) Surat pemberitahuan pajak
3) Surat pemberitahuan adalah
4) Surat pemberitahuan perusahaan
5) Surat pemberitahuan pembayaran
6) Surat pemberitahuan kenaikan harga

Setelah kita tahu definisi dan cara membuatnya maka hal berikutnya adalah mengenai contohnya. Ya, supaya lebih konkrit. Lebih nyata agar lebih jelas langsung mempelajari salah satu bentuk atau contoh dari surat ini. 

A. Pengertian surat pemberitahuan

Mengenai pengertian atau definisi, secara sederhana dapat dikatakan bahwa surat pemberitahuan adalah surat yang dibuat dengan tujuan untuk memberitahukan informasi. Jadi, jelas terlihat dari nama atau sebutannya, surat ini disusun atau ditulis untuk menginformasikan sesuatu.

Demikian definisi secara umum. Namun, kita bisa mendapatkan definisi yang sedikit berbeda jika dihubungkan dengan inti informasi yang akan diberikan. Sebut saja misalnya untuk SPT pajak. Tentu akan sedikit berbeda. Tetapi pada intinya sama saja.

Jenis surat yang satu ini bisa dikatakan merupakan media atau sarana yang digunakan oleh instansi tertentu untuk menyampaikan perihal informasi penting kepada pihak lain.

Maka dari itu, jika melihat dari pengertiannya maka paling tidak ada tiga pokok yang perlu dicermati. Pokok atau hal tersebut yaitu mengenai siapa yang akan memberitahukan, apa yang akan diberitahukan dan kepada siapa "sesuatu" tersebut akan diberitahukan.

Dalam surat ini paling tidak ada tiga bagian hal tersebut. Bagaimana dengan bentuk atau isi suratnya? Apakah berbeda dengan surat resmi lain?

Bicara mengenai bentuk atau bagian - bagian surat maka tidak ada perbedaan yang jauh dalam surat ini. Hampir sama dengan jenis surat lain dimana intinya surat ini disusun menggunakan bahasa baku dengan tata penulisan yang standar.

B. Cara membuat surat pemberitahuan

Bagaimana cara membuat surat ini? Kalau kita sudah memahami apa yang dijelaskan di atas maka kita tentu sudah bisa mendapatkan gambaran bagaimana bentuk surat ini. Pada intinya, membuat surat ini tidaklah rumit dan sulit.

Kalau isinya tidak akan terlalu pusing. Mungkin tata cara penulisan yang paling banyak dipertimbangkan. Sebenarnya, sama dengan yang lain. Kuncinya menggunakan bahasa baku dengan tata penulisan surat resmi.

Untuk itu, perlu dipahami terlebih dahulu bagian-bagian dalam surat resmi. Karena surat ini juga merupakan salah satu surat resmi yang penyusunannya juga harus sesuai kaidah. Lalu apa saja bagian - bagian dari surat pemberitahuan? Yang umum, surat ini terdiri dari beberapa bagian surat seperti di bawah ini:

  1. Kepala surat
  2. Tanggal, nomor, lampiran, perihal
  3. Alamat tujuan (penerima)
  4. Salam pembuka
  5. Isi surat
  6. Salam penutup
  7. Tanda tangan, nama jelas

Kalau dilihat, bagian di atas sama dengan bagian surat resmi bukan? Benar sekali. Maka dari itu proses penyusunan atau penulisannya juga tidak akan jauh berbeda.

Sebelum membuat surat ini, agar lebih mudah perlu diperhatikan tiga hal yaitu siapa yang memberitahukan, apa yang diberitahukan dan kepada siapa diberitahukan. Tiga hal itu harus jelas terlebih dahulu.

Sebagai contoh saja, misalnya yang memberitahukan PT. Jaya AB Sentosa. Yang diberitahukan adalah perubahan harga barang. Informasi tersebut akan diberitahukan kepada pelanggan yaitu Bapak Cofid AB. Disini harus lengkap juga mengenai penerimanya termasuk alamatnya.

Setelah tiga hal tersebut jelas maka bisa mulai menyusun suratnya sesuai dengan bagian-bagian di atas. Mulai dari Kop Surat, setelah itu diikuti dengan tanggal, nomor, lampiran, perihal. Tulis kemudian penerima yaitu si Bapak Cofid AB, lengkap dengan alamatnya.

Setelah bagian awal tersebut maka bisa disusun bagian isinya mulai dari salam sampai penutup. Dibagian akhir juga akan diberikan tanda tangan berikut nama dan jabatan yang memberitahukan. Mudah kok. Agar lebih jelas nanti silahkan lihat dibagian contoh.

C. Contoh surat pemberitahuan

Di atas telah dijelaskan secara rinci bagaimana mengenai surat ini. Mulai dari pengertian, bagian-bagian sampai dengan cara membuatnya. Dengan adanya penjelasan di atas tentunya diharapkan rekan semua bisa dengan mudah untuk membuat surat ini.

Tapi, kalau hanya penjelasan, membaca saja kadang bingung. Harus ada contohnya langsung. Benar sekali. Kalau bicara mengenai contoh tentu ada banyak. Sesuai dengan apa yang akan diberitahukan.

Untuk pemberitahuan sendiri ada banyak informasi yang menjadi hal pokok yang ingin disampaikan. Beberapa contoh diantaranya yaitu sebagai berikut.

1) Contoh surat pemberitahuan kegiatan
2) Contoh surat pemberitahuan sekolah
3) Contoh surat edaran pemberitahuan
4) Contoh surat pemberitahuan resmi
5) Contoh surat pemberitahuan dinas
6) Contoh surat pemberitahuan perusahaan kepada karyawan

Nah, ada banyak sebenarnya. Tapi ya satu satu dulu ya. Kalau langsung dibahas semua disini pasti akan pusing juga. Makanya, bagi rekan yang membutuhkan contoh silahkan dipelajari satu contoh yang sudah disiapkan dibawah ini.

Contoh Surat Pemberitahuan

Di atas merupakan salah satu contoh pemberitahuan tentang sebuah kegiatan di sekolah. Kita jelaskan sedikit. Pihak yang mengirim surat atau yang memberitahukan adalah instansi sekolah. Selanjutnya, hal yang diberitahukan adalah mengenai kegiatan pengukuhan ekskul yang sudah dijelaskan juga tanggalnya.

Berikutnya, informasi mengenai pengukuhan ekstrakurikuler tersebut diberitahukan kepada bapak, ibu atau orang tua wali. Bisa dilihat dibagian alamat surat. Jelas bukan?

Nah, demikianlah tadi pembahasan kita mengenai surat pemberitahuan. Lain waktu khusus untuk contohnya akan kita tambah lagi agar lebih banyak. Akan kita usahakan untuk melengkapi contoh - contoh yang diperlukan. Itu dulu, selamat bekerja.