Izin Tidak Masuk Sekolah Keluar Kota

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Contoh surat izin tidak masuk sekolah karena keluar kota juga banyak dibutuhkan oleh adik-adik pelajar. Selain untuk kebutuhan izin kita bisa mempelajarinya untuk pelajaran bahasa Indonesia. Kan membuat surat juga hal yang penting.

Pada prinsipnya sih mudah. Tidak jauh berbeda dengan surat izin lainnya. Hanya mungkin saja bentuk dan kalimatnya bisa berbeda - besa satu dengan lainnya. Makanya kita bahas disini lebih jauh.

Jadi, izin sebaiknya didapatkan jika kita memang tidak bisa mengikuti pelajaran di sekolah atau tidak bisa berangkat sekolah.

Dengan alasan dan kondisi apapun, akan lebih baik jika kita meminta izin agar ketidakhadiran kita bisa diketahui. Lalu, bagaimana cara membuat izin tersebut, bagaimana bentuk suratnya? Mari kita bahas lebih jauh.

A. Urutan penulisan izin tidak masuk

Bicara mengenai urutan penulisan pada surat ini tidak berbeda dengan penulisan izin dengan berbagai alasan. Secara garis besar ada tiga bagian. Bagian pembukaan, bagian isi dan yang terakhir bagian penutup.

Kalau dilihat lebih rinci lagi, kurang lebih ada beberapa bagian yang lebih jelas dalam urutan pembuatan surat ini. Urutannya yaitu sebagai berikut!

1) Tanggal surat
2) Penerima
3) Salam pembuka
4) Isi
5) Salam penutup
6) Tanda tangan nama terang

Urutan yang pertama adalah tanggal surat. Penulisannya yaitu dimulai dari nama tempat kemudian tanggal. Sebagai contoh yaitu "Jakarta, 28 Mei 2020". Itu salah satu penulisan tanggal yang digunakan.

Bagian selanjutnya adalah penerima. Bagian ini yaitu isinya mulai dari "Kepada, Yth" dan seterusnya sampai alamat. Yang selanjutnya adalah salam pembuka. Sudah tahu salam pembuka yang digunakan?

Ya, yang biasa digunakan adalah "dengan hormat". Setelah salam ini, urutan berikutnya adalah isi surat. Isi suratnya tentu agak panjang. Lebih jelas nanti bisa dilihat langsung pada contoh yang diberikan.

Setelah bagian isi, kemudian diikuti salam penutup, tanda tangan dan nama terang atau nama lengkap. Itu urutan secara umum dalam menulis surat izin yang akan kita buat.

B. Contoh surat izin 

Sudah dijelaskan kesana kemari tapi kalau tidak ada contoh yang bisa dilihat langsung juga jadinya bingung. Maka dari itu tak lupa kita juga akan memberikan contoh bentuk surat ini yang sudah jadi. Tapi ingat ya, ini hanya contoh.

Ada beberapa informasi dalam contoh ini hanya dibuat sebagai ilustrasi. Misalnya mengenai nama kota pada penulisan tanggal surat. Jadi tidak usah bingung ya. Sekarang silahkan langsung dipelajari contoh format surat tersebut.


Dengan contoh surat izin untuk tidak masuk sekolah disebabkan karena keluar kota di atas tentunya adik-adik dan rekan pelajar yang membutuhkan bisa terbantu. Tetapi, mudah-mudahan dalam kondisi bagaimanapun kami harap rekan semua tidak perlu menggunakan surat ini.

Cukup untuk belajar saja. Kalau bisa tidak usah izin - izin segala. Selalu masuk sekolah supaya bisa belajar dengan maksimal. Benar tidak? Kalau terpaksa ya tidak apa-apa. Yang penting tidak jadi kebiasaan.

Semoga semua bisa paham tentang surat ini. Kalau sudah paham, kita bisa melanjutkan belajar dengan berbagai jenis surat lainnya. Silahkan dipilih mana yang akan dipelajari lagi. Ada banyak contoh surat di bagian bawah ya!