Surat Izin Tidak Masuk Sekolah dalam Bahasa Inggris

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Surat Izin Tidak Masuk Sekolah dalam Bahasa Inggris - kalau mau belajar apapun tidak ada yang sulit, begitupun dengan belajar bahasa Inggris. Sebagai contoh jika kita tidak tahu arti sebuah kata lalu kita mau belajar dengan mencari arti kata tersebut dan memahaminya maka selanjutkan kita akan bisa menggunakan kata tersebut.

Begitu juga dalam membuat surat, misalnya saja dalam membuat surat izin tidak masuk dalam bahasa Inggris. Mulanya kita tidak tahu, lalu kita bersedia belajar dan akhirnya tahu bagaimana langkah membuat surat khususnya untuk surat yang kita butuhkan tersebut.

Sesuai dengan yang kita berikan pada judul maka kita akan belajar untuk membuat salah satu surat yang sering kita butuhkan di sekolah, yaitu surat izin tidak masuk sekolah.

Yang akan kita pelajari bukan yang menggunakan bahasa kita namun karena kita sedang belajar bahasa Inggris maka contoh suratnya merupakan surat bahasa Inggris.

Harapannya sudah jelas, dengan mempelajari bagaimana proses pembuatan surat tersebut diharapkan kita bisa membuat suratnya sendiri dan yang terpenting bisa lebih pandai dalam pelajaran bahasa Inggris di sekolah.

Pertama, pada bagian awal akan kita bahas mengenai cara menyusun atau menulis surat tersebut. Dan pada bagian berikutnya kita akan membahas satu contoh untuk surat izin tidak masuk sekolah dalam bahasa inggris tersebut.

Dengan begitu maka kita akan benar-benar paham bagaimana cara membuat surat yang baik dan benar sesuai ketentuan.

Tapi, sebelum lebih jauh berbicara mengenai hal ini sebaiknya kita sempatkan juga untuk membaca beberapa penjelasan terdahulu terkait masalah ini yaitu seperti pada beberapa artikel berikut!

2) Surat izin tidak masuk sekolah karena sakit dalam bahasa inggris 
3) Surat izin tidak masuk sekolah bahasa jawa 
4) Contoh surat izin tidak masuk sekolah bahasa jawa 
5) Surat izin tidak masuk sekolah karena ada kepentingan keluarga 
6) Surat izin tidak masuk sekolah karena pergi 
7) Surat izin tidak masuk kuliah 
8) Surat izin tidak masuk kerja

Apasih sebenarnya pengertian surat izin tidak masuk sekolah? Dari namanya sudah jelas bahwa surat izin tidak masuk sekolah adalah surat yang berisi permohonan atau permintaan izin untuk tidak mengikuti kegiatan belajar di sekolah karena alasan tertentu.

Surat tersebut bertujuan untuk meminta izin sekaligus sebagai pemberitahuan atas hal yang sedang terjadi pada diri siswa yang mengakibatkannya tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa.

Jadi setidaknya ada dua tujuan utama yang dimiliki surat tersebut yaitu meminta atau memohon izin sekaligus memberitahukan ketidakhadiran siswa yang bersangkutan

A. Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Lalu bagaimana dalam membuat surat izin tidak masuk tersebut, apakah bisa dibuat sendiri oleh siswa yang bersangkutan?

Idealnya, surat izin seperti ini dibuat bukan oleh siswa yang bersangkutan namun dibuat oleh orang tua atau wali yang dapat lebih bertanggung jawab atas apa yang terjadi pada diri siswa.

Karena hal ini berkaitan dengan siswa atau pelajar yang harus ada orang yang bertanggung jawab maka akan lebih patut kalau orang tualah yang membuat surat tersebut.

Penyusunan surat ini tidak berbeda jauh dengan penyusunan surat surat izin lainnya. Bentuk suratnya mengikuti bentuk surat resmi dengan kaidah penulisan yang sudah ditentukan. Bahasa yang digunakan dalam surat ini pun harus menggunakan bahasa baku layaknya dalam surat bahasa Indonesia.

Jika berbicara mengenai cara pembuatan maka untuk membuat surat dalam bahasa Inggris ini tidaklah berbeda dengan dalam bahasa Indonesia. Jadi yang sedikit sulit mungkin hanya pada proses merangkai kata atau kalimatnya saja.

Pada dasarnya surat izin seperti ini hanya ada dua bagian saja di bagian isi yaitu bagian informasi anak atau siswa yang bersangkutan dan bagian paragraf permohonan izin.

Di bagian data diri akan diberikan informasi dasar yang berhubungan dengan siswa yang bersangkutan yaitu nama, kelas dan juga alamat. Pada bagian permohonan izinnya akan disampaikan permintaan izin sekaligus alasan permintaan izin tersebut. Pada bagian atas, dalam surat ini ada tiga hal yang akan ditulis yaitu:

- Tempat, dan tanggal surat, contohnya sebagai berikut: Jakarta, 19th, August, 2014
- Penerima surat contohn penulisannya seperti di bawah ini
To:
Mrs. Uptoyou

- Alamat penerima surat, penulisannya sebagai berikut:
At:
SMA N 150 Jakarta

Selanjutnya, setelah bagian tersebut surat ini akan dibuka dengan sapaan yaitu "With respect,", kemudian akan diikuti dengan kalimat pembuka yaitu "I am a parent of a student named:".

Selanjutnya, pada bagian selanjutnya akan diberikan data siswa yang terdiri dari Name, Class, dan Address atau alamat. Tidak begitu sulit bukan? Pada bagian berikutnya adalah paragraf yang berisikan permintaan izin untuk yang bersangkutan. Contoh kalimat yang bisa digunakan seperti di bawah ini.

"I am going to inform you that my daughter cannot go to school and attend the class as usual today, Thursday 19th August 2015. It is because she has to go with her family. Therefore, please give her permission in a few days for not coming to school."

Selanjutnya pada bagian akhir akan ada ucapan terima kasih seperti "Thanks for the attention and permission that you have given to me."

Dibagian akhir surat kita akan memberikan nama terang dan tanda tangan pembuat surat dalam hal ini orang tua kita. Contohnya dengan kata "Regards," yang diikuti tanda tangan dan nama lengkap tepat di bawahnya.

B. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah dalam Bahasa Inggris

Panjang lebar telah dijelaskan bagaimana cara yang dapat kita lakukan untuk membuat surat ini. Dengan penjelasan di atas seharusnya kita bisa lebih memahami tentang bagaimana cara menulis surat izin yang sesuai dengan kaidah khususnya untuk surat dalam bahasa Inggris.

Sekarang, supaya semua penjelasan di atas lebih lengkap dan jelas lebih baik kita lihat contoh surat yang sudah jadi di bawah ini.

Surat Izin Tidak Masuk Sekolah dalam Bahasa Inggris

Contoh di atas adalah merupakan surat izin tidak dapat masuk atau berangkat ke sekolah dikarenakan siswa yang bersangkutan akan di ajak bepergian dengan keluarganya. Karena siswa tersebut harus pergi dengan keluarganya maka dia tidak dapat masuk sekolah dan dimintakan izin oleh orang tuanya dalam hal ini ibunya. 

Sekarang sudah lebih jelas bukan bagaimana bentuk dari surat bahasa Inggris tersebut? Dengan contoh tersebut maka kita tidak perlu bingung lagi jika ingin membuat surat izin tidak masuk sekolah dalam bahasa Inggris yang kita butuhkan.


Mudah-mudahan sekarang kita bisa lebih paham dan bisa lebih mudah lagi dalam membuat surat yang dibutuhkan tersebut. Untuk contoh lain silahkan lihat di bagian atas atau dibagian akhir tulisan ini. Itu saja, semoga bermanfaat!