Contoh Surat Pengaduan Barang Yang Rusak. Surat pengaduan barang yang rusak merupakan salah satu jenis surat klaim. Karena kita belum memiliki contoh untuk surat ini maka akan dibuat sebuah contoh surat pengaduan (klaim) atas barang yang rusak yang telah dikirimkan sebelumnya.
Surat pengaduan barang merupakan sebuah surat yang dikirimkan kepada pihak penjual yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai kondisi barang yang dikirim dan juga untuk menuntut hak atas kerugian yang diakibatkan atas kerusakan pengiriman yang timbul pada barang yang telah dipesan.
Surat klaim ini akan berisi detail informasi mengenai barang yang telah dikirim mulai dari nama barang (deskripsi), jumlah, no surat (bukti pengiriman) dan juga keterangan atau kerusakan yang terjadi.
Kalau masalah isi, dalam membuat surat ini isinya tidak rumit karena semua tinggal melihat intinya saja. Mungkin yang perlu diperhatikan adalah bentuk penulisannya.
Disini surat yang akan dibuat adalah surat resmi yang menggunakan kop perusahaan. Jadi kita harus menggunakan tata penulisan yang sesuai dengan aturan perusahaan yang akan mengajukan pengaduan.
Meski begitu, tidak begitu rumit kok. Kalau kita sudah melihat contohnya pasti tidak akan bingung. Apalagi sudah dijelaskan sedemikian rupa. Ya sudah, agar lebih jelas, langsung dipelajari saja contoh suratnya di bawah ini.
Kalau masalah isi, dalam membuat surat ini isinya tidak rumit karena semua tinggal melihat intinya saja. Mungkin yang perlu diperhatikan adalah bentuk penulisannya.
Disini surat yang akan dibuat adalah surat resmi yang menggunakan kop perusahaan. Jadi kita harus menggunakan tata penulisan yang sesuai dengan aturan perusahaan yang akan mengajukan pengaduan.
Meski begitu, tidak begitu rumit kok. Kalau kita sudah melihat contohnya pasti tidak akan bingung. Apalagi sudah dijelaskan sedemikian rupa. Ya sudah, agar lebih jelas, langsung dipelajari saja contoh suratnya di bawah ini.
CV. Anggun Aluminium
Jl. R. Soeprapto No. 32 Kendari Tlp. 0401.257311
Nomor : XXI/Srt-Klaim/PD/VII/2013 9 Februari
2013
Lamp. : -
Hal : Klaim
Kepada Yth. :
PT. ANUGRAH JAYA
MANDIRI
JL. Adiwarman No
12
Jakarta Pusat
Dengan hormat,
Dengan ini kami
beritahukan bahwa ada beberapa
barang pesanan kami yang kami terima dalam
kondisi rusak. Berikut ini
adalah daftar barang yang rusak beserta
keterangan kerusakannya :
No
|
Deskripsi
|
Jml
|
No. Surat Jalan
|
Keterangan
|
1
|
Meja Makan
Persegi Ukuran 180x180x75 cm
|
1
|
XVI/SJ-PO/AJM/VII/2011
|
Ada 4
slat kayu yang
lepas tanpa tapping screws
|
2
|
Tempat Koran
dan Majalah
|
3
|
XVI/SJ-PO/AJM/VII/2011
|
Kain Kanvas
sobek dan
galvanise
luntur
|
3
|
Meja Telepon
|
2
|
XVI/SJ-PO/AJM/VII/2011
|
Bagian kaki
retak dan sambungan
dengan table
top lepas
|
4
|
4 TV Cabinet
|
1
|
XVI/SJ-PO/AJM/VII/2011
|
Kaca retak
sepanjang 30 cm dan
handle tidak
sesuai pesanan
|
Kami telah mengirimkan beberapa foto melalui email yang memperlihatkan kondisi barang yang rusak. Mohon untuk di follow up mengingat sudah dekatnya jadwal stuffing.
Demikian Surat Klaim ini kami buat dengan harapan adanya perbaikan kualitas barang serta keamanan sistem packing sehingga kedepannya tidak terjadi masalah yang sama. Atas perhatian dan kerjasama yang baik kami ucapkan terima kasih
Hormat kami,
Tokhai Eliti, SE
Dikemudian hari, jika kita mendapati pengiriman barang pesanan yang tidak sesuai dengan apa yang telah dipesan sebelumnya maka kita dapat melihat "Contoh Surat Pengaduan Barang Yang Rusak" ini kembali guna menyusun surat klaim kepada pihak terkait agar segera ditindaklanjuti.
Demikianlah sedikit pembahasan kita mengenai contoh surat pengaduan untuk barang yang rusak, semoga dapat menjadi referensi berguna bagi kita semua yang membutuhkan. Silahkan lihat juga contoh, format dan draft surat lainnya. Terima kasih.