6:46:00 PM

Contoh Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari Kampung

Anda butuh surat keterangan berkelakuan baik dari kampung tetapi tidak tahu bagaimana bentuk surat tersebut? Ya, baiknya anda melihat keterangan kelakuan baik berikut ini agar memiliki gambaran bagaimana isi surat tersebut.

Pada intinya, yang namanya keterangan ya berisi keterangan. Jadi intinya menerangkan sesuatu. Sesuatu yang dimaksud disini adalah bahwa seseorang memang benar memiliki kelakuan baik.

Karena surat ini dari kampung atau desa maka tentunya yang menerangkan adalah kepala kampung atau kepala desa atau kepala pekon.

Surat ini merupakan resmi. Di dalam penulisannya tentu ada kepala surat (kop) dan juga ada nomor suratnya.

Bentuk penulisan atau format penulisannya pun mengikuti kaidah penulisan surat resmi. Kata dan kalimat yang digunakan harus baik dan baku.

Tidak bertele-tele dan sesuai dengan kebutuhan saja. Seperti apa isinya? Dari pada penasaran lebih baik kita lihat dulu bagaimana isi keterangan tersebut!

PEMERINTAH KABUPATEN MANAAJALAH
KECAMATAN OJORONO
KAMPUNG LAMA
Jl. Raya Prapatan Kec. Ojorono Kab. Manasajalah Kode Pos. 501110


SURAT KETERANGAN BERKELAKUAN BAIK
NOMOR: XXX/X.4.09/01/2013

Yang bertanda tangan di bawah ini Kepala Kampung Lama menerangkan bahwa:

Nama : ..............................................................
Tempat tanggal lahir : ..............................................................
Jenis Kelamin : ..............................................................
Kewarganegaraan : ..............................................................
Agama : ..............................................................
Pekerjaan : ..............................................................
Nomor KTP : ..............................................................

Selama menjadi pengawasan kami, orang tersebut di atas adalah benar-benar:

Berkelakuan baik
Belum/tidak pernah dihukum serta tidak dalam terkena dengan perkara kepolisian lainnya
Tidak menjadi penyokong salah satu organisasi yang dilarang oleh pemerintah

Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebenarnya berdasarkan keadaan sampai hari ini dan untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. 

Dikeluarkan di : Kampung Lama
Pada Tanggal : ..................................
Kepala Kampung Lama

NAMAMUSAJA

Isi surat di atas tinggal di edit saja sih sebenarnya. Tapi kadang kalau belum pernah sama sekali membuatnya biasanya bingung. 

Ragu bagaimana menyusun penulisan surat ini. Bagaimana paragrafnya bagaimana susunannya dan lain sebagainya. 

Oleh sebab itu silahkan lihat contoh draft yang sudah ditulis dengan format penulisan di bawah ini. Berikut contoh draft tersebut.

Contoh Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari Kampung

Tidak sulit. bagi yang membutuhkan dan cukup mendesak silahkan salin saja isi suratnya di atas. Setelah disalin tinggal di edit yang rapi. Ingat ya, dari jenis font, ukuran, margin dan susunan bagian suratnya harus rapi.

Surat keterangan berkelakuan baik banyak dibutuhkan terutama bagi pencari kerja. Oleh karena itu tidak ada salahnya anda belajar membuatnya.

Paling tidak mengetahui seperti apa surat keterangan dari kelurahan tersebut demi kelancaran urusan anda ketika berkaitan dengan surat ini.

Contoh Surat Kuasa Pengurusan Hak Milik

Ada banyak jenis surat kuasa yang biasa dibuat dan salah satunya adalah surat kuasa pengurusan hak milik yang akan kita bahas kali ini.

Melalui contoh surat kuasa yang akan diberikan saya berharap jika dibutuhkan kita semua dapat dengan mudah membuat surat tersebut dan tidak perlu mengalami kendala berarti.

Surat kuasa pengurusan hak milik ini akan kita butuhkan jika kita memerlukan bantuan seseorang untuk pengurusan hak milik yang kita miliki.

Untuk mendapatkan bantuan dalam pengurusan tersebut kita harus memberikan kuasa atas pengurusannya kepada seseorang.

Inti dari surat ini tentu sama dengan kuasa lainnya. Yaitu untuk memberikan wewenang penuh dalam pengurusan sesuatu.

Bisa dikatakan juga dengan surat ini kita memberikan wewenang kepada wakil yang ditunjuk. Jadi orang yang diberi kuasa akan bertindak mewakili pemberi kuasa.

Tidak berbeda jauh. Pada prinsipnya hanya ada tiga bagian yaitu mengenai pemberi kuasa, penerima dan juga subjek atau wewenang yang diberikan kepada penerima kuasa.

Yang pernah membuat kuasa mungkin tidak akan kesulitan menyusunnya. Bentuk suratnya kurang lebih seperti pada contoh draft berikut.

SURAT KUASA
NO.XXI/PD/VII/2010

Saya yang bertanda di bawah ini:

nama : Adelex
alamat : Bandung
jabatan : Directur Perusahaan
umur : 28 tahun

memberi kuasa sepenuhnya untuk mengurus seluruh harta milik pihak 1 kepada:

nama : Anu Us
alamat : Jakarta
jabatan : Karyawan
umur : 30 tahun

Demikian surat kuasa kami buat dengan kesadaran untuk dapat di pergunakan sebagaimana mestinya.

Pihak II
Yang menerima kuasa

Anu Us 

Pihak I
Yang member kuasa

Adelex

Isi suratnya kurang lebih seperti draft di atas. Tidak berbeda jauh bukan? Cukup sederhana. Kalau bentuk penyusunan atau format penulisannya tentu tisak seperti di atas.

Yang belum ada gambaran untuk formatnya bisa mempelajarinya dari gambar yang disediakan. Berikut contoh format penulisan surat ini.

Contoh Surat Kuasa Pengurusan Hak Milik


Dengan Surat Kuasa Pengurusan Hak Milik yang ada di atas semoga kita semua lebih tahu bagaimana caranya menyusun atau membuat surat seperti ini.

Sebagai tambahan, format di atas hanya merupakan contoh draft saja jadi pada kenyataan sebenarnya dapat saja berbeda sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Contoh Draft Surat Mandat untuk Guru Pengganti

Sebelumnya saya telah membahas contoh surat mandat untuk kegiatan dan kali ini akan diberikan sebuah draft surat mandat untuk guru pengganti. Surat mandat guru pengganti ini diberikan oleh seorang guru kepada guru lain untuk menggantikannya mengajar selama jangka waktu tertentu.

Di dalam surat mandat (perintah/tugas) mengajar ini informasi pertama yang ada adalah informasi mengenai si pemberi mandat dan juga informasi mengenai penerima mandat dengan tujuan seperti yang telah disebutkan yaitu memberikan mandat untuk menggantikan mengajar di sekolah. 

Surat ini ditanda tangani oleh tiga orang yaitu pemberi dan penerima mandat serta diketahui atau disetujui oleh kepala sekolah tempat dimana guru tersebut mengajar. Selengkapnya mengenai contoh draft Surat Mandat Guru Pengganti ini.



Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : ....................................
Alamat : ....................................
Tempat Tugas : ....................................
Pelajaran Yang Diampu : ....................................

Nama tersebut diatas sedang melanjutkan pendidikan Strata Dua (S2) di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta. Memberikan mandat kepada: 

Nama : ....................................
Alamat : ....................................


Untuk menggantikan saya sementara untuk mengajar Pendidikan Agama Islam di SDN .................................... selama saya menempuh/menyelesaikan pendidikan S2. 

Demikian surat mandat ini saya buat dengan sebenar-benarnya.

...................................., 13 – 09 – 2011
Yang Memberi Mandat Yang Diberi Mandat

_________________ _________________

Disetujui Oleh
Kepala SDN .......................

_________________


Di atas adalah contoh kata - kata atau kalimat yang digunakan dalam surat ini. Tentu isi surat di atas tidak di edit sesuai dengan yang seharusnya. 

Untuk itulah berikut sudah disiapkan contoh yang sudah jadi rapih dalam pengetikan komputer. Nanti bisa dilihat penulisan dan tata letak bagian-bagiannya masing-masing. 


surat mandat untuk guru pengganti


Semoga saja dengan contoh draft surat yang diberikan ini sobat netter yang membutuhkan tidak lagi kesulitan dalam membuat surat seperti ini. 

Selain contoh surat untuk guru pengganti yang sudah diberikan di atas masih banyak referensi surat yang bisa dipelajari dari blog ini seperti misalnya contoh surat, draft surat, format surat dan lain sebagainya. 
6:52:00 PM

Contoh Surat Mandat Mengikuti Musyawarah Cabang

Contoh surat mandat. Hari ini sebuah contoh surat baru akan saya berikan yaitu surat mandat mengikuti musyawarah cabang yang diberikan oleh pimpinan kepada anggotanya.

Dengan contoh draft surat mandat ini kita akan belajar menyusun surat untuk kepentingan tersebut dengan lebih mudah.

Di dalam surat mandat informasi penting yang harus ada tentunya mengenai siapa yang diberikan mandat, dengan tujuan apa serta hari tanggal pelaksanaan mandat tersebut.

Untuk lebih jelasnya silahkan langsung simak Contoh Surat Mandat berikut. Yang perlu diperhatikan dalam surat ini adalah informasi yang disampaikan juga harus benar-benar jelas.

Kalau bisa tidak ada kesalahan ketik satu pun sehingga tidak akan membuat salah tafsir. Untuk bagian-bagian dari surat ini nanti bisa langsung dipelajari di bagian contoh.

Dalam surat ini tentu akan dijekaskan apa tujuan dari mandat yang diberikan. Nanti tentu jelas apa yang diperintahkan dengan isi suratnya.

Selain itu, si penerima mandat juga akan ditulis dengan jelas sesuai informasi yang dibutuhkan. Informasi ini biasanya sesuai kartu identitas.

Sebagai contoh, selain menyebutkan nama orang yang diberikan mandat juga bisa disebutkan posisi atau jabatan yang bersangkutan beserta keterangan yang mungkin diperlukan. Agar lebih jelas, silahkan pelajari langsung salah satu contoh yang sudah disiapkan di bawah ini.

PIMPINAN RANTING CONTOHSURAT
KECAMATAN DUNIA MAYA
KABUPATEN GOOGLE DOT COM

Contohsurat, 10 Syakban 1432
Nomor                         : 01/PRA/CS/2011                                                                        12 Juli 2011
Lampiran                      : -
Perihal                          : Mengikuti Muscab Google Dot Com



Assalamu’allaikum wr. wb.
Yang bertanda tangan dibawah ini Pimpinan Ranting Contohsurat Kec. Dunia Maya, Google Dot Com memberikan mandat untuk mengikuti Muscab Cabang Google Dot Com, yang diselenggarakan pada hari Selasa, 12 Juli 2011, di Blog Draft Surat, Dunia Maya yang pesertanya sebagai berikut:


Demikian surat mandat ini kami buat agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Wassallamu’allaikum wr. wb.


Pimpinan Ranting Contohsurat
Dunia Maya

        Ketua                                                                               Sekretaris


_____________                                                                  _____________
NKTA:                                                                                 KNTA:


Sebagai catatan, Contoh Surat Mandat di atas dibuat fiksi jadi sobat semua yang hendak belajar menyusun surat ini tidak perlu bingung, sobat tinggal mengganti nama instansi kota kabupaten dan lainnya sesuai dengan yang diinginkan.


Sampai disini saja, semoga "Contoh Surat Mandat Mengikuti Musyawarah Cabang" ini dapat berguna sebagai bahan belajar dan referensi. Jangan lupa pelajari juga bentuk surat lainnya yang sudah disiapkan dibawah.

Contoh Format Surat Kuasa Pengambilan BPKB Motor

Surat kuasa pengambilan BPKB. Contoh surat kali ini saya akan memberikan sebuah format surat kuasa untuk pengambilan BPKB Motor.

Bagi yang membutuhkan surat seperti ini silahkan lihat langsung format atau contoh surat kuasa BPKB motor berikut.

Sebelum membuat surat kuasa ini tentu ada beberapa hal yang harus disiapkan lebih dulu. Hal pertama yang harus disiapkan adalah mengenai identitas baik itu identitas dari pemberi maupun penerima kuasa.

Setelah identitas orang yang terlibat, hal berikutnya yang juga perlu adalah mengenai identitas dari motor yang BPKB-nya akan diambil.

1) Pengambilan BPKB kendaraan mobil
2) Kuasa bayar pajak motor
3) Kuasa mengambil tabungan di bank
4) Kuasa pengambilan gaji
5) Kuasa pengurusan hak milik

Dalam hal ini nanti dapat dicantumkan juga mengenai jenis motornya, warna dan lain sebagainya. Untuk identitas motor, ada kalanya juga dalam surat ini tidak dicantumkan.

Tetapi mungkin akan lebih jelas jika dicantumkan juga mengenai informasi tentang motor-nya sekaligus. Ya, mulai dari jenis, nomor dan sebagainya tentunya.

Setelah data-data disiapkan baru kita bisa mulai menyusun surat tersebut. Lalu bagaimana bentuk suratnya? Kira-kira kita bisa membuatnya sendiri atau tidak?

Seperti biasa, dibagian awal sendiri akan ditulis dengan huruf kapital yaitu judul suratnya, dalam hal ini adalah "surat kuasa". Penulisnya seperti umumnya judul.

Setelah itu akan masuk langsung pada isi suratnya yang akan diawali dengan pernyataan atau kalimat yaitu "yang bertanda tangan di bawah ini" atau yang sejenisnya. Agar lebih jelas silahkan langsung ke contohnya saja.

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : .............................................
Tempat Tanggal Lahir : .............................................
Agama : .............................................
Alamat : Dusun .... RT .... RW .... Kampung .................... Kec. ........................................

Dengan ini memberi kuasa untuk Pengambilan BPKB Motor kepada:

Nama : .............................................
Tempat Tanggal Lahir : .............................................
Pekerjaan : .............................................
Agama : .............................................
Alamat : Dusun .... RT .... RW .... Kampung .................... Kec. ........................................

Demikian surat kuasa ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.



Penerima Kuasa                             Pemberi Kuasa





_______________                        _______________



Mengetahui
Kepala Kampung


NAMAKEPALA KAMPUNG

Di atas sudah diberikan satu contoh format yang bisa digunakan untuk mempermudah pembaca semua yang akan membuat kuasa pengambilan BPKB.

Bisa menggunakan draft di atas dan tinggal menyesuaikan isinya. Jadi tidak perlu membuat redaksi sendiri, tapi ingat, yang di atas hanya sekedar contoh saja.

Contoh Format Surat Kuasa Pengambilan BPKB Motor
Contoh Kuasa BPKB Kendaraan Motor
Untuk surat kuasa pengambilan BPKB untuk motor ini sengaja saya berikan karena terkadang dalam kehidupan sehari-hari kita juga membutuhkan surat kuasa seperti ini seperti misalnya saat kita harus mengambil jaminan BPKB motor di Bank yang harus kita wakilkan.