Contoh Surat Kuasa Bayar Pajak Motor

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Surat Kuasa Bayar Pajak Motor - sebenarnya intinya tidak terlalu rumit. Sesuai dengan namanya surat ini isinya hanya memberikan kuasa atas pembayaran pajak untuk kendaraan khususnya motor yang yang dimiliki. Dapat dikatakan, secara sederhana isinya hanya "saya memberikan kuasa kepasa si A untuk membayar pajak motor yang saya miliki". Meski begitu dalam penulisan surat tersebut tentu saja ada aturan yang harus diperhatikan.

Untuk itulah kali ini kita akan membahas secara rinci mengenai bagaimana cara membuat surat kuasa pajak untuk motor yang kita miliki tersebut. Disini akan kita bahas dari awal mulai dari pengertian surat kuasa, bagian-bagian surat, contoh surat dan juga bagaimana cara penulisan surat tersebut. Diharapkan dengan adanya pembahasan ini maka di kemudian hari kita tidak perlu pusing dan bingung jika ingin membuat surat seperti ini. Tapi sebelum itu agar pemahaman kita lebih lengkap silahkan baca juga beberapa pembahasan lain berikut!

Surat kuasa bayar pajak sepeda motor
Surat kuasa bayar pajak kendaraan bermotor
Surat kuasa bayar pajak mobil
Contoh surat kuasa pembayaran pajak motor
Surat kuasa pembayaran pajak stnk
Bayar pajak motor online
Tempat bayar pajak motor
Berapa bayar pajak motor

Bisa kita lihat dari beberapa pembahasan di atas bahwa untuk jenis surat kuasa ini saja ada beberapa macam yang sering di butuhkan. Sebagai contoh ada juga tentang membayar pajak secara online dan beberapa hal lain seperti disebutkan di atas. Sekarang mari kita langsung belajar menyusun surat yang kita butuhkan tersebut!

Cara Membuat Surat Kuasa Pajak Motor 

Untuk membuat atau menyusun surat ini sebenarnya sangat mudah yaitu dengan melihat contoh draft atau format surat yang sudah banyak di pakai. Dengan melihat contoh formatnya seperti apa maka kita tinggal meniru dan menyesuaikan data yang dibutuhkan. Meski begitu ada beberapa catatan yang tetap harus kita ingat dalam penulisan surat ini.

Pertama yaitu mengenai bahasa yang digunakan. Bahasa yang digunakan dalam surat ini - meski suratnya di buat oleh kita sendiri - harus menggunakan bahasa Indonesia baku tentunya yang baik dan benar. Dalam setiap isi kata dan kalimat harus benar-benar menggunakan bahasa baku dan tidak diperkenankan menggunakan bahasa daerah atau bahasa gaul sekalipun.

Hal kedua yang juga penting adalah mengenai format penulisan. Format penulisan ini juga harus sesuai standar surat resmi dalam hal ini tata penulisannya sesuai kaidah yang ada. Sebut saja misalnya dalam penulisan nama, huruf depan, tanda baca dan lain sebagainya. Bentuk suratnya pun sebaiknya sesuai kaidah, rapi, dan juga tidak berantakan.

Ketiga kita juga harus memperhatikan informasi apa saja yang harus kita berikan dalam surat tersebut. Dalam hal ini informasi pemberi kuasa dan penerima kuasa harus ditulis dengan jelas. Sebagai contoh penulisan nama harus sesuai dengan identitas yang ada dan bukan menggunakan nama panggilan dan lainnya. Beberapa informasi yang perlu diberikan dalam surat ini antara lain sebagai berikut

1) Nama pemberi maupun penerima kuasa
2) Tempat Tanggal Lahir
3) Pekerjaan 
4) Alamat

Jadi antara pemberi kuasa dan penerima kuasa harus ada informasi data diri yang sesuai kebutuhan. Jadi jika kita bertanya siapa yang memberi kuasa maka kita tahu jawabannya begitupun sebaliknya jika dibutuhkan data tentang siapa yang diberi kuasa maka data informasinya sudah tertera dengan jelas dalam surat kuasa bayar pajak motor tersebut.

Berikutnya yang juga harus diperhatikan adalah mengenai data atau informasi tentang kendaraan motor yang akan dibayar pajaknya. Dalam hal ini harus ada kejelasan informasi mulai dari motor milik siapa, jenisnya apa, mereknya apa dan seterusnya. Informasi kendaraan tersebut dapat kita lihat pada informasi yang tertera pada surat motor. Beberapa informasi kendaraan yang harus disertakan yaitu sebagai berikut!

1) Merk / Type motor
2) Jenis motor
3) Warna motor
4) Nomor rangka motor
5) Nomor polisi 

Jadi jelas, meski dalam membuat surat kuasa pajak in cukup mudah namun kita harus benar-benar memperhatikan berbagai informasi yang ada dalam surat tersebut. Ingat, surat kuasa harus jelas memberikan informasi mengenai pemberi kuasa, penerima kuasa dan apa yang dikuasakan. Selanjutnya untuk mengetahui bagaimana bentuk atau format surat tersebut mari kita lanjut ke contoh yang sudah disediakan.

Contoh Surat Kuasa Bayar Pajak Motor 

Setelah kita mempelajari berbagai hal yang harus diperhatikan dalam penulisan surat ini maka langkah selanjutnya adalah mempelajari bagaimana bentuk atau format surat kuasa yang akan kita gunakan. Pada dasarnya surat kuasa bayar pajak ini tidak berbeda jauh dengan berbagai macam surat kuasa lain yang sering kita gunakan. Pada intinya ada tiga bagian utama dalam informasi surat tersebut yaitu si pemberi kuasa, penerima kuasa dan juga bagian informasi tentang hal yang dikuasakan. Agar lebih jelasnya mari kita perhatikan contohnya berikut!

Contoh Surat Kuasa Bayar Pajak Motor
Contoh Surat Kuasa Bayar Pajak Motor

Bisa kita lihat di draft di atas, Surat Kuasa Bayar Pajak Motor akan diawali dengan judul surat yang ditulis kapital rata tengah. Setelah itu surat akan dibuka dengan kalimat "yang bertanda tangan di bawah ini", kemudian di ikuti dengan data pemberi kuasa. Setelah itu dilanjutkan ke data penerima kuasa, seperti pada contoh di atas baru setelah itu diikuti dengan pernyataan memberikan kuasa. Setelah pernyataan maka akan diteruskan dengan data informasi motor yang akan dibayar pajaknya.

Terakhir baru dibubuhi tandatangan pemberi kuasa, penerima kuasa dan jika dibutuhkan diketahui oleh pejabat kepala kampung di daerah yang bersangkutan. Sebagai catatan ada juga bentuk lain dari surat kuasa seperti ini dimana pernyataan kuasa akan diletakkan diantara informasi data pemberi kuasa dan penerima kuasa. Sehingga kalimatnya kurang lebih akan seperti berikut:

Yang bertanda tangan di bawah ini: (nama, alamat, dst) memberikan kuasa kepada: (nama, alamat, dst) untuk membayar pajak motor atas nama ..... dengan data kendaraan sebagai berikut (merk motor, jenis motor, dst).

Jadi, memang bisa saja ada beberapa bentuk atau format dalam penulisan surat kuasa seperti ini. Maka jika kita membutuhkan surat seperti ini kita tinggal melihat bagaimana formatnya dan tidak perlu bingung jika mendapati format surat yang berbeda. Kita tinggal memilih mana yang lebih umum dan sering digunakan di daerah kita masing-masing. Itu saja pembahasan kita kali ini, semoga bermanfaat!