Contoh Surat Klaim Pemesanan Barang PT AII

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Contoh Surat Klaim Pemesanan Barang PT AII. Surat klaim pemesanan adalah sebuah surat resmi yang diajukan oleh pembeli atas barang yang sudah dipesannya. Surat ini biasanya diajukan karena ada ketidakcocokan antara barang yang sudah dipesan dengan barang yang diterima pembeli. Agar lebih jelas mari bersama-sama kita lihat contoh surat klaim pemesanan tersebut.

Untuk tambahan referensi tentang surat klaim hari ini saya akan memberikan contoh terbaru klaim pemesanan barang PT Anu Ini Itu sekedar untuk gambaran bagaimana cara mengajukan format klaim pemesanan pada PT tertentu.

Tidak ada yang jauh berbeda dalam penyusunan surat klaim ini dengan jenis klaim lainnya. Intinya, dengan surat ini yang bersangkutan mengajukan klaim atas pemesanan barang yang sudah lebih dulu dilakukan.

Bentuknya tidak jauh berbeda dengan surat resmi lain. Tata penulisannya pun demikian. Yang membedakan hanya isi atau inti dari surat tersebut. Setelah mempelajari contohnya tentu anda akan mudah membuatnya. Pelajari contohnya dibawah ini.


SURAT KLAIM
No Surat: XXI/Srt-Klaim/PD/VII/2011

Kepada Yth. :
PT. ANU INI ITU
JL. Adiwarman No 12
Jakarta Pusat

Dengan hormat,
Dengan ini kami beritahukan bahwa ada beberapa barang pesanan kami yang kami terima dalam kondisi rusak. Berikut ini adalah daftar barang yang rusak beserta keterangan kerusakannya:
  1. Meja Guru Ukuran 180x180x75 cm : Ada 4 slat kayu yang lepas tanpa tapping screws
  2. Rak Buku : Kain Kanvas sobek dan galvanise luntur
  3. Meja Buku : Bagian kaki retak dan sambungan dengan table top lepas
Kami telah mengirimkan beberapa foto melalui email yang memperlihatkan kondisi barang yang rusak. Mohon untuk di follow up mengingat sudah dekatnya jadwal stuffing.

Demikian Surat Klaim ini kami buat dengan harapan adanya perbaikan kualitas barang serta keamanan sistem packing sehingga kedepannya tidak terjadi masalah yang sama.

Atas perhatian dan kerjasama yang baik kami ucapkan terima kasih

Hormat kami,
PT MAJU LANCAR


Indriyani Nugroho, S.E.
Purchase Dept.

Bisa dikatakan, isi dari surat ini intinya adalah melakukan klaim kerusakan barang kiriman yang sudah dipesan atau dibeli selanjutnya. Surat ini tentu sangat penting untuk mendukung berbagai kegiatan niaga yang dilakukan.


Setelah melihat satu contoh di atas sekarang kita lebih tahu lagi tentang surat klaim. Dengan demikian kita tidak akan bingung ketika harus mengajukan surat seperti ini jika dibutuhkan. Contoh-contoh surat lainnya dapat sobat pengunjung liat melalui daftar isi yang ada. Sampai disini, semoga membantu.