Lamaran Kerja Accounting dan Finance

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Contoh surat lamaran kerja posisi accounting dan finance. Lagi seneng belajar membuat lamaran nih. Tidak apa-apa ya. Yang namanya pekerjaan kan posisi atau bidangnya banyak. Dan masing-masing bidang tersebut tentu lamarannya beda dong. 

Maka dari itulah edisi kali ini kita tambah lagi contohnya. Kali ini untuk mengejar posisi di bidang accounting and finance.

Hayo siapa yang suka dengan posisi pekerjaan tersebut? Bagus juga kok, yang penting kan pendapatannya. Benar tidak?

Seperti posisi kerja lainnya, kita bisa mengajukan lamaran pekerjaan berdasarkan dua kategori informasi. Pertama berdasarkan lowongan kerja yang telah diterbitkan perusahaan pada media tertentu.

Yang kedua adalah kita mengajukan lamaran kerja berdasarkan inisiatif sendiri. Intinya sama. Tetapi dua lamaran tersebut memiliki bentuk penulisan atau isi yang sedikit berbeda. Nah, untuk contoh kali ini kita akan bahas dua contoh sekaligus.

A. Berdasarkan lowongan pekerjaan 

Pengajuan lamaran ini berdasarkan lowongan kerja yang telah diterbitkan perusahaan pada media cetak maupun online. Misalnya pengumuman lowongan melalui televisi, website atau bisa juga melalui surat kabar atau lainnya.

Kalau ada lowongan seperti ini maka kita bisa mengajukan lamaran berdasarkan informasi yang kita dapatkan tersebut. Bagaimana caranya?

Sama saja sih pada prinsipnya. Yang paling membedakan adalah kita menyebutkan dasar informasi yang kita peroleh tersebut.

Sebagai contoh, misalnya akan dimuat kalimat "sesuai dengan lowongan yang dimuat di Media Indonesia pada 28 Mei 2020, saya mengajukan diri untuk...." dan seterusnya.

Sederhana dan tidak sulit bukan? Kalimat yang dipilih bisa berbeda dengan inti yang sama. Tidak sama persis dengan kalimat tersebut juga tidak apa-apa.

Tinggal bagaimana kita membuatnya saja. Kadang antara orang yang satu dengan orang yang lain bisa saja berbeda. Agar lebih jelas mari kita pelajari contoh yang sudah disiapkan di bawah ini.


Kalau sudah tahu ternyata tidak sulit juga untuk membuat surat ini ya. Sama saja dengan yang lain. Lamaran dimulai dari penulisan tanggal suratnya. Penulisannya mulai dari tempat, tanggal sampai tahun sekaligus. 


Setelah tanggal, bagian kedua adalah penerima surat. Yaitu isinya mulai dari kata "Yth... dan seterusnya". Baru setelah itu diikuti dengan salam pembuka, isi dan seterusnya sampai selesai. 

Lamaran juga akan ditutup dengan salam penutup disertai nama terang pengirim yang dibubuhi tanda tangan. 

Kalau diketik dengan komputer tidak akan sampai setengah jam. Lima belas menit mungkin sudah selesai untuk membuat surat tersebut, aplication letter accounting and finance.

B. Berdasarkan inisiatif sendiri

Yang kedua yaitu yang berasal dari inisiatif sendiri. Jadi, kalau tidak ada lowongan dari perusahaan maka kita juga bisa membuat lamaran dengan inisiatif sendiri untuk bergabung dalam tim accounting and finance pada sebuah perusahaan.

Kalau seperti ini maka surat yang kita buat agak sedikit berbeda dengan format contoh yang sudah diberikan di atas. 

Pada surat di atas, lamaran dibuka dengan informasi mengenai lowongan yang diterbitkan. Pada surat ini lamaran akan dibuka dengan informasi mengenai siapa diri kita. Bingung tidak? Supaya tidak bingung, langsung lihat contohnya ya.


Ah.. tidak sulit sama sekali kalau kita mau belajar. Untuk posisi apapun dalam sebuah perusahaan tidak akan sulit untuk membuat lamaran kerja yang kita butuhkan. Kuncinya hanya satu. Kita mau mencari referensi.

Apalagi sekarang, sudah banyak informasi mengenai surat lamaran accounting and finance yang diberikan dan dibahas secara panjang lebar.

Apalagi di situs ini, banyak sekali model contoh-contoh surat yang sudah dibahas. Ada surat pribadi, surat umum, penting dan lain sebagainya. Dari yang berbentuk draft, kalimat surat sampai pada tips yang dibutuhkan. Banyak, silahkan dipelajari sesuai kebutuhan.