Contoh Surat Keterangan Nikah

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Contoh Surat Keterangan Nikah – kita lanjutkan lagi pembahasan kita dengan surat-surat yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kali ini giliran keterangan nikah yang akan kita bahas lebih jauh. Dalam pembahasan ini akan dibahas secara lengkap mulai dari pengertian, cara membuat serta contoh yang bisa langsung digunakan.

Kita mulai dari pengertian, apakah yang dimaksud dengan surat keterangan nikah tersebut? Surat keterangan nikah adalah suatu surat yang berisi keterangan dari pejabat setingkat desa bahwa seseorang telah atau sudah menikah. Dalam surat ini tentu saja akan bisa dilihat siapa suami dan siapa istrinya.

Surat ini dikeluarkan oleh pejabat desa yang berwenang atas permintaan yang bersangkutan dan bukan dibuat sendiri oleh yang bersangkutan. Maka dari itu, jika ada yang membutuhkan surat ini maka ia bisa meminta atau mengurus surat tersebut di kantor desa atau kelurahan. Lalu seperti apakah surat tersebut?

Surat ini adalah surat resmi maka dari itu ia ditulis menggunakan kaidah penulisan surat resmi mulai dari bentuk penulisan maupun kaidah bahasa yang digunakan. Dalam surat ini tidak boleh menggunakan bahasa gaul atau bahasa daerah dan lainnya kecuali bahasa baku.

Penulisan surat ini diawali dengan menulis kop surat sesuai dengan kampung atau desa asal domisili. Setelah itu diikuti dengan penulisan judul surat, nomor surat lalu ke isi suratnya langsung. Untuk isinya kurang lebih seperti contoh kalimat yang ada di bawah ini.

Saya yang bertanda tangan di bawah ini Kepala Kampung ................... dengan ini menerangkan bahwa:
Nama
Tempat Tanggal Lahir
Warga Negara
Agama
Pekerjaan
Alamat

Benar yang namanya tersebut di atas adalah suami sah dari seorang perempuan :
Nama
Tempat Tanggal Lahir
Warga Negara
Agama
Pekerjaan
Alamat

Benar yang namanya tersebut di atas adalah warga Kampung ........... Kecamatan ........... Kabupaten ........... dan benar keduanya yang tersebut di atas telah menikah dengan sah sesuai dengan hukum Islam.

Nikah
Wali Nikah
Tempat/Tgl Lahir
Pekerjaan
Alamat
Dengan Mas Kawin

Demikian Surat Keterangan ini kami perbuat dengan sebenarnya, untuk dapat dipergunakan seperlunya.

Di atas itu adalah contoh kalimat yang biasa digunakan dalam keterangan ini. Tentu saja pada prakteknya tidak harus sama dengan yang diatas yang penting bentuk kalimatnya baku. Kalau sudah tahu bagaimana contoh kalimat dalam surat keterangan tersebut sebenarnya kita bisa membuat sendiri surat tersebut.

Tetapi perlu diingat bahwa surat ini tentu ditulis rapi menggunakan komputer atau diketik komputer. Jadi bagi anda yang ingin membuatnya harus tahu bagaimana bentuk susunan surat tersebut dari awal sampai akhir. Maka dari itu silahkan perhatikan gambar format surat yang sudah disediakan dibawah ini.

Surat Keterangan Nikah
Contoh Format Surat Keterangan Nikah dari Kelurahan

Jelas sudah bagaimana gambaran bentuk dari surat ini bukan? Sudah dijelaskan bagaimana cara membuatnya dan diberikan pula contohnya, sudah lengkap. Sekarang tinggal anda mulai menulis surat tersebut dengan data atau informasi yang sesuai dengan kebutuhan. Itu saja, terima kasih telah menyempatkan diri membaca penjelasan ini, semoga bermanfaat dan salam hangat dari kami.