Format Buku Kas Umum APBDes

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Mungkin ada yang sedang membutuhkan contoh format buku kas umum APBDes makanya sengaja kita bahas secara khusus pada kesempatan ini. Seperti kita ketahui, pencatatan kas desa tentu saja harus dilakukan sesuai dengan acuan yang diberikan.

Kalau mau sebenarnya bisa mempelajari juknis yang terkait agar bisa dengan mudah menyusun buku kas umum (bku) untuk anggaran pendapatan belanja desa. Tapi kita juga bisa mencari referensi tambahan secara online.

Seperti pada situs ini. Kita akan memberikan sedikit referensi untuk bahan belajar yang membutuhkan. Dengan begitu bisa membantu. 

Kita pelajari bagaimana membuat BKU baik itu dari penyusunan kolom - kolomnya maupun pada proses pembuatannya. Agar lebih singkat mari kita bahas lebih rinci cara membuatnya seperti apa di bawah ini.

A. Cara membuat buku kas umum

Membuatnya mungkin lebih sederhana dari pada mengisi buku kas yang satu ini. Karena dalam buku kas tentu ada berbagai informasi penting yang wajib untuk di isi. Mengisi bku ini juga tidak bisa dikatakan sulit. Intinya kalau belum tahu memang begitu.

Kita bahas dulu apa yang ada dalam buku kas ini satu persatu. Pertama mengenai judul. Buku kas ini juga harus diberi judul yang sesui. Judul buku kas ini ditulis dibagian tengah atas seperti pada kepala surat.

Contoh judulnya yaitu misalnya "BUKU KAS UMUM", ditulis pada baris pertama. Di bawahnya dilanjutkan dengan nama desa sampai kecamatannya apa. Baris ketiga "TAHUN ANGGARAN ......."

Penulisan judul buku kas ini seperti menulis kop (kepala) surat. Selanjutnya akan langsung masuk pada tabel BKU. Pada tabel, ada kolom - kolom informasi yang harus dibuat. Tata urutan kolom tersebut misalnya sebagai berikut:

  1. Nomor
  2. Tanggal
  3. Kode rekening
  4. Uraian
  5. Penerimaan
  6. Pengeluaran
  7. No Bukti
  8. Jumlah pengeluaran komulatif
  9. Saldo

Bisa dilihat, ada sembilan kolom informasi yang akan dibuat pada buku kas umum yang akan kita buat ini. Mulai dari yang pertama sendiri untuk nomor, tanggal dan pada bagian akhir sendiri sampai saldo.

Lalu bagaimana pembuatannya? Ya tinggal dibuat saja, misalnya manual dan bisa juga menggunakan ketikan komputer. Dibuat dengan posisi kertas landscape (memanjang) sehingga cukup untuk memuat semua kolom yang dibutuhkan. 

Jangan lupa, dibagian akhirnya tentu akan ada tempat untuk tanda tangan pihak terkait dalam hal ini adalah bendahara dan juga kepala kampung. Lebih jelas nanti bisa dipelajari di contoh format yang diberikan. 

B. Contoh format blangko buku kas umum apbdes

Bagaimana contohnya? Untuk yang lagi sibuk, penjelasan di atas bisa di skip saja dan langsung melihat contohnya bagaimana. Karena kalau langsung melihat contoh kan nanti bisa mendapatkan gambaran lebih jelas. 

Setelah melihat gambaran umumnya seperti apa maka kita tinggal break down saja apa yang belum paham. Misalnya dalam hal penulisannya di kertas apa dan sebagainya. 

Untuk lebih mudah, sudah disiapkan satu contoh draft yang bisa langsung diadopsi. Namun contoh tersebut dibuat dalam bentuk gambar dan bukan file docx atau excel. Silahkan dipelajari langsung draft berikut ini.


Jelas ya. Mudah kok untuk mengetik blangko atau draft kosong dari buku kas umum APBDes tersebut. Kalau sudah biasa, mungkin lima menit juga kelar. Silahkan dipelajari dulu ya. Jika sesuai bisa dijadikan acuan.

Lain waktu akan diusahakan untuk melengkapi contoh ini dengan berbagai jenis file yang bisa langsung di download dan digunakan sebagai blangko. Untuk contoh lain silahkan cek dibagian akhir pembahasan.