8:31:00 PM

Beberapa Kesalahan dalam Penulisan Surat Dinas

Berbicara mengenai Kesalahan dalam Penulisan Surat biasanya kita akan berhadapan dengan masalah salah kaprah yaitu kesalahan yang sudah umum dilakukan. Meski salah namun pada kenyataannya tidak mengganggu tujuan penyampaian informasi yang direncanakan. 

Tapi tetap saja akan lebih baik jika kita menulisnya dengan benar. Berkaitan dengan hal itu berikut akan kita bahas "Kesalahan Penulisan Surat Dinas" yang biasanya umum terjadi di masyarakat.

Berkaitan dengan benar atau salahnya penulisan surat tentunya kita akan merujuk pada panduan tata bahasa Indonesia yang baku. 

Jadi dalam hal ini kita akan menggunakan tata bahasa baku tersebut sebagai panduan dalam menentukan salah tidaknya penulisan. 

Salah satu kesalahan umum yang biasa dilakukan adalah penggunaan kata sapaan yang berlebihan atau pengulangan kata yang tidak perlu, contohnya sebagai berikut:

- Para bapak-bapak dan ibu-ibu
- Para hadirin sekalian

Dua kesalahan di atas merupakan kesalahan yang umum dilakukan namun sudah dianggap benar dan umum jadi seperti tidak ada kesalahan. Kesalahan tersebut tentunya bukan terdapat dalam penulisan surat tetapi terdapat dalam bahasa lisan.

Tidak berbeda jauh dengan dua contoh di atas, dalam penulisan surat resmi pun bisa terdapat kesalahan-kesalahan seperti itu.

Berbagai Kesalahan dalam Penulisan Surat khususnya surat resmi bisa berada pada banyak bagian baik itu penulisan nomor, lampiran, sapaan dan juga bagian penutup surat. Beberapa kesalahan yang biasanya terjadi dalam penulisan ini antara lain seperti dijelaskan di bawah ini.

Atas perhatiannya, diucapkan terima kasih.

Itulah sepenggal kalimat dalam penutup sebuah surat dinas. Sekilas memang tidak ada yang salah dalam kalimat tersebut. Bahkan kalimat tersebut sudah sangat lazim digunakan di berbagai kantor/instansi/lembaga (berdasarkan surat-surat dinas yang pernah saya baca). 

Bahwa maksud dari kalimat tersebut, si pengirim surat ingin mengucapkan terima kasih atas perhatian yang telah diberikan oleh si penerima surat. Namun sebenarnya pemilihan kata-kata tersebut tidak tepat.

Beberapa kali membaca buku maupun literatur yang membahas tentang tata cara penulisan surat atau naskah dinas, saya dapat memastikan bahwa sebenarnya kalimat tersebut salah. Apabila si penulis surat (dalam hal ini adalah instansi, karena merupakan surat dinas) maka kalimat yang lebih tepat apabila tetap menggunakan pilihan kalimat seperti itu adalah:

Atas perhatian Saudara, kami ucapkan terima kasih. atau Atas perhatian Bapak, kami ucapkan terima kasih.


Mengapa akhiran nya diganti dengan Saudara atau Bapak? Surat adalah salah satu bentuk komunikasi satu arah antara pengirim dan penerima surat, sehingga yang diperlukan adalah kata ganti orang pertama (pengirim) dan kata ganti orang kedua (penerima). Nya adalah kata ganti orang ketiga, sehingga yang benar adalah menggunakan kata ganti orang kedua (anda atau kamu). 

Dikarenakan ini adalah surat dinas yang lebih mengutamakan kata-kata yang mengedepankan rasa estetika, maka sebaiknya diganti dengan kata sapaan (Saudara atau Bapak atau Ibu). Penulisan kata sapaan pun harus dengan menggunakan huruf besar.

Mengapa awalan di pada kata ucapkan diganti dengan kami. Yang mengucapkan terima kasih adalah si pengirim surat, sehingga kata yang tepat adalah kata ganti orang pertama yaitu saya atau aku

Dikarenakan surat dinas merepresentasikan instansi atau organisasi, maka perlu diperhalus dengan menggunakan gaya bahasa pluralis maiestatis, yaitu dengan menggunakan kata kami.

Nah, selain kesalahan di atas masih ada juga beberapa kesalahan lain yang sering dapat anda jumpai. Kesalahan-kesalahan penulisan surat yang masih sering kita jumpai tersebut antara lain yaitu:

- Kesalahan penulisan lampiran
- Kesalahan penulisan tujuan surat
- Kesalahan penggunaan kalimat "Bersama surat ini" dan juga "Dengan surat ini"

Dalam pokok surat, masih sering kita jumpai tulisan Lampiran: - karena memang tidak ada yang dilampirkan. Dalam hal surat yang kita kirimkan tidak ada lampirannya, maka seharusnya kata lampiran tidak perlu kita tulis dalam pokok surat. 

Ya, secara logika pun sudah kurang cocok, bisa dikatakan hal itu adalah pemborosan kata karena memang tidak ada fungsinya dalam surat tersebut. 

Penulisan tujuan surat, sering kita temui, Kepada Yth. Bapak Drs. Bambang Sukoco Kepala Badan Koordinasi Nasional. Penulisan ini salah. Penulisan yang betul adalah tidak perlu menggunakan kata kepada, cukup seperti ini:

Yth. Bapak Bambang Sukoco, atau

Yth. Drs Bambang Sukoco, atau

Yth. Kepala Badan Koordinasi Nasional



Penggunaan kata Bersama surat ini.... dan Dengan surat ini..... Sering kita temui penggunaan kata-kata tersebut yang tidak tepat. Apabila surat kita mempunyai maksud menyampaikan sesuatu yang sifatnya adalah benda yang ada dalam lampiran surat maka kata yang tepat adalah menggunakan Bersama surat ini...., namun apabila hanya menyampaikan maksud dan tujuan sebagaimana diuraikan dalam isi surat (tanpa lampiran) maka kita menggunakan Dengan surat ini..... .

Itulah beberapa kesalahan umum penulisan surat resmi yang biasanya dilakukan banyak orang. Mudah-mudahan dengan adanya pembahasan ini anda bisa menjadi salah satu yang tidak lagi melakukan kesalahan seperti yang dijelaskan di atas.


Selain dari kesalahan penulisan surat dinas tersebut masih banyak lagi berbagai kesalahan lain yang dapat anda temui, lain waktu akan kita bahas lagi agar bisa menjadi bahan belajar anda semua. Dengan adanya pembahasan-pembahasan seperti ini mudah-mudahan tidak akan ada lagi kendala yang bisa anda temui dalam membuat berbagai surat yang dibutuhkan. Itu saja, semoga bermanfaat!

Cara Membuat Nomor Surat Resmi

Bagian surat resmi yaitu nomor surat adalah salah satu bagian yang fungsinya sangatlah penting. Bagian ini tidak boleh dibuat sembarangan karena masing-masing karakter dalam nomor surat resmi memiliki makna dan arti.

Karena itulah penulisan nomor surat ini tidak boleh asal dan sembarangan. Supaya tidak terjadi kesalahan dalam pembuatan nomor dan agar fungsinya tercapai maka alangkah baiknya jika kita belajar mengenai nomor tersebut.

Jika anda selalu berkecimpung dengan surat menyurat maka anda harus memahami benar bagaimana Tata Cara Penulisan Nomor Surat agar semua surat yang ada bisa lebih tertib. Jangan sampai, saat membuat surat anda sampai lupa meletakkan nomor suratnya.

Nah, supaya lebih jelas mari kita bahas satu persatu. Jika anda perhatikan, dalam penulisan nomor untuk surat resmi maka anda akan mendapatkan beberapa kode nomor misalnya:

1. Nomor urut surat
2. Kode surat
3. Bulan atau Tahun Pembuatan
4. Surat keterangan kesalahan perbedaan penulisan
5. Surat keterangan kematian
6. Pernyataan sanggup ditempatkan dimana saja

Masing-masing bagian tersebut memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu berkaitan dengan kearsipan. Agar lebih jelas anda bisa mengikuti penjelasan mengenai Sistem Penomoran Surat Resmi berikut ini.

Format Penomoran Surat Keluar
1. Surat Keputusan (SK) : 01 (kode nomor surat)
2. Surat Undangan (SU) : 02
3. Surat Permohonan (SPm) : 03
4. Surat Pemberitahuan (SPb) : 04
5. Surat Peminjaman (SPp) : 05
6. Surat Pernyataan (SPn) : 06
7. Surat Mandat (SM) : 07
8. Surat Tugas (ST) : 08
9. Surat Keterangan (SKet) : 09 
10. Surat Rekomendasi (SR) : 10
11. Surat Balasan (SB) : 11
12. Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) : 12
13. Sertifikat (SRT) : 13
14. Perjanjian Kerja (PK) : 14
15. Surat Pengantar (SPeng) : 15

Contoh :
No : 01.001/SMK-AI/VIII/2017

Keterangan :
01 : Kode nomor surat
001 : Nomor urutan surat yang dikeluarkan
SMK-AI : Nama lembaga yang mengeluarkan surat (SMK AL-INTISAB)
VIII : Bulan berjalan (dalam Angka Romawi)
2017 : Tahun berjalan

Setiap institusi atau organisasi berhak membuat sistem / aturan penomoran surat dimana sistem tersebut bebas dilakukan sepanjang tidak keluar dari aturan umum sistem penomoran surat, berupa kode angka / huruf dan singkatan-singkatan. Lebih jelasnya silahkan perhatikan contoh berikut!

Nomor : A.001/Pan-Pel/AKB/I/2014

Coba lihat susunan kode pada nomor surat resmi di atas, tentu ada arti, maksud dan juga tujuannya bukan? Nah, pada nomor di atas masing-masing memiliki arti sendiri yaitu seperti dijelaskan di bawah ini:
  1. A = kode untuk surat internal (misalnya surat undangan untuk anggota, surat apapun yang berkaitan dengan anggota organisasi / jaringan dalam institusi). Sehingga kode "B" berarti kode surat untuk pihak luar organisasi. Maka boleh juga memberikan kode C untuk Jenis Surat Tugas dan Surat Keterangan lainnya.
  2. 001 = Artinya nomor seri surat itu dikeluarkan, misalnya dalam suatu kegiatan surat pertama yang dikeluarkan untuk internal lembaga khusus di kegiatan tersebut adalah 001, maka kalau ada surat susulan otomatis menjadi 002.
  3. Pan-Pel = Artinya Panitia Pelaksana (jika surat itu khusus untuk sebuah kepanitiaan acara / kegiatan. Bila bagian yang ini bisa ada dan bisa ditiadakan. Kode jenis ini umumnya ada: Kongres; Musda; Rapat; Prop; dan sebagainya
  4. AKB = Identitas organisasi / institusi
  5. I = Bulan ketika surat itu dikeluarkan, umumnya di tulis dalam angka romawi
  6. 2014 = Tahun surat itu di keluarkan

Dari arti masing-masing bagian nomor tersebut jelas sekali dapat kita lihat berbagai fungsi nomor surat tersebut. Kalau kita lihat dari penjelasan tersebut dapat diketahui bahwa fungsi nomor surat antara lain sebagai berikut:

a. Mempermudah penyimpanan (index)
b. Mempermudah pencarian surat
c. Memudahkan pencatatan baik surat masuk maupun surat keluar

Jadi, nomor tersebut penting bukan? Maka dari itu anda yang sering berurusan dengan pembuatan surat menyurat tentunya harus tahu bagaimana membuat nomor untuk surat masuk maupun untuk surat keluar. Sekarang coba perhatikan beberapa contoh lain berikut ini.
  • Nomor: 20/KKG/X/2014
  • Nomor: 430/C.C2/KR/2014
Dari beberapa contoh yang ada di atas bisa kita ketahui bahwa nomor ini terdiri dari beberapa bagian yang bisa kita identifikasi. Bagian nomor tersebut seperti yang sudah disebutkan di atas yaitu nomor urut, kode instansi/perusahaan, dan kode bulan serta tahun pembuatan surat.

Dengan informasi yang ada pada nomor tersebut tentu anda bisa dengan mudah mengetahui informasi tentang surat yang ada, yaitu informasi mengenai:

1. jumlah surat yang telah di buat
2. jenis surat
3. siapa yang membuat
4. bulan apa di buat
5. tahun berapa di buat

Berbicara mengenai nomor ini tentu kita juga harus tahu bagaimana penulisan nomor surat tersebut yaitu baik berkaitan dengan komposisi maupun susunan penulisan pada sebuah surat. Sekarang mari kita lihat contoh penulisan nomor pada surat resmi di bawah ini.

Cara Membuat Nomor Surat Resmi

Dari gambar di atas bisa diketahui bahwa nomor surat di tulis pada bagian kiri surat setelah judul surat. Letak penulisan adalah pada bagian pertama sebelum penulisan lampiran dan perihal surat. Penulisannya bisa anda lihat pada gambar di atas.


Sekarang, dengan adanya sedikit penjelasan mengenai bagaimana Cara Membuat Nomor Surat Resmi tersebut seharusnya anda sudah memiliki gambaran jika harus menulisnya. Mudah-mudahan anda tidak lagi kesulitan jika harus membuat surat resmi yang di dalamnya ada nomor suratnya.

Untuk di ingat, beberapa yang di bahas di atas hanyalah sebagai contoh saja, pada kebutuhan sehari-hari bisa saja anda menemukan bentuk nomor surat yang berbeda dengan contoh tersebut. 

Contoh Draft Surat Undangan Rapat

Surat Undangan Rapat - Yang satu ini juga merupakan jenis surat resmi yang tentunya dalam penulisannya akan menggunakan kaidah penulisan baku sesuai tata penulisan pada surat resmi. Akan diberikan Contoh Draft Surat Undangan Rapat dan juga diberikan penjelasan rinci.

Penjelasan akan meliputi bagaimana cara membuat undangan tersebut. Jika anda sedang menyusun surat ini dan masih ragu bagaimana membuatnya bisa langsung mengikuti penjelasan berikut.

Tidak ada yang berbeda dalam penulisan undangan yang satu ini, semua di tulis sama dengan metode penulisan undangan resmi lain seperti yang sudah dibahas sebelumnya.

Jika anda selalu berkunjung ke situs ini maka cara membuat surat undangan rapat ini pasti anda sudah tahu, meski begitu untuk yang masih belum begitu paham bisa mengikuti penjelasan berikut.

Seperti juga surat lain, dalam penulisan undangan ini ada beberapa hal dasar yang perlu di perhatikan oleh penulis, berbagai hal tersebut antara lain sebagai berikut:

1) Bahasa yang digunakan
2) Tata penulisan (format) surat
3) Informasi pokok dalam undangan rapat
4) Contoh draft surat undangan resmi
5) Contoh surat undangan posyandu

Yang pertama yaitu mengenai bahasa, tentu saja undangan ini menggunakan bahasa baku yaitu bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Untuk penulisannya menggunakan tata penulisan surat yang berlaku yaitu misalnya menggunakan format surat block style dan lain sebagainya. Untuk poin ke tiga, informasi pokok yang perlu diperhatikan dalam undangan ini adalah sebagai berikut:

a. Detail kegiatan (undangan rapat apa)
b. Waktu pelaksanaan (hari, tanggal dan tempat)
c. Siapa yang mengundang dan yang diundang

Tanpa dijelaskan sebenarnya anda pasti sudah tahu mengenai berbagai informasi tersebut. Yang perlu ditegaskan disini adalah bahwa berbagai informasi di atas harus di tulis dengan benar.

Harus dipastikan bahwa penulisan informasi tersebut tidak ada sama sekali kesalahan khususnya dari kesalahan ketik. Untuk gambaran bagaimana Bentuk Surat Undangan Rapat ini silahkan perhatikan contoh undangan rapat berikut!


KOP SURAT UNDANGAN RAPAT

Jakarta, 12 Desember 2014

No : 023/LKPS/V/2014
Perihal : Undangan Rapat
Lamp : -

Kepada Yth.
Bapak _________________
di
______________________

Assalamualaikum Wr.Wb.
Segala puja dan puji hanyalah milik Allah, yang selalu memberi rahmat dan taufik-Nya kepada kita, shalawat dan salam selalu tercurah kepada junjungan kita semua, pemimpin umat Nabiyullah Muhammad Saw, keluarga, para sahabatnya, dan seluruh umat-Nya sampai akhir zaman.

Sehubungan dengan telah habisnya masa jabatan __________________________________ tanggal _________________, dengan itu secara otomatis harus ada pemilihan ketua __________________________________ yang baru untuk periode _________.

Mengingat hal tersebut bersifat penting, kami mengundang bapak/ibu/saudara/i, bisa menghadiri rapat __________________________________ yang insya Allah akan diselenggarakan pada:

Hari / tanggal : _________________
Pukul : _______ WIB
Tempat : _________________

Agenda Rapat :
1. Pembahasan laporan kerja Pengurus __________________________________
2. Penyusunan Program kerja periode _________________
3. Pembentukan panitia kerja periode _________________
4. Pembahasan masalah lain-lain
5. Penutup
6. Ramah Tamah

Atas perhatian dan kehadiran Saudara kami mengucapkan terima kasih.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Sekretaris


___________



Pada contoh di atas undangan yang ditulis di tandatangani sendiri oleh sekretaris. Pada kenyataan mungkin anda akan mendapatkan bentuk lain dimana surat undangan tersebut ditandatangani juga oleh ketua, jadi ada dua orang yang tanda tangan yaitu sekretaris dan ketua.

Hal-hal seperti itu pada praktek-nya memang sering terjadi dan anda tidak perlu terlalu bingung karena hal tersebut. Sekarang coba bandingkan dengan Contoh Draft Surat Undangan Rapat yang ada di bawah ini. 



KOP SURAT UNDANGAN RAPAT

Jakarta, _________________
No : _________________
Perihal   : Undangan Rapat Pertemuan
Lamp      : -

Dengan hormat,
Sehubungan dengan akan diadakannya acara Pameran Produk Baru yang akan dilaksanakan di Kantor Pusat Pelatihan Perusahaan, sekaligus dalam mempromosikan produk baru tersebut, maka dengan ini, kami mengundang seluruh staff pegawai, panitia pelaksana, dan seluruh peserta pameran untuk mengikuti rapat pertemuan guna membahas persiapan-persiapan acara Pameran Produk Baru ini.

Adapun rapat pertemuan tersebut akan diadakan pada:

Hari / Tanggal:  _________________
Tempat  :  __________________________________
Waktu: ______ WIB s/d selesai

Demikian sekiranya pemberitahuan dari kami. Atas perhatian serta kehadiran Bapak dan Ibu pada acara tersebut, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,


Pimpinan Perusahaan



Untuk Contoh Draft Surat di atas anda bisa melihat bahwa undangan tersebut ditanda tangani oleh pimpinan perusahaan, sedikit berbeda bukan?

Ya, anda dapat mempelajari dan menemukan sendiri beberapa perbedaan lain. Yang jelas perlu anda ingat adalah bahwa undangan ini adalah resmi jadi harus menggunakan format yang resmi juga.



Dalam Contoh Draft Surat Undangan Rapat di atas jelas sekali dapat anda lihat bahwa informasi yang disertakan ditulis dalam bentuk kalimat yang baik, jelas dan efektif tidak bertele-tele. Selain itu penulisan juga menggunakan bahasa Indonesia baku.

Jadi kesimpulannya surat ini adalah salah satu surat resmi yang dalam penulisannya harus resmi juga. Untuk membuat surat ini caranya mudah, anda bisa melihat contoh di atas atau menggunakan draft di atas agar lebih cepat. 

Contoh Surat Pernyataan Keaslian Dokumen

Ada satu jenis surat yang sangat penting yaitu Surat Pernyataan Keaslian Dokumen. Surat ini dibuat untuk memperkuat keaslian dari dokumen tertentu. Biasanya surat ini akan dijumpai jika membuat lamaran pekerjaan.

Pada artikel ini kita akan membahas dan mengulas tuntas mengenai jenis pernyataan tersebut mulai dari bagaimana cara membuat, tips atau teknik dan juga sampai dengan contohnya.

Anda yang sedang membuat pernyataan ini dan membutuhkan referensi dan bahan rujukan bisa mempelajari contohnya disini.

Kita bahas terlebih dahulu mengenai pengertian atau definisi dari pernyataan tersebut. Seperti telah disinggung pada awal perbincangan ini, pernyataan ini adalah sebuah surat yang isinya menyatakan kebenaran atau keabsahan suatu dokumen tertentu.

Jadi, pernyataan ini merupakan penekanan akan legalitas atau kebenaran suatu dokumen tertentu. Dalam penggunaannya banyak kegiatan yang berurusan dengan pernyataan ini. Contoh penggunaan pernyataan keaslian dokumen antara lain sebagai berikut:

1. Keperluan melamar kerja
2. Keperluan kampus atau kuliah
3. Urusan bisnis
4. Urusan jual beli
5. dan sebagainya

Nanti anda akan tahu kegiatan atau aktivitas apa saja yang mungkin membutuhkan surat pernyataan tersebut. yang jelas dengan adanya pembahasan ini diharapkan jika anda harus membuat pernyataan keaslian dokumen anda bisa membuatnya sendiri dengan mudah.

Berbicara mengenai pembuatan lalu seperti apakah bentuk pernyataan tersebut, berikut kita kupas satu persatu.

Karena merupakan surat resmi tentu penyusunan pernyataan ini harus sesuai dengan kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Bahasa dan formatnya sesuai dengan tata penulisan baku. Untuk isi pernyataannya tentu tidak jauh dengan surat pernyataan lain. Untuk gambaran, beberapa isi dari informasi pada pernyataan tersebut antara lain sebagai berikut:

a. Data diri (yang membuat pernyataan)
b. Keterangan dokumen
c. Pernyataan tanggung jawab dan jaminan atas kebenaran dokumen

Data diri tentu seperti biasanya ditulis pada bagian awal, selanjutnya akan diterangkan juga dokumen apa yang berkaitan dan yang terakhir tentunya akan ada bentuk jaminan akan kebenaran yang dinyatakan tersebut.

Pada bagian akhir pernyataan akan dibubuhi dengan meterai yang ditandatangani. Untuk gambaran lebih jelas anda bisa melihat contoh surat pernyataan keaslian dokumen berikut!

Contoh Surat Pernyataan Keaslian Dokumen


Satu contoh draft di atas adalah pernyataan keaslian yang dibuat untuk kepentingan urusan kampus. Jelas terlihat bahwa di bagian atas sendiri terdiri dari informasi dari orang yang memberikan pernyataan.

Terlihat juga bahwa pernyataan ini ditanda tangani di atas meterai dengan kekuatan hukum. Sekarang silahkan pelajari juga satu contoh lain di bagian bawah ini.


SURAT PERNYATAAN KEASLIAN DOKUMEN

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama  Lengkap:
Tempat, Tanggal lahir :
Alamat :

Dengan ini saya menyatakan bahwa semua data dan dokumen yang saya lampirkan adalah benar dan bersama ini pula saya lampirkan 3 (tiga) rangkap:

1. Surat Lamaran ditulis tangan bermeterai Rp.6000,-
2. Daftar Riwayat Hidup yang ditempelkan foto ukuran 3 x 4
3. Foto Copy Ijasah dan transkrip nilai yang dilegalisir
5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang masih berlaku
6. Surat Keterangan Kesehatan dari RS. Pemerintah
7. Surat Pencari Kerja/Kartu Kuning
8. Surat Pernyataan bermeterai 6000 tidak berkedudukan sebagai PNS
9. Pas Foto ukuran 3 X 4 sebanyak 7 ( tujuh ) lembar
10. Surat Keterangan tidak mengkonsumsi narkoba dari unit pelayanan kesehatan Pemerintah.
11. Surat pengantar dari pejabat yang berwenang / tempat melakukan validasi (lokasi mengikuti ujian )
12. Surat pernyataan dokumen validasi bermaterai Rp 6000

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya dan apabila di kemudian hari ternyata surat pernyataan saya ini tidak benar maka saya siap mengundurkan diri dan menerima sanksi hukum sesuai ketentuan peraturan perundangan yang berlaku.

Jakarta, Desember 2014
Yang Membuat Pernyataan,

Materai 6000

( Nama Lengkap)

Di atas anda sudah melihat dan mempelajari langsung 2 contoh pernyataan sekaligus, mudah-mudahan dengan adanya contoh tersebut anda bisa lebih mudah dalam menyusun pernyataan yang di butuhkan.

Jika anda membutuhkan contoh lain silahkan dapatkan contoh tersebut dari kotak penelusuran, jika membutuhkan pedoman penyusunan anda bisa mencarinya di bagian bawah. Itu saja, semoga pembahasan tentang Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen ini dapat bermanfaat!

Contoh Format Surat Undangan Seminar Mahasiswa

Surat Undangan Seminar - Yang akan kita bahas kali ini adalah satu contoh kebutuhan mahasiswa yaitu mengenai masalah seminar. Dalam hal ini pengirim akan meminta atau mengundang pihak tertentu untuk berpartisipasi pada acara seminar yang akan diselenggarakan.

Bagaimanakah susunan suratnya dan bagaimana pula bahasa yang digunakan, pelajari contoh di bawah. Undangan untuk sebuah acara dikirim oleh panitia untuk berbagai pihak yang berkaitan.

Undangan tersebut ditanda tangani oleh ketua pelaksana atau orang yang berwenang dalam penyelenggaraan acara seminar tersebut.

Bahasa yang digunakan jelas resmi sedangkan format penulisan mengadopsi format surat resmi bahasa Indonesia. Lalu apa saja yang ada dalam surat tersebut?

Informasi yang ada dalam Surat Undangan Seminar Mahasiswa ini terdiri dari berbagai informasi dasar yang biasanya ada dalam sebuah undangan acara. Informasi tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Tanggal surat, nomor, perihal, lampiran
2. Penerima
3. Isi undangan (undangan untuk apa)
4. Acara (hari, tanggal, waktu dan tempat pelaksanaan)
5. Tanda tangan penanggung jawab

Seperti pada data di atas, dalam contoh ini juga terdapat berbagai informasi tersebut. Selain informasi di atas mungkin saja dan bisa saja masih ada informasi lain yang bisa disampaikan dalam undangan tersebut.

Tentunya inti dari undangan ini adalah mengundang siapa, pada acara apa, kapan dan oleh siapa diundang.

Mudah-mudahan ilustrasi di atas bisa memperjelas gambaran surat ini. Jika masih sedikit bingung anda bisa menggunakan Contoh Format Surat Undangan di bawah ini agar lebih mudah.


Contoh Format Surat Undangan Seminar Mahasiswa

Jakarta, 25 November 2014

No.                  : …. /…. - ….. /II/2014
Perihal             : Undangan Seminar
Lampiran         : -

Kepada
Yth, Bpk……………………..
Ketua Program Studi …………………………
di tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan akan diadakannya kegiatan seminar dengan tema "Windows 10, at once everything is fun", melalui surat ini kami bermaksud mengundang Bapak, untuk dapat menghadiri kegiatan seminar tersebut, yang dijadwalkan akan di selenggarakan pada:

Hari / Tanggal             : ……………………………
Waktu                        : ……………………………
Tempat                        : ……………………………

Besar harapan kami agar Bapak berkenan hadir dan memberikan sambutan pada kegiatan seminar tersebut.

Demikian surat undangan ini kami sampaikan. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Mengetahui,                                                                                       Ketua
Pembantu Rektor                                                                                Panitia Pelaksana
Bidang Kemahasiswaan


______________                                                                                ______________


Hanya untuk gambaran saja bagaimana susunan dan bentuk surat ini, jika anda membutuhkan contoh maka bisa menggunakan draft yang ada di atas.

Atau anda bisa juga mencari referensi bentuk lain yang mungkin lebih cocok dengan yang dibutuhkan. Perlu diingat bahwa yang di atas hanya diperuntukkan untuk contoh saja dan sifatnya tidak mengikat.


Jika anda sedang mencari bahan untuk surat ini jangan lupa baca juga berbagai informasi lain yang berkaitan seperti misalnya bagaimana menulis undangan yang baik dan lain sebagainya.

Informasi lain bisa anda baca di bagian bawah tulisan ini. Mudah-mudahan Contoh Surat Undangan Seminar di atas bisa bermanfaat bagi anda semua yang membutuhkan, terima kasih!

Contoh Faktur, Surat Jalan dan Kwitansi Barang

Contoh Faktur, Surat Jalan dan Kwitansi Barang - Masih termasuk jenis surat niaga kali ini kita akan belajar tentang Faktur, Surat Jalan dan Kwitansi untuk berbagai keperluan pembelian dan penjualan barang.

Yang akan diberikan dalam pembahasan contoh kali ini adalah format kosong dari ketiga jenis surat niaga tersebut. Satu persatu secara urut akan dibahas lebih rinci di bawah. Ikutan ya, supaya lebih pintar surat menyurat.

Seperti kita ketahui bersama, dalam proses jual beli di perusahaan biasanya kita membutuhkan bukti surat menyurat yaitu diantaranya adalah Faktur, Surat Jalan dan Kwitansi. Sudah pernah berurusan dengan surat - surat ini?

Ya, ketiganya sangat penting baik itu sebagai pedoman maupun sebagai arsip. Lalu bagaimana bentuk dari ketiga surat tersebut, mari kita lihat masing-masing contohnya di bawah ini.

A. Contoh Format Faktur (Tagihan)

Tagihan atau faktur (bahasa Belanda: factuur), adalah sebuah perincian pengiriman barang yang mencatat daftar barang, harga dan hal-hal lain yang biasanya terkait dengan pembayaran. Setiap perusahaan mempunyai bentuk faktur yang berbeda, sesuai kebutuhan masing-masing. 

Sebagaimana surat resmi lainnya, faktur akan memuat beberapa informasi terkait identitas surat yaitu meliputi tempat dan tanggal surat, nama penerima, judul, dan juga nomor.

Untuk isinya, secara umum sebuah faktur merupakan suatu bukti surat dagang yang memuat rincian dari barang-barang yang dikirim kepada pihak tertentu. Rincian barang tersebut antara lain meliputi:

- Nama Barang
- Jumlah Barang (Banyaknya)
- Harga Satuan
- Jumlah Harga

Untuk lebih jelas mengenai bentuk surat tagihan ini silahkan langsung dilihat contoh format faktur yang ada di bawah ini.

Contoh Faktur, Surat Jalan dan Kwitansi Barang

Perlu diingat lagi bahwa bentuk dan isi faktur bisa saja berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lain. Bentuk faktur ini tentunya akan mengacu pada kebijakan masing-masing.

B. Contoh Surat Jalan Pembelian Barang

Surat yang berkaitan dengan pembelian barang selanjutnya adalah surat jalan. Surat Jalan adalah dokumen yang berfungsi sebagai surat pengantar atas barang yang tercantum di dalamnya.

Surat tersebut ditujukan kepada penerima dan mempunyai kekuatan hukum atas legalitas yang diperlukan di jalan raya mulai dari keluar perusahaan sampai memasuki wilayah milik penerima.

Sehingga barang dengan jumlah serta spesifikasi yang disertai dengan beberapa informasi lainnya diterima oleh penerima.

Untuk isi surat jalan ini tentunya akan berisi identitas barang atau informasi yang berkaitan dengan barang yang akan dikirim. Beberapa diantara informasi tersebut yaitu:
  1. Nama Barang
  2. Jumlah Barang
  3. Keterangan
Harus jelas barangnya apa, jumlahnya berapa dan informasi lainnya. Agar lebih jelas mengenai bentuk dan isi dari surat tersebut silahkan langsung dilihat contoh surat jalan yang diberikan berikut!

Contoh Faktur, Surat Jalan dan Kwitansi Barang

C. Contoh Kwitansi Pembelian Barang

Yang terakhir berkaitan dengan jual beli barang adalah kwitansi. Pada kwitansi akan tertera beberapa informasi ringkas yaitu mulai dari judul kemudian nomor kwitansi, nama pembeli, jumlah uang serta untuk pembayaran apa uang yang diberikan. 

Kalau kwitansi ini ada beberapa yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Ada kwitansi pembelian, ada pembayaran dan seterusnya. Lebih jelas mengenai hal ini silahkan lihat contoh kwitansi berikut!

Contoh Faktur, Surat Jalan dan Kwitansi Barang

Demikianlah tadi ketiga Contoh Faktur, Surat Jalan dan Kwitansi yang sering dibutuhkan. Semoga contoh yang diberikan kali ini bisa berguna bagi kita semua yang membutuhkan. Jangan lupa lihat juga beberapa contoh surat niaga lainnya di bagian bawah, Administrasi, Contoh Surat, Form, surat.

Contoh Surat Keterangan dari Dokter

Untuk Surat Keterangan Dokter memang banyak dibutuhkan meski tidak satupun dari kita yang suka untuk berurusan dengan keterangan dari dokter tersebut namun belajar membuat surat ini juga merupakan hal penting.

Siapa saja yang membutuhkan contoh untuk surat ini bisa mempelajari nya disini. Contohnya akan diberikan lengkap mulai dari cara membuat, contoh gambar dan juga beberapa tips penyusunan.

Apa sebenarnya kegunaan dari pernyataan seperti ini? Ya, tentu saja semua ada gunanya. Kita akan membutuhkan Surat Keterangan Sakit dari Dokter antara lain untuk kebutuhan sebagai berikut:

1. Permohonan izin
2. Permohonan bantuan/sumbangan dana
3. Pernyataan ketidaksanggupan untuk hadir pada suatu acara atau tempat tertentu

Dari beberapa contoh penggunaan keterangan dokter yang disebutkan di atas jelas sekali bahwa surat ini merupakan salah satu surat yang sangat penting.

Dalam kehidupan sehari-hari hampir semua orang pernah berurusan dengan surat ini. Perlukah kita belajar mengenai surat ini? Meski kita tidak akan membuatnya sendiri namun tentu saja perlu untuk mempelajari surat tersebut.

Dengan mengetahui banyak hal mengenai surat ini tentu akan memudahkan kita dalam mengurus atau meminta surat ini dari dokter atau instansi terkait.

Kita juga mungkin bisa mempelajari cara mengajukan surat keterangan dokter tersebut. Selain keterangan sakit pada pembahasan ini anda juga bisa mempelajari keterangan berbadan sehat, silahkan disimak selengkapnya di bawah ini.

A. Surat Keterangan Sakit dari Dokter

Sesuai dengan nama atau judulnya, Keterangan Sakit dari Dokter adalah sebuah surat yang berisi keterangan sakit yang dibuat oleh dokter baik itu atas nama pribadi maupun atas nama instansi kesehatan dimana dokter tersebut bertugas.

Jadi membutuhkan keterangan ini hanya perlu mengikuti proses atau prosedur untuk mendapatkannya. Agar lebih jelas bisa langsung lihat beberapa contohnya berikut.



B. Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter

Untuk melengkapi contoh yang ada di atas, berkaitan dengan surat keterangan dokter maka silahkan pelajari juga beberapa contoh keterangan berbadan sehat yang juga dikeluarkan oleh instansi kesehatan.

Meski memiliki fungsi dan tujuan berbeda namun keterangan ini juga masih sejenis dan banyak dibutuhkan. 

Agar anda mendapatkan gambaran menyeluruh mengenai bagian-bagian surat, atau juga perkiraan bagaimana mendapatkannya maka silahkan baca langsung contoh berikut.


 

Bukan cuma satu, sudah diberikan beberapa contoh sekaligus untuk surat keterangan dari dokter. Semoga bisa bermanfaat bagi pengunjung semua yang membutuhkan contoh ini. Jangan lupa lihat juga beberapa contoh lain di bagian akhir tulisan ini.

Contoh Draft Surat Talaq Cerai dan Cara Membuatnya

Sama sekali tidak mendoakan atau menghendaki anda membuat Surat Talaq Cerai namun jika memang anda membutuhkan contoh untuk surat tersebut maka anda bisa mendapatkannya di sini. Surat pernyataan tersebut bisa anda pelajari bagaimana cara membuatnya dan juga bagaimana bentuk suratnya.

Yang jelas, bisa dijadikan tambahan referensi surat menyurat yang sudah ada. Sedikit gambaran mengenai jenis pernyataan ini, Surat Talaq adalah surat pernyataan yang berisi kesepakatan dua belah pihak untuk berpisah dari pernikahan resmi yang telah sebelumnya di jalin.

Pernyataan ini dibuat oleh kedua belah pihak dan ditandatangani didepan para saksi. Sudah banyak contoh yang ada.

Jika anda hendak membuat surat ini maka anda harus memperhatikan beberapa informasi dasar yang harus ditulis yaitu antara sebagai berikut:

1. Data diri
2. Alasan talaq
3. Kesepakatan

Bagian penting pertama dalam surat ini tentu adalah data diri atau identitas pihak yang terkait dalam hal ini pihak suami dan pihak istri. Selanjutnya akan disertakan juga alasan terjadinya talaq tersebut.

Kemudian, dalam surat talaq cerai juga akan dipaparkan beberapa kesepakatan misalnya kesepakatan untuk tidak menuntut satu sama lain dan sebagainya. Untuk lebih jelas silahkan pelajari langsung draft surat talaq berikut ini.

Contoh Draft Surat Talaq Cerai

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:
Nama            : ………………
Bin            : ………………
Tempat / Tgl.Lahir    : ………………
Pekerjaan        : ………………
Agama            : ………………

Dengan ini saya menyatakan dengan sesungguhnya bahwa saya yang bernama tersebut di atas pada hari Senin Tanggal …. bulan …. Tahun …., Telah menjatuhkan Talak ...... (.............) atas istri saya :


Nama            : ………………
Bin            : ………………
Tempat / Tgl.Lahir    : ………………
Pekerjaan        : ………………
Agama            : ………………

Talaq/cerai ini menjadi keputusan bersama atau kesepakatan kami berdua sebagai jalan keluar atas permasalahan yang ada di dalam rumah tangga atau perkawinan kami sebagai penyelesaian atas hal yang ada di dalam nya tidak dapat diatasi atau dipertahankan lagi. Perceraian ini kami lakukan secara sadar dan atas kehendak sendiri (kami bersama) tanpa ada paksaan dari siapapun,dan tidak ada tuntutan di kemudian hari dalam bentuk apapun dari kedua belah pihak. Dan dengan ini pula resmilah kami bercerai.

Demikian Surat Pernyataan Ikrar Talak ini saya buat dengan sesungguhnya di atas kertas bermaterai cukup untuk dapat dipertanggungjawabkan di muka hukum, dalam keadaan sehat rohani dan jasmani untuk selanjutnya di gunakan dimana perlu.

Apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan dari pihak keluarga saya atau kejanggalan dalam proses perceraian yang Non Prosedur, Saya tidak akan menuntut dan saya akan bertanggung jawab sendiri (sepenuhnya) tanpa melibatkan petugas atau orang lain.

Jakarta,……………….

Istri yang di ceraikan                                                    Suami yang menceraikan



(………………………)                                               (………………………)       


SAKSI – SAKSI
         
(………………………)                                               (………………………) 

Jelas tidak? Di atas merupakan salah satu bentuk yang bisa dijadikan referensi bagi anda yang membutuhkan. Maaf sebelumnya, ketika membahas surat ini sebenarnya kami kurang begitu nyaman di hati.

Meski banyak yang membutuhkan tapi jujur kami berharap anda tidak akan pernah menggunakan surat yang satu ini di masa hidup anda. Biar pembahasan ini berkarat sekalipun tidak apa-apa. Tapi ya sudahlah, yang terbaik untuk kita semua.


Semoga Contoh Draft Surat Talaq Cerai tidak akan pernah anda buat dan anda gunakan. Itu saja, mudah-mudahan uraian dan contoh di atas bisa menjadi bahan belajar bagi anda semua yang membutuhkan. Silahkan baca juga beberapa model lain untuk surat ini di bagian akhir tulisan ini. Trims.

Contoh Surat Pemberitahuan Kegiatan Ekstrakurikuler Sekolah

Ada salah satu surat resmi sekolah yang biasanya di butuhkan oleh rekan pelajar khususnya pengurus kegiatan ekskul (ekstrakurikuler). Surat tersebut yaitu Surat Pemberitahuan Kegiatan Ekstrakurikuler. Ada banyak surat seperti ini yang dibutuhkan di sekolah, misalnya ada surat pemberitahuan rapat, pemberitahuan pentas seni, kegiatan class meeting dan kegiatan ekstra kurikuler.

Untuk contoh kali ini yang akan di bahas adalah pemberitahuan kegiatan ekskul yaitu ekskul tari. Yang akan di bahas dalam pertemuan kita kali ini ada beberapa informasi pentinya.

Seperti misalnya mengenai cara membuat surat pemberitahuan kegiatan, bentuk surat pemberitahuan, dan juga contoh suratnya.

Tujuan pembahasan ini adalah memberikan gambaran dan acuan dasar bagi anda semua dalam membuat atau menyusun surat tersebut. Untuk lebih jelas mari kita uraikan satu per satu.

Sesuai dengan judulnya, surat ini bertujuan sebagai sarana informasi dan pemberitahuan tentang suatu kegiatan yang akan dilaksanakan. Dalam hal ini kegiatan di sekolah yaitu ekskul.

Pemberitahuan ini akan diberikan kepada peserta kegiatan dan juga undangan. Karena merupakan surat resmi maka bentuk, susunan dan bahasa yang digunakan dalam surat ini akan mengacu pada aturan penulisan baku yang berlaku.

A. Cara Menyusun Surat Pemberitahuan Kegiatan Sekolah

Dalam membuat surat ini penyusun tidak boleh mengabaikan tujuan dibuatnya surat ini yaitu untuk memberitahukan suatu kegiatan. Dalam menyusun pemberitahuan seperti ini ada beberapa informasi penting yang hendaknya diperhatikan yaitu antara lain sebagai berikut:

1. Identitas penyelenggara
2. Jenis acara/kegiatan yang akan dilakukan
3. Waktu dan tempat kegiatan

Surat ini dalam penulisannya harus memuat dengan jelas identitas penyelenggara yaitu meliputi nama instansi penyelenggara, alamat dan juga penanggung jawab. Selanjutnya Surat Pemberitahuan Kegiatan harus membuat dengan jelas informasi mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan.

Informasi tersebut mulai dari nama, tujuan kegiatan, dan siapa yang akan terlibat di dalamnya. Selanjutnya harus ada juga pemberitahuan mengenai kapan dan dimana acara tersebut akan dilaksanakan. Di sini akan dimuat informasi mengenai hari, tanggal, waktu dan tempat acaranya.

Berbagai informasi tersebut di atas akan dikemas dalam sebuah surat yang tata penulisannya mengikuti kaidah penulisan yang baku yaitu dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan sesuai dengan format penulisan yang berlaku. Untuk penulisan sebaiknya anda mempertimbangkan beberapa catatan berikut:

a. Gunakan bahasa baku
b. Gunakan tata / format penulisan standar baku
c. Susunlah secara sistematis sesuai dengan tujuan
d. Singkat, padat dan jelas.
e. Dapat dipertanggung jawabkan

Intinya adalah bahwa jika anda ingin membuat surat pemberitahuan anda harus mengikuti kaidah yang telah ditentukan. Selanjutnya, supaya lebih jelas mengenai surat ini maka silahkan pelajari satu contoh yang akan diberikan berikut ini.

B. Contoh Surat Pemberitahuan Kegiatan Ekstrakurikuler

Seandainya tadi anda telah mengikuti penjelasan di atas dan belum begitu jelas mengenai hal ini maka anda bisa mempelajari dan mendalami contoh yang ada.

Contoh ini merupakan contoh untuk Surat Pemberitahuan Kegiatan Ekstrakurikuler Sekolah yaitu untuk kegiatan ekskul kesenian. Bagaimanakah susunan dan format surat tersebut, silahkan lihat pada contoh di bawah ini.


KOP SEKOLAH
------------------------------------------------------------------------------

Nomor : …./SS-T/……/II/2014                                                      _____________, 1 Oktober 2014
Perihal : Pengumuman


Kepada Yth.
Bapak / Ibu Orang Tua/Wali Murid ......................................
di-
Tempat


Dengan hormat,

Dalam rangka pembelajaran Teknologi Komunikasi dan Informasi bagi para Siswa (i), maka kami dari Pengurus Sanggar Seni SMA Negeri Jakarta akan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler Pelatihan Seni Pementasan, yang dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal : Senin, 30 Oktober 2014
Waktu          : Pukul 15.00 WIB - Selesai
Tempat         : Aula SMA Negeri Jakarta

Kegiatan ekstrakurikuler tersebut diselenggarakan oleh Sanggar Tari SMA Negeri dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Siswa yang akan mengikuti kegiatan segera mendaftarkan diri kepada Sudiman (Guru Kesenian).
2. Membayar uang pendaftaran sebesar Rp 10.000,-
3. Menyetor pasfoto ukuran 3×4 sebanyak 3 lembar

Demikian pengumuman ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan banyak terima kasih.


Hormat kami
Sanggar Seni SMA Negeri,


FORMAT CONTOH SURAT
Ketua Umum

Dari contoh di atas anda bisa melihat bahwa dalam surat ini susunannya secara urut yaitu dimulai dengan kepala surat yaitu kop surat sekolah. Urutan penulisan yang ada pada contoh di atas yaitu sebagai berikut:

1. Kepala surat (kop)
2. Tangal, nomor dan perihal surat
3. Penerima
4. Salam pembuka
5. Pembukaan surat, isi dan penutup
6. Pengirim surat

Mudah-mudahan dengan sedikit penjelasan di atas anda bisa memahami dan dengan mudah dapat menyusun surat pemberitahuan kegiatan ekskul sekolah yang dibutuhkan. Jangan lupa, bentuk, susunan dan isi dari surat tersebut hanya dimaksudkan untuk contoh saja.


Jika anda membutuhkan contoh lain anda bisa mencari di bagian pencarian atau anda bisa juga melihat beberapa surat lain di bagian bawah tulisan ini. Itu saja, semoga bermanfaat.

Contoh Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

Contoh Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) - Yang tak kalah penting dari berbagai contoh yang telah dibahas sebelumnya adalah mengenai izin usaha, dimana anda harus mendaftarkan keberadaan kegiatan usaha yang anda miliki sekaligus untuk mendapatkan izin dalam menjalankan usaha tersebut.

Dengan surat ini maka usaha yang dimiliki syah untuk dijalankan dan telah resmi. Bagi anda yang mungkin berencana untuk mengurus masalah ini maka pada pembahasan ini akan diuraikan langsung mengenai contoh dan bagaimana cara mendapatkan atau mengajukan permohonan untuk izin usaha tersebut.

Sebagai gambaran anda bisa mempelajari  contohnya untuk kemudian memahami tata cara atau prosedur mengajukan izin usaha.

Sebelum lebih jauh membahas mengenai hal ini, jika anda hendak mengurus surat ini maka sebaiknya anda tahu jenis atau penggolongan usaha yang ada.

Untuk pengurusan izin ini suatu usaha dibedakan menjadi tiga yaitu kecil, menengah dan besar. Berdasarkan pembagian di atas maka SIUP ini dibagi menjadi 3 yaitu sebagai berikut:
  1. Surat izin usaha perdagangan kecil dibuat khusus untuk usaha yang mempunyai modal kekayaan bersih seluruhnya hingga Rp. 200.000.000,00 (modal ini di luar bangunan dan tanah tempat menjalankan usaha perdagangan)
  2. Surat izin usaha perdagangan menengah dibuat khusus untuk usaha dengan modal kekayaan bersih seluruhnya antara Rp. 200.000.000,00 hingga Rp. 500.000.000,00 (nominal ini di luar bangunan tempat menjalankan usaha perdagangan)
  3. Surat izin usaha perdagangan besar khusus disediakan untuk usaha dengan modal kekayaan bersih seluruhnya dengan nominal lebih dari Rp. 500.000.000,00 (nominal ini di luar bangunan dan tanah tempat menjalankan usaha perdagangan)

A. Tata Cara Pengurusan Surat Izin Usaha Perdagangan

Untuk anda yang hendak mengajukan permohonan untuk surat ini berikut akan diberikan gambaran atau ilustrasi mengenai bagaimana mengurus siup dan juga prosedur pengurusannya. Tentu sebelum anda mengajukan permohonan ini anda harus siapkan terlebih dahulu berbagai berkas persyaratan yang diburuhkan.

Di bawah ini adalah Langkah dan Persyaratan Mengurus SIUP sesuai dengan prosedurnya
1. Pelaku atau pemilik usaha mengelola sendiri atau melalui kuasa yang telah dikuasakan ke kantor Dinas Perdagangan dan Perindustrian setempat untuk mengurus surat perizinan;

2. Mengambil formulir pendaftaran dan mengisi formulir PDP/ SIUP yang bermaterai Rp. 6.000 dan ditandatangani oleh pemilik usaha. Formulir yang sudah diisi tersebut kemudian difotocopy sebanyak dua rangkap dan dilengkapi dengan beberapa persyaratan sebagai berikut:

  • Fotocopy akte badan hukum atau pendiri usaha sebanyak 3 lembar;
  • Fotocopy nomor pokok wajib pajak (NPWP) sebanyak 3 lembar;
  • Fotocopy izin HO atau gangguan sebanyak 3 lembar;
  • Neraca perusahaan sebanyak 3 lembar; dan
  • Gambar denah lokasi kegiatan usaha.
  • Untuk contoh formulirnya bisa anda lihat di Formulir Permohonan Izin Usaha

3. Berapa besarnya pembiayaan surat perizinan tersebut bergantung masing-masing daerah, sesuai dengan peraturan yang berlaku. Oleh karena itu, tiap daerah mempunyai tarif yang berbeda-beda dalam pembuatan surat perizinan; dan

4. Surat izin usaha perdagangan sangat Anda butuhkan sebagai penunjang usaha perdagangan. Dengan adanya surat perizinan tersebut maka usaha akan berjalan lebih aman dan terhindar dari berbagai ancaman masalah, terutama dalam perizinan lokasi usaha Anda.

5. Persyaratan yang harus dipenuhi perusahaan berbadan hukum koperasi dalam pembuatan surat izin usaha perdagangan antara lain sebagai berikut.

  • Mengisi formulir SIUP terlebih dahulu;
  • Fotocopy akte pendirian koperasi yang sudah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang;
  • Fotocopy kartu tanda penduduk pengurus atau penanggung jawab koperasi dan juga menunjukan kartu aslinya;
  • Diperlukan surat kuasa jika permohonan disampaikan oleh pihak ketiga
  • Menunjukan surat asli izin gangguan dan membawa aslinya untuk diperlihatkan;
  • Fotocopy sertifikat atas kepemilikan tempat kegiatan usaha yang sudah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang;

6. Jika tempat kegiatan usaha bukan milik sendiri, harus dilengkapi dengan surat izin pemilik mengenai ketidakberatan tanah/bangunan tersebut. Surat perizinan harus dilengkapi dengan materai sehingga bisa dijadikan sebagai bukti perjanjian sewa antara pemilik tempat dan pelaku usaha. Surat perjanjian sewa tempat usaha ini terdiri atas satu lembar asli dan fotokopy rangkap satu; dan Pas foto perwarna baik pengurus mau pun penanggung jawab koperasi. Ukuran pas foto 3×4 cm sebanyk 3 lembar.

7. Persyaratan yang harus dipenuhi oleh perusahaan yang berbadan hukum Firma/CV dalam pembuatan SIUP antara lain sebagai berikut.

  • Mengisi formulir terlebih dahulu;
  • Fotocopy akta pendirian perusahaan yang telah diajukan pada Pengadilan Negeri yang sudah dilegalisir oleh pejabat berwenang;
  • Fotocopy kartu tanda penduduk pemilik atau penanggung jawab usaha dan menunjukkan kartu penduduk aslinya;
  • Harus dilengkapi dengan surat kuasa jika permohonan disampaikan oleh pihak ketiga;
  • Fotocopy izin gangguan dan perlihatkan surat aslinya;

8. Jika tempat kegiatan usaha bukan milik sendiri, harus dilengkapi dengan surat izin pemilik mengenai ketidakberatan tanah/ bangunan tersebut. Surat perizinan harus dilengkapi dengan materai sehingga bisa dijadikan sebagai bukti perjanjian sewa antara pemilik tempat dan pelaku usaha. Surat perjanjian sewa tempat usaha ini terdiri atas satu lembar asli dan fotokopy rangkap satu; dan Pas foto berwarna baik pengurus maupun penanggung jawab koperasi. Ukuran pas foto 3×4 cm sebanyak 3 lembar.

B. Contoh Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

Setelah sedikit membahas mengenai bagaimana tata cara mengajukan permohonan siup sekarang anda bisa melihat contoh yang sudah jadi. Berikut dua contoh siup kecil yang bisa anda pelajari. 

Contoh Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) 


Mudah-mudahan dengan adanya pembahasan ini anda semua yang sedang bersiap-siap akan melakukan pengurusan surat izin usaha (siup) ini bisa mendapatkan tambahan referensi bagaimana cara mengurusnya. Jangan lupa lihat juga beberapa contoh surat lain yang mungkin anda butuhkan, anda bisa membacanya di bagian bawah artikel ini. Terima kasih.

Surat Undangan Rapat Sekolah

Contoh Surat Undangan Rapat di Sekolah - Semua yang berkaitan dengan undangan tentu akan berisikan informasi sesuai acara atau kegiatan yang akan dilakukan dimana kehadiran kita diharapkan. Pada contoh yang akan kita bahas kali ini termasuk surat dari instansi pendidikan yaitu sekolah.

Sebelumnya juga sudah banyak sekali contoh untuk surat undangan, disetiap contoh selalu disertai penjelasan bagaimana cara membuat undangan tersebut.

Untuk pembahasan kali ini akan kita buat sedikit lebih singkat dan tidak membahas mengenai surat undangan secara umum.

Yang perlu digaris bawahi dalam surat ini adalah seperti terlihat jelas dari judulnya bahwa surat ini merupakan Surat Undangan Rapat. Dalam undangan rapat sudah jelas sekali tujuan diberikannya undangan tersebut.

Yaitu untuk menghadiri atau mengikuti atau berpartisipasi dalam sebuah rapat yang akan diadakan pada waktu yang telah ditentukan.

Jika anda belum terbiasa membuat undangan rapat di sekolah maka ada baiknya anda memperhatikan beberapa hal berikut:

1. Jenis rapat (rapat apa)
2. Waktunya kapan (hari, tanggal, bulan, tahun, jam)
3. Siapa yang diundang

Perhatikan benar tiga hal di atas, ketiga informasi tersebut tidak boleh salah karena akan berakibat fatal. Pastikan anda mengetik informasi tersebut dengan benar, jadi jangan sampai lupa untuk mengecek ketiga informasi di atas sebelum melakukan penyelesaian.

Disetiap sekolah pastinya sangat padat sekali jadwal, sehingga banyak sekali para guru membahas tentang sekolah dengan menggunakan rapat guru untuk mengatasi masalah di sekolah dan juga memajukan sekolah tersebut sehingga menjadi sekolah yang favorit.

Kalau di sekolah telah menyelenggarakan ujian nasional maka banyak sekali para guru ada rapat di sekolah untuk membahas kenaikan kelas atau kelulusan maka dengan selebaran atau undangan.

Maka kami sampaikan surat undangan rapat dewan guru untuk kelulusan anak didik di sekolah tersebut. Di bawah ini format surat undangan rapat sekolah atau kop surat . Maka surat undangnya seperti dibawah ini.

Contoh Surat Undangan Rapat Sekolah


KOP SURAT
UNDANGAN RAPAT DEWAN GURU


Nomor     : ……….
Lampiran :  -
Perihal     : Undangan Rapat Kenaikan Kelas
Tempat, …………… 2014
Kepada :
Yth :  Bapak/Ibu Dewan Guru
SMA Negeri ………………
di
Tempat
Dengan hormat,
Sehubungan telah berakhirnya Ujian Akhir Semester dan untuk menentukan kenaikan kelas maka dengan ini kami mengundang Bapak/Ibu Dewan Guru untuk dapat hadir pada acara seperti perihal diatas yang akan dilaksanakan pada :
Hari / Tanggal:  Senin, 01 Juni 2014
Pukul:  10.00 s/d Selesai
Tempat:  Aula SMA Negeri …………………..

Demikian undangan ini disampaikan, mengingat sangat pentingnya rapat ini, kami sangat mengharapkan kehadirannya.  Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Kepala SMA Negeri …………………..

KEPALA SEKOLAH


Jenis surat undangan rapat sekolah tentu akan berbeda-beda sesuai acara yang akan diadakan, meski begitu jika anda sudah mengerti dan memahami contoh ini maka undangan rapat lainnya juga tidak akan jauh berbeda dengan Contoh Surat Undangan ini.


Silahkan dipelajari dan digunakan sebagai referensi dan bahan belajar, mudah-mudahan Surat Undangan Rapat di Sekolah bisa bermanfaat bagi semua yang membutuhkan.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja dalam Bahasa Inggris

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja dalam Bahasa Inggris - Tidak selamanya kita bisa terus masuk kerja dan mengerjakan tugas-tugas serta tanggungjawab kita di kantor, ada kalanya kita harus absen atau tidak masuk karena berbagai alasan. Tentu tidak ada yang menghendaki hal seperti ini namun kita harus mengantisipasinya.

Kenapa tidak masuk, tentu bukan karena kita malas karena kalau alasannya malas maka hal itu tidak baik dan akan mengancam karir kita kedepan. Beberapa alasan yang membuat kita tidak dapat berangkat bekerja dan harus mengirimkan surat izin tidak masuk kerja antara lain sebagai berikut:

1. Dalam kondisi kurang sehat (sakit)
2. Ada kepentingan mendesak (misalnya kematian dsb)
3. Memerlukan liburan (pengambilan cuti)

Setidaknya beberapa hal di atas akan mengharuskan kita untuk mengirimkan pemberitahuan resmi terhadap situasi terkait.

Mengingat pentingnya peran pemberitahuan seperti itu maka wajar jika kita mempersiapkan diri dengan belajar membuat surat izin. Mau ikuatan tidak?

Pada referensi kali ini yang akan kita bahas adalah surat izin sakit yang berkaitan dengan kepentingan kita tidak dapat bekerja karena alasan tertentu khususnya yang menggunakan bahasa Inggris.

Jika anda belum pernah membuat surat seperti ini sebelumnya maka ada baiknya dalam penyusunan surat yang anda lakukan anda memperhatikan beberapa aspek penting berikut:

a. Identitas diri
b. Alasan tidak dapat bekerja
c. Lampiran penguat jika diperlukan

Untuk penulisan izin ini anda harus memperhatikan penggunaan bahasanya yaitu harus menggunakan bahasa baku resmi yang sesuai.

Selain itu pastikan bahwa anda memberikan cukup informasi yang dibutuhkan seperti yang telah disebutkan di atas.

Untuk informasi data diri yang bisa dicantumkan antara lain meliputi nama, alamat dan juga jabatan pekerjaan. Alasan harus ditulis dengan jelas, misalnya sedang sakit dan harus disertai dengan bukti surat keterangan dari dokter, jika memang alasannya sakit.

Sedangkan untuk tata penulisan atau format anda bisa menggunakan format surat resmi baik itu format surat lurus ataupun yang lainnya.

Untuk lebih jelas mengenai Surat Izin Tidak Masuk Kerja khususnya yang ditulis dalam Bahasa Inggris anda bisa melihat dan mempelajari contoh berikut.

Surat Izin Tidak Masuk Kerja dalam Bahasa Inggris


Dear Mr/Mrs ................................................... 


I, the undersigned below: 
Name                              : ............
Address                          : ............ 
Occupation                     : ............ 


Through this letterI would like to inform you that as of today's September 1 to September 3, 2013, I can not be present in the office to work as task and responsibilities, because I had to rest at home as a doctor's advice for a disease that I suffered, following doctor's letter examination results which I attach.

After recovering my health, I'll go back to work as task and my responsibility as usual. Thank you for all the attention.



Best regards,


_____________

Dari contoh surat izin tidak masuk kerja di atas anda bisa mempelajari penyusunannya secara lebih dalam mulai dari isi, bentuk dan bahasa yang digunakan. Kalau sudah tahu kan tidak perlu tambah repot kalau masih tidak enak badan.


Tidak bisa berangkat kerja karena sakit, ya tinggal kasih surat saja. Mudah bukan? Jika anda belum terlalu paham silahkan lihat juga beberapa contoh surat lain yang ada di bagian akhir tulisan ini.