Contoh Surat Keterangan Kematian

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Apakah ada yang sedang membutuhkan Contoh Surat Keterangan Kematian? Jika ada maka bisa melihat dan mempelajarinya langsung di situs http://format-contoh-surat.blogspot.com/ ini karena kali ini akan dibahas mengenai surat keterangan tersebut secara rinci mulai dari pengertian, format atau bentuknya, contohnya sampai pada panduan bagaimana cara mudah membuat surat keterangan tersebut. Seperti biasa, berbagai pembahasan disini memang dimaksudkan untuk memberikan gambaran dan panduan bagaimana langkah-langkah dalam membuat surat baik itu surat resmi maupun tidak resmi.

Jenis surat keterangan kematian ini merupakan jenis surat dengan Kode: F-2.16. Dengan mencari langsung contohnya di google mungkin kita bisa mendapatkan format surat keterangan kematian yang kita butuhkan jika kita menggunakan kode di atas. Jika kita merujuk pada tata penyebutan dalam administrasi pemerintahan untuk surat ini kita bisa mengenal beberapa istilah yaitu misalnya akta kematian atau formulir pelaporan kematian. Lalu bagaimana sebenarnya bentuk dari keterangan tersebut?

Jika dilihat dari bentuknya, surat keterangan kematian ini memiliki bentuk surat baku dimana akan terdiri dari kepala surat, nomor surat dan lain sebagainya. Yang berbeda, dalam keterangan ini, jika menggunakan kode surat seperti disebutkan di atas - kita tidak akan mendapati kop surat, yang ada hanya kepala surat yang berisi data antara lain kode surat, nama kabupaten, kecamatan dan kampung atau kelurahan yang diikuti dengan judul surat. Untuk lebih jelas mengenai hal tersebut kita akan langsung belajar bagaimana menyusun atau membuat keterangan tersebut.

Baca juga:
1. Pernyataan sanggup ditempatkan dimana saja
2. Surat lamaran posisi kepala gudang
3. Contoh format formulir pendaftaran

Cara Membuat Surat Keterangan Kematian

Bagaimana cara membuat keterangan ini? Cara paling mudah adalah dengan datang langsung ke kantor kelurahan atau kampung setempat dan tinggal meminta keterangan kematian yang kita butuhkan. Karena jenis surat ini memang dikeluarkan oleh pejabat kepala kampung atau desa yang menerangkan perihal kematian seseorang tersebut. Jadi kita tinggal membawa data dan meminta keterangan tersebut ke pejabat terkait.

Bagaimana jika pejabat setempat sibuk dan kita tidak bisa langsung mendapatkan keterangan yang dibutuhkan. Ada cara lain, yaitu dengan menyiapkan sendiri surat keterangan tersebut baru setelah itu datang ke pejabat yang berwenang. Dalam hal ini kita tinggal menyodorkan surat keterangan yang sudah jadi dan tinggal di tanda tangani. Salah satunya untuk alasan itulah kita akan belajar membuat sendiri surat keterangan agar jika dibutuhkan kita bisa menyusunnya sendiri dengan cepat.

Yang perlu diperhatikan dalam membuat surat ini adalah surat ini merupakan surat resmi jadi tata penulisannya pun harus menggunakan pedoman penulisan surat resmi mulai dari bentuk, tata letak, bahasa dan lain sebagainya. Untuk membuat keterangan ini akan ada 3 informasi yang kita butuhkan yaitu sebagai berikut:

1. Data Orang yang Meninggal
2. Data Kejadian
3. Data Pelapor

Jelas, informasi utama dari keterangan ini adalah tentang data orang yang meninggal dunia. Dalam hal ini kita akan menyiapkan data-data sebagai berikut:
- Nama Lengkap
- Jenis Kelamin
- Tgl. Lahir / Umur
- Agama
- Alamat 

Dalam surat tersebut sudah jelas bahwa data yang meninggal dunia harus diberikan dengan jelas yaitu mulai dari nama lengkapnya, kemudian ada jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir dan seterusnya. Perlu diingat bahwa penulisan data di atas sebaiknya di sesuaikan dengan identitas yang dulu ada untuk orang yang meninggal tersebut.

Setelah data atau informasi tentang orang yang meninggal, informasi selanjutnya yang harus disertakan dengan jelas adalah informasi tentang kejadian meninggalnya orang yang bersangkutan. Dalam hal ini data tersebut berisi bahwa orang tersebut Telah Meninggal Dunia pada:
- Hari
- Tanggal
- Pukul
- Bertempat di
- Penyebab Kematian

Jadi jelas, kapan meninggalnya orang tersebut mulai dari hari, tanggal, jam atau pukul dan juga tempat dimana orang tersebut meninggal. Tak lupa juga harus disertakan informasi mengenai penyebab kematian dari yang bersangkutan apakah sakit, kecelakaan dan lain sebagainya. Setelah dua data tersebut dalam keterangan kematian tersebut juga akan disebutkan siapa yang melaporkan kematiannya. Disini beberapa informasi yang diperlukan untuk data pelapor antara lain yaitu nama, nomor identitas (NIK), tempat dan tanggal lahir, pekerjaan dan juga alamat pelapor. Selain itu ada juga informasi mengenai hubungan pelapor dengan orang yang meninggal apakah istri, anak, keluarga dan sebagainya.

Berbagai informasi di atas disusun sedemikian rupa sesuai dengan format dan ketentuan yang berlaku dalam membuat keterangan ini. Untuk bentuk dan kalimatnya kita bisa melihat bagaimana contohnya melalui penjelasan selanjutnya di bawah ini.

Contoh Surat Keterangan Kematian

Di atas telah dijelaskan dengan rinci bagaimana cara kita membuat keterangan ini. Agar lebih mudah dan lebih jelas mengenai cara menyusun keterangan ini maka berikut sudah disiapkan juga sebuah contoh draft atau blangko dari surat tersebut. Contoh ini dimuat dalam bentuk file gambar dan bukan file ms word (doc/docx) jadi tidak dapat diubah-ubah. Bagi yang ingin menggunakan contoh tersebut bisa mencetaknya langsung file gambar tersebut untuk kemudian mengisi data yang diperlukan.

Lain waktu akan disiapkan juga contoh ini dalam bentuk file word yang bisa dengan mudah kita gunakan untuk keperluan ini. Mudah-mudahan bisa secepat mungkin disiapkan agar kita tidak perlu mengetik ulang surat tersebut. Yang penting pertama mari kita lihat terlebih dahulu bentuk suratnya di bawah ini.


Surat Keterangan Kematian


Contoh di atas sengaja di buat kosong dalam bentuk blangko atau draft agar bisa lebih jelas data yang harus diperlukan. Bagi yang membutuhkan Contoh Surat Keterangan Kematian tersebut bisa langsung menyusunnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Perlu diingat, yang di atas hanyalah sebagai contoh saja dan bisa saja dalam kenyataannya kita mendapatkan atau harus membuat surat kematian ini dengan bentuk dan format yang sedikit berbeda. Intinya adalah berbagai informasi yang harus diisi dengan benar tanpa kesalahan. Itu saja, semoga bermanfaat!