Contoh Draft Surat Undangan Rapat

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Surat Undangan Rapat - Yang satu ini juga merupakan jenis surat resmi yang tentunya dalam penulisannya akan menggunakan kaidah penulisan baku sesuai tata penulisan pada surat resmi. Akan diberikan Contoh Draft Surat Undangan Rapat dan juga diberikan penjelasan rinci mengenai bagaimana cara membuat undangan tersebut. Jika anda sedang menyusun surat ini dan masih ragu bagaimana membuatnya bisa langsung mengikuti penjelasan berikut.

Tidak ada yang berbeda dalam penulisan undangan yang satu ini, semua di tulis sama dengan metode penulisan undangan resmi lain seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Jika anda selalu berkunjung ke situs ini maka cara membuat surat undangan rapat ini pasti anda sudah tahu, meski begitu untuk yang masih belum begitu paham bisa mengikuti penjelasan berikut.

Seperti juga surat lain, dalam penulisan undangan ini ada beberapa hal dasar yang perlu di perhatikan oleh penulis, berbagai hal tersebut antara lain sebagai berikut:

1) Bahasa yang digunakan
2) Tata penulisan (format) surat
3) Informasi pokok dalam undangan rapat
4) Contoh draft surat undangan resmi
5) Contoh surat undangan posyandu

Yang pertama yaitu mengenai bahasa, tentu saja undangan ini menggunakan bahasa baku yaitu bahasa Indonesia yang baik dan benar. Untuk penulisannya menggunakan tata penulisan surat yang berlaku yaitu misalnya menggunakan format surat block style dan lain sebagainya. Untuk poin ke tiga, informasi pokok yang perlu diperhatikan dalam undangan ini adalah sebagai berikut:

a. Detail kegiatan (undangan rapat apa)
b. Waktu pelaksanaan (hari, tanggal dan tempat)
c. Siapa yang mengundang dan yang diundang

Tanpa dijelaskan sebenarnya anda pasti sudah tahu mengenai berbagai informasi tersebut. Yang perlu ditegaskan disini adalah bahwa berbagai informasi di atas harus di tulis dengan benar. Harus dipastikan bahwa penulisan informasi tersebut tidak ada sama sekali kesalahan khususnya dari kesalahan ketik. Untuk gambaran bagaimana Bentuk Surat Undangan Rapat ini silahkan perhatikan contoh undangan rapat berikut!


KOP SURAT UNDANGAN RAPAT

Jakarta, 12 Desember 2014

No : 023/LKPS/V/2014
Perihal : Undangan Rapat
Lamp : -

Kepada Yth.
Bapak _________________
di
______________________

Assalamualaikum Wr.Wb.
Segala puja dan puji hanyalah milik Allah, yang selalu memberi rahmat dan taufik-Nya kepada kita, shalawat dan salam selalu tercurah kepada junjungan kita semua, pemimpin umat Nabiyullah Muhammad Saw, keluarga, para sahabatnya, dan seluruh umat-Nya sampai akhir zaman.

Sehubungan dengan telah habisnya masa jabatan __________________________________ tanggal _________________, dengan itu secara otomatis harus ada pemilihan ketua __________________________________ yang baru untuk periode _________.

Mengingat hal tersebut bersifat penting, kami mengundang bapak/ibu/saudara/i, bisa menghadiri rapat __________________________________ yang insya Allah akan diselenggarakan pada:

Hari / tanggal : _________________
Pukul : _______ WIB
Tempat : _________________

Agenda Rapat :
1. Pembahasan laporan kerja Pengurus __________________________________
2. Penyusunan Program kerja periode _________________
3. Pembentukan panitia kerja periode _________________
4. Pembahasan masalah lain-lain
5. Penutup
6. Ramah Tamah

Atas perhatian dan kehadiran Saudara kami mengucapkan terima kasih.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Sekretaris


___________



Pada contoh di atas undangan yang ditulis di tandatangani sendiri oleh sekretaris. Pada kenyataan mungkin anda akan mendapatkan bentuk lain dimana surat undangan tersebut ditandatangani juga oleh ketua, jadi ada dua orang yang tanda tangan yaitu sekretaris dan ketua.

Hal-hal seperti itu pada praktek-nya memang sering terjadi dan anda tidak perlu terlalu bingung karena hal tersebut. Sekarang coba bandingkan dengan Contoh Draft Surat Undangan Rapat yang ada di bawah ini. 



KOP SURAT UNDANGAN RAPAT

Jakarta, _________________
No : _________________
Perihal   : Undangan Rapat Pertemuan
Lamp      : -

Dengan hormat,
Sehubungan dengan akan diadakannya acara Pameran Produk Baru yang akan dilaksanakan di Kantor Pusat Pelatihan Perusahaan, sekaligus dalam mempromosikan produk baru tersebut, maka dengan ini, kami mengundang seluruh staff pegawai, panitia pelaksana, dan seluruh peserta pameran untuk mengikuti rapat pertemuan guna membahas persiapan-persiapan acara Pameran Produk Baru ini.

Adapun rapat pertemuan tersebut akan diadakan pada:

Hari / Tanggal:  _________________
Tempat  :  __________________________________
Waktu: ______ WIB s/d selesai

Demikian sekiranya pemberitahuan dari kami. Atas perhatian serta kehadiran Bapak dan Ibu pada acara tersebut, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,


Pimpinan Perusahaan



Untuk Contoh Draft Surat di atas anda bisa melihat bahwa undangan tersebut ditanda tangani oleh pimpinan perusahaan, sedikit berbeda bukan? Ya, anda dapat mempelajari dan menemukan sendiri beberapa perbedaan lain. Yang jelas perlu anda ingat adalah bahwa undangan ini adalah resmi jadi harus menggunakan format yang resmi juga.

Dalam Contoh Draft Surat Undangan Rapat di atas jelas sekali dapat anda lihat bahwa informasi yang disertakan ditulis dalam bentuk kalimat yang baik, jelas dan efektif tidak bertele-tele. Selain itu penulisan juga menggunakan bahasa Indonesia baku. Jadi kesimpulannya surat ini adalah salah satu surat resmi yang dalam penulisannya harus resmi juga. Untuk membuat surat ini caranya mudah, anda bisa melihat contoh di atas atau menggunakan draft di atas agar lebih cepat.