Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit - tapi jangan akal-akalan ya. Tidak masuk sekolah karena pura-pura tidak enak badan. Nanti bisa sakit betulan. Tapi kalau memang benar-benar sakit ya mudah-mudahan lekas sembuh. 

Untuk rekan pelajar. Jika memang dibutuhkan, orang tua atau wali bisa menulis surat untuk meminta izin jika anaknya sedang tidak enak badan atau sakit. Surat ini dibuat dan dikirim ke sekolah agar pihak sekolah bisa mengetahui alasan kenapa anak kita tidak dapat mengikuti pelajaran. 

Jika dikarenakan sedang sakit, orang tua / wali yang harus memintakan izin kepada guru atau wali kelas siswa yang bersangkutan. 

Surat ini sekaligus bisa berfungsi sebagai pemberitahuan kepada pihak sekolah atas kondisi kesehatan salah satu muridnya. Nah, lalu bagaimana sih cara membuat surat ini yang baik dan benar?

Yang namanya surat untuk pihak sekolah tentunya tidak boleh asal - asalan ya. Pertama bahasa yang digunakan harus sopan. Susunannya baku, bahasanya efektif dan juga yang tidak kalah penting penulisannya juga harus rapi.

Tapi jangan takut. Untuk orang tua atau wali yang tidak biasa menulis surat izin sakit seperti ini bisa belajar kilat menyusun atau membuat surat tersebut. Mudah kok, tinggal diikuti saja contohnya. Seperti apa, mari langsung kita pelajari draf surat-nya berikut. 

Jakarta, 06 September 2019 

Kepada Yth. 
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI TSM 
SMK Kesatuan 10 Jakarta Barat 

Dengan hormat, 
Dengan ini saya orang tua/wali murid dari : 

Nama : Faris Farisi 
Siswa : Kelas XII TKJ SMK Kesatuan 2 Samarinda 
Alamat : Jl. Ruhui 121 Gg. Asem Jakarta Barat 

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut diatas tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Jum'at 06 September 2019 dikarenakan sakit. Oleh karena itu, sekiranya Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI TSM memberikan izin. 

Demikian surat izin saya buat, atas pemberian izin dan kebijaksanaan Bapak/Ibu Guru Wali Kelas saya ucapkan banyak terima kasih. 

Hormat saya, 
Orang tua/Wali murid 

Sapri Sapridang 

Itu tadi contoh redaksi suratnya ya. Kalau dibutuhkan bisa disalin saja. Setelah itu tinggal disesuaikan saja data anak dan sekolahnya. Jadi tidak susah harus ketik ulang. Tinggal diedit saja seperlunya. Kalau bentuk penulisannya bisa melihat gambar di bawah.

Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit
Contoh Surat Izin Sakit dari Orang Tua/Wali

Demikian tadi sedikit pembahasan kita mengenai surat izin tidak masuk sekolah dikarenakan sedang sakit. Semoga saja kita tidak pernah menggunakan surat tersebut. Mudah-mudahan kita semua selalu sehat dan bisa beraktivitas sebagaimana mestinya.