Surat Lamaran Kerja di Hotel

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Contoh surat lamaran kerja di hotel, itu yang akan kita bahas kali ini. Seperti kita tahu, surat lamaran merupakan sesuatu yang sangat penting. Surat ini banyak sekali dibutuhkan, khususnya bagi pencari kerja. Mungkin anda salah satu diantaranya.

Kalau ingin mendapatkan kerja dengan posisi yang diimpikan tentu wajib bisa dong membuat lamaran kerja. Maka dari itu kita belajar bersama di situs ini. Kita akan bahas secara rinci dan menyeluruh.

Kita tidak hanya akan memberikan contoh saja tetapi akan kita bahas bagaimana cara menulisnya. Lengkap dengan langkah dan proses pengetikan atau penulisan yang baik. Jangan sampai ketinggalan ya. Ini sangat penting. 

1) Amplop lamaran cpns
2) Lamaran kepala gudang
3) Control systems enginering
4) Lamaran via email

Apa saja yang harus dibahas? Mengenai surat ini kita akan membagi pembahasannya menjadi dua. Pertama yaitu membuat lamaran dalam bahasa Inggris dan yang kedua yang dalam bahasa Indonesia. Kita akan menjelaskan caranya. 

A. Lamaran kerja dalam Bahasa Inggris

Bagaimana cara membuat yang berbahasa Inggris? Pada dasarnya sama saja sih. Yang berbeda hanyalah pada bahasa yang digunakan. Kalau diperhatikan bentuknya juga bisa sama dengan lamaran pada umumnya.

Pada surat berbahasa Inggris mungkin yang agak berbeda adalah penulisan tanggal karena format penulisan suratnya tidak sama. Kalimat-kalimatnya juga hampir mirip dengan yang bahasa Indonesia. Kalau masalah bentuk bisa berbeda - beda.

Dalam penulisan atau pengetikan juga sama saja. Lamaran bisa ditulis menggunakan ketikan komputer. Bisa juga ditulis tangan. Sesuai yang dibutuhkan saja. Bentuk penulisannya bisa melihat kaidah penulisan surat.

Dalam membuat surat ini bisa juga dibuat yang versi lengkap. Dimana pelamar bisa memilih bentuk yang menyerupai resume pribadi. Di dalamnya bisa terdiri dari berbagai informasi yang dibutuhkan. Mari perhatikan contoh berikut.


Apa ya, yang di atas lebih tepat dikatakan seperti curiculum vitae atau daftar riwayat hidup. Mungkin bisa digunakan sebagai persyaratan melengkapi surat lamaran yang dibuat. Kalau untuk lamarannya bisa diambil seperti yang umum digunakan. 

B. Surat Lamaran kerja bahasa Indonesia

Untuk posisi lowongan di hotel juga bisa dibuat dalam bahasa Indonesia. Tentu ini jika hotel tersebut memang memberikan info lowongan kerja atau iklan lowongan kerja dalam bahasa Indonesia. Kalau lowongannya dalam bahasa Inggris ya pakai Inggris.

Lalu, seperti apa cara membuat lamaran yang berbahasa Indonesia? Sama saja sih. Sama dengan yang sudah umum digunakan.

Anda bisa memilih bentuk surat yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Yang terpenting adalah baku dan sesuai kaidah penulisan surat yang baik dan benar. Misalnya, bisa menggunakan bentuk yang seperti surat umumnya.

Penulisan dimulai dari tanggal surat. Misalnya dari tempat dan tanggal seperti "Jakarta, 11 Oktober 2019". Tinggal disesuaikan tanggal pembuatannya ya.

Setelah itu diikuti dengan penulisan penerima surat yaitu "Kepada Yth" dan seterusnya. Setelah itu akan dilanjutkan dengan salam pembuka. Biasanya menggunakan kalimat pembuka "dengan hormat".

Setelah salam pembuka maka diikuti dengan paragraf pertama. Untuk lebih jelas silahkan langsung pelajari saja contoh yang sudah disiapkan berikut ini.


Di atas adalah salah satu bentuk lamaran kerja hotel yang bisa digunakan sebagai bahan referensi. Tentu anda tidak harus menggunakan contoh di atas. Silahkan disesuaikan saja dengan kebutuhan.

Selain contoh yang pertama di atas juga masih ada bentuk yang lain lagi. Bentuk penulisan suratnya sebenarnya bisa mengikuti kaidah penulisan surat. Tentunya yang umum dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Untuk yang kedua silahkan pelajari di bawah.

surat lamaran kerja di hotel

Demikian tadi pembahasan kita mengenai contoh lamaran kerja di hotel yang bisa dijadikan tambahan referensi. Perlu diingat bahwa yang ada di atas hanyalah contoh saja. Silahkan dipelajari agar bisa memilih mana yang pas untuk digunakan.

Anda bisa menggunakan atau tidak menggunakan contoh tersebut. Diterima atau tidak diterimanya lamaran tentu banyak pertimbangannya. Sebuah lamaran juga tidak bisa serta merta menjamin lamaran diterima atau disetujui. Tetap belajar dan jangan putus asa ya.