Contoh Surat Farewell dalam Bahasa Inggris dan Terjemahannya

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Surat Farewell atau dalam Bahasa Inggris-nya farewell letter adalah sebuah surat yang menunjukkan kehangatan dan kelembutan yang ditujukan pada seseorang yang akan berpisah. Tujuan surat ini adalah untuk memberikan ucapan atau salam perpisahan kepada seseorang tersebut. 


Surat ini biasanya disusun dengan kata-kata yang indah, hangat dan berkesan. Tujuannya, agar perpisahan tidak akan terasa perih atau sedih. Kita tentu ingin perpisahan tidak menjadi momok bukan?

Untuk melengkapi apa yang sudah kita pelajari, kali ini kita akan membahas contoh dari surat ini. Dengan contoh ini kita bisa belajar lebih jelas lagi mengenai apa dan bagaimana surat tersebut. Diharapkan kita bisa lebih paham. Dan, tentunya bisa menyusun atau membuat sendiri surat tersebut.

Sebelum kita sampai ke contohnya, kita bahas isinya dulu. Surat yang satu ini tentu bisa masuk kategori surat pribadi atau pun surat resmi. Pribadi jika disusun atau ditulis oleh individu untuk kebutuhan pribadi.

Resmi jika surat ini diberikan oleh badan atau instansi untuk ucapan yang formal. Dalam surat ini ada beberapa hal penting yang biasanya jadi fokus utama. 

Pertama, surat ini biasanya mengungkapkan kebahagiaan, keindahan atau hal-hal baik lain yang berhubungan dengan kebersamaan yang pernah terjalin dan akan segera berakhir. Misalnya dengan ungkapan betapa bahagianya dulu saat menjalani sesuatu bersama-sama.

Yang kedua, surat ini biasanya juga akan mengungkapkan harapan-harapan ke depan. Khususnya yang berkaitan dengan hubungan yang pernah terjalin antara pemberi dan penerima surat. Tak lupa juga biasanya ada doa-doa yang diucapkan. 

Bagaimana bentuk surat ini? Bentuknya bebas kalau berkaitan dengan surat pribadi. Hanya ada tiga bagian pokok didalam suratnya. Pertama ada pembuka, isi dan kemudian penutup. Seperti apa, langsung kita lihat contohnya berikut!


Pendek ya suratnya? Kita bahas sedikit ya. Surat ini diawali dengan kalimat "to whom it may concern". Bisa dikatakan, bagian ini adalah bagian "kepada" atau bagian alamat surat. Kalau diartikan kurang lebih "untuk yang...."

Bagian berikutnya ada "dear all". Bagian ini merupakan bagian salam pembuka. Sudah tahu artinya bukan? Nah, setelah bagian tersebut baru masuk ke bagian isi suratnya. Bagian isinya sendiri biasanya juga terbagi menjadi tiga, yaitu pembukaan, inti dan penutupan. 

Setelah itu surat juga akan ditutup dengan salam penutup. Dalam contoh ini yang digunakan adalah "your sincerely". Silahkan diartikan sendiri ya, pastikan sudah tahu semua. 

Selanjutnya, karena kita memang sedang membahas contoh untuk surat farewell dalam Bahasa Inggris dan terjemahannya maka berikut sudah disiapkan juga arti atau terjemahan surat di atas. Silahkan dipelajari.


Melihat dari contoh yang sudah kita bahas di atas sebenarnya tidak sulit bukan untuk membuat surat ini. Kalau rekan merasa kesulitan, rekan bisa membuat versi bahasa Indonesia terlebih dahulu. Tujuannya sebagai kerangka atau pedoman penyusunan.

Setelah versi Indonesianya siap rekan semua bisa mulai menyusunnya menggunakan bahasa Inggris. Bisa disusun perlahan dari kalimat per kalimat. Jangan per kata ya, nanti berantakan dan jadi lucu. 

Sudah. Untuk contoh kali ini kita bahas sampai disini saja. Tenang saja, lain waktu kita akan memberikan lebih banyak contoh lagi untuk bahan belajar. Sekarang yang terpenting kita bisa terus belajar dengan rutin meski sedikit-sedikit. Itu dulu ya, sampai bertemu lagi!