Lamaran Pekerjaan Posisi Manager

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Contoh Surat Lamaran Pekerjaan untuk Posisi Manager - kalau sudah bisa membuat lamaran kerja mau posisi apapun sebenarnya tidak masalah. Kita hanya perlu menyesuaikan sedikit. Kalau sudah pengalaman pasti tidak akan sulit.

Bagaimana dengan yang baru lulus. Tentu kadang agak ragu-ragu juga ya dalam menyusun surat ini? Makanya, edisi ini kita akan mengajak anda semua belajar dan berlatih menyusun surat lamaran kerja yang baik.

Tujuannya tentu agar kita bisa mendapatkan posisi yang diinginkan. Kalau untuk posisi manager seperti apa sih? Apa harus beda, apa perlu dibuat khusus? Tentu saja, khusus dalam artian posisi pekerjaannya saja.

Kalau bentuk atau susunan suratnya tentu akan mengikuti standar baku dalam pembuatan surat. Supaya tidak ragu - ragu dan bingung mari kita bahas lebih jauh mengenai jenis surat yang kita butuhkan tersebut.

A. Bentuk Susunan, Isi dan Penulisan Surat

Seperti sudah kita singgung sebelumnya, bentuk surat ini mengikuti kaidah penulisan surat yang baik dan benar. Dari sisi tata letak dan susunan suratnya, kita merujuk pada pedoman penulisan surat resmi. Misalnya saja bagian-bagian dalam surat yang kita buat. 

Dalam lamaran yang dibuat juga ada bagian-bagian surat resmi. Misalnya ada bagian tanggal surat. Ada juga bagian penerima surat. Juga ada salam pembuka, isi dan juga penutup. Secara umum bentuknya seperti itu.

Bagaimana dengan isinya? Masalah isi tentu disesuaikan dengan target informasi yang ingin disampaikan melalui surat yang dibuat. Informasinya apa saja? 

Pertama mungkin data diri secara ringkas. Dalam hal ini yang berkaitan dengan bidang pekerjaan yang hendak kita lamar. Sebagai contoh kita bisa memberikan sedikit gambaran mengenai kemampuan kita untuk posisi yang diminati.

Sebut saja misalnya mengenai latar belakang pengalaman yang menunjang dalam melaksanakan tugas manager yang akan dilamar. 

Lalu untuk penulisannya sendiri bagaimana ya? Ya kalau masalah penulisan juga sama saja. Sama dengan yang lain. Surat ditulis rapi. Bisa ditulis tangan atau diketik menggunakan komputer. Tinggal disesuaikan saja. Kan biasanya ada yang secara khusus meminta lamaran ditulis tangan.

Dalam penulisan harus rapi. Tidak ada coretan, apalagi kotor. Kalau diketik komputer juga sama saja. Rapih, jenis font yang digunakan sama, ukurannya standar dan sama. Batas-batas kertas pun harus diatur sesuai kaidah penulisan yang baik.

Intinya, dalam membuat lamaran baik bentuk, susunan, isi maupun penulisannya harus sebaik mungkin. Jangan sampai ada kesalahan, apalagi yang fatal. Melalui lamaran harus bisa ditunjukkan bahwa anda kompeten dengan bidang yang diinginkan. 

B. Contoh Lamaran untuk Jabatan Manager
Di atas kita sudah jelaskan secara jelas mengenai surat ini. Kita sudah belajar merumuskan isinya. Sudah dijelaskan juga mengenai penulisannya. Tentu tidak akan lengkap jika semua penjelasan itu tidak didukung dengan contoh.

Untuk memudahkan kita memahami bagaimana menyusun lamaran manager tentu kita harus mempelajari contohnya langsung. Sebenarnya banyak sih contoh yang ada di internet. Tapi untuk menambah referensi khususnya untuk pengunjung setia kami siapkan juga contohnya.

Berikut ada salah satu contoh bentuk penulisan surat yang sudah jadi. Silahkan dipelajari lebih jauh agar tahu bagaimana cara membuatnya.

Lamaran Pekerjaan Manager

Sementara satu saja dulu. Lain waktu untuk lowongan posisi manager ini akan kita lengkapi lagi contoh - contoh surat lamaran lain yang dibutuhkan. Dengan begitu kita akan memiliki gambaran yang lebih jelas.

Untuk selanjutnya silahkan pelajari juga beberapa bentuk surat lamaran lain yang juga sudah kita bahas sebelumnya. Khusus untuk anda telah disiapkan beberapa lamaran lain yang sering dibutuhkan. Silahkan dipelajari bersama-sama.