Contoh Surat Pernyataan Sewa Lahan Garapan

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Contoh Surat Pernyataan Sewa Lahan Garapan – sebelumnya kita telah belajar bagaimana membuat keterangan dari kelurahan untuk lahan pertanian yang kita sewa. Kali ini giliran kita untuk mempelajari jenis surat lain yang mirip yaitu jenis surat pernyataan sewa. Sudah tahu bukan bagaimana beda antara pernyataan dan keterangan, pasti sudah dong.

Ya, yang akan kita bahas kali ini adalah sebuah surat pernyataan dari pemilik tanah yang menyewakan lahan garapan kepada orang lain. Jenis surat seperti ini biasanya dibutuhkan ketika ada penyewa yang hendak mengajukan permohonan kredit pinjaman ke bank dan menjaminkan usaha pertanian. Untuk pemilik lahan sendiri biasanya tidak membutuhkan surat seperti ini untuk urusan tersebut.

Siapa tahu dibutuhkan, baik anda sebagai pemilik atau penyewa lahan garapan. Maka dari itu kita coba bahas bagaimana cara menulis surat ini dan juga bagaimana contohnya. Paling tidak jika nanti dibutuhkan anda sudah tidak bingung dalam menyiapkan surat tersebut.

Jenis surat pernyataan ini tidak melibatkan orang lain melainkan yang bersangkutan. Karena itu anda harus membuat sendiri pernyataan ini jika memang dibutuhkan. Lalu bagaimana bentuk dan cara membuat surat pernyataan seperti ini, kita simak saja selengkapnya berikut.

1) Cara membuat surat pernyataan sewa lahan garapan

Dalam membuat sruat pernyataan yang perlu diperhatikan lebih dahulu adalah bentuk surat tersebut. Dengan mengetahui bagaimana bentuknya maka anda akan lebih mudah untuk menulis suratnya. Lalu apakah surat ini bentuknya berbeda dengan jenis surat lainnya?

Surat pernyataan menyewakan lahan tidak berbeda dengan bentuk pernyataan lain. Hanya poin-poin intinya saja yang berbeda. Demikian juga dengan penulisan surat tersebut, sama dengan lainnya yaitu di tulis dengan bahasa Indonesia yang baku.

Jika anda hendak membuat surat ini maka perlu anda perhatian beberapa poin informasi yang harus anda siapkan. Informasi tersebut nantinya akan disusun dalam bentuk pernyataan sesuai dengan situasi yang sebenarnya. Apa saja informasi penting tersebut? Informasi yang sebaiknya anda persiapkan yaitu seperti di bawah ini.

a. Nama pemilik dan penyewa lahan
b. Umur pemilik dan penyewa lahan
c. Pekerjaan pemilik dan penyewa lahan
d. Alamat pemilik dan penyewa lahan

Jadi, sebelum menulis surat hendaknya anda siapkan terlebih dahulu data yang dibutuhkan mulai dari siapa yang terlibat, data lahan dan juga inti sewanya bagaimana. Untuk data yang bersangkutan, baik pemilik maupun penyewa setidaknya disebutkan informasi data diri yang bersangkutan mulai dari nama, umur atau tempat tanggal lahir, pekerjaan dan juga alamat.

Selanjutnya, susunan surat ini diawali dengan judul surat yang ditulis dibagian tengah dengan huruf besar. Setelah itu diikuti dengan awal surat yang berbunyi “Saya yang bertanda tangan di bawah ini”.

Setelah kalimat tersebut kemudian ditulis data diri pemilik lahan yang akan memberikan pernyataan. Setelah data diri maka surat dilanjutkan dengan kalimat “Dengan ini menyewakan tanah persawahan seluas …… M2 dengan harga Rp. ………… (………………………………) yang terletak di ……………………. selama …………………… kepada”.

Setelah kalimat di atas maka selanjutnya adalah informasi mengenai siapa yang menyewa lahan tersebut. Isinya sama dengan data pemilik lahan yaitu nama, umur, pekerjaan dan juga alamat. Pada akhir surat, pernyataan ini akan ditutup dengan kalimat sebagai berikut “Demikian surat pernyataan ini dibuat dengan sebenar-benarnya”.

Surat ini dibuat dan ditandatangani oleh pemilik lahan dengan berbagai data atau informasi seperti dijelaskan di atas. Jangan lupa, pernyataan seperti ini biasanya juga ditandatangani di atas materai cukup untuk kekuatan hukum.

Tidak begitu rumit bukan informasi yang harus diberikan dalam pernyataan ini? Tidak, itu tadi masalah penulisan, mungkin masih kurang jelas jika hanya penjelasan seperti itu maka dari itu kita sudah siapkan juga contohnya di bagian bawah.

2) Contoh surat pernyataan sewa lahan garapan

Dari informasi di atas sebenarnya sudah jelas bagaimana cara membuat pernyataan sewa. Tetapi mungkin jika belum pernah sama sekali menggunakan surat seperti ini masih sedikit bingung dan ragu. Supaya lebih mudah dan tidak takut maka anda bisa mempelajari dan melihat langsung contoh yang sudah disiapkan.

Contoh berikut bukan dalam bentuk surat yang bisa disalin karena di atas kata-kata atau kalimatnya sudah disediakan. Contoh surat berikut diberikan dalam bentuk gambar yaitu dalam bentuk draft surat pernyataan. Anda bisa mempelajari atau menyalin gambar tersebut jika diperlukan. Sekarang silahkan lihat contohnya berikut.

Surat Pernyataan Sewa Lahan Garapan
Contoh Surat Pernyataan Sewa Lahan Garapan

Ya sudah, kalau sudah melihat contohnya langsung biasanya sudah jelas dan tidak akan ada pertanyaan lagi. Bagi anda yang kebetulan membutuhkan surat seperti ini bisa menyalin dari gambar yang ada di atas. Atau bisa juga langsung anda gunakan sebagai draft atau redaksi surat yang anda butuhkan.


Itu saja, semoga pembahasan kali ini bisa menjadi tambahan informasi dan pengetahuan bagi kita semua. Supaya lebih paham lagi silahkan baca juga beberapa contoh dan informasi lain yang sudah disiapkan dibagian bawah. Jangan lupa besok kita akan belajar jenis surat lainnya lagi, sampai bertemu besok!