Pengertian dan Contoh Surat Keterangan - Salah satu jenis surat yang sangat banyak dibutuhkan
adalah surat keterangan. Surat ini dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali
digunakan untuk berbagai kepentingan.
Jenis surat ini memiliki banyak sekali macam atau jenis suratnya berdasarkan isi dari keterangan yang ada di dalamnya. Nah, pada kesempatan ini kita akan mempelajari lebih jauh mengenai surat resmi tersebut.
Jenis surat ini memiliki banyak sekali macam atau jenis suratnya berdasarkan isi dari keterangan yang ada di dalamnya. Nah, pada kesempatan ini kita akan mempelajari lebih jauh mengenai surat resmi tersebut.
Kalau anda sering berselancar
di internet mungkin anda pernah mendengar istilah surat keterangan doc, benar
tidak? Ya, surat yang dimaksud adalah sebuah contoh surat yang ditulis dalam
bentuk dokumen ketikan ms word yang bisa digunakan langsung oleh orang yang
dibutuhkan.
Sebenarnya begitu banyak yang
membutuhkan contoh untuk surat ini. Apalagi jika kita kurang begitu menenal
dengan apa dan bagaimana surat tersebut.
Maka dari itu pada pembahasan format contoh surat kali ini kita akan membahas mengenai hal ini secara lebih rinci. Kita bahas mulai dari awal yaitu definisi atau pengertian, cara membuat serta contoh untuk surat tersebut.
Maka dari itu pada pembahasan format contoh surat kali ini kita akan membahas mengenai hal ini secara lebih rinci. Kita bahas mulai dari awal yaitu definisi atau pengertian, cara membuat serta contoh untuk surat tersebut.
Dengan pembahasan yang
menyeluruh dan lengkap diharapkan makin banyak yang tahu dan paham dengan surat
ini. Ya sudah, lebih baik kita mulai saja belajar tentang surat keterangan
tersebut. Berikut penjelasan lengkap mengenai materi kita kali ini, silahkan
disimak.
A. Pengertian (definisi)
Sebelum lebih jauh membahas
mengenai surat ini kita bahas dulu mengenai pengertian surat keterangan
tersebut. Ya, surat keterangan adalah surat resmi yang berisikan keterangan
atas seseorang atau suatu hal.
Jadi, sederhananya surat keterangan berfungsi untuk menerangkan suatu hal yang biasanya menyangkut kegiatan atau aktivitas.
Jadi, sederhananya surat keterangan berfungsi untuk menerangkan suatu hal yang biasanya menyangkut kegiatan atau aktivitas.
Dari pengertian di atas maka
dapat ditarik beberapa kesimpulan mengenai surat ini. Pertama adalah surat ini
merupakan surat resmi, itu berarti semua hal yang berkaitan dengan surat
tersebut harus resmi sesuai kaidah baku.
Yang kedua adalah surat ini isinya adalah keterangan, bisa menerangkan suatu hal atau seseorang. Ketiga adalah surat ini bertujuan untuk memberikan keterangan.
Yang kedua adalah surat ini isinya adalah keterangan, bisa menerangkan suatu hal atau seseorang. Ketiga adalah surat ini bertujuan untuk memberikan keterangan.
Sekarang pertanyaannya adalah
siapa yang diterangkan, siapa yang menerangkan dan apa yang diterangkan dalam
surat tersebut. Tentu harus ada kejelasan mengenai hal tersebut sehingga kita
bisa mengenal lebih jauh mengenai surat keterangan ini.
Kita bahas satu-satu, surat
keterangan dibuat oleh seseorang yang memiliki kapasitas atau kewenangan untuk
memberikan suatu keterangan yang dibutuhkan. Jadi tidak bisa sembarangan orang bisa
memberikan surat seperti ini. Untuk siapa orangnya tentu bisa disesuaikan
dengan keterangan yang dibutuhkan.
Lalu yang kedua siapa yang
diterangkan, kalau berbicara mengenai siapa yang diterangkan tentu saja semua
orang yang membutuhkan. Misalnya saja, anda membutuhkan surat keterangan maka
anda lah orang yang bersangkutan yang akan diterangkan disana. Itu artinya
semua orang atau masyarakat bisa dibuatkan keterangan yang dibutuhkan.
Selanjutnya mengenai isi, kalau
masalah isinya sendiri tentu sesuai dengan yang dibutuhkan, bisa keterangan apa
saja sesuai yang biasa dibutuhkan dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Jadi, sekarang sudah jelas mengenai pengertian dari surat tersebut. Sekarang
lebih baik kita bahas lebih jauh mengenai bagaimana cara menulis, mendapatkan
atau mengurus surat ketrangan ini.
B. Cara mengurus (membuat)
Di atas telah disebutkan bahwa
surat ini bukan merupakan jenis surat yang dibuat oleh yang bersangkutan
sendiri tetapi surat yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang atau yang
memiliki kapasitas untuk memberikan keterangan.
Maka dari itu tentu saja orang yang membutuhkan surat ini tidak perlu membuat sendiri melainkan tinggal mengurusnya.
Maka dari itu tentu saja orang yang membutuhkan surat ini tidak perlu membuat sendiri melainkan tinggal mengurusnya.
Lalu mengurus surat ini dimana,
bagaimana caranya? Untuk cara mengurus surat ini sendiri tentu saja tergantung
dengan isi keterangan yang dibutuhkan.
Misalnya saja untuk jenis keterangan untuk tempat tinggal (domisili) maka harus diurus dikantor kepala kampung, desa, lurah atau yang setingkat itu. Itu berarti untuk mendapatkan keterangan domisili anda harus memintanya kepada pejabat kampung (lurah atau kepala kampung).
Misalnya saja untuk jenis keterangan untuk tempat tinggal (domisili) maka harus diurus dikantor kepala kampung, desa, lurah atau yang setingkat itu. Itu berarti untuk mendapatkan keterangan domisili anda harus memintanya kepada pejabat kampung (lurah atau kepala kampung).
Lain halnya jika keterangan
yang dibutuhkan adalah jenis keterangan lain, misalnya keterangan bekerja, maka
anda tentu harus memintanya ke tempat dimana anda bekerja. Tidak sulit kok,
anda hanya harus datang saja ke kantor dan meminta surat yang dibutuhkan.
Mungkin anda hanya akan diminta atau ditanya mengenai identitasnya saja. Jadi, kesimpulannya untuk mengurus surat keterangan, apapun itu, anda hanya perlu datang ke tempat pengurusan surat sesuai keterangan yang anda butuhkan.
Nah, selain itu, untuk mempermudah atau memperlancar proses pengurusan tersebut anda juga bisa menulis atau mengetik sendiri surat yang dibutuhkan. Setelah itu anda tinggal meminta pengesahan atau legalitas saja.
Mungkin anda hanya akan diminta atau ditanya mengenai identitasnya saja. Jadi, kesimpulannya untuk mengurus surat keterangan, apapun itu, anda hanya perlu datang ke tempat pengurusan surat sesuai keterangan yang anda butuhkan.
Nah, selain itu, untuk mempermudah atau memperlancar proses pengurusan tersebut anda juga bisa menulis atau mengetik sendiri surat yang dibutuhkan. Setelah itu anda tinggal meminta pengesahan atau legalitas saja.
Untuk menulis sendiri surat
tersebut maka anda perlu tahu bagaimana bentuk dan susunan surat yang biasa
digunakan. Untuk itu tentu anda harus belajar untuk membuatnya sendiri. Tidak
sulit, intinya tinggal diketik, kalau bentuk suratnya anda bisa melihat contoh
yang sudah ada, baik dari internet maupun dari rekan atau orang lain.
C. Contoh format (redaksi)
Di atas kan sudah dibahas
mengenai definisi dan juga cara pengurusan surat-nya. Sekarang untuk memberikan
pemahaman yang lebih baik kita pelajari juga contoh suratnya sekaligus. Berikut
ini akan dibahas lebih detail mengenai bagian-bagian surat serta bentuknya
seperti apa.
Nah, untuk contoh surat
keterangan ini ada banyak sekali yang biasa dibutuhkan. Ada surat keterangan
yang dikeluarkan oleh kelurahan atau desa, ada yang dari instansi swasta dan
lain sebagainya. Beberapa contoh keterangan yang biasa dibutuhkan antara lain
sebagai berikut!
1) Surat keterangan kerja
2) Surat keterangan karyawan
3) Surat keterangan domisili
4) Surat keterangan sakit
5) Surat keterangan tidak mampu
Secara umum bentuk surat di
atas sama saja satu sama lain. Yang membedakan adalah inti keterangan yang ada
dalam surat tersebut. Keterangan kerja atau keterangan karyawan misalnya, yaitu
untuk menerangkan status seseorang sebagai pekerja atau karyawan di suatu
perusahaan atau instansi.
Lain halnya dengan domisili
yang akan menerangkan status tempat tinggal seseorang, kalau keterangan sakit
ya tentu isinya menerangkan seseorang yang sedang dalam keadaan sakit.
1) Keterangan beda alamat
2) Keterangan sewa lahan garapan
3) Keterangan tempat usaha
4) Keterangan bekerja
5) Keterangan penghasilan
Begitu seterusnya juga tidak berbeda untuk keterangan tidak mampu. Jadi, dalam berbagai keterangan tersebut keterangannya akan berbeda sesuai kebutuhan. Untuk gambaran bagaimana bentuknya silahkan perhatikan contoh di bawah ini.
1) Keterangan beda alamat
2) Keterangan sewa lahan garapan
3) Keterangan tempat usaha
4) Keterangan bekerja
5) Keterangan penghasilan
Begitu seterusnya juga tidak berbeda untuk keterangan tidak mampu. Jadi, dalam berbagai keterangan tersebut keterangannya akan berbeda sesuai kebutuhan. Untuk gambaran bagaimana bentuknya silahkan perhatikan contoh di bawah ini.
Dari gambar di atas sekarang
anda sudah mengetahui bagaimana bentuk dan susunan serta kalimat yang biasa
digunakan dalam sebuah surat keterangan. Sekarang, jika anda membutuhkan surat
seperti ini tinggal anda lihat saja keterangan apa yang anda butuhkan untuk
kemudian melihat contohnya.
Contoh di atas adalah contoh
untuk surat keterangan bekerja atau karyawan yang diterbitkan oleh sebuah
perusahaan. Keterangan lain bentuknya tidak berbeda jauh dengan contoh
tersebut. Namun begitu agar lebih jelas dan lebih detail jika anda membutuhkan
surat tertentu silahkan pelajari contohnya sesuai dengan jenis suratnya.
Itu saja, mudah-mudahan dengan pembahasan mengenai pengertian dan contoh surat keterangan yang sudah disampaikan di atas kita bisa lebih mahir lagi dalam membuat surat. Jangan lupa untuk mempelajari juga jenis surat lain yang sudah disiapkan dibagian akhir pembahasan. Tetap kunjungi situs ini untuk mempelajari berbagai contoh surat yang anda butuhkan. Sampai disini, salam hangat dari kami.
Itu saja, mudah-mudahan dengan pembahasan mengenai pengertian dan contoh surat keterangan yang sudah disampaikan di atas kita bisa lebih mahir lagi dalam membuat surat. Jangan lupa untuk mempelajari juga jenis surat lain yang sudah disiapkan dibagian akhir pembahasan. Tetap kunjungi situs ini untuk mempelajari berbagai contoh surat yang anda butuhkan. Sampai disini, salam hangat dari kami.