Contoh Surat Undangan Reuni Non Formal

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Sudah ada banyak sekali jenis surat yang kita pelajari disini. Surat undangan adalah salah satu jenis surat yang banyak dibahas. Kali ini, masih berkaitan dengan undangan, kita akan belajar untuk membuat surat untuk acara reuni.

Mudah-mudahan dengan pembahasan ini kita bisa mendapatkan ide dan inspirasi dalam membuat desain atau bentuk undangan pemberitahuan yang bagus dan layak. Jadi nanti kalau mau membuat undangan bisa lebih bagus dan tidak membuat malu.

Undangan non-formal, memudahkan digunakan dalam acara non-formal. Lebih mudah karena dengan adanya undangan tentunya akan jauh mempunyai kesan yang lebih sopan. Macam-macam jenis undangan yang mungkin bisa anda coba untuk anda gunakan dalam acara non-formal anda.

Di bawah ini sudah ada sebuah tips dan sebuah contoh tentang tata cara pembuatan undangan untuk acara tidak resmi yang bisa anda praktekan di rumah. Tips ini dilengkapi dengan contoh yang tujuannya memudahkan untuk anda dalam proses belajar.

Dengan begitu anda dapat dengan mudah memahaminnya. Untuk itu mari kita simak terlebih dahulu informasi tentang tips untuk membuat jenis undangan tersebut. Ada tips atau kiat dan ada juga contoh langsung, jadi bisa lebih mudah.

A. Tips membuat undangan reuni non formal

Pada dasarnya, yang namanya surat non formal atau tak resmi tidak ada aturan khusus yang harus diikuti. Jadi intinya kita bisa membuat surat non-formal sesuka hati sesuai kebutuhan dan keinginan. Yang terpenting adalah isi dari surat tersebut bisa dibaca dengan baik dan jelas.

Meski tidak ada aturan khusus, untuk mempermudah dalam membuat surat ini berikut sudah disiapkan beberapa kiat dalam menyusun surat ini agar bagus dan menarik. Beberapa tips ini bisa dipertimbangkan bila anda ingin membuat undangan yang sesuai. Beberapa tips yang bisa dipertimbangkan yaitu sebegai berikut!

1. Pilih desain yang gaul dan tidak membosankan
Mula-mula dalam pembuatan sebuah undangan non-formal adalah dengan cara memilih terlebih dahulu desain yang enak dipandang dan tidak membosankan. Dengan pemilihan desain warna yang menarik diharapkan akan lebih mempercantik tampilan dari undangan non formal tersebut.

Warna bisa anda sesuaikan dengan karakter peserta yang hendak menjadi penerima undangan tersebut. Bila memang ditunjukan untuk para anak-anak muda, mungkin bangusnya adalah sebuah warna yang kalem. Warna kalem tersebut sekaligus dipadukan dengan sebuah desain gambar yang gaul.

2. Pakain warna – warna yang santai dan segar
Hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan warna adalah pemilihan warna yang santai dan segar. Dalam artian jangan terlalu mencolok, dan terlalu banyak dominasi warna yang akan mengganggu penampilan undangan tersebut. Sehingga desain yang ditampilkan undangan tersebut tidak membosankan ketika dipandang.

3. Sisipkan gambar atau objek lucu yang menarik
Jangan lupa untuk menyisipkan gambar atau sebuah objek yang menarik pada bagian-bagian yang anda suka. Pemilihan gambar objek juga harus selaras dengan sebuah desain yang ada pada undangan. Sehingga hadirnya gambar tersebut akan lebih mempercantik tampilan undangan, bukan malah membosankan untuk dilihat.

4. Gunakan bahasa yang santai dan akrab
Penggunaan bahasa juga harus sesuai dengan bahasa yang digunakan para penerima undangan, sehingga undangan tersebut terkesan lebih akrab dari pandangan penerima. Bila acara ini adalah acara non-formal maka bahasa yang digunakan adalah bahasa yang terdengar santai, dan tidak terlalu kaku.

5. Buat bentuk undangan yang beda
Salah satu cara membuat undangan yang menarik adalah undangan yang memang mempunyai ciri khas sendiri. Artinya undangan tersebut lain dari pada yang lain. Dengan demikian undangan akan terlihat unik, karena memang tidak ada yang menyamainnya.

B. Contoh undangan reuni non formal

Macam-macam undangan non-formal dan acara non-formal bisa berupa acara yang berkaitan dengan acara di bawah ini. karena memang dilihat dari sifatnya acara di bawah ini adalah acara yang memang bukan acara formal, sehingga undangan non-formal bisa diberlakukan dalam acara ini. Macam-macam contoh acara non-formal adalah sebagai berikut:

1) Reuni rekan satu team olahraga
Acara reuni satu team olah raga juga termasuk kategori sebuah acara non-formal, sehingga undangan non-formal bisa anda tunjukan untuk acara ini. Karena sesuai dengan fungsinya undangan non-formal adalah undangan yang ditunjukan untuk acara non-formal. Sehingga acara reuni satu team olah raga adalah salah satunya. 

2) Reuni teman satu kantor
Adapun yang ke-2 juga termasuk kategori sebuah acara non-formal, yang bisa diberlakuakan undangan non-formal. Karena acara reuni teman satu kantor biasanya diselenggarakan dengan sebuah kemasan acara yang santai.

Surat Undangan Reuni Non Formal

3) Reuni teman satu organisasi
Adapun sebuah reuni teman satu organisasi juga merupakan sebuah acara non-formal, yang memang bisa diberlakukan undangan non-formal, karena memang acara reuni teman satu organisasi bukan acara formal, tetapi non-formal.

4) Reuni keluarga besar
Yang terrakhir adalah sebuah reuni keluarga besar yang termasuk kepada katergori sebuah acara non-formal. Sehingga penggunaan undangannya juga harus menggunakan undangan non-formalh. Adapun contoh undangan reuni acara non-formal adalah sebagai berikut.