Contoh Daftar Riwayat Hidup Bahasa Inggris

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Contoh Daftar Riwayat Hidup Bahasa Inggris - Pernahkah anda menulis daftar riwayat hidup, khususnya yang dalam bahasa Inggris? Apakah anda bisa membuatnya dengan mudah? Ya, hari ini kita akan mengingat kembali bagaimana menyusun sebuah riwayat hidup yang biasanya banyak kita butuhkan. Disini akan dijelaskan mulai dari definisi atau pengertian, cara membuat dan juga contoh yang bisa dipelajari.

Sebenarnya perkara ini tidak begitu sulit, anda belajar sekali saja pasti akan bisa membuat sendiri. Sisi sulitnya mungkin dari segi bahasanya saja. Kalau sudah bisa membuat yang bahasa Indonesia seharusnya bisa yang bahasa Inggris juga. Tapi supaya lebih paham lagi mari kita baca penjelasan berikut.

Pengertian (Definisi) Daftar Riwayat Hidup

Seperti kita ketahui, curriculum vitae (CV; juga ditulis curriculum vitæ) atau daftar riwayat hidup adalah dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman seseorang dan kualifikasi lainnya. 

Didalam dokumen ini akan diterangkan dengan jelas berbagai informasi seseorang mulai dari identitas diri sampai informasi seputar pengalaman yang berkaitan dengan pekerjaan. Beberapa informasi tersebut yaitu sebagai berikut:
1. Identitas diri
2. Riwayat pendidikan
3. Pengalaman organisasi
4. Riwayat pekerjaan
5. Prestasi jika ada, dst

Pada bagian pertama identitas diri akan memuat berbagai informasi data pribadi mulai dari nama, tempat dan tanggal lahir dan seterusnya. Setelah data pribadi tersebut biasanya akan diberikan juga beberapa informasi mengenai kebisaan atau skill kita. 

Didalam Daftar Riwayat Hidup juga akan diberikan informasi mengenai riwayat pendidikan kita mulai dari awal sampai yang terakhir; meliputi nama instansi dan tahun lulusnya. Selanjutnya ada juga informasi mengenai pengalaman organisasi yang kita miliki dilanjutkan dengan pekerjaan dan berbagai prestasi yang ada. 

Itulah gambaran mengenai isi riwayat hidup yang biasa kita butuhkan. Setelah tahu apa saja isinya sekarang kita akan bahas sedikit mengenai tata penulisannya. Untuk menulis CV ini bahasa yang digunakan tentu adalah bahasa baku, formatnya menggunakan format resmi yang telah ditetapkan. 

Karena judulnya adalah "Daftar Riwayat Hidup" maka bentuk tulisannya hampir sama dengan berbagai penulisan daftar yang lain, tidak berbentuk esai atau paragraf. Meski begitu memang ada juga yang membuatnya dalam bentuk esai, semua tergantung keperluan.

Untuk apakah riwayat hidup dibuat? Ya, Daftar Riwayat Hidup (curriculum vitae) dibuat untuk memberikan gambaran menyeluruh mengenai runutan kehidupan kita mulai dari awal pendidikan sampai masa kerja. Riwayat ini biasa digunakan sebagai salah satu syarat untuk melamar pekerjaan. Jadi, tidak heran jika setelah mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan terbaru biasanya orang akan sibuk membuat lamaran dan juga cv.

Riwayat ini biasanya dilampirkan pada surat lamaran pekerjaan yang akan kita kirim baik itu untuk perusahaan maupun instansi lainnya. Agar lebih jelas ada baiknya anda mempelajari langsung contoh yang akan disertakan berikut ini.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Bahasa Inggris

Anda yang sedang belajar membuat cv atau yang sedang membutuhkan contoh penulisan cv bisa menggunakan contoh yang akan diberikan di bawah ini sebagai bahan referensi. Karena kita membahas Riwayat Hidup dalam Bahasa Inggris maka contohnya pun akan diberikan yang berbahasa Inggris saja.

Contoh ini terdiri dari dua buah, yang keduanya ditulis versi Inggris, jika anda membutuhkan cv bahasa Indonesia anda bisa membacanya di bagian akhir. Contoh tersebut yaitu sebagai berikut!

CURRICULUM VITAE

PERSONAL DATA
Date & Place of Birth : Jakarta August 17, 1945
Status : Single
Country : Indonesia
Religion : Moslem

WORK EXPERIENCE
2007 – 2009 : Lecturer assistant on Computer and Physics Subject
2007 – 2008 : Physics and Mathematics Instructor on International College Jakarta

SKILL
Language : English
Computer : Microsoft Office, Excel, PowePoint, CorelDraw, Movie Maker
Internet : Web Design, Php, Owner and Admin of more than 20 national and international websites

ORGANIZATIONAL EXPERIENCE
2007 – 2008 : HIMAPA
2007 – 2008 : Rakarba (Ormas) Jakarta
2007 – 2008 : BEM Jakarta
2003 – 2004 : Committee Chairman, Physics, Chemistry, Mathematics Olympiad 
2008 – 2009 : Rohis

FORMAL EDUCATION
1994 - 2000 : SD Jakarta
2000 - 2003 : MTs Jakarta
2003 - 2006 : SMA 2 Jakarta
2006 - 2011 : Universitas Jakarta

Surabaya, February 22, 1950

Mboten Enten

Satu contoh di atas bisa anda pelajari sebagai bahan referensi tambahan mengenai bentuk dan susunan Riwayat Hidup Bahasa Inggris jika kurang jelas silahkan baca juga contoh kedua berikut ini.


CURRICULUM VITAE

Personal Details
Full Name : Agung Raharja
Sex : Male
Place, Date of Birth : Kuripan August 5, 1980
Nationality : Indonesia
Marital Status : Married
Height, Weight : 165 cm, 53 kg
Health : Perfect
Religion : Moslem
Address : Perum 1, Blok ZA No.30, Kurpanja 16945
Mobile : 0819 6565 6565
Phone : 021 - 745745
E-mail : oraono@gmail.com

Educational Background
1985 - 1991 : Gajahmada Elementary School, Kurpanja
1991 - 1994 : Junior High School No.1, Kurpanja
1994 - 1997 : Senior High School No.1, Kurpanja
1997 - 2001 : Accounting Department at the University, Kurpanja

Course & Education 
1998 - 1999 : Computer & Internet Course at Puskom Gilland Ganesha, Kurpanja
1999 - 2002 : English Language Course at LBA Gilland Ganesha, Kurpanja
2004 - 2004 : Tax Course (Brevet A & B) di FAIUP, Kurpanja

Qualifications
1. Accounting & Administration Skills (Journal Printing & Calculation, Ledger, Petty Cash Payroll & Calculation, Inventory Controls, Project Data Updating, Teller, Salary Caldulation).
2. Taxation System.
3. Computer Literate (MS Word, MS Excel, MS Power Point, MS Access, MS Outlook).
4. Internet Literate.

Working Experience
Working at PT. Flamboyan Bumi Singo, Kurpanja
Period : August 2001 - January 2013
Purpose : Permanently working
Position : Accounting & Taxation staff

Job's Description :
* Payroll Staff;
* Project's data updating;
* Business correspondences;
* Expatriates documentation filling & follow up;
* Translation;
* Appointment arrangement;
* Filling data updating;
* Arranged of business trip schedule;
* Meeting budget arrangement;
* Procurement filling, inventory control, and administration asistant;
* Preparing for breakdown statement for the project, preparing intern finance circular correspondences, and preparing for the presentation materials;
* Issuing invoice & receipt for vendor and customers;
* Inventory Controller;
* Preparation of purchase requirement and purchase order;
* Invoice & payment arrangement.

Kurpanja, February 22, 2013
Ora Ono

Sudah dijelaskan mulai dari pengertian, dijelaskan bagaimana isi dan cara membuatnya serta diberikan juga contohnya, apalagi coba? Sekarang anda bisa mulai membuat atau menulis cv anda sendiri untuk keperluan melamar kerja yang akan dilakukan.

Untuk contoh lain anda bisa baca di bawah, jangan lupa bagikan juga contoh ini di sosial media yang anda miliki, dengan demikian kami bisa terus memberikan bacaan yang bermutu bagi referensi anda semua. Terima kasih, semoga Contoh Daftar Riwayat Hidup Bahasa Inggris ini bermanfaat!