Contoh Format Surat Lekuk (Indented Style)

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Contoh Format Surat Lekuk (Indented Style) - Selain format surat bentuk menggantung ada juga format surat indented style. Untuk jenis yang ini akan kita bahas dan pelajari contohnya melalui update contoh surat kali ini. Akan dibahas juga sekilas mengenai perbedaan format surat ini dengan yang lain serta bagian-bagian yang ada.

Tidak berbeda jauh dengan format lainnya, yang diberikan lekuk atau indented style pada format surat ini adalah bagian atas surat yaitu pada penulisan nomor lampiran dan hal surat. Selain itu, bagian lain yang ditulis lekuk yaitu pada penulisan penerima surat yaitu Yth ... dst. Selanjutnya, bagian salam, tanda tangan, nama jelas dan nama jabatan juga ditulis dengan gaya yang sama.

Jika dibandingkan dengan bentuk lain, bentuk surat ini memang yang membedakan hanya pada lekuk yang digunakan. Bagi anda yang hendak menulis surat seperti ini tidak perlu terlalu takut dan risau karena pada dasarnya bentuk ini juga resmi seperti bentuk surat lainnya. Hanya saja anda perlu memperhatikan dengan baik surat yang akan anda tulis tersebut.

Sebagai contoh, jika anda akan menulis jenis surat yang tidak ada nomor, lampiran dan perihal maka anda bisa menulis alamat bentuk surat ini pada bagian kiri dengan gaya menjorok seperti pada penulisan nomor dan seterusnya. Itu berarti alamat yang akan ditulis tidak bisa terlalu panjang karena akan memenuhi seluruh lembar kertas ke kanan. Maka anda bisa memilih jenis surat yang alamatnya singkat saja.

Lalu bagaimana dengan proses pengetikan surat tersebut? Kalau masalah pengetikan, untuk membuat surat ini sama saja dengan surat lain. Anda bisa mengetik surat ini dengan komputer menggunakan jenis font dan ukuran font yang sudah baku digunakan. Untuk pengaturan indented maka anda bisa menggunakan tabulasi untuk lebih mudah dalam mengaturnya. Untuk lebih jelas anda bisa mempelajari lebih banyak tentang beberapa hal berikut!

1) Contoh surat bentuk menggantung
2) Contoh surat bentuk lekuk
3) Surat bentuk lekuk (indented style)
4) Contoh surat bentuk lekuk (indented style)
5) Contoh surat indented style dalam bahasa inggris
6) Contoh surat bentuk resmi
7) Contoh surat official style

Dari masing-masing pembahasan di atas anda akan lebih terbiasa untuk penulisan dari pada bentuk surat tersebut. Dengan begitu ketika membuat surat anda sudah tidak perlu melihat gambar atau contoh format-nya bagaimana, lebih efektif bukan? Untuk gambaran tata letak penulisan surat ini silahkan lihat gambar ilustrasi di bawah ini.

Dengan gambar di atas tentunya anda sudah bisa membedakan sendiri dari masing-masing bagian surat menulisnya bagaimana. Contohnya, untuk penulisan paragraf isi digunakan gaya menjorok ke dalam pada baris pertama penanda paragraf. Selengkapnya tentang format surat indented style tersebut dapat dilihat pada contoh berikut.



Format Surat Lekuk (Indented Style)

KOP SURAT
=======================================
Nomor    :                                                   Tanggal
     Lampiran       :
          Hal                   :

Yth.....................
...........................
........................

Salam pembuka,
     ………………………………………………………………..
…………………………………………………………………...
…………………………………………………………………...

     …………………………………………………………..........
…………………………………………………………………...
…………………………………………………………………...

     …………………………………………………………..........
…………………………………………………………………...
…………………………………………………………………...

Salam  penutup,
(Tanda tangan)
( Nama jelas)
( Nama jabatan)


Tembusan
................
(Inisial)


Apabila pada kehidupan sehari-hari anda menemui model surat dengan bentuk penulisan seperti pada contoh di atas maka anda tidak perlu ragu atau bingung karena jenis format penulisan surat tersebut juga merupakan salah satu bentuk penulisan surat yang resmi.

Itu saja yang dapat kami uraikan mengenai Contoh Format Surat Lekuk (Indented Style) kali ini. Semoga dengan melihat contoh yang disertakan kita semua mendapatkan ilmu lagi mengenai bentuk-bentuk penulisan surat resmi selain yang sudah dibahas sebelumnya.