Cara Melamar Pekerjaan di Kirim Via Email

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Melamar Pekerjaan Kirim Via Email - Kalau kita biasa melamar pekerjaan secara konvensional yang di kirim via pos atau  kita kirim langsung kita biasanya akan ragu dan kurang paham jika hendak melamar pekerjaan lewat email. Hal ini sering terjadi bukan karena kita tidak memiliki kemampuan tetapi karena kurangnya pengalaman dalam hal mencari pekerjaan menggunakan media online atau internet. Pada pembahasan ini kita akan belajar mengenai hal ini yaitu kita akan membahas persiapan apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana cara melamar pekerjaan dengan metode tersebut. 

Perlu diketahui bahwa melamar pekerjaan via email tidaklah berbeda dengan melamar lewat pos atau kirim langsung. Perbedaan yang ada hanya ada pada media yang digunakan untuk mengirimkan surat lamaran kita, dalam hal ini kita menggunakan email sebagai media pengiriman lamaran yang kita ajukan. Hal-hal lain yang berkaitan dengan hal tersebut tidaklah berbeda dengan yang biasa kita temui. Berkaitan dengan hal ini, beberapa yang sering kita butuhkan yaitu informasi tentang:

1) Cara mengirim lamaran kerja lewat email yang baik dan benar
2) Cara melamar kerja lewat email di hp
3) Cara melamar kerja lewat email yang baik dan benar
4) Cara melamar kerja lewat email kaskus
5) Cara melamar kerja online
6) Cara melamar kerja di indomaret
7) Jobstreet
8) Contoh daftar riwayat hidup
9) Ngirim cv lewat email

Kami ingat sekali, beberapa hari yang lalu ada seorang rekan yang bertanya tentang "cara ngelamar pekerjaan kirim via email" padahal ia sendiri kesehariannya sudah tidak asing dengan dunia online dan internet dan bahkan sering sekali berkirim email. Pertanyaan tersebut muncul karena ketidaktahuan tentang prosedur yang harus dilalui dalam mengajukan lamaran kerja sistem online. Untuk mengatasi hal tersebut maka langsung saja kita bahas dua hal penting mengenai persiapan dan tata cara yang harus dilakukan.

Persiapan Melamar Pekerjaan Via Email

Jika kita hendak mengajukan lamaran via email maka ada beberapa persiapan yang harus kita lakukan. Persiapan yang paling penting dan berbeda dari persiapan biasanya adalah persiapan untuk sarana pengiriman email. Beberapa persiapan tersebut yaitu sebagai berikut:

1. Sambungan internet
2. Alamat email aktif
3. Berkas lamaran

Yang pertama kali harus kita siapkan untuk mengajukan lamaran seperti ini tentu sudah pasti adalah sambungan internet. Meski kita harus menyiapkan sambungan atau koneksi internet namun tentu kita tidak harus memiliki internet sendiri. Kita bisa memanfaatkan fasilitas yang sudah ada misalnya menggunakan modem, pinjam teman atau bisa juga dengan memanfaatkan jasa warung internet. Yang terpenting adalah koneksi internat yang akan digunakan cukup stabil dan lancar untuk mengirim email.

Yang kedua, untuk melakukan ini maka kita harus memiliki alamat email aktif. Alamat email ini adalah email pribadi kita yang akan kita gunakan untuk mengajukan lamaran pekerjaan. Kita bisa menggunakan alamat email yang biasa kita gunakan, atau jika tidak ada kita bisa membuat email baru untuk kepentingan kita tersebut.

Selanjutnya persiapan yang harus dilakukan adalah untuk berkas lamaran. Berbeda dengan lamaran biasanya, untuk melamar pekerjaan dengan email maka kita membutuhkan soft copy atau file lamaran pekerjaan dalam bentuk file ms word atau pdf. Berkas lamaran lainnya pun harus dalam bentuk file seperti ini baik untuk cv, foto, ijazah dan lain sebagainya.

Surat lamaran bisa kita kirim di file dokumen ms words atau di tulis langsung di email. Berkas lain bisa kita buat seperti biasa lalu kita scan dalam bentuk file pdf agar bisa di kirim via email nantinya saat mengajukan lamaran kerja. Hal inilah yang membuat melamar kerja online via email berbeda dengan melamar kerja via pos yang biasa kita lakukan.

Tata Cara Melamar Pekerjaan Kirim Via Email

Lalu bagaimana caranya jika kita hendak melamar pekerjaan menggunakan cara ini? Pertanyaan bagus, untuk melamar kerja dengan sistem seperti ini sebenarnya caranya gampang. Pertama kita siapkan semua berkas yang di butuhkan lalu setelah itu kita masuk ke email kita dan melampirkan berbagai berkas yang dimaksud dan mengirimnya ke alamat yang dituju. Supaya lebih jelas, dalam pengiriman lamaran tersebut kita dapat mengikuti langkah berikut!
  1. Persiapkan semua berkas lamaran dalam bentuk file
  2. Masuk ke email yang kita miliki (gmail, yahoo, dsb)
  3. Pilih menu tulis (kirim email)
  4. Tulis alamat penerima dan subjek email
  5. Tulis surat lamaran pada kolom yang disediakan (Lewati langkah ini jika kita sudah menulis lamaran dalam bentuk file ms words)
  6. Lampirkan berkas-berkas yang dibutuhkan (lamaran, CV, Foto, dst)
  7. Klik tombol Kirim Emal
  8. Selesai

Tata cara pengirimannya seperti itu, mudah bukan? Ya, intinya sama saja dengan saat kita mengirimkan email untuk orang lain. Agar lebih jelas saya akan berikan gambar proses pengiriman email untuk melamar pekerjaan via email. Silahkan pelajari langkah-langkahnya pada gambar di bawah ini.

Melamar Pekerjaan Via Email

Demikianlah tadi sedikit mengenai Melamar Pekerjaan Kirim Via Email, mudah-mudahan dengan sedikit pembahasan ini kita tidak akan bingung lagi jika harus melamar pekerjaan menggunakan media online seperti pada contoh di atas. Jika masih ada yang kurang jelas silahkan baca juga beberapa panduan membuat surat lainnya yang ada di bagian bawah. Itu saja, semoga sukses!