Contoh Surat Keterangan Pengecer BBM Bensin

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Contoh Surat Keterangan Pengecer BBM Bensin – ternyata tidak sembarangan untuk bisa menjual bensin eceran. Penjual eceran tersebut harus memiliki surat keterangan atas kegiatan usaha yang dijalankan. Contohnya ketika hendak membeli bensin di pom bensin menggunakan derigen maka mereka harus memiliki surat tersebut.

Ini berarti jenis surat yang satu ini memang cukup penting untuk dipelajari apalagi jika anda ingin menjadi pengecer atau penjual bensin. Lalu, bagaimanakah bentuk dari surat tersebut? Namanya surat keterangan jadi tidak jauh berbeda dengan surat-surat keterangan lain yang sudah pernah kita bahas.

Jenis surat keterangan semacam ini tentu bukan kita sebagai yang bersangkutan yang membuat sendiri. Surat ini diterbitkan untuk pemohon oleh pejabat terkait yang sesuai. Dalam hal ini, surat ini diberikan atau dapat diminta dari pegawai kelurahan atau desa. Jadi yang membuat surat ini adalah pihak desa setempat.

Lalu bagaimana dengan prosedur mengurus surat keterangan jual bensin tersebut? Caranya gampang, anda sebagai pemohon bisa langsung datang ke kantor kelurahan atau kantor kepala desa dengan membawa data diri.

Sesampainya disana anda tinggal mengatakan tujuan anda yaitu ingin meminta surat keterangan tersebut. Petugas di kantor desa akan segera menyiapkan surat tersebut sesuai data yang anda miliki. Mudah, anda mungkin hanya perlu menyiapkan uang administrasi saja.

Ya memang begitu, surat keterangan pengecer bensin dapat anda miliki dengan mengurusnya di kantor kelurahan. Meski begitu anda juga bisa menyiapkan sendiri blangko atau format surat tersebut agar proses pembuatan bisa lebih cepat. Misalnya anda membuat suratnya baru kemudian datang ke kelurahan untuk meminta legalitas.

1) Cara menulis surat keterangan pengecer BBM

Jika dibutuhkan, anda bisa mengetik sendiri surat ini untuk kemudian dibawa ke kantor keluarahan. Bagi yang ingin mengetik atau menulis surat itu sendiri maka anda perlu tahu apa saja informasi yang harus disiapkan. Sebenarnya yang perlu disiapkan untuk membuat surat ini adalah informasi pemohon.

Informasi yang dimaksud adalah data diri pemohon yang meliputi nama dan lain sebagainya. Data tersebut nanti akan ditulis dalam surat yang akan dibuat. Dari atas, surat dimulai dengan kop surat sesuai desa atau kampung yang bersangkutan.

Bagian berikutnya adalah judul surat dan nomor baru setelah itu surat diawali dengan kalimat berikut ini “yang bertanda tangan dibawah ini Kepala Kampung ………. Kecamatan ………. Kabupaten ………. menerangkan dengan sebenarnya bahwa”. Setelah kalimat tersebut maka berikutnya akan ditulis data pemohon yang terdiri dari:

a. Nama pemohon
b. Jenis kelamin pemohon
c. Umur pemohon
d. Pekerjaan pemohon
e. Alamat pemohon

Kemudian, setelah data tersebut akan diikuti dengan keterangan yang berbunyi “Orang tersebut diatas benar warga Kampung ………. dan orang tersebut berusaha / dagang Pengecer Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk melayani masyarakat.”

Setelah bagian itu, surat keterangan akan ditutup dengan kalimat yang biasanya yaitu “Demikian surat keterangan pengecer bahan bakar minyak (BBM) ini kami buat dengan sebenarnya untuk diketahui dan dipergunakan sebagaimana mestinya.” Pada bagian akhir, surat ini akan ditandatangani oleh kepala kampung yang bersangkutan.

2) Contoh format surat keterangan pengecer bensin

Ada yang masih bingung dengan bentuk surat keterangan ini? Tenang, tidak perlu mencari ke situs lain. Jika anda memang belum begitu yakin dan masih ragu dengan gambaran dari surat tersebut maka silahkan pelajari format surat yang akan disediakan berikut.

Di bagian ini sudah disiapkan sebuah contoh surat yang bisa anda gunakan sesuai kebutuhan. Contoh berikut merupakan draft dalam arti datanya tidak dicantumkan melainkan hanya kerangka atau redaksi surat saja. Contoh tersebut dalam bentuk gambar jadi bisa anda salin dan dapat digunakan dirumah. Silahkan pelajari langsung contohnya dibawah ini.

Surat Keterangan Pengecer Bensin
Contoh Surat Keterangan Pengecer / Penjual Bensin (BBM)

Lega, kalau sudah melihat bentuk suratnya seperti apa pasti tidak akan bingung, takut atau ragu lagi jika hendak membuat surat ini. 

Paling tidak contoh tersebut bisa dijadikan gambaran awal dalam menulis surat yang anda butuhkan. Mudah-mudahan pembahasan kali ini bisa bermanfaat bagi anda semua yang membutuhkan. Itu saja, sampai jumpa pada pembahasan berikutnya.