Contoh Surat Keterangan Suami Istri dari Kelurahan

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Contoh Surat Keterangan Suami Istri dari Kelurahan – masih dengan beberapa urusan surat menyurat yang sering dibutuhkan di kampung, desa atau kelurahan kali ini kita akan membahas mengenai keterangan suami istri. Dari judulnya pasti anda sudah bisa menebak bukan apa dan bagaimana surat yang akan kita bahas tersebut?

Ada-ada saja ya, tapi jangan heran, yang namanya kebutuhan ya bisa saja. Memang sebenarnya sedikit aneh si soalnya kalau sudah menikah alias suami istri tentu memiliki akta nikah tapi kenapa harus membutuhkan keterangan, benar tidak? Ya namanya kebutuhan, kadang kita kan tidak tahu ada keadaan tertentu yang mengharuskan demikian.

Sebenarnya, kalau anda sering mengikuti pembahasan di situs ini pasti tidak asing dengan yang namanya surat keterangan. Sama dengan yang ini, surat keterangan ini pun sebenarnya hanya perlu diurus dikantor keluarahan atau kantor desa. Surat ini adalah keterangan dari perangkat desa yang isinya menerangkan status suami istri seseorang.

Kalau mengenai keadaan seperti ini kadang sebenarnya bisa saja yang dibuat adalah surat pernyataan tapi ya tergantung bagaimana kebutuhannya. Kalau yang dibutuhkan keterangan maka anda bisa mengurus surat keterangan tersebut di kantor lurah. Kalau pernyataan maka tingga di buat sendiri. Nah yang akan kita bahas ini adalah keterangan.

Lalu bagaimana jika kita membutuhkan surat keterangan suami istri, apa yang harus kita lakukan? Tenang, jika membutuhkan surat ini maka kita tinggal mengurus surat tersebut dikantor kepala kampung dimana kita tinggal. Kita tinggal datang saja dan mengatakan maksud dan tujuan kita kepada petugas disana.

Yang dibutuhkan untuk mengurus surat tersebut adalah dengan membawa data-data yang dibutuhkan yaitu data kartu tanda penduduk (ktp) yang bersangkutan dalam hal ini suami dan istri. Di kantor kelurahan nanti kita akan dimintai data tersebut baru setelah itu suratnya disiapkan. Jangan lupa untuk menyiapkan juga uang administrasi yang mungkin dibutuhkan.

Dalam keadaan tertentu anda juga bisa menyiapkan sendiri surat yang dibutuhkan untuk kemudian membawa surat tersebut ke kantor kelurahan agar pengurusannya bisa lebih cepat. Lalu jika ingin mengetik surat itu sendiri bagaimana caranya? Caranya tidak sulit karena bentuk surat ini sama saja dengan surat keterangan lain.

Dalam menulis surat ini yang perlu diperhatikan dengan baik adalah data diri yang bersangkutan. Dalam hal ini akan dituliskan data diri antara lain seperti data yang ada di dalam kartu tanda penduduk. Apa saja datanya, data informasi tersebut yaitu meliputi:

1) Nama Lengkap
2) Jenis Kelamin
3) Tempat Tgl. Lahir/Umur
4) Agama
5) Alamat

Perlu diingat, data yang disediakan bukan hanya data satu orang saja melainkan data suami dan istri yang bersangkutan. Bagaimana dengan bentuk suratnya? Bentuknya sama dengan keterangan lain, diawali dengan kop kampung atau desa, kemudian judul dan nomor surat baru setelah itu masuk ke isi suratnya.

Untuk isi suratnya sendiri bisa berbeda satu sama lain tergantung daerah masing-masing. Yang pasti, inti dari surat ini adalah menerangkan bahwa dua orang yang menghadap tersebut adalah sepasang suami istri yang sudah menikah. Sebagai contoh, isi suratnya yaitu seperti terlihat pada kalimat di bawah ini.

Saya yang bertanda tangan di bawah ini Kepala Kampung ................... dengan ini menerangkan bahwa: Nama Lengkap, Jenis Kelamin, Tgl. Lahir/Umur, Agama, Alamat. Adalah benar nama tersebut diatas adalah warga Kampung ................... dan merupakan pasangan yang sudah menikah (suami istri). Demikian surat keterangan ini kami buat dengan sebenarnya dan untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Di atas adalah contoh kalimat mulai dari awal surat sampai pada penutup. Ingat, surat ini dikeluarkan oleh kepala kampung jadi ditandatangani juga oleh beliau. Itu tadi masalah isi dari surat ini sekarang bagaimana dengan bentuk penulisannya? Masalah bentuk penulisan bisa dilihat langsung pada contoh yang ada di gambar berikut.

Surat Keterangan Suami Istri dari Kelurahan
Contoh Format Surat Keterangan Suami Istri dari Kelurahan

Dari gambar di atas sudah jelas bagaimana bentuk penulisan serta tata letak atau format untuk surat keterangan yang akan kita buat. Dengan contoh di atas kita tinggal mengetik suratnya sesuai yang ada pada contoh dengan menggunakan komputer, tidak begitu sulit bukan?

Ya sudah, itu tadi sedikit pembahasan kita kali ini. Mudah-mudahan apa yang disampaikan di atas bisa menambah pengetahuan kita semua. Untuk melengkapi pembahasan ini silahkan lihat juga informasi lain yang berhubungan dengan surat keterangan suami istri yang sudah disiapkan dibagian bawah. Itu saja, sampai bertemu lain waktu.