Contoh Surat Keterangan Hibah

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Contoh Surat Keterangan Hibah – nah kalau surat yang ini isinya sih cukup menarik dan membuat bahagia, pasalnya dengan surat ini berarti anda akan mendapatkan sesuatu yang cukup berharga. Dengan ini maka penanda bahwa seseorang akan mendapatkan hibah tanah, rumah atau lainnya.

Apa yang akan kita bahas ini adalah salah satunya saja yang penting sudah ada contoh untuk salah satu jenis surat hibah. Biasanya surat seperti ini adalah bukti pemberian dari orang tua kepada anaknya. Tapi tentu bisa juga bukti hibah dari orang lain. Yang pasti adalah ini tujuannya adalah untuk membuktikan peralihan kepemilikan atas suatu barang.

Untuk jenis surat yang satu ini pembuatnya adalah orang yang bersangkutan. Dalam surat ini dinyatakan bahwa yang bersangkutan memberikan atau menghibahkan tanah atau lainnya kepada yang tertera disana. Ada dua pihak yang tercantum dalam surat ini, yang pertama yaitu pihak pemberi atau penghibah dan kedua adalah pihak penerima hibah.

Lalu bagaimanakah bentuk surat tersebut jika kita ingin membuatnya? Tenang, dalam pembahasan ini akan kita pelajari semua secara rinci termasuk bagaimana bentuk suratnya dan juga cara menulis atau membuat surat tersebut. Selesai pembahasan ini maka diharapkan kita semua bisa membuat sendiri surat yang dibutuhkan.

1) Cara membuat surat keterangan hibah

Surat hibah ini berisi informasi atau data diri yang bersangkutan secara rinci mulai dari nama sampai dengan alamat yang bersangkutan baik pemberi atau penerima hibah. Selain itu, data barang atau sesuatu yang dihibahkan juga dicantumkan secara rinci.

Data pemberi hibah akan ditulis serinci mungkin sesuai dengan data identitas pada kartu tanda penduduk. Data tersebut antara lain terdiri dari nama, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir sampai pada status dan alamatnya juga.

Untuk data barang atau sesuatu yang dihibahkan juga ditulis dengan rinci mulai dari lokasi, ukuran dan detail lainnya. Jadi dalam surat ini semua informasi yang berkaitan harus ditulis dengan jelas dan tanpa kesalahan sedikitpun.

Selanjutnya, surat hibah ini ditulis menggunakan bahasa Indonesia baku dengan diketik menggunakan komputer agar rapih. Surat ini ditandatangani di atas materai oleh pihak yang bersangkutan dan juga ditandatangani oleh penerima, saksi dan mengetahui kepala kampung. Jadi yang tanda tangan di surat ini tidak hanya dua orang tetapi lebih.

Lalu bagaimana dengan bentuk kalimat yang digunakan dalam surat tersebut? Tidak harus sama satu dengan lainnya tapi paling tidak ada bentuk yang sudah umum digunakan. Untuk contoh kata-kata atau kalimatnya, salah satu contohnya yaitu sebagai berikut mulai dari awal sampai bagian akhir surat.

Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama
Jenis Kelamin
Tempat Tanggal Lahir
Status
Agama
Pekerjaan
Alamat
Selanjutnya disebut Pihak Pertama
Nama
Jenis Kelamin
Tempat Tanggal Lahir
Status
Agama
Pekerjaan
Alamat
Selanjutnya disebut Pihak Kedua

Benar Pihak Pertama telah menghibahkan sepetak tanah Kebun dengan panjang …. Meter dan lebar …. Meter, kepada Pihak Kedua yang terletak di Kampung ………… Kecamatan ………… Kabupaten …………, dengan batas-batas sebagai berikut :

Sebelah Utara berbatasan dengan tanah kebun …………
Sebelah Timur berbatasan dengan tanah kebun Jurong …………
Sebelah Selatan berbatasan dengan Tanah Kuburan
Sebelah Barat berbatasan dengan tanah kebun …………

Demikian surat keterangan tanah ini dibuat dihadapan saksi - saksi agar tidak adanya persengketaan dikemudian hari.

Itu tadi contoh kalimat yang biasa digunakan dalam surat ini. Jangan lupa, di bagian akhir, surat ini ditandatangani berbagai pihak yaitu mulai dari pihak pertama, pihak kedua, saksi-saksi dan juga diketahui oleh pejabat kepala kampung setempat.

2) Contoh surat keterangan hibah tanah

Di atas telah dijelaskan bagaimana cara untuk menulis atau membuat surat ini dan sekarang bagi yang masih sedikit bingung bisa mempelajari contohnya langsung. Contoh di bawah ini sengaja dibuat sebagai bahan referensi tambahan bagi anda yang membutuhkan. Dari contoh ini anda bisa mendapatkan gambaran lebih baik mengenai cara membuat keterangan tersebut.

Tapi perlu, contoh tersebut tidak harus dijadikan patokan, dalam arti anda tidak harus meniru semua dari contoh tersebut. Anda bisa menyesuaikan bentuk, kalimat dan data yang diperlukan sesuai dengan yang umum digunakan.

Yang terpenting adalah keterangan tersebut dibuat dengan materai cukup agar memiliki kekuatan hukum. Sekarang mari kita lihat dan pelajari lebih jelas bagaimana format untuk surat pernyataan hibah tersebut di bawah ini.

Surat Keterangan Hibah
Contoh Surat Keterangan Hibah Tanah

Demikian tadi pembahasan kita untuk contoh surat kali ini. Semoga saja pembahasan sederhana ini bisa menambah wawasan dan ilmu kita mengenai surat menyurat. Jangan lupa bagikan juga contoh ini dengan rekan lain yang membutuhkan. Besok kita akan ketemu lagi dengan pembahasan yang berbeda. Itu saja, sampai bertemu lagi esok hari, salam.