Contoh Surat Undangan Reuni untuk SD

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Jenis undangan yang satu ini sebenarnya sudah banyak kita bahas. Tapi tidak apa, untuk melengkapi pembahasan sebelumnya agar lebih banyak contoh akan kita bahas sekali lagi. Kali ini khusus untuk undangan acara reunian anak sekolah dasar.

Undangan reuni SD termasuk dalam katergori dalam undangan non-formal. Sehingga penggunaan bahasanya tidak harus kaku. Tetapi pergunakan bahasa yang santai, dan mudah dipahami. Terlebih ini adalah reuni SD, yang memang para pesertanya baru saja lulus dan sudah menginjak SMP.

Yang terpenting dalam membuat undangan ini sebenarnya informasi yang jelas dan desain yang menarik. Diusahakan untuk membuat desain undangan yang segar dan ceria seperti keceriaan di masa anak-anak.

Berikut sebuah tips cara membuat sebuah undangan untuk acara reuni SD yang menarik. yang mungkin bisa anda gunakan dalam acara reuni SD anda dengan teman-teman anda. Berikut informasinya.

A. Tips membuat undangan reuni sd

Seperti disinggung di atas, undangan ini bisa menjadi undangan informal yang artinya tidak ada patokan resmi yang harus diikuti. Namun demikian, bisa juga undangan ini disesuaikan jika acaranya dibuat menjadi acara resmi.

Intinya, dalam penulisan atau pembuatan undangan jangan sampai ada kesalahan ketik sehingga informasinya salah. Contohnya, penulisan waktu atau tanggal acara tidak boleh salah karena akan berakibat fatal. Berkaitan dengan penulisan, berikut beberapa tips yang bisa dipertimbangkan.

1. Pilih desain sederhana dan menarik
Langkah awal dalam pembuatan undangan reuni SD adalah dengan cara menetapkan desainnya terlebih dahulu. Desain yang pas untuk digunakan dalam pembuatan undangan reuni SD adalah desain yang sederhana tetapi menarik. Sehingga meski sederhana tetapi tetap enak dipandang.

2. Gunakan warna yang ceria
Warna ceria juga harus dipilih, karena warna ceria adalah warrna yang bisa mewakili sebuah karakter yang dimiliki oleh para penerima undangan ini. Untuk itu pemilihan warna ceria juga menjadi hal yang penting. Ada banyak pilihan warna ceria, yang mana warna ceria adalah warna yang memang cerah.

3. Sisipkan gambar kartun anak atau lainnya
Jangan lupa juga sebuah gambar animasi yang diaplikasikan dalam undangan tersebut. Yang tujuannya adalah untuk menambah daya tarik dari undangan itu sendiri. Dengan menambahkan sebuah karakter animasi, undangan tersebut akan jauh lebih menarik, terlebih bila seorang penerimanya adalah anak-anak, tentulah akan menambah sebuah keceriaan..

4. Pakai bahasa yang singkat dan mudah dimengerti
Gunakanlah sebuah bahasa yang jelas tetapi singkat dan mudah dipahami. Penggunaan bahasa juga harus santai dan tidak menggunakan bahasa yang terlalu kaku dan sulit dipahami. Hal ini dimaksudkan agar para penerima tidak salah persepsi tentang informasi yang ada pada undangan tersebut.

5. Buat bentuk undangan yang simpel dan menarik
Penggunaan bentukk undangan yang baik adalah udangan dengan bentuk yang simpel dan menarik. Jangan pernah membuat bentuk sebuah undangan yang terlalu berlebihan, karena hal tersebut tentu akan merusak sebuah desain yang dihadirkan oleh undangan tersebut.

Untuk itu pemilihan bentuk undangan yang baik untuk acara anak-anak seperti ini adalah undangan dengan bentuk sederhana dan menarik. Ya bisa disesuaikan saja dengan konsep dan kebutuhan.
 

B. Contoh undangan reuni sd

Inti dari pembahasan ini memang untuk memberikan contoh langsung bagaimana bentuk undangan yang bisa dibuat. Harapannya adalah bisa menjadi inspirasi bagi rekan semua yang membutuhkan. Tidak sempurna tapi bisa dijadikan tambahan referensi bukan?

Berkaitan dengan contoh tadi, untuk surat ini bisa dibuat dalam beberapa jenis sesuai inti acara yang akan digunakan. Nanti tema suratnya bisa disesuaikan lebih lanjut. Contohnya undangan ini bisa dibuat khusus untuk acara berikut!

1) Reuni teman SD
Reuni teman SD sudah tentu sebuah acara yang bisa diaplikasikan dengan undangan reuni SD, karena memang udangan reuni SD adalah sebuah undangan yang diperuntungkan untuk acara ini. Dengan demikian anda yang hendak mengadakan sebuah acara reuni SD, bisa menyimak informasi ini lebih lanjut.

2) Reuni teman sekolah SD Islam
Reuni teman sekolah SD Islam juga termasuk ke dalam sebuah target dari pada undangan reuni SD. Yang mana memang tidak ada perbedaan SD umum dan SD Islam. Hanya saja dari segi cara belajarnya sedikit berbeda, karena SD Islam cendrung fokus ke dalam agama.

Surat Undangan Reuni SD

Tetapi SD Islam dan SD umum, mempunyai kedudukan yang sama, dengan demikian apabila mengadakan sebuah reuni maka udangan yang dipakai juga mempunyai karakteristik yang sama.

3) Reuni teman pondok/pesantren
Reuni teman Pondok juga merupakan sebuah objek yang bisa diberlakukannya sebuah undangan ini. Meskipun SD dan pondok pesantren berbeda, tetapi keduanya adalah sebuah acara non formal, untuk itu dalam pembuatan undangannya memiliki karakteristik yang sama.

Supaya lebih jelas dengan apa yang sudah disampaikan di atas, sudah disiapkan sebuah contoh sederhana untuk anda yang membutuhkan. Dengan contoh untuk undangan reuni SD yang disertakan di atas mudah-mudahan bisa bermanfaat.