Contoh Surat Permohonan Kredit Bank

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Contoh Surat Permohonan Kredit Bank – ada senangnya sih sebenarnya kalau membahas mengenai surat yang satu ini. Pasalnya, kalau ada urusan dengan surat permohonan seperti ini maka artinya si pemohon akan mendapatkan suntikan dana pinjaman. Atau paling tidak memang sedang berusaha untuk mendapatkan pinjaman modal.

Yang satu ini memang banyak dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, yang pasti ketika berurusan dengan modal usaha. Karena pada umumnya pengajuan kredit akan dilakukan untuk mendapatkan tambahan modal guna menjalankan usaha. Maka sangat penting untuk belajar bagaimana membuat atau menulis surat seperti ini.

Memang, ada kalanya ketika akan mengajukan pinjaman seperti ini kadang anda bisa meminta bantuan kepada orang lain untuk mengurusnya. Tetapi akan lebih mudah dan ringkas jika anda bisa membuat sendiri atau mengurus sendiri berbagai keperluan dalam pengajuan yang akan anda lakukan.

Dengan mengurus sendiri maka anda bisa lebih leluasa dan juga tidak perlu tergantung kepada orang lain. Jangan bingung, tidak perlu takut jika anda belum tahu bagaimana surat pengajuan hutang tersebut, berikut kita akan membahasnya agar lebih jelas.

Pada pembahasan ini pertama akan kita bahas bagaimana cara menulis atau membuat surat yang anda butuhkan. Selain itu nanti juga akan diberikan atau disertakan contohnya sekaligus agar lebih jelas. Jadi tidak ada alasan bagi anda untuk kesulitan dalam membuat permohonan yang anda butuhkan.

1) Cara membuat surat permohonan kredit

Apa yang perlu disiapkan ketika hendak membuat surat permohonan kredit ke bank? Anda pernah dengar tentang surat permohonan restrukturisasi kredit bukan? Ya sekedar ingat saja, dulu pernah berkaitan juga dengan hal ini dalam membuat pengajuan pinjaman tersebut. Lalu bagaimana sebenarnya cara untuk membuat surat yang kita butuhkan tadi, apakah sulit?

Pada dasarnya tidak ada yang sulit dalam membuat atau menulis surat seperti ini. Apalagi jika kita bisa memahami apa yang seharusnya ada dalam surat tersebut. Dalam arti kita tahu informasi apa saja yang harus ditulis dalam sebuah surat permohonan kredit tersebut.

Untuk gambaran saja, dalam surat seperti ini tentu ada beberapa hal atau informasi yang akan ditulis atau disampaikan. Informasi tersebut mengenai siapa yang akan mengajukan, diajukan kepada siapa, apa yang diajukan dan seterusnya.

Jadi dalam surat itu nantinya akan jelas pihak pemohon sekaligus detail permohonannya. Agar lebih jelas, ada beberapa informasi yang nanti ditulis yaitu antara lain seperti disebutkan di bawah ini!
a. Identitas pemohon
b. Lembaga yang dituju
c. Jumlah kredit yang diajukan
d. Waktu pelunasan kredit
e. Dokumen persyaratan

Jelas bahwa dalam surat tersebut nantinya akan ada nama berikut rincian pengajuan atau permohonan. Selain itu juga akan disebutkan dokumen apa saja yang akan disertakan sebagai persyaratan dalam mendapatkan kredit perbankan.

Itu tadi masalah isi, sedangkan untuk masalah bentuknya, surat ini juga mengikuti kaidah penulisan surat resmi dimana bentuk surat yang digunakan adalah bentuk baku. Begitu juga dengan kalimat atau bahasa surat yaitu menggunakan bahasa Indonesia baku.

Intinya dalam membuat surat ini tidaklah sulit. Yang bisa anda lakukan yaitu melihat atau mempelajari contoh yang sudah ada untuk kemudian menulis dengan data yang sesuai. Agar lebih jelas silahkan anda melihat contohnya dibagian bawah. Sebelum berikut contoh susunan kalimat yang dipergunakan.

Dengan hormat, Kami yang bertanda tangan di bawah ini: nama, tempat tanggal lahir, pekerjaan, alamat. Dengan ini kami mengajukan kepada Bapak, untuk mendapatkan Kredit dari BRI Unit Kampung Kalirejo Kantor Cabang Bandar Jaya sebesar Rp................... ( ……………….. ).

Kredit tersebut akan kami pergunakan untuk menambah modal usaha ................... dan kredit tersebut akan kami bayar dalam jangka waktu ......... bulan atau ...... tahun. Sebagai bahan pertimbangan bagi Bapak, dengan ini kami lampirkan:
1. Surat Tanah SKT, AKTE JUAL BELI dan SERTIFIKAT
2. Pas foto suami dan istri (4 x 6)
3. Foto copy KTP suami istri
4. Surat Keterangan SITU, SIUP, IMB
5. Petok Pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan

Demikian permohonan ini kami buat dengan sebenarnya, semoga Bapak berkenan mengabulkannya, sebelum dan sesudahnya kami haturkan terima kasih.

Kalimat atau kata-kata di atas adalah salah satu contoh isi yang bisa ditulis bagi anda yang ingin mengajukan pinjaman ke bank. Tidak harus sama tapi paling tidak kalimat di atas bisa dijadikan bahan pertimbangan bagi anda semua. Sekarang mari kita lihat ke bagian contoh.

2) Contoh format surat permohonan kredit

Bagi anda yang membutuhkan contoh surat permohonan kredit baik itu untuk kredit barang, kredit konstruksi atau mungkin contoh surat permohonan kredit bank mandiri bisa mempelajari contoh format atau draft surat yang disediakan dibagian akhir pembahasan ini. Anda bisa mempelajari dengan leluasa bagaimana bentuk dari surat yang akan anda buat.

Setelah melihat sendiri bagaimana contoh surat permohonan pinjaman uang ke bank tadi maka pasti anda bisa dengan mudah membuatnya sendiri. Bagi yang sudah tidak sabar ingin tahu bagaimana format dari surat tadi bisa melihatnya langsung di bawah ini.

Surat Permohonan Kredit Bank
Contoh Draft Surat Permohonan Pinjaman Kredit Bank

Tidak berbeda dengan surat resmi lain bukan? Kalau dilihat sekilas surat ini memang mirip dengan jenis surat permohonan bantuan khususnya dalam hal bentuk penulisannya. Sekarang sudah jelas bukan bagaimana suratnya. Setelah ini anda pasti bisa membuat sendiri surat tersebut di rumah.

Karena contohnya sudah diberikan nama pembahasan ini pun selesai. Nah, bagi yang membutuhkan contoh tersebut anda bisa menyalin gambarnya kemudian mencetaknya. Atau bisa ditulis ulang bagaimana bentuk dan kata-kata yang digunakan dalam pengajuan pinjaman. Sampai disini, mudah-mudahan bermanfaat!