Contoh Draft Struk Pembayaran

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Contoh Draft Struk Pembayaran - Hari ini kita akan berbicara mengenai salah satu bentuk bukti pembayaran yaitu truk. Yang akan kita bicarakan lebih jauh adalah mengenai bagaimana bentuk dari struk terutama berkaitan dengan ciri-cirinya. Selain itu kita juga akan membahas mengenai informasi apa yang bisa dilihat dalam bukti pembayaran tersebut. Tak lupa juga kita akan melihat beberapa contoh draft struck yang bisa kita pelajari bersama.

Perlu kita ketahui, struk adalah bukti pembayaran yang di dalamnya berisi informasi pembayaran yang telah diberikan oleh seseorang. Dapat dikatakan juga bahwa struk adalah kertas hasil cetakan kasir atau teller sebagai bukti transaksi yang telah dilakukan. Dalam kehidupan kita sering sekali mendapatkan truk untuk berbagai bukti pembayaran yang telah kita lakukan misalnya saat setor atau tarik tunai uang dari bank, pembelian di supermarket, pembayaran tagihan dan lain sebagainya.

Dari pengertian struk di atas jelas sekali bahwa fungsi struk adalah sebagai bukti transaksi yang terjadi. Di dalamnya akan berisi berbagai informasi yang berkaitan dengan transaksi yang telah dilakukan tersebut. Berbagai jenis truk yang seringkali kita dapatkan antara lain yaitu:

1) Struk pembayaran pdam
2) Struk pembayaran telepon
3) Struk pembayaran tagihan listrik
4) Struk pembayaran pbb
5) Struk pembayaran speedy
6) Struk pembayaran listrik online
7) Struk pembayaran tagihan telkom
8) Struk pembayaran hotel

Beberapa hal di atas telah memberikan gambaran ringkas kepada kita mengenai apa yang dimaksud dengan struk. Sekarang mari kita pelajari lebih jauh mengenai bukti transaksi tersebut dengan mempelajari berbagai informasi yang ada dalam struk dan juga contohnya.

Informasi penting dalam struk pembayaran

Apakah struk berguna bagi kita? Tentu saja, struk tidak akan dibuat jika tidak memiliki kegunaan tertentu. Kegunaan struk sendiri bisa dilihat dari fungsinya seperti telah disinggung di awal yaitu sebagai bukti transaksi yang telah kita lakukan. Dengan adanya alat bukti ini maka kita bisa melihat lebih rinci tentang transaksi yang telah kita lakukan. Lalu apa pentingnya?

Di dalam sebuah struk kita bisa melihat detail dari transaksi yang terjadi. Disana akan tertera bentuk transaksi yang sudah dilakukan berikut data yang berkaitan dengan transaksi tersebut. Sebagai contoh, untuk struk pembelian dari supermarket disana kita akan mengetahui detail dari transaksi pembelian yang kita lakukan, apa saja detailnya?

Detail informasi yang bisa kita ketahui dalam transaksi pembelian di supermarket antara lain yaitu dimulai dari nama tempat dimana kita melakukan pembelian, selanjutnya ada informasi mengenai waktu baik itu hari tanggal terjadinya pembelian. Yang lebih penting, dalam bukti tersebut tentunya ada nama item atau barang yang kita beli dan juga rincian harganya sekaligus. Harga ini biasanya terdiri dari harga satuan dan total harga. Selain itu tentu akan ada informasi mengenai jumlah item yang di beli.

Dari contoh di atas jelas sekali bahwa struk memiliki fungsi yang cukup penting salah satunya sebagai alat untuk mengetahui detail transaksi yang kita lakukan. Ilustrasi dan penjelasan di atas membuat kita tahu bahwa setidaknya dalam sebuah struk akan terdapat beberapa informasi penting sebagai berikut:

a) Pihak - pihak yang terlibat
b) Detail transaksi
c) Nominal uang dalam transaksi

Informasi pertama akan berisi ringkas tentang pihak yang berkaitan misalnya dalam jual beli akan ada nama penjual dan konsumen, dalam transaksi bank ada identitas bank dan nama konsumennya. Kemudian, kedua akan ada informasi mengenai transaksi yang terjadi misalnya transaksi pembelian, setor tunai, tari tunai dan lain sebagainya.

Ketiga, dalam sebuah struk akan termuat nominal uang yang digunakan baik secara rinci maupun secara global. Dalam struk pembayaran listrik misalnya, kita akan mendapatkan informasi biaya pemakaian listrik, biaya admin dan juga total biaya yang dibayarkan.

Contoh Struk Pembayaran

Di atas telah kita bahas panjang lebar mengenai berbagai informasi yang ada dalam sebuah struk, sekarang yang akan kita bahas selanjutnya adalah mengenai Contoh Draft Struk Pembayaran agar kita bisa lebih jelas mengetahui bagaimana bentuk dan cici-ciri dari struk tersebut. Agar lebih jelas mari kita pelajari langsung contoh struk di bawah ini.

Struk Pembayaran Listrik

Bagaimana, dari dua contoh dalam satu gambar di atas sekarang kita sudah tahu bagaimana bentuk struk bukan? Coba perhatikan berbagai informasi yang ada di dalam gambar di atas? Disitu terlihat bahwa bukti transaksi ini memiliki bentuk dan informasi yang ringkas, padat dan jelas. Kalau kita lihat kembali, bentuk dari struk di atas mirip dengan bentuk surat resmi yaitu terdiri dari kop atau kepala surat, isi surat dan kemudian penutup. 

Itulah sedikit yang bisa kita gali mengenai contoh struk, semoga pembahasan ini bisa menjadi bahan referensi dan bahan belajar kita semua. Itu saja, terima kasih telah mengikuti pembahasan Contoh Draft Struk Pembayaran ini sampai selesai. Sampai bertemu lain waktu.