Contoh Surat Pernyataan Wali Nikah

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Apa yang akan kita pelajari kali ini adalah Contoh Surat Pernyataan Wali Nikah yang dibuat untuk keperluan pernikahan. Pernyataan wali nikah ini dibuat jika wali tidak bisa menikah-kan sendiri anaknya jadi biasanya dia akan menunjuk orang lain sebagai wakil untuk menikahkan anaknya tersebut. Biasanya, wali yang tidak dapat menikahkan anaknya akan mewakilkannya kepada penghulu. Kalau diwakilkan kepada penghulu biasanya tidak membutuhkan pernyataan tetapi dalam hal ini jika penghulu juga berhalangan dan tidak dapat dijadikan wakil maka wali nikah bisa meminta pejabat pemerintah yang berwenang untuk mewakili dirinya.

Dalam kehidupan sehari-hari, biasanya kalau penghulu sedang berhalangan pasti akan ada pemberitahuan terlebih dahulu kepada orang tua atau wali. Jika memang dibutuhkan, pejabat berwenang akan menginformasikan kepada orang tua untuk menyiapkan Surat Pernyataan Wali Nikah. Supaya mudah biasanya pejabat berwenang akan membuatnya langsung dan orang tua atau wali tinggal menandatangani saja. 

Jika tidak begitu maka orang tua atau wali harus membuat surat tersebut sendiri. Nah, agar tidak ada kendala dalam menyiapkan pernikahan putri kita maka tidak ada salahnya kita belajar membuat pernyataan tersebut. 

Cara Membuat Pernyataan Wali Nikah

Tidak ada yang sulit sebenarnya untuk membuat pernyataan ini. Kita hanya perlu mengetik beberapa kalimat saja dalam surat tersebut. Meski begitu kita harus tahu apa saja yang harus ditulis dalam pernyataan seperti ini dan bagaimana menulisnya dalam bentuk surat.

Pertama kita harus tahu informasi apa saja yang ada dalam pernyataan tersebut. Jika anda akan membuat pernyataan seperti ini maka anda harus menyiapkan beberapa informasi sebagai berikut:

a. Data diri pembuat pernyataan
b. Data diri anak yang akan menikah
c. Isi pernyataan
d. Meterai cukup

Dalam pernyataan kita pertama kali harus menyebutkan identitas kita sebagai pembuat pernyataan. Biasanya dalam pernyataan kita akan memakai kalimat pembuka "Saya yang bertanda tangan di bawah ini" yang kemudian akan diikuti dengan data diri kita. Data diri yang dimaksud antara lain sebagai berikut:
  1. Nama
  2. Tempat dan tanggal lahir
  3. Agama
  4. Pekerjaan
  5. Alamat
Untuk nama biasanya akan ditulis dengan huruf kapital tapi bisa juga tidak dengan huruf besar kecil. Setelah bagian itu maka bagian selanjutnya akan berisi kalimat pernyataan yang akan kita buat, contohnya "Dengan ini menyatakan bahwa ..."

Setelah kalimat di atas biasanya akan diberikan informasi berkaitan, dalam hal ini informasi mengenai anak yang akan dinikahkan yaitu putri kita. Bagian terakhir seperti biasa ada kalimat penutup sebagaimana surat pernyataan biasanya. 

Pernyataan wali ini akan kita tanda tangani di atas meterai dan diketahui juga oleh kepala kampung atau lurah. Terakhir, surat ini dibuat dengan menggunakan bahasa Indonesia baku dan ditulis sesuai kaidah penulisan surat resmi

Contoh Draft Surat Pernyataan Wali Nikah

Biar tidak susah, agar tidak bingung dalam membuatnya maka kita bisa mempelajari contoh yang akan diberikan di bawah ini. Berikut ada sebuah contoh draft yang bisa kita gunakan sebagai bahan perbandingan sebelum menyusun pernyataan yang akan dibuat. 

Selain yang berbentuk tulisan, berikut juga akan disertakan sebuah gambar yang sudah jadi dari draft surat pernyataan tersebut. Kita bisa mempelajari dan melihatnya untuk contoh. Selengkapnya contoh tersebut yaitu sebagai berikut!

  
SURAT PERNYATAAN


Yang bertanda tangan di bawah:

Nama                                       : ________________________
Tempat dan tanggal lahir        : ________________________
Agama                                     : ________________________
Pekerjaan                                 : ________________________
Alamat                                                : ________________________
  ________________________
  
Dengan ini menyatakan telah meminta kepada petugas KUA atau P3N untuk menikahkan anak kami yaitu:

Nama
: ________________________
Jenis Kelamin
: ________________________
Tempat dan tanggal lahir
: ________________________
Agama
: ________________________
Pekerjaan
: ________________________
Alamat
: ________________________
  ________________________
Binti
: ________________________
Status
: ________________________

Jika dikemudian hari terjadi permasalahan yang berkaitan dengan pernikahan tersebut maka segala urusan akan menjadi tanggung jawab saya pribadi dan saya tidak akan melibatkan pihak lain.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya tanpa ada paksaan dari pihak mana pun untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.



Contohsaja, _______________ 2015
Mengetahui
Kepala Kampung                                                        Yang Membuat Pernyataan




______________                                                        _______________




Contoh Surat Pernyataan Wali Nikah
Surat Pernyataan Wali Nikah

Hanya untuk cadangan dan bahan belajar saja, mudah-mudahan kita tidak perlu repot membuat pernyataan seperti ini saat hendak menikahkan putra putri kita. Semoga dengan adanya Contoh Surat Pernyataan Wali Nikah tersebut bisa bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa lihat beberapa contoh lain di bagian akhir tulisan ini.