Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Via Email

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Via Email - Dalam mencari pekerjaan yang diimpikan terkadang kita harus melakukan hal yang jarang dilakukan seperti misalnya mengirim surat lamaran dengan email atau surat elektronik.

Jika kita belum pernah melakukannya tentu hal ini akan menjadi kendala yang harus dipecahkan. Jika anda tidak ingin kehilangan posisi atau jabatan yang diinginkan hanya karena tidak bisa membuat lamaran dengan surat elektronik ini maka sebaiknya anda baca baik-baik penjelasan berikut.

Surat lamaran bisa dibagi dalam banyak jenis misalnya saja ada lamaran yang harus dikirim sendiri dan ada lamaran yang bisa dikirim lewat kantor pos dan lain sebagainya. Beberapa yang paling sering yaitu antara lain:
1. Lamaran pekerjaan via kantor pos
2. Lamaran kerjaan kirim langsung
3. Lamaran kerja online, dst

Kali ini kita tidak akan membahas hal yang terlalu luas tetapi kita hanya fokus pada satu materi yaitu mengenai "Surat Lamaran Kerja Via Email". Jika anda membutuhkan lamaran seperti ini maka anda bisa belajar membuat dan juga melihat contoh yang disediakan disini.

Cara Membuat Lamaran Kerja Via Email

Yang belum pernah membuat surat lamaran dengan cara ini mungkin sedikit bingung dan belum tahu bagaimana caranya. Sebenarnya tidak ada yang berbeda dengan lamaran pekerjaan yang satu ini. Perbedaannya adalah hanya pada proses pengiriman dan penulisannya saja.

Kalau dalam lamaran yang biasa, surat lamaran pekerjaan di buat di atas kertas baik itu ditulis tangan maupun diketik rapi dengan komputer sedangkan untuk lamaran via email lamaran ini ditulis langsung pada surat elektronik (email) dan tidak dicetak. Ada beberapa hal yang harus kita miliki untuk membuat lamaran seperti ini yaitu:
1. Koneksi internet yang cukup cepat
2. Alamat email

Karena bentuknya surel maka untuk mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email maka kita harus memiliki koneksi (sambungan) internet. Sambungan internet ini nantinya akan digunakan untuk pengiriman email tersebut, jika tidak ada bisa menggunakan modem atau warnet.

Selain koneksi internet yang harus kita miliki sebelum mengirim lamaran ini adalah alamat email kita. Alamat email ini bisa menggunakan email yahoo, google dan sebagainya. Jika belum ada maka anda harus membuatnya terlebih dahulu. Setelah dua hal tersebut ada maka kita bisa mulai membuat lamaran via email ini dengan langkah sebagai berikut:
1. Masuk ke akun email yang anda miliki
2. Buka menu tulis email baru (compose)
3. Pada bagian kepada (To) tulis alamat email penerima
4. Pada bagian Subject tulis Jabatan yang diinginkan (bisa disesuaikan dengan ketentuan)
5. Bagian cc dan lainnya dikosongkan saja
6. Tulis surat lamaran anda pada bagian isi
7. Tambahkan lampiran (jika ada)
8. Setelah selesai kirim lamaran tersebut dengan mengklik tombol kirim (send)

Jika tidak ada kendala pada jaringan anda maka sampai disini surat lamaran anda telah dikirim. Anda tinggal menunggu proses selanjutnya.

Proses pembuatan dan pengiriman email pada umumnya hampir sama namun mungkin akan sedikit berbeda tata letak dan bahasanya sesuai dengan email yang anda gunakan. Anda bisa mengirim lamaran kerja via email yahoo atau mengirim lamaran via email google (gmail).

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Terbaru

Jika tadi anda sudah belajar bagaimana membuat dan juga mengirimkan lamaran pekerjaan dengan email maka sekarang anda bisa mempelajarinya lebih lanjut dengan melihat contoh email lamaran yang digunakan. Berikut ini adalah contoh lamaran kerja via email yang bisa anda jadikan bahan belajar dan referensi, silahkan dibaca.

=======================================

To : Jaya.Tunggal@PTgroup.com
Cc : -
Subject : Operator Komputer

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi pada blog/website di internet, bahwa "PT jaya Tunggal" membutuhkan beberapa lowongan kerja dalam kategori operator komputer, maka yang bertanda tangan di bawah ini, saya :

Nama : Wandi Listiono
Alamat : Jln Saguling Babakan Tataan
Tempat, Tanggal Lahir : Gading, 01 Juli 1985
Tendidikan : SMAN 1 Ombool

Bermaksud untuk mengisi lowongan pada pekerjaan tersebut. Bersama ini saya lampirkan satu lembar daftar riwayat hidup dan data pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan dalam bentuk attachment.

Bila dikehendaki, saya bersedia memenuhi panggilan Bapak/Ibu untuk dites dan diwawancarai. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

(Wandi Listiono)

=======================================

Anda bisa menggunakan contoh di atas sebagai referensi dan bahan belajar. Perlu anda ingat, contoh di atas hanyalah sebagai acuan saja, jika anda ingin mengirimkan lamaran pastikan anda menggunakan format surat yang paling resmi.

Dengan pembahasan mengenai Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Via Email ini mudah-mudahan kedepan jika anda harus mengirim email lamaran anda tidak perlu pusing lagi karena sudah tahu caranya. Lain waktu kita akan sambung lagi dengan beberapa tips menulis surat lamaran yang pastinya bermanfaat bagi anda semua.