Contoh Curriculum Vitae (CV) Daftar Riwayat Hidup

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup tentu anda butuhkan saat anda hendak mengirimkan lamaran kerja. Meski bisa dikatakan sangat mudah tapi mungkin anda belum paham bagaimana membuat CV tersebut untuk itulah akan dibahas disini lengkap dengan contohnya. Anda bisa belajar membuatnya baik dari penjelasan maupun dari draft atau format yang disertakan.

Dalam surat lamaran pekerjaan, Curriculum Vitae (CV) ini merupakan salah satu hal penting yang harus anda perhatikan. Jika anda asal-asalan membuatnya bukan tidak mungkin lamaran yang sudah diajukan akan dikembalikan atau ditolak. Tidak mau mengalami hal itu bukan? Silahkan anda pelajari penjelasan lengkap mengenai hal tersebut pada uraian di bawah.

Bagaimanakah bentuk cv yang baik dan benar? Apa saja informasi yang harus ada dalam jenis surat ini? Dari pada anda bertanya-tanya tak jelas tanpa ada penjelasan lebih baik anda langsung melihat contohnya berikut ini, lumayan bisa buat belajar dan referensi tambahan, mau?

Cara Menyusun Curriculum Vitae (CV)

Bingung bagaimana membuat cv, tidak tahu sama sekali bentuknya? Baiklah, anda bisa menyusun dengan cara yang sangat mudah dengan beberapa tips dan teknik berikut.

Yang perlu anda perhatikan dalam pembuatan cv adalah bagaimana bentuknya dan apa saja informasi yang harus diberikan. Perlu anda ketahui bahwa Curriculum Vitae (CV) adalah sebuah dokumen yang berisi informasi tentang pengalaman dan juga kualifikasi atau kemampuan seseorang. CV ini dibuat dengan bahasa baku dengan bentuk yang sudah ditentukan. Dalam menyusun nya anda perlu memperhatikan beberapa informasi berikut:

1. Informasi dasar
2. Informasi tentang kemampuan, skill atau kualifikasi
3. Informasi tentang pengalaman

Yang dimaksud dengan informasi dasar yaitu mengenai data diri yang akan memuat detail data diri anda mulai dari nama, ttl, status dan juga nomor kontak.

Setelah informasi mengenai data tersebut anda juga akan memberikan informasi mengenai kualifikasi yang didalamnya ada riwayat pendidikan. Anda akan menuliskan detail pendidikan anda pada bagian ini mulai dari pendidikan dasar sampai perkuliahan.

Yang tak kalah penting dalam Daftar Riwayat Hidup ini yaitu informasi mengenai pengalaman. Bagian ini akan memuat detail pengalaman anda baik itu organisasi maupun pengalaman bekerja. Perlu anda ingat, anda tidak boleh memberikan informasi yang tidak dibutuhkan dalam surat ini, jadi semuanya sudah ditentukan.

Contoh Format Curriculum Vitae (CV)

Cara yang paling mudah dalam belajar membuat cv adalah dengan mempelajari contohnya. Untuk anda yang ingin bisa membuat surat ini anda bisa mempelajari contoh format daftar riwayat hidup berikut ini. Mudah-mudahan dengan adanya contoh ini anda lebih mudah dalam membuatnya, silahkan disimak.



DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA PRIBADI
1. Nama Lengkap                    : .................................................
2. Tempat, Tanggal Lahir        : .................................................
3. Domisili                               :..................................................
4. Jenis Kelamin                      :..................................................
5. Agama                                 : ..................................................
6. Status                                  : ...................................................
7. Tinggi / Berat Badan           : ...................................................
8. Telepon / Hp                       : ...................................................
9. E-mail                                  : ...................................................

RIWAYAT PENDIDIKAN

A. Formal
1. (………) Lulus ………………………………..
2. (………) Lulus ………………………………..
3. (………) Lulus ………………………………..
4. (………) Lulus Universitas ………………………………..
5. (………) Lulus Universitas ………………………………..

B. Non Formal
1. (………) Lulus ………………………………..
2. (………) Lulus ………………………………..

KETERAMPILAN
1. Menguasai komputer ( MS Word, Excel )
2. Menguasai Bahasa Inggris dengan fasih

PENGALAMAN KERJA
1. PT. ……………………….., ……………….. s.d. ………………..
1. PT. ……………………….., ……………….. s.d. ………………..

1. PT. ……………………….., ……………….. s.d. ………………..

Di atas adalah contoh saja, silahkan gunakan sesuai dengan ketentuan dan tata penulisan yang sesuai dan baku. Bentuk dan isi dari Contoh Curriculum Vitae (CV) Daftar Riwayat Hidup di atas bisa saja berbeda satu sama lain.

Tidak perlu dicetak tebal, ditulis biasa saja, dan pastikan anda cek dengan format CV lain yang ada baik dari perusahaan maupun instansi terkait.

Cukup sampai disini saja obrolan kita mengenai jenis surat tersebut. Saya sangat berharap apa yang diuraikan di atas dapat menjadi bahan belajar anda semua yang membutuhkan. Untuk lainnya, anda bisa mempelajari juga cara penulisan lamaran pekerjaan dan juga contoh lamaran di bagian akhir tulisan ini. Itu saja, sampai bertemu lain waktu.