Surat Keterangan Beda Nama KTP dan KK

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Surat Keterangan Beda Nama pada KTP dan KK - Satu jenis surat yang biasanya juga banyak dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari adalah Surat Keterangan Beda Nama. Jenis surat ini berisi keterangan mengenai perbedaan nama pada identitas pemiliknya bisa berupa dari kartu penduduk, kartu keluarga dan lain sebagainya. Yang akan kita bahas kali ini adalah contoh surat yang menerangkan adanya perbedaan nama yang terjadi karena kesalahan penulisan. 

Dilihat dari sisi kepentingannya tentu saja surat keterangan ini dibuat oleh pejabat yang berwenang dan bukan dibuat oleh kita sendiri. Dalam hal ini keterangan beda nama biasa dibuat oleh kepala kampung atau kepala desa. Jadi, jika kita membutuhkan surat ini sebenarnya kita tinggal datang saja ke kelurahan untuk mengurusnya. 

Meski begitu kita juga bisa belajar membuat sendiri format surat ini demi kelancaran proses pembuatan surat tersebut. Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat keterangan ini adalah bahwa keterangan ini merupakan surat resmi yang ditulis sesuai dengan kaidah penulisan surat resmi. Karena itu, keterangan ini ditulis menggunakan bahasa baku yaitu bahasa Indonesia yang baik dan benar. 

Tata Penulisan Surat Keterangan Beda Nama

Seperti sudah disinggung di bagian awal, keterangan ini merupakan jenis surat resmi yang penulisannya harus memenuhi kaidah baku penulisan surat. Beberapa ciri dalam hal bentuk dan isi suratnya terdiri dari beberapa poin berikut.

1. Menggunakan bahasa baku
2. Menggunakan tata penulisan sesuai kaidah penulisan surat resmi
3. Menggunakan format penulisan baku
4. Isinya padat, jelas

Dalam surat resmi bahasa yang digunakan adalah bahasa baku demikian juga dengan surat keterangan yang satu ini. Selain itu baik tata penulisan, format dan juga isinya juga harus mengacu pada ketentuan dalam pembuatan surat resmi sebagaimana telah banyak kita bahas sebelumnya.

Mengenai isi surat, dalam keterangan ini ada beberapa identitas yang harus disertakan. Identitas tersebut termasuk di dalamnya adalah:

a. Identitas si pemberi keterangan
b. Identitas yang diberi keterangan

Untuk identitas pemberi keterangan tentu saja merupakan identitas kepala kampung atau kepala desa yang menerangkan yaitu terdiri dari nama, jabatan dan juga alamat. 

Sedangkan identitas yang diberi keterangan biasanya sesuai dengan kartu identitas yang ada contohnya terdiri dari:
- Nama
- No. Kartu Keluarga
- Tempat tanggal lahir
- Alamat

Demikian Surat Keterangan ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya dan dapat dipertanggungjawabkan. Atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih. Agar lebih jelas mengenai bagaimana bentuk, susunan dan juga isi dari Surat Keterangan Beda Nama ini mari kita lihat contohnya di bagian bawah.

Contoh Draft Surat Keterangan Beda Nama pada KTP dan KK

Meski kita membaca penjelasan yang begitu rinci dan lengkap mengenai keterangan ini namun jika kita tidak melihat langsung contoh suratnya maka bisa saja kita bingung. Untuk itulah, pada kesempatan ini setelah mempelajari berbagai penjelasan di atas kita akan melihat juga contoh suratnya. 

Yang ada di bawah ini bukan contoh surat lengkapnya melainkan hanya draft surat tersebut. Kenapa hanya draft? Ya, dengan mengetahui draft suratnya bagaimana maka kita dapat dengan mudah mempelajari contohnya tanpa harus bingung mengenai berbagai informasi yang tidak sesuai seperti misalnya nama kabupaten, kecamatan dan lain sebagainya. Agar lebih jelas, mari kita lihat terlebih dahulu draft surat berikut ini.

Surat Keterangan Beda Nama KTP dan KK


Dengan adanya Surat Keterangan Beda Nama pada KTP dan KK di atas maka diharapkan dapat membantu kita yang membutuhkan surat keterangan ini. Jadi, intinya adalah, keterangan beda nama dibuat jika terjadi kesalahan penulisan nama yang tidak sesuai dengan identitas lain yang kita miliki. Sebagai contoh antara data di KTP dan di KK yang namanya tertulis beda padahal orangnya sama. Misalnya di KTP nama kita ditulis dengan ejaan ANDY padahal yang benar adalah ANDI seperti tertulis pada kartu keluarga (KK). 

Itu saja, mudah-mudahan apa yang kita pelajari hari ini dapat berguna dalam kehidupan kita sehari - hari. Jika masih ada yang lain silahkan lihat pada beberapa pembahasan terkait di bagian akhir tulisan ini. Kita akan terus membahas berbagai keperluan kita berkaitan dengan surat menyurat yang banyak kita butuhkan. Itu saja, terima kasih!