Contoh Surat Keterangan Sewa Lahan dari Kelurahan

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Contoh Surat Keterangan Sewa Lahan dari Kelurahan - Untuk kebutuhan pengajuan kredit di bank ada kalanya kita membutuhkan model surat keterangan seperti ini, sebut saja misalnya ketika mengajukan kredit KUR di bank. Untuk itulah perlu kita bahas lebih jauh bagaimana bentuk dari surat keterangan sewa lahan tersebut.

Sewa di sini adalah sewa lahan garapan, jadi yang bersangkutan akan menyewa lahan garapan untuk usaha di bidang pertanian. Bentuk atau jenis surat sewa tanah seperti ini sendiri sebenarnya ada dua macam.

Pertama yang berbentuk pernyataan atau perjanjian sewa lahan yang dibuat oleh kedua pihak yang bersangkutan. Yang kedua adalah yang berbentuk keterangan dari aparat kampung yaitu keterangan sewa lahan garapan.

Jika anda membutuhkan surat ini maka kedua jenis surat tersebut bisa anda siapkan atau anda ketik sendiri. Khusus untuk perjanjian sewa maka anda tinggal membuat sendiri karena hanya ditandatangani oleh kedua yang bersangkutan. Untuk keterangan maka bisa disiapkan sendiri dan kemudian menghubungi aparat kampung.

Surat keterangan sewa lahan garapan tersebut dibuat oleh pejabat kampung atau kelurahan dalam hal ini kepala kampung setempat. Pada intinya, isi surat tersebut adalah menerangkan bahwa benar ada seseorang warga kampung yang menyewa lahan untuk kebutuhan usaha pertanian yang dijalankan.

Kalau dijelaskan panjang lebar pasti akan tambah bingung apalagi jika tidak diikuti langsung dengan contoh suratnya. Maka dari itu kali ini akan dibahas dua hal penting yaitu cara pembuatan dan juga contoh. Agar lebih jelas mari kita bahas satu per satu.

1) Cara mengetik surat keterangan sewa lahan

Sekarang kita bahas lebih jauh, untuk membuat surat ini mudah kok. Khusus untuk yang bentuknya perjanjian maka anda bisa mempelajari langsung contoh surat perjanjian sewa tanah yang sebelumnya telah di bahas. Karena jika yang anda butuhkan adalah perjanjian maka anda bisa membuat sendiri surat tersebut yang nantinya ditanda tangani oleh penyewa dan pemilik lahan.

Bentuk suratnya hampir sama dengan perjanjian lain dimana ada data pemilik dan penyewa berikut lahan yang disewa lengkap dengan luas, letak dan juga harga sewa serta masa sewanya. Perjanjian tersebut dibuat rangkap dan ditandatangani di atas materai yang cukup.

Jenis surat perjanjian tersebut hampir sama bentuknya dengan contoh surat perjanjian sewa rumah, surat perjanjian sewa menyewa tanah, surat perjanjian sewa tempat usaha atau juga surat perjanjian sewa tanah sederhana. Yang membedakan hanya pada materi atau inti suratnya saja. Lalu bagaimana jika yang dibutuhkan adalah keterangan sewa?

Kalau yang dibutuhkan adalah keterangan maka untuk mendapatkannya anda bisa meminta ke aparat kampung dalam hal ini kepala kampung. Nanti disana anda akan dimintai data-data yang diberikan kemudian dibuatkan surat yang anda butuhkan tersebut.

Jika ada waktu luang, anda juga bisa menyiapkan sendiri surat yang dibutuhkan baru setelah itu mendatangi pejabat kampung untuk mendapatkan legalitas. Jadi, anda buat dan bawa surat tersebut untuk minta tanda tangan dan stempel dari kelurahan.

Bentuk surat ini sama saja dengan jenis surat keterangan lain. Di atas, surat diawali dengan kop kampung setempat yang kemudian diikuti dengan judul dan nomor surat pada bagian tengah halaman. Setelah itu isi suratnya sama dengan keterangan lain, yaitu diawali dengan “yang bertanda tangan di bawah ini, dst…”.

Setelah itu ada data pemohon dalam hal ini anda yang menyewa lahan kemudian diikuti dengan data lahan garapan yang disewa serta pemiliknya. Terakhir, surat tersebut akan ditandatangani oleh kepala kampung setempat dan diserahkan kepada anda.

2) Contoh surat keterangan sewa lahan garapan

Beberapa pengunjung pernah bertanya apakah surat ini sama dengan perjanjian sewa tanah di malaysia, sewa tanah pertanian dan juga sewa menyewa tanah kosong. Kalau dilihat dari isinya, beberapa surat tersebut masuk dalam kategori surat perjanjian jadi sama dengan perjanjian sewa tetapi untuk surat keterangan dari kelurahan tentu berbeda.

Lalu bagaimana sebenarnya bentuk dari surat ini? Kalau anda sering menggunakan atau mengurus surat keterangan pasti tidak bingung dengan surat ini. Karena intinya surat ini juga sama dengan surat keterangan lain, hanya beberapa hal saja yang berbeda. Agar lebih jelas silahkan perhatikan contoh format surat di bawah ini.

Surat Keterangan Sewa Lahan Garapan
Contoh Surat Keterangan Sewa Lahan

Sekarang sudah jelas bukan bagaimana bentuk dari keterangan sewa lahan tersebut? Ya, dari contoh di atas terlihat ada tiga poin informasi yang harus diperhatikan dengan baik. Informasi tersebut yaitu sebagai berikut!

a. Data diri penyewa lahan
b. Data diri pemilik lahan garapan
c. Data lahan garapan

Selain tiga hal di atas perlu dipastikan juga mengenai informasi sewa yang akan dilakukan yaitu mulai dari waktu atau lama sewa, harga sewa dan ketentuan lain yang mungkin dibutuhkan. Ya sudah, karena surat seperti ini tinggal anda minta saja ke keluarahan maka kita cukupkan sampai disini saja.

Semoga pembahasan kali ini bisa menambah bekal ilmu surat menyurat yang kita miliki. Jangan lupa, untuk melengkapi informasi di atas silahkan pelajari juga beberapa surat lain yang sudah disiapkan dibagian akhir pembasan. Pastikan anda selalu berkunjung ke sini untuk mencari contoh-contoh surat yang dibutuhkan.