Contoh Surat Pemberitahuan Kegiatan Ekstrakurikuler Sekolah

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Ada salah satu surat resmi sekolah yang biasanya di butuhkan oleh rekan pelajar khususnya pengurus kegiatan ekskul (ekstrakurikuler). Surat tersebut yaitu Surat Pemberitahuan Kegiatan Ekstrakurikuler. Ada banyak surat seperti ini yang dibutuhkan di sekolah, misalnya ada surat pemberitahuan rapat, pemberitahuan pentas seni, kegiatan class meeting dan kegiatan ekstra kurikuler. Untuk contoh kali ini yang akan di bahas adalah pemberitahuan kegiatan ekskul yaitu ekskul tari.

Yang akan di bahas dalam pertemuan kita kali ini ada beberapa informasi pentinya seperti misalnya mengenai cara membuat surat pemberitahuan kegiatan, bentuk surat pemberitahuan, dan juga contoh suratnya. Tujuan pembahasan ini adalah memberikan gambaran dan acuan dasar bagi anda semua dalam membuat atau menyusun surat tersebut. Untuk lebih jelas mari kita uraikan satu per satu.

Sesuai dengan judulnya, surat ini bertujuan sebagai sarana informasi dan pemberitahuan tentang suatu kegiatan yang akan dilaksanakan. Pemberitahuan ini akan diberikan kepada peserta kegiatan dan juga undangan. Karena merupakan surat resmi maka bentuk, susunan dan bahasa yang digunakan dalam surat ini akan mengacu pada aturan penulisan baku yang berlaku.

Cara Menyusun Surat Pemberitahuan Kegiatan Sekolah

Dalam membuat surat ini penyusun tidak boleh mengabaikan tujuan dibuatnya surat ini yaitu untuk memberitahukan suatu kegiatan. Dalam menyusun pemberitahuan seperti ini ada beberapa informasi penting yang hendaknya diperhatikan yaitu antara lain sebagai berikut:

1. Identitas penyelenggara
2. Jenis acara/kegiatan yang akan dilakukan
3. Waktu dan tempat kegiatan

Surat ini dalam penulisannya harus memuat dengan jelas identitas penyelenggara yaitu meliputi nama instansi penyelenggara, alamat dan juga penanggung jawab. Selanjutnya Surat Pemberitahuan Kegiatan harus membuat dengan jelas informasi mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu mulai dari nama, tujuan kegiatan, dan siapa yang akan terlibat di dalamnya. Selanjutnya harus ada juga pemberitahuan mengenai kapan dan dimana acara tersebut akan dilaksanakan. Di sini akan dimuat informasi mengenai hari, tanggal, waktu dan tempat acaranya.

Berbagai informasi tersebut di atas akan dikemas dalam sebuah surat yang tata penulisannya mengikuti kaidah penulisan yang baku yaitu dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan sesuai dengan format penulisan yang berlaku. Untuk penulisan sebaiknya anda mempertimbangkan beberapa catatan berikut:
a. Gunakan bahasa baku
b. Gunakan tata / format penulisan standar baku
c. Susunlah secara sistematis sesuai dengan tujuan
d. Singkat, padat dan jelas.
e. Dapat dipertanggung jawabkan

Intinya adalah bahwa jika anda ingin membuat surat pemberitahuan anda harus mengikuti kaidah yang telah ditentukan. Selanjutnya, supaya lebih jelas mengenai surat ini maka silahkan pelajari satu contoh yang akan diberikan berikut ini.

Contoh Surat Pemberitahuan Kegiatan Ekstrakurikuler

Seandainya tadi anda telah mengikuti penjelasan di atas dan belum begitu jelas mengenai hal ini maka anda bisa mempelajari dan mendalami contoh yang ada. Contoh ini merupakan contoh untuk Surat Pemberitahuan Kegiatan Ekstrakurikuler Sekolah yaitu untuk kegiatan ekskul kesenian. Bagaimanakah susunan dan format surat tersebut, silahkan lihat pada contoh di bawah ini.


KOP SEKOLAH
------------------------------------------------------------------------------

Nomor : …./SS-T/……/II/2014                                                      _____________, 1 Oktober 2014
Perihal : Pengumuman


Kepada Yth.
Bapak / Ibu Orang Tua/Wali Murid ......................................
di-
Tempat


Dengan hormat,

Dalam rangka pembelajaran Teknologi Komunikasi dan Informasi bagi para Siswa (i), maka kami dari Pengurus Sanggar Seni SMA Negeri Jakarta akan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler Pelatihan Seni Pementasan, yang dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal : Senin, 30 Oktober 2014
Waktu          : Pukul 15.00 WIB - Selesai
Tempat         : Aula SMA Negeri Jakarta

Kegiatan ekstrakurikuler tersebut diselenggarakan oleh Sanggar Tari SMA Negeri dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Siswa yang akan mengikuti kegiatan segera mendaftarkan diri kepada Sudiman (Guru Kesenian).
2. Membayar uang pendaftaran sebesar Rp 10.000,-
3. Menyetor pasfoto ukuran 3×4 sebanyak 3 lembar

Demikian pengumuman ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan banyak terima kasih.


Hormat kami
Sanggar Seni SMA Negeri,


FORMAT CONTOH SURAT
Ketua Umum

Dari contoh di atas anda bisa melihat bahwa dalam surat ini susunannya secara urut yaitu dimulai dengan kepala surat yaitu kop surat sekolah. Urutan penulisan yang ada pada contoh di atas yaitu sebagai berikut:
1. Kepala surat (kop)
2. Tangal, nomor dan perihal surat
3. Penerima
4. Salam pembuka
5. Pembukaan surat, isi dan penutup
6. Pengirim surat

Mudah-mudahan dengan sedikit penjelasan di atas anda bisa memahami dan dengan mudah dapat menyusun surat pemberitahuan kegiatan ekskul sekolah yang dibutuhkan. Jangan lupa, bentuk, susunan dan isi dari surat tersebut hanya dimaksudkan untuk contoh saja. 

Jika anda membutuhkan contoh lain anda bisa mencari di bagian pencarian atau anda bisa juga melihat beberapa surat lain di bagian bawah tulisan ini. Itu saja, semoga bermanfaat.