Surat Keterangan Pengalaman Kerja

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Contoh Surat Keterangan Pengalaman Kerja - Apa sebenarnya yang dimaksud dengan Keterangan Pengalaman Kerja? Jadi namanya juga sudah jelas bahwa surat keterangan ini adalah satu jenis surat resmi (formal) yang berisi tentang keterangan bahwa seseorang memiliki pengalaman kerja di suatu perusahaan. Karena contoh keterangan ini banyak di butuhkan maka pada artikel format contoh surat berikut akan kita bahas mendalam mengenai keterangan tersebut. Pembahasan akan meliputi pengertian atau definisi, fungsi surat, bagian surat dan cara membuat surat keterangan tersebut.

Seperti sudah di sebutkan di atas, keterangan pengalaman kerja adalah sebuah surat yang berisi keterangan bahwa seseorang pernah bekerja di perusahaan tertentu. Fungsi dari surat ini sudah tentu untuk memberikan keterangan atas pengalaman yang telah dimiliki oleh seseorang dalam bekerja di suatu perusahaan tertentu. Pertanyaannya, siapakah yang berwenang atau bisa memberikan keterangan seperti ini?

Di perusahaan, seseorang yang memiliki kewenangan untuk memberikan keterangan seperti ini tentunya adalah pemimpin yang menjalankan perusahaan dimana seseorang pekerja. Dalam hal ini yang dapat memberikan keterangan contohnya adalah direktur suatu perusahaan. Kepada siapa surat seperti ini diberikan, jawabannya adalah kepada seseorang yang pernah bekerja di perusahaan yang di pimpin.

Surat Keterangan Pengalaman Kerja biasanya di butuhkan seseorang ketika ia hendak melamar ke suatu perusahaan. Dalam lowongan pekerjaan biasanya di cantumkan bahwa seseorang harus memiliki pengalaman kerja tertentu sebelum dapat mengajukan surat lamaran, nah untuk bukti tersebutlah keterangan pengalaman ini di buat. Apakah keterangan seperti ini wajib? Ya bisa wajib bisa tidak semua tergantung kepada kebutuhan dan keadaan masing-masing orang. Lalu, jika kita membutuhkan keterangan pengalaman kerja kita harus bagaimana?

Untuk mendapatkan keterangan pengalaman kerja kita dapat datang dan meminta langsung ke perusahaan dimana sebelumnya kita bekerja. Hal ini karena pihak perusahaan lah yang berhak memberikan keterangan tersebut, jadi kita tinggal datang dan meminta kepada yang berwenang atau yang mewakili. Selain meminta langsung, kita juga bisa inisiatif untuk menyiapkan sendiri surat tersebut baru setelah itu kita datang untuk meminta pengesahan dari keterangan tersebut. Nah, bagi yang ingin tahu bagaimana cara membuat keterangan pengalaman kerja maka bisa mengikuti beberapa penjelasan di bawah ini.

Cara Membuat Surat Keterangan Pengalaman Kerja

Seperti di jelaskan di atas sebenarnya kita tidak perlu repot untuk membuat sendiri surat ini karena ini bukanlah wewenang kita. Meski begitu dalam usaha untuk mengurus keterangan pengalaman ini maka kita dapat membantu menyediakan surat tersebut secara pribadi untuk kemudian di berikan kepada perusahaan yang akan dimintai keterangan pengalaman tersebut. Jika kita ingin membuat keterangan itu maka bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

Keterangan ini memiliki bentuk sama seperti surat resmi lainnya. Dalam surat ini akan ada kop surat atau kepala surat, judul dan nomor surat dan lain sebagainya. Dari segi isi, keterangan ini akan memuat beberapa informasi sebagai berikut:

1. Data pemberi keterangan
2. Data yang di beri keterangan
3. Pernyataan keterangan
4. Undangan ulang tahun bahasa inggris

Pemberi keterangan adalah orang yang akan menerangkan bahwa kita pernah bekerja di perusahaan tersebut sedangkan yang diberi keterangan adalah kita. Untuk datanya, biasanya yang akan di cantumkan adalah:
- Untuk pemberi keterangan terdiri dari nama, jabatan dan alamat
- Untuk yang diterangkan terdiri dari nama dan alamat

Setidaknya data diri yang dibutuhkan seperti pada poin tersebut di atas. Selanjutnya, di awal surat ini akan di buka dengan kalimat yang pastinya sudah kita ketahui yaitu "Yang bertanda tangan di bawah ini:", setelah itu akan diikuti dengan data pemberi keterangan. Berikutnya akan diikuti dengan data yang akan di beri keterangan yaitu yang terdiri dari nama kita dan alamat kita. 

Setelah data nama bagian selanjutnya adalah isi keterangan, biasanya akan berisi keterangan lama bekerja, sebagai contoh kalimatnya seperti berikut "Benar telah bekerja pada perusahaan yang kami pimpin sejak 1 Desember 2010 sampai 4 Januari 2014 dengan jabatan terakhir Asisten Manajer Produksi. Selama menjadi karyawan kami, Saudara Nanalia Trisahlina telah menunjukkan dedikasi yang tinggi terhadap perusahaan. Dia mengundurkan diri atas kemauannya sendiri."

Isi bagian akhir surat keterangan ini akan di tutup dengan kalimat "Keterangan ini kami buat dengan sebenarnya agar pihak yang berkepentingan maklum." Sampai di situ kita tinggal memberi penutup yang berupa tempat dan tanggal surat serta tanda tangan yang berwenang. 

Contoh Surat Keterangan Pengalaman Kerja

Di atas telah panjang lebar di berikan penjelasan mengenai bagaimana menyusun dan membuat keterangan pengalaman kerja. Yang perlu benar-benar di ingat adalah bahwa surat keterangan ini adalah surat resmi jadi penulisannya harus mengikuti kaidah penulisan surat resmi yang baku dan sesuai dengan standar perusahaan yang bersangkutan.

Karena surat resmi maka tidak ada tempat untuk informasi yang tidak perlu, tak ada tempat untuk bahasa atau kalimat yang tidak baku, begitu juga dengan susunan dari surat tersebut. Karena di atas belum disertakan contohnya maka berikut silahkan di pelajari satu contoh surat tersebut.

Surat Keterangan Pengalaman Kerja

Selesai membaca artikel mengenai Surat Keterangan Pengalaman Kerja ini tentunya kita semua tidak akan bingung dan takut jika sewaktu-waktu membutuhkan keterangan pengalaman kerja. Dari sini kita bisa tahu bagaimana susunan surat keterangan ini, dan juga bagaimana cara membuat dan memperoleh keterangan tersebut. Itu saja, mudah-mudahan bisa menjadi tambahan referensi bagi kita semua yang membutuhkan. Salam sukses!