Contoh Surat Keterangan Kepemilikan Kendaraan

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Contoh Surat Keterangan Kepemilikan Kendaraan – siapa tahu ada yang membutuhkan contoh untuk surat yang satu ini. Kali ini kita akan membahas mengenai keterangan kepemilikan yang isinya menerangkan bahwa seseorang memang benar memiliki kendaraan tertentu. Ingin tahu bagaimana bentuk dari keterangan tersebut?

Tidak jauh berbeda dengan beberapa surat lain yang sebelumnya telah kita bahas, surat yang satu ini juga merupakan surat yang dikeluarkan oleh kantor kelurahan atau kampung. Dalam hal ini pejabat yang mengeluarkan adalah kepala kampung. Maka jika anda membutuhkan surat seperti ini anda bisa memintanya langsung ke kantor kepala desa.

Ada beberapa jenis surat seperti ini yang kadang kala dibutuhkan masyarakat. Sebut saja misalnya, di situs ini banyak juga pembaca yang mencari referensi mengenai contoh surat keterangan kepemilikan tanah, contoh surat pernyataan kepemilikan suatu barang atau bahkan mencari contoh surat pernyataan kepemilikan kendaraan roda dua.

Namanya juga kebutuhan, kadang kita memang tidak tahu sama sekali apa yang dibutuhkan sehingga harus bingung ke sana kemari untuk mencari contohnya. Misalnya saja yang berkaitan dengan pengurusan surat kepemilikan yaitu:

1) Surat keterangan kepemilikan tanah
2) Surat keterangan kepemilikan rumah
3) Surat keterangan kepemilikan saham
4) Surat keterangan kepemilikan usaha
5) Surat keterangan tidak memiliki kendaraan

Tapi tidak apa-apa, disini anda bisa menemukan banyak contoh surat menyurat yang dibutuhkan seperti jenis keterangan kendaraan ini. Lalu, untuk surat ini bagaimanakah cara mengurus surat tersebut?

Untuk mengurus surat keterangan kepemilikan kendaraan anda bisa langsung datang ke kantor kepala kampung, kelurahan atau desa. Jangan lupa siapkan dulu data-data yang akan digunakan dalam surat mulai dari identitas anda dan juga detail tentang kendaraan yang dimiliki. Di kantor kepala kampung anda tinggal minta surat tersebut dan petugas disana akan melayani surat tersebut.

Agar pengurusan surat bisa berjalan lancar ada baiknya anda membaca KTP dan juga surat kendaraan yang dimiliki. Dengan begitu detail informasi yang dibutuhkan bisa disiapkan langsung dengan baik. Terakhir tinggal berikan administrasi yang sesuai.

Lalu bagaimana jika ingin belajar menulis atau mengetik sendiri surat ini, apakah sulit? Kalau anda ingin menyiapkan sendiri surat ini maka sebenarnya tidak sulit. Surat ini juga sama dengan jenis surat keterangan lainnya. Bentuknya resmi, bahasanya baku dan dikeluarkan oleh pejabat kepala kampung.

Bagi anda yang ingin mencoba menulis sendiri surat ini tentu harus tahu bagaimana kalimat serta data informasi yang hendak diberikan. Berikut contoh kalimat dan isi dari keterangan tersebut, silahkan dipelajari dahulu.

Yang bertanda tangan dibawah ini kepala kampung …… kecamatan ……  kabupaten …… dengan ini menerangkan bahwa:

1. Nama
2. Umur
3. Pekerjaan
4. Alamat

Bahwa yang namanya tersebut di atas menurut pengetahuan kami memang benar memiliki sepeda motor An ................................ yang beralamat di …………………………… dengan ciri-ciri kendaraan sebagai berikut :

Jenis Kendaraan
Atas nama
Alamat           
Merk/Type
Tahun Pembuatan
Warna
No. Mesin
No. Rangka
No. Polisi
No. BPKB

Demikian surat keterangan ini kami buat dengan sebenarnya untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Di atas adalah contoh kalimat atau isi surat yang akan anda buat. Sekarang anda sudah dapat gambaran bukan bagaimana surat ini? Ya, ternyata tidak sulit juga kan untuk membuat surat tersebut. Tapi perlu diingat bahwa kalimat di atas hanya untuk contoh saja, tidak harus sama dengan yang diatas tetapi bisa dijadikan pertimbangan.

Dalam menulis surat ini perlu diperhatikan bagaimana bentuk dari surat tersebut. Bentuknya harus formal dan kalimatnya pun demikian. Agar lebih jelas bagaimana suratnya silahkan pelajari contoh format dan draft yang disediakan di bawah ini.

Surat Keterangan Kepemilikan Kendaraan
Format Surat Keterangan Kepemilikan Kendaraan

Dari gambar di atas anda bisa mengetahui bentuk, tata letak dari surat keterangan yang akan anda buat. Di atas kalimatnya sudah tahu dan bentuknya sudah jelas jadi anda bisa dengan mudah membuat surat tersebut di rumah. Jika ada kebutuhan mendesak maka anda bisa menyiapkan sendiri surat di atas dan kemudian tinggal ke kelurahan untuk meminta legalitas.

Ya sudah, jangan lupa setelah mempelajari bagaimana membuat surat keterangan kendaraan tersebut anda bisa mencoba membuat atau mengetik sendiri di rumah. Dengan begitu apa yang sudah dibaca akan mudah diingat. Mudah-mudahan pembahasan tersebut bermanfaat bagi semua, sampai disini salam hangat dari kami.