Panduan Langkah Cara Membuat Surat Resmi

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Cara Membuat Surat Resmi - Membuat surat itu tidak gampang bahkan untuk surat pribadi sekalipun apalagi surat resmi kita harus tahu aturannya dan langkah-langkah dalam menyusunnya. Semua orang tahu surat tetapi tidak semua orang tahu bagaimana cara membuat surat yang benar. Untuk alasan itulah penulis akan menuturkan beberapa informasi penting berkaitan dengan hal tersebut.

Mulai dari ketika masih kecil, kita sudah mengenal yang namanya surat, yaitu saat kita membuat surat cinta pada masa-masa puber dulu. Lanjut ke beberapa jenjang pendidikan kita pun diajarkan mengenai materi surat-menyurat di sekolah khususnya pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Bahkan sampai perguruan tinggi dan lulus kita masih belajar juga.

Namun pada kenyataanya, saat berada di dunia kerja dimana kita dituntut untuk bisa mengaplikasikan semua ilmu yang didapat, kita cenderung lupa, bingung bahkan tidak tahu bagaimana membuat surat resmi yang baik. Karena itulah, mengingat pentingnya masalah ini sudah banyak sekali literatur yang memberikan bahan dan referensi bagi kita yang membutuhkan panduan dalam menyusun surat tersebut.

Karena website ini bertema tentang surat maka tidak heran jika ada pembahasan mengenai Cara Membuat Surat Resmi yang disertai contohnya sekaligus. Jika anda sampai disini dengan alasan tersebut yaitu untuk belajar surat maka anda bisa mendapatkan semua yang anda butuhkan dengan membaca berbagai artikel yang ada.

Pengertian dan Contoh Surat Resmi 

Sebelum lebih jauh berbicara mengenai penyusunan akan lebih baik jika kita ingat lagi apa definisi surat resmi. Jika anda lupa, surat resmi adalah surat yang dibuat oleh suatu organisasi, lembaga, atau instansi tertentu dan ditujukan untuk organisasi, lembaga maupun instansi tertentu lainnya serta keberadaan organisasi, lembaga dan instansi tersebut telah sah di mata hukum.

Tidak seperti surat tak resmi, surat ini memiliki ciri khusus pada masing-masing bagian yang ada. Bagian-bagian tersebut juga merupakan syarat sebuah surat bisa dikatakan menjadi surat resmi. Lalu apa saja bagian surat resmi, berikut Bagian-bagian Surat Resmi tersebut.
1. Kop ( Kepala Surat ) 
2. Nomor, Perihal dan tanggal 
3. Alamat Surat 
4. Salam Pembuka 
5. Isi surat 
6. Penutup 
7. Identitas Pengirim

Dengan adanya bagian-bagian di atas tentu saja kita akan lebih mudah dalam membedakan surat resmi dengan surat tak resmi atau pribadi. Perbedaan Surat Resmi dan Surat Pribadi yaitu:
a. Terdapat Kop ( Kepala Surat ) 
b. Terikat pada penggunaan bahasa yang baku

Panduan Langkah Cara Membuat Surat Resmi

Untuk sekedar gambaran mengenai hal-hal yang telah dijelaskan di atas ada baiknya anda melihat dan mempelajari beberapa contoh surat resmi yang sudah disiapkan di bawah ini. Contoh surat resmi tersebut yaitu sebagai berikut:
1. Contoh surat lamaran
2. Contoh surat keterangan
3. Contoh surat kuasa
4. Contoh format surat
5. Format surat lekuk
6. cara membuat surat resmi yang benar
7. tata cara penulisan surat resmi
8. cara membuat surat resmi di microsoft word 2007
9. cara menulis surat formal
10. contoh format surat resmi
11. cara membuat surat resmi bahasa inggris
12. cara membuat surat resmi di microsoft word
13. lowongan cara membuat surat resmi dengan komputer

Panduan Cara Membuat Surat Resmi

Bagaimanakah langkah membuat surat resmi? Dalam menyusun surat ini tentu kita harus berpedoman pada aturan-aturan yang berlaku secara resmi. Untuk itu kita harus berpedoman pada masing-masing bagian surat yang telah disebutkan di atas. Setiap bagian harus memenuhi standar dan aturan masing-masing bagian tersebut.

Standar, aturan pada bagian-bagian surat yang kita tulis harus memenuhi unsur-unsur yang telah ditetapkan baik itu dari segi tujuan, isi, bentuk penulisan dan juga unsur kebahasaan. Jika anda masih belum yakin bagaimana menyusunnya, cara membuat surat resmi yaitu dengan mengikuti segala aturan pada bagian surat resmi. Untuk mempermudah dalam membuat surat resmi yang baik dan benar, saya akan membahas masing-masing fungsi yang terdapat dalam bagian-bagian surat resmi, penjelasan lengkapnya bisa anda baca sebagai berikut.

Kepala Surat 
Berfungsi untuk mempermudah penerima surat mengetahui nama dan alamat pengirim. Selain itu juga berfungsi untuk menunjukkan keresmian sebuah surat. Kepala surat (kop surat) berisi berbagai informasi penting dari si pengirim yaitu:
1. Nama
2. Alamat lengkap
3. Nomor kontak

Informasi-informasi tersebut disusun sedemikian rupa sehingga memenuhi standar baku yang diakui. Untuk penjelasan lebih rinci beserta contohnya anda bisa membaca artikel contoh kop surat resmi.

Nomor, Perihal dan Tanggal
Nomor surat - digunakan untuk mengetahui urutan surat yang telah dikeluarkan, kode surat merupakan klasifikasi masalah yang disampaikan, Tahun digunakan untuk mengetahui tahun pembuatan surat. Perihal - Berfungsi untuk mengetahui isi pokok masalah, tanpa harus membaca keseluruhan isi surat.

Tanggal - Untuk mengetahui kapan surat tersebut dikirim bukan dibuat, selain itu juga sebagai petunjuk dalam pengarsipan surat. Jika anda memerlukan informasi lebih jauh mengenai bagian surat ini anda bisa membaca artikel tentang contoh nomor, perihal dan tanggal surat.

Alamat
Alamat surat terdiri dari dua macam, yaitu alamat dalam yang ditulis pada kertas surat dan alamat surat yang ditulis pada sampul surat. Adapun fungsi alamat surat antara lain : 
a. Sebagai alamat petunjuk langsung bagi penerima surat 
b. Petunjuk arsip dalam menyimpan surat 
c. Mempermudah petugas pos 
d. Sebagai alamat luar jika menggunakan sampul berjeda 

Salam Pembuka
Digunakan sebagai kesatuan berbahasa secara tertulis.

Isi Surat
Dalam membuat isi surat resmi, penggunaan bahasa sangat perlu diperhatikan agar mendapat simpati dari penerima surat. Adapun ketentuan penulisan sbb:
a. Jelas, singkat dan padat
b. Mengikuti tata bahasa yang berlaku dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca
c. Menggunakan gaya bahasa yang santun, luwes, lugas dan menarik

Penutup
Salam penutup dapat digunakan untuk menunjukkan rasa hormat dan keakraban.

Panduan Langkah Cara Membuat Surat Resmi

Dengan adanya Panduan Langkah Cara Membuat Surat Resmi ini diharapkan anda tidak akan bingung lagi dalam menyusun berbagai surat yang dibutuhkan. Setelah mengetahui berbagai aturan isi dalam sebuah surat resmi sekarang anda tinggal belajar dan menerapkan tata penulisan (Format) surat resmi yang digunakan sebagai standar baku penulisan.

Jika anda masih bingung anda bisa langsung mempelajari berbagai contoh yang sudah disiapkan di bagian atas, atau anda bisa mencari contoh surat yang dikehendaki di bagian akhir tulisan ini. Itu saja, semoga artikel Cara Membuat Surat Resmi ini bisa bermanfaat bagi semua.