Contoh Surat Pernyataan Pinjaman Uang

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Contoh Surat Pernyataan Pinjaman Uang - Surat kali ini akan berkaitan dengan pinjam meminjam yaitu yang isinya berupa pernyataan peminjaman uang. Sudah tahu kan surat apa namanya. Ya, baiklah langsung saja kita kupas lebih dalam mengenai surat yang satu ini. 

Dalam kehidupan kita sering terjadi kebutuhan yang memaksa kita untuk meminjam uang baik kepada pihak pribadi maupun lembaga tertentu. Dalam hal peminjaman uang tersebut kita terkadang membutuhkan suatu surat pernyataan yang akan digunakan sebagai acuan atas proses peminjaman tersebut. Dalam hal ini kita harus membuat Surat Pernyataan Pinjaman Uang. Seperti apakah surat ini, mari kita kupas satu per satu.

Pertama yang akan kita bicarakan adalah bentuk surat, dari segi bentuk surat ini jelas surat formal yang sesuai dengan format umum surat pernyataan. Terdiri dari beberapa bagian surat yaitu kepala surat (judul) kemudian nomor dan lampiran surat serta tanggal, isi surat dan bagian terakhir penutup. 

Untuk bagian judul jelas sekali yaitu surat pernyataan, tanggal nomor dan lampiran surat bisa disesuaikan. Kemudian bagian selanjutnya yaitu isi akan terdiri dari beberapa point penting yang harus ada yaitu antara lain sebagai berikut:
1. Data pembuat pernyataan
2. Statement pernyataan
3. Perjanjian atau syarat-syarat

Data pembuat tentu di isi dengan data si pembuat pernyataan yaitu sesuai dengan kartu tanda pengenal secara lengkap dan jelas. Statement pernyataan  peminjaman dibuat sejelas mungkin dengan mencantumkan pemilik uang yang akan dipinjami, jumlah pinjaman, lama pinjaman atau pengembalian, cara pengembalian, kesepakatan atau perjanjian, dan juga jaminan.

Pada bagian akhir Surat Pernyataan Pinjaman Uang tentu ditanda tangani oleh kedua belah pihak yaitu yang menerima dan yang menyerahkan pinjaman lengkap dengan saksi dan di atas materai. Itulah sedikit gambaran mengenai isi pernyataan peminjaman uang. 

Selanjutnya untuk format atau bentuknya bisa mengacu kepada kaidah penulisan formal yang ada. Supaya lebih jelas anda bisa melihat contoh draft Surat Pernyataan Pinjaman Uang yang akan disertakan di bagian bawah penjelasan ini. 



SURAT PENYATAAN


No.      : .............................                                                     .........................,.....................
Lamp. : .............................


Saya, yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                           : …………………………………………
Tempat / Tgl. Lahir       : …………………………………………
Alamat                         : .……………………… RT. …. RW ….
                                      …………………………………………
No. KTP                      : …………………………………………
Pekerjaan                     : …………………………………………

Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa Pada Hari ini ……………………. Tanggal …… Bulan ……………… Tahun ...… saya meminjam uang sejumlah Rp. ………………. Kepada .................................. yang beralamat di .................................

Sesuai Pinjaman Bunga …… %    /         bulan. Atau sejumlah Rp. ……………………..

Adapun cara pengembaliannya dengan mencicil sebanyak : ……….. x …………………..
Atau ……………. Hari …………….. Lunas. Terhitung dari tanggal ……………………,

Dan sebagai jaminannya :
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………

Apabila saya terlambat dalam waktu yang ditentukan ……………….., maka jaminan yang saya titip ke Pihak Peminjam ini mutlak menjadi Hak Milik Peminjam, dan apabila saya memindahtangankan jaminan tersebut. Saya bersedia membayar denda 2x lipat dari jumlah pinjaman.

Demikianlah Surat Pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada paksaan dari Pihak manapun juga dalam keadaan sehat jasmani dan rohani dan dapat dipertanggungjawabkan

        
Yang Menyerahkan                                                            Yang Menerima
        Pinjaman                                                                         Pinjaman,




( .............................. )                                                  ( .............................. )

Saksi Pihak,




                                         ( .............................. )               ( .............................. )


Demikianlah pembahasan singkat kita kali ini,  mudah-mudahan Contoh Surat Pernyataan Pinjaman Uang tersebut dapat bermanfaat sebagai referensi bagi kita semua yang membutuhkan. Untuk contoh surat lain yang berkaitan dengan peminjaman uang bisa anda baca di bagian bawah, Administrasi, Contoh Surat, Form, surat .