Contoh Surat Pernyataan Suami Istri

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Contoh Surat Pernyataan Suami Istri – kalau yang satu ini sebenarnya fungsinya hampir sama dengan keterangan suami istri. Bedanya, keterangan suami istri dibuat oleh kelurahan sedangkan pernyataan ini dibuat sendiri oleh yang bersangkutan. Isinya hampir sama yaitu yang keterangan adalah menerangkan dua orang yang sudah menikah sedangkan yang ini menyatakan bahwa seseorang adalah suami/istri dari.

Karena merupakan pernyataan maka dalam surat ini yang bersangkutan sendiri yang akan membuat pernyataan. Pernyataan ini dibuat dengan rapi dengan diketik menggunakan komputer serta ditandatangani yang bersangkutan di atas materai berkekuatan cukup. Jadi pernyataan ini jika tidak benar tentu saja bisa dituntut secara hukum yang berlaku.

Bagaimana caranya untuk membuat surat pernyataan tersebut, apakah sulit atau tidak? Untuk membuat surat ini pertama-tama tentu kita harus tahu lebih dulu bagaimana bentuk atau format suratnya. Kalau tidak tahu maka sudah pasti akan kesulitan dalam mengetik surat tersebut. Lalu, bagaimana jika kita benar-benar belum pernah membuat surat seperti ini?

Pada dasarnya membuat surat pernyataan, pernyataan apapun itu, tidaklah sulit. Karena isi dari surat tersebut hanya berupa pernyataan anda atas apa yang akan dinyatakan dalam hal ini merupakan suami/istri dari seseorang.

Dari sini maka ada dua data atau informasi yang harus anda siapkan yaitu data diri anda sendiri dan data diri pasangan anda. Data diri yang disiapkan untuk ditulis dalam surat tersebut bisa berupa data yang ada dalam kartu tanda penduduk (KTP), yaitu antara lain sebagai berikut!

1) Nama yang bersangkutan
2) Tempat tanggal lahir
3) No identitas KTP
4) Alamat yang bersangkutan

Lalu bagaimana dengan isi surat tersebut, kalimatnya bagaimana? Bagaimana dengan bahasa yang digunakan? Untuk isi suratnya anda bisa melihat contoh kalimat dari awal surat sampai akhir seperti yang ada di bawah ini.

Saya yang bertanda tangan di bawah ini: (diikuti dengan nama, tempat, tanggal lahir, No. KTP, alamat). Dalam hal ini bertindak sebagai Istri yang sah MENYATAKAN bahwa, Nama: ………., Tempat tanggal lahir: ………., Alamat: ……….. Anak ke …. (……….) dari …. (……….) bersaudara, dari Pasangan ………. bin ………. dan ………. binti  ………. adalah Benar Suami Saya yang Sah. Sesuai dengan Kutipan Akta Nikah Nomor: ………. sebagaimana tercatat pada Kantor Urusan Agama Kecamatan ………., Kabupaten ………., ……….……….. Dan di karuniai …. (……….) anak yang bernama ……….  (… tahun), ………. (… tahun).

Surat Pernyataan ini saya pergunakan untuk pengurusan Akta Kematian Suami saya, yang meninggal di RSU ……….………., Tanggal ……….……….. NIK Jenazah: …………… Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya untuk dapat di gunakan sebagaimana mestinya.
Dua paragraf di atas adalah contoh kata-kata atau kalimat dalam surat pernyataan yang akan anda buat. Tidak harus sama dengan yang ada di atas namun anda bisa menggunakannya sebagai referensi tambahan. Selanjutnya anda hanya harus tahu bagaimana bentuk penulisan dari surat tersebut. Untuk bentuknya, agar lebih jelas silahkan lihat gambar surat berikut ini.

Surat Pernyataan Suami Istri
Contoh Format Surat Pernyataan Suami Istri

Bagaimana, jelas bukan bentuk dari surat pernyataan tersebut? Dengan melihat gambar di atas maka sudah jelas bagaimana cara membuat surat pernyataan yang akan anda butuhkan. Selanjutnya anda tinggal menyiapkan data-data yang dibutuhkan. Jangan lupa juga untuk menyiapkan materai secukupnya.

Untuk materai yang biasa digunakan adalah materai enam ribu yang memiliki kekuatan hukum yang cukup. Tinggal anda ketik suratnya seperti contoh di atas lalu ditempel materai dan ditandatangani.

Demikianlah bagaimana dalam membuat pernyataan untuk kebutuhan yang anda miliki. Jangan lupa silahkan lihat juga beberapa contoh bentuk-bentuk surat pernyataan lain yang sudah disiapkan dibagian bawah. Itu saja, semoga pembahasan ini bermanfaat bagi anda semua, salam hangat dari kami.