Contoh Surat Keterangan Pindah Tempat Tinggal

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Contoh Surat Keterangan Pindah – akan menjadi surat berikutnya yang akan kita pelajari. Surat ini juga merupakan salah satu surat yang dikeluarkan oleh kelurahan atau kampung. Apa kegunaannya, bagaimana cara mengurus atau membuat surat tersebut? Semua informasi tersebut akan kita ulas lebih jelas dalam uraian tentang format contoh surat kali ini.

Sebelum lebih jauh, akan lebih baik jika kita pahami dulu apa pengertian surat keterangan tersebut. Surat keterangan pindah adalah surat yang isinya menerangkan bahwa seseorang atau beberapa orang telah pindah tempat tinggal atau sudah tidak berdomisili lagi di alamat sebelumnya.

Dalam surat ini diterangkan siapa orang yang bersangkutan, dimana alamat asalnya dan dimana dia pindah atau menetap saat ini. Surat ini biasanya digunakan untuk mengurus dokumen kependudukan di tempat tinggal yang baru. Jadi dari situ sudah jelas siapa yang membutuhkan surat ini dan apa fungsi atau tujuan surat tersebut.

Surat ini pada umumnya dikeluarkan oleh pihak kampung atau desa atau kelurahan dalam hal ini kepala kampung atau bapak lurah. Jadi, bagi anda yang membutuhkan surat ini maka anda tinggal meminta surat tersebut ke perangkat kampung di alamat tempat tinggal anda. Surat ini nantinya akan anda bawa ke alamat baru atau tempat tinggal baru anda.

Jadi sebenarnya jika anda hanya membutuhkan surat ini maka tidak perlu repot-repot belajar membuatnya sendiri. Anda tinggal mengurusnya di kantor kelurahan dan menyiapkan adminstrasi yang dibutuhkan.

Bagi rekan pelajar yang mungkin sedang belajar surat menyurat bisa belajar membuat surat ini dengan mengikuti beberapa penjelasan yang akan diberikan. Ya, pada dasarnya untuk membuat surat ini tidak sulit, sama mudahnya dengan membuat jenis surat lainnya. Yang terpenting adalah anda tahu apa fungsi dan tujuan dari surat tersebut.

Yang perlu diingat adalah bahwa surat ini adalah surat resmi atau formal. Jadi bentuk surat atau format surat dan juga bahasa yang digunakan pun harus formal. Ditulis rapi dengan mesin tik manual atau menggunakan komputer serta menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Untuk gambaran isi kalimatnya silahkan perhatikan contoh berikut.

Yang  bertanda tangan dibawah ini Kepala Kampung ……… Kecamatan ……… Kabupaten ………… dengan ini menerangkan bahwa:

1. Nama, NIK, Tempat Tanggal Lahir, Pekerjaan, Status Perkawinan, Alamat
2. Nama, NIK, Tempat Tanggal Lahir, Pekerjaan, Status Perkawinan, Alamat

Nama tersebut di atas adalah benar warga Kampung ………… Kecamatan ………… Kabupaten ………… yang saat ini sudah pindah domisili di Kelurahan ………… Kecamatan ………… , Kabupaten …………
Untuk itu kami memohon kepada pamong / pejabat setempat untuk dapat memberikan izin dan memberikan pelayanan administrasi kependudukan kepada warga kami untuk berdomisili di alamat tersebut.

Demikian surat keterangan pindah ini dibuat dengan sebenar-benarnya dan untuk dapat dipergunakan sebagai mana mestinya.

Itu tadi hanya contoh isi kalimatnya ya, untuk penulisannya tentu harus disesuaikan dengan format penulisan yang baku sesuai ketentuan yang ada. Misalnya untuk poin 1 dan 2 yang berisi data pemohon tentu penulisannya tidak demikian melainkan ditulis seperti layaknya data pada surat keterangan pada umumnya. Agar lebih jelas perhatikan bentuk suratnya berikut!

Surat Keterangan Pindah
Contoh Redaksi Surat Keterangan Pindah Domisili

Nah, dari gambar di atas sekarang baru terlihat lebih jelas bagaimana bentuk dari surat ketereangan pindah tersebut. Untuk keterangan ini sendiri ada yang jenisnya pindah sementara dan ada juga yang pindah domisili. 

Tapi perlu diingat, bahan yang ada di atas sifatnya hanya contoh saja dan bukan bentuk yang wajib diikuti. Anda bisa menggunakan contoh di atas sebagai pertimbangan saja, untuk bentuk dan susunan surat yang sesuai tentu anda bisa melihat contoh yang biasa di gunakan di lokasi tempat tinggal anda. Itu saja, silahkan lanjut ke beberapa surat lainnya di bagian bawah.