Contoh Surat Izin Tempat Usaha (SITU)

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Contoh Surat Izin Tempat Usaha (SITU) - Yang akan kita bahas kali ini adalah sebuah kebutuhan khusus untuk kalangan pelaku usaha yang akan memulai sebuah usaha baru. Kebutuhan tersebut yaitu surat izin tempat usaha atau yang sering dikenal dengan sebutan SITU.

Jadi, dari namanya sudah jelas bahwa untuk urusan usaha baru yang akan didirikan maka kita akan membutuhkan izin tersebut. Kali ini kita akan mempelajari jenis surat ini secara lengkap mulai dari bentuk atau formatnya bagaimana, cara penulisan dan lain sebagainya. 

Saya ingat, beberapa hari lalu ada rekan yang curhat katanya sedang membutuhkan situ perdagangan, mungkin yang dimaksud adalah surat izin tempat usaha di bidang perdagangan.

Dari curhatan tersebut akhirnya timbullah ide untuk membahas mengenai surat tersebut. Hal ini mengingat banyak yang masih belum begitu tahu mengenai jenis surat yang dibutuhkan untuk memulai sebuah usaha ini. Tapi sebelum itu mari kita lihat beberapa pembahasan sebelumnya yaitu mengenai:

1) Contoh surat izin tempat usaha perdagangan
2) Contoh surat permohonan izin tempat usaha
3) Contoh surat izin tempat usaha ebook download
4) Lowongan contoh surat izin tempat usaha
5) Contoh format surat izin tempat usaha
6) Pengertian surat izin tempat usaha
7) Persyaratan surat izin tempat usaha
8) Arti surat izin tempat usaha

Kalau di lihat dari judulnya maka surat izin tempat usaha adalah surat yang berisi izin untuk tempat usaha yang akan digunakan oleh seseorang. Izin ini nantinya akan digunakan sebagai dasar dalam menjalankan segala aktivitas usaha yang kita miliki. 

A. Gambaran Isi Surat Izin Tempat Usaha

Di dalam surat izin ini sebenarnya tidak banyak informasi yang ditulis. Yang jelas sesuai dengan namanya maka informasi atau isi yang ada dalam surat tersebut semuanya berkaitan dengan tempat usaha yang diberi izin.

Isi pada bagian pertama tentunya adalah kop atau kepala surat dimana kop ini berisi informasi instansi yang mengeluarkan surat tersebut.

Berikutnya adalah informasi tentang usaha yang akan didirikan. Dalam hal ini, pejabat berwenang akan memberikan ijin usaha kepada usaha yang akan dijalankan tersebut yang detail nya meliputi beberapa informasi di bawah ini.

1. Nama toko
2. Alamat
3. Bidang Usaha
4. Nama penanggung jawab
5. Luas ruang usaha
6. Berlaku s/d tanggal

Berikutnya adalah pernyataan pemberian izin, contoh kalimatnya yaitu "Dengan ini memutuskan berdasarkan peraturan Pemerintah Kota .............. tentang Izin Undang-Undang Gangguan dan Izin Tempat Usaha kepada yang berwenang."

Pada bagian berikutnya tentu saja berisi penutup surat yang informasinya terdiri dari tempat ditetapkannya izin, tanggal penetapan izin dan pejabat yang menandatangani atau yang memberikan izin. Bagian ini sama dengan bagian-bagian surat keputusan yang biasa diterbitkan instansi pemerintah. Contoh kalimat bagian tanda tangan tersebut yaitu:

- Ditetapkan di: Jakarta
- Tanggal : 1 Januari 2016
- Kepala Suku Dinas Pelayanan dan Perijinan
- Nama Lengkap
- NIP

B. Contoh Format Surat Izin Tempat Usaha (SITU)

Untuk melengkapi berbagai informasi yang sudah kita bahas di atas maka alangkah baiknya jika kita langsung mempelajari contoh untuk surat izin ini. Dengan mempelajari contohnya maka kita akan lebih tahu bagaimana bentuk, format dan juga susunan dari surat izin tersebut.

Di bawah ini mari kita pelajari contoh draft atau format dari surat izin tersebut. Mudah-mudahan dengan contoh ini kita dapat memiliki gambaran yang lebih jelas mengenai jenis izin yang harus kita dapatkan.

Meski kita tidak perlu membuat sendiri surat ini namun alangkah baiknya jika kita tahu bagaimana bentuk suratnya jadi jika sewaktu-waktu kita butuh kita bisa menyiapkannya sendiri dan tinggal meminta pengesahan kepada pihak terkait. Berikut contoh format atau draft surat izin tersebut.


Demikianlah sedikit ulasan kita kali ini tentang Contoh Surat Izin Tempat Usaha (SITU). Semoga dengan adanya pembahasan ini maka kita lebih paham lagi dengan jenis surat izin tersebut.


Jangan lupa, untuk melengkapi pembahasan ini baiknya kita baca juga beberapa pembahasan surat izin lainnya di bagian akhir tulisan ini. Catat alamat situs ini untuk mendapatkan contoh lainnya, silahkan sering-sering berkunjung agar tidak ketinggalan artikel terbaru.