Contoh Format Surat Kuasa Penjualan Tanah

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Contoh Format Surat Kuasa Penjualan Tanah - Yang akan kita bahas disini adalah sebuah surat yang keberadaannya sangat penting dan banyak juga dibutuhkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Surat ini adalah surat kuasa khususnya kuasa untuk menjual sebidang tanah.

Kenapa harus ada surat seperti ini. Ya, anda yang ingin menjual tanah anda tetapi berhalangan maka anda bisa memberikan surat kuasa kepada keluarga dengan membuat surat kuasa penjualan tanah. Surat ini merupakan surat yang mempunyai kekuatan hukum dan dibuat dengan benar ditanda tangani di atas materai.

Bagaimana bentuk suratnya, dan bagaimana isi di dalamnya? Untuk yang belum pernah membuat maka perlu belajar dan mencari contohnya terlebih dahulu. Anda tidak perlu khawatir, akan dijelaskan detail mengenai surat ini mulai dari pengertian sampai contohnya sekaligus. Ingin tahu lebih jelas?

Surat kuasa penjualan tanah adalah surat kuasa yang diberikan kepada seseorang dengan tujuan untuk menjual sebidang tanah hal milik. Surat ini dibuat dengan bahasa baku dan tatanan penulisan yang sesuai dengan surat resmi. Karena sifatnya yang penting maka identitas yang ditulis di dalam surat tersebut hendaknya benar dan jelas.

Surat ini merupakan pelimpahan wewenang dari seorang pemilik tanah kepada orang lain yang dipercaya untuk melakukan jual beli atas tanah miliknya. Di dalam surat ini ada beberapa informasi penting yang harus dimuat yaitu antara lain sebagai berikut:
1. Identitas pemberi kuasa (antara lain meliputi nama, ttl, pekerjaan, alamat)
2. Identitas penerima kuasa (antara lain meliputi nama, ttl, pekerjaan, alamat)
3. Pernyataan memberikan kuasa (dari pemilik tanah)
4. Identitas tanah (meliputi nomor dokumen kepemilikan, luas, alamat)

Untuk dapat memenuhi fungsinya dengan baik hendaknya diperhatikan benar beberapa informasi di atas agar benar-benar jelas informasi yang disampaikan dalam surat tersebut. Perlu juga diingat bahwa surat kuasa ini merupakan surat pribadi yang ditanda tangani oleh yang bersangkutan dalam hal ini yaitu pemberi dan penerima kuasa jadi dalam penulisannya tidak membutuhkan kop (kepala surat)

Untuk format penulisannya anda bisa melihat contoh yang akan diberikan di bagian bawah. Jangan lupa, bisa saja antara daerah yang satu dengan lainnya berbeda-beda, anda bisa menyesuaikan bentuk suratnya sesuai kebutuhan anda. Lebih jelas mengenai Format Surat Kuasa Penjualan Tanah tersebut dapat anda lihat pada contoh.

SURAT KUASA
Yang bertandatangan di bawah ini:

Nama                           :  Jiki Tingkir
Tempat/tanggal lahir      : Jakarta, 5 Februari 1976
Pekerjaan                     : Ibu Rumah Tangga       
Alamat                         :  Jl. Kali Pasir Ujung No. 77
                                       Ungaran – Semarang
                                       Jawa Tengah       

Dengan ini memberi kuasa penuh kepada:

Nama                           : Dian Raharajo          
Tempat/tanggal lahir      : Semarang, 8 April 1971
Pekerjaan                     :  Karyawan PT. Boga Sejati 
Alamat                         : Jl. Cempaka Warna RT. 009/RW.004
                                       Cempaka Putih Tengah
                                       Jakarta Pusat
         
Untuk menjual tanah kepada Pihak lain dengan harga dan syarat-syarat yang ditetapkan sendiri oleh penerima kuasa atas Sebidang tanah Hak Milik Nomor: 564789 Seluas 500 m2 ( lima ratus meter persegi), yang terletak di Kecamatan Cempaka Putih, Kelurahan Cempaka Putih Timur . 
Demikianlah surat kuasa ini saya buat.

Pemberi Kuasa                                                                       Penerima Kuasa

Materai Rp 6000

(Nama Lengkap)                                                                    (Nama Lengkap) 


Contoh Format Surat Kuasa Penjualan Tanah


Agar anda lebih mantap lagi anda bisa juga melihat beberapa contoh surat kuasa lain yang sebelumnya juga sudah kita bahas bersama. Silahkan pelajari di bagian akhir tulisan ini. Website format contoh surat ini adalah sebuah situs referensi surat menyurat yang lengkap, anda bisa mencatat alamatnya agar lebih mudah dalam mencari berbagai contoh yang sering anda butuhkan.