Contoh Surat Keterangan Janda dari Kelurahan

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Contoh Surat Keterangan Janda dari Kelurahan – bagaimana dengan yang ini, apakah kita sudah pernah membahas surat ini sebelumnya, sepertinya belum ya. Karena masih banyak juga yang belum tahu bagaimana membuat surat ini maka tidak ada salahnya jika kita pelajari lebih lanjut. Lumayan untuk menambah ilmu tentang surat resmi, benar bukan?

Tidak usah dibahas bagaimana pengertian surat keterangan ini. Yang pasti, surat ini adalah surat yang menerangkan status pernikahan seseorang khususnya wanita. Jadi inti suratnya adalah keterangan bahwa seseorang berstatus janda. Keterangan janda ini tidak dibuat sendiri oleh yang bersangkutan melainkan dibuat oleh pejabat pemerintah setingkat kampung.

Karena tidak dibuat sendiri maka anda yang membutuhkan surat ini bisa mengurus surat ini dikantor kampung atau kantor kepala desa. Hanya tinggal membawa data dan uang administrasi yang mungkin dibutuhkan. Nanti disana anda akan dibuatkan keterangan ini sesuai tujuan anda, cukup mudah bukan?

Bagaimana jika ingin membuat sendiri surat ini, apakah bisa? Kalau untuk mengetik atau menulisnya tentu bisa-bisa saja tetapi tetap surat ini disahkan oleh kepala kampung atau kepala desa setingkat. Jadi intinya anda tidak bisa mengeluarkan keterangan untuk diri anda sendiri.

Jika anda ingin menulis sendiri surat ini agar proses pengurusannya lebih cepat maka anda bisa menulisnya berdasarkan contoh yang ada di situs ini. Kami jelaskan sedikit, surat ini bentuknya sama dengan surat resmi lain yaitu terdiri dari kop surat, nomor surat dan seterusnya. Format penulisannya pun sama yaitu menggunakan format surat baku dengan bahasa Indonesia baku yang baik dan benar.

Dalam surat ini setidaknya ada tiga informasi utama yaitu informasi data pemohon, data mantan suami pemohon dan juga keterangan inti mengenai status pemohon. Untuk kalimat yang biasa digunakan dalam surat tersebut contohnya seperti dibawah ini.

Yang bertanda tangan dibawah ini Kepala Kampung ........... Kecamatan ........... Kabupaten ...........  menerangkan:
Nama
Tempat Tanggal Lahir
Pekerjaan
Alamat

Bahwa yang namanya tersebut diatas benar-benar warga Kampung ........... Kecamatan ........... Kabupaten ........... yang telah menjadi Janda setelah ditinggal mati oleh suaminya yang bernama:

Nama
Tempat Tanggal Lahir
Pekerjaan
Alamat
Meninggal pada

Demikian Surat Keterangan ini dibuat atas permintaan nama tersebut di atas dan untuk dapat dipergunakan sebagai mana mestinya.

Di atas adalah bagian isi surat mulai dari pembukaan sampai penutup. Surat ini diberi tempat dan tanggal surat dibagian akhir dan ditandatangani oleh kepala kampung. Jadi untuk membuat surat ini tinggal menulis atau mengetik isi surat di atas sesuai dengan format yang berlaku. Untuk pengetikannya sendiri anda bisa melihat contoh draft yang sudah disiapkan berikut.

Surat Keterangan Janda dari Kelurahan
Contoh Format Surat Keterangan Janda

Ya memang tidak sulit sebenarnya untuk mengetik surat keterangan ini, apalagi anda sudah melihat contohnya di atas. Ingat, di atas hanya sebagai contoh draft kosong saja, anda bisa menyesuaikan datanya jika memang kalimatnya dirasa cukup sesuai.

Dalam kehidupan sehari-hari tentu saja pembuatan surat ini tidak harus sama dengan contoh di atas. Anda bisa menyesuaikan bentuk dan kalimatnya sesuai yang umum digunakan di lingkungan tempat tinggal anda sendiri. Ya sudah, sekarang yang penting kita sudah tahu bagaimana surat keterangan janda tersebut, jadi kalau dibutuhkan tidak bingung membuatnya.