Contoh Surat Pemesanan Barang Perlengkapan Belajar. Kalau sebelumnya saya sudah berbicara juga mengenai surat komplain tentang kerusakan pengiriman barang hari ini kita bahas mengenai surat pemesanan barang dalam hal ini yaitu alat perlengkapan belajar. Bentuk surat pemesanan tersebut sederhana dan pastinya mudah untuk dibuat dengan melihat contoh suratnya.
Untuk melakukan pemesanan yang resmi kita perlu untuk mengirimkan pemesanan barang kepada pihak penjual berdasarkan surat penawaran yang masuk yang nantinya akan ditindaklanjuti.
Sebagai bahan referensi berikut saya langsung sertakan sebuah contoh pemesanan barang yang sederhana yaitu pemesanan alat perlengkapan belajar.
Seperti kita tahu, jenis surat seperti ini banyak dan sering kita butuhkan khususnya untuk kita para siswa sekolah apalagi untuk jurusan perkantoran. Biasanya, untuk contoh surat ini kita juga banyak membutuhkan beberapa contoh serupa misalnya:
Sebagai bahan referensi berikut saya langsung sertakan sebuah contoh pemesanan barang yang sederhana yaitu pemesanan alat perlengkapan belajar.
Seperti kita tahu, jenis surat seperti ini banyak dan sering kita butuhkan khususnya untuk kita para siswa sekolah apalagi untuk jurusan perkantoran. Biasanya, untuk contoh surat ini kita juga banyak membutuhkan beberapa contoh serupa misalnya:
1) Contoh surat permintaan barang
2) Contoh surat pemesanan barang dalam bahasa inggris
3) Contoh surat pemesanan barang dan jasa
4) Contoh surat pemesanan barang 2010
5) Contoh surat pemesanan barang download
6) Contoh surat pemesanan barang full block style
7) Contoh surat pemesanan barang elektronik
8) Contoh surat pemesanan barang elektronik dalam bahasa inggris
Untuk membuat surat ini sebenarnya tidak ada yang sulit apalagi jika kita sudah tahu bagaimana bentuk atau format dari surat tersebut.
Yang perlu diperhatikan adalah kejelasan informasi yang ada dalam surat ini. Kalau masalah bentuk atau format tentu surat ini mengikuti aturan penulisan surat niaga resmi yang sudah banyak diketahui.
Sebagai contoh, bentuk surat ini akan terdiri dari setidaknya tiga bagian surat yaitu pertama ada kop atau kepala surat, kedua ada isi dan penutup.
Yang perlu diperhatikan adalah kejelasan informasi yang ada dalam surat ini. Kalau masalah bentuk atau format tentu surat ini mengikuti aturan penulisan surat niaga resmi yang sudah banyak diketahui.
Sebagai contoh, bentuk surat ini akan terdiri dari setidaknya tiga bagian surat yaitu pertama ada kop atau kepala surat, kedua ada isi dan penutup.
Pada bagian kop surat tentu akan terdiri dari nama lembaga atau perusahaan yang akan melakukan pemesanan yang akan diikuti dengan alamat lengkap dari lembaga atau perusahaan tersebut.
Berikutnya juga akan terdapat tanggal surat, nomor, hal surat dan juga penerima surat. Penerima surat juga akan ditulis lengkap dengan alamatnya.
Berikutnya juga akan terdapat tanggal surat, nomor, hal surat dan juga penerima surat. Penerima surat juga akan ditulis lengkap dengan alamatnya.
Pada bagian isi akan ada detail informasi pemesanan yang dilakukan yaitu meliputi nama barang yang dipesan dan juga jumlah barang yang disimpan.
Pada bagian isi juga akan disertakan informasi mengenai tata cara pembayaran yang akan dilakukan untuk pemesanan tersebut. Terakhir, pemesanan akan ditutup dengan tanda tangan orang yang berwenang yang terdiri dari nama, jabatan dan tanda tangan.
Pada bagian isi juga akan disertakan informasi mengenai tata cara pembayaran yang akan dilakukan untuk pemesanan tersebut. Terakhir, pemesanan akan ditutup dengan tanda tangan orang yang berwenang yang terdiri dari nama, jabatan dan tanda tangan.
Surat pemesanan barang merupakan surat yang akan menjadi rujukan untuk tindakan lanjutan dari pihak pemilik barang. Maka dari itu sangat penting untuk memperhatikan akurasi pesanan yang disampaikan.
Jangan sampai ada salah penulisan atau salah pengetikan untuk barang yang dipesan baik dari nama, jumlah dan lain sebagainya.
Jangan sampai ada salah penulisan atau salah pengetikan untuk barang yang dipesan baik dari nama, jumlah dan lain sebagainya.
Itulah sedikit yang perlu kita perhatikan dalam penulisan surat niaga tersebut. Dengan mempelajari draft dari contoh surat pemesanan barang perlengkapan belajar yang disertakan di atas saya yakin sobat semua kini memiliki gambaran tentang bagaimana surat pemesanan dibuat. Lain waktu akan saya bagikan contoh pemesanan lain yang mungkin juga kita perlukan.
TOKO DONDON PERTIWI
Jalan MELATI No. 88, Bandar Lampung
Nomor : 12/DS /EJ/2015 22 Agustus 2015
Hal :
Pemesanan Alat Perlengkapan Belajar
Yth. Manager PT. Dondon Pertiwi
Jalan Melati no. 88, Bandar Lampung
Dengan hormat,
Menindaklanjuti surat penawaran anda, tanggal 22 Juli 2015, perihal Alat
Perlengkapan Belajar. Dengan ini kami bermaksud memesan :
No.
|
Deskripsi
|
Jumlah Yang Dipesan
|
1.
|
Meja Belajar
|
3 buah
|
2.
|
Lampu
Belajar
|
10 buah
|
Keseluruhan
barang yang kami pesan harap diterima selambat-lambatnya tanggal 31 Agustus
2015.
Pembayaran terhadap
seluruh pesanan kami, akan dilaksanakan 2 hari setelah barang-barang pesanan
seluruhnya kami terima. Sebagai bukti, kami akan mengirimkan fotocopy tanda
bukti pembayaran.
Atas perhatian dan kerjasama yang baik kami ucapkan terima kasih.
Hormat kami,
Manager Toko Dondon Pertiwi
Misikinu
Mudah-mudahan sedikit pembahasan tersebut bisa menjadi bahan belajar bagi kita semua. Perlu diingat bahwa surat di atas hanyalah contoh dan pada kehidupan sehari-hari kita bisa saja kita mendapati bentuk yang sedikit berbeda dengan Contoh Surat Pemesanan Barang Perlengkapan Belajar di atas.
Jangan lupa untuk mencatat alamat blog ini untuk mencari berbagai referensi contoh surat serta draft yang dibutuhkan. Sampai disini, semoga bermanfaat.