Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit - Untuk rekan lulusan Akademi Keperawatan atau bidang lain yang berhubungan dengan kesehatan dan ingin bekerja di rumah sakit, biasanya membutuhkan contoh surat lamaran pekerjaan untuk di kirim ke rumah sakit yang dikehendaki. Kali ini situs format contoh surat akan membahas panjang lebar mengenai jenis surat ini. Yang akan di bahas tentunya mulai dari contoh, bagian-bagian surat, cara membuat surat dan berbagai informasi lain yang kita butuhkan untuk mengajukan lamaran tersebut.

Kalau kita sering menggunakan surat lamaran kerja sebenarnya lamaran di rumah sakit tidak berbeda jauh dengan lamaran untuk posisi jabatan lain di perusahaan atau instansi selain rumah sakit. Yang membedakan surat ini hanya pada nama instansi yang akan kita lamar dan juga posisi yang kita inginkan. Jadi seharusnya tidak ada alasan bagi kita untuk bingung jika hendak menulis lamaran ini. Meski begitu, yang belum pernah membuat Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit ini tentu memerlukan penjelasan yang lebih jelas mengenai bagaimana cara membuat surat tersebut.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit

Surat lamaran jenis ini juga memiliki bentuk yang tidak berbeda dengan surat lamaran pada umumnya. Penulisannya pun tentu menggunakan bahasa baku dengan kaidah penulisan yang sudah ada. Dalam surat ini pertama akan kita berikan informasi mengenai diri kita. Informasi identitas pelamar yang biasa ditulis dalam surat ini yaitu sebagai berikut:
  1. Nama pelamar
  2. Tempat dan tanggal lahir pelamar
  3. Jenis kelamin pelamar
  4. Agama pelamar
  5. Pendidikan terakhir pelamar
  6. Status pelamar
  7. Alamat pelamar

Jadi, setidaknya ada tujuh poin identitas yang bisa kita tuliskan atau sertakan dalam lamaran tersebut yaitu mulai dari nama tempat dan tanggal lahir sampai dengan alamat. Selain itu kita juga bisa mencantumkan nomor handphone jika memang dirasa perlu. Selanjutnya, yang perlu diperhatikan dalam membuat surat ini juga mengenai lampiran yang disertakan. Jika tidak ada persyaratan yang diminta dalam sebuah lowongan pekerjaan maka kita bisa mempertimbangkan lampiran yang biasa disertakan seperti di bawah ini.

1. Curriculum Vitae (CV).
2. Foto Copy KTP
3. Foto Copy Ijazah
4. Foto Copy Transkip Nilai
5. Foto Copy Kartu Kuning
6. Foto Copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian
8. Pas foto terbaru
9. Foto Copy Sertifikat kursus/pelatihan.

Tidak berbeda jauh dengan berbagai lamaran kerja yang lain bukan? Lalu untuk menyusun lamaran tentu biasanya kita membutuhkan contohnya yang bisa kita tiru. Bagaimana dengan contohnya, apakah ada contoh surat lamaran kerja di rumah sakit yang bisa kita pelajari langsung? Ya, tentu saja ada, tidak perlu khawatir, di bagian bawah sudah disiapkan contoh lengkap yang bisa kita pelajari.

Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit

Untuk yang membutuhkan contoh langsung bisa melihat di bagian bawah, contohnya akan disertakan sebagai bahan referensi kita semua. Yang perlu dicermati dalam contoh yang disertakan adalah bahwa kita harus tetap ingat bahwa yang ada tersebut hanya contoh. Bisa saja, pada penerapannya surat tersebut bisa berbeda-beda satu sama lain. 

Yang perlu di ingat adalah bahwa kita harus membuat lamaran dengan format yang resmi baik dari berbagai kalimat yang digunakan maupun bentuk dan penulisannya. Supaya tidak bingung mengenai bentuk, format atau draft yang dibutuhkan maka kita bisa mempelajari contoh yang disertakan. Salah satu contoh yang bisa kita pelajari langsung yaitu seperti di bawah ini. Baca juga surat lamaran pekerjaan lulusan sma.

Kepada Yth :
Kepala Rumah Sakit _____________________
Di tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya lowongan pekerjaan di Rumah Sakit _____________________ yang Bapak/Ibu pimpin, saya bermaksud ingin mengajukan lamaran pekerjaan sebagai _____________________, dimana data-data diri saya adalah sebagai berikut ini:

Nama:
Tempat/Tanggal Lahir:
Jenis Kelamin:
Agama:
No. Telp/HP:
Alamat:
Pendidikan:
IPK:
Pekerjaan yang dilamar:

Berkaitan dengan hal tersebut, bersama surat ini saya sertakan kelengkapan berkas sebagai berikut:

   1. Daftar Nilai (Sebagai Lampiran Ijazah: _____________)
   2. Pas foto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 3 lembar.
   3. CV (Daftar Riwayat Hidup)

Demikian permohonan ini saya buat, selanjutnya besar harapan saya untuk dapat diangkat menjadi Tenaga _____________________ di rumah sakit _____________________. Bila dibutuhkan informasi lebih lanjut, saya bersedia dipanggil untuk wawancara maupun melakukan tes. Atas perhatian dan kesempatan yang Bapak/Ibu berikan saya sampaikan terima kasih.
                                                                                 
Hormat Saya,

__________

Selain contoh tersebut di atas telah disiapkan juga contoh lain yang bisa kita pelajari. Contoh berikut berbeda dengan yang di atas karena bentuknya berupa gambar surat jadi tidak dapat disalin untuk di edit. Apa beda contoh yang kedua ini, mari kita pelajari langsung di bawah ini.

Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit

Dengan adanya contoh gambar di atas maka berakhirlah pembahasan kita mengenai Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit kali ini. Semoga saja dengan adanya pembahasan mengenai contoh surat kali ini bisa menambah referensi belajar kita semua. Untuk contoh lain bisa dilihat langsung di bagian akhir tulisan ini. Sekian, semoga bermanfaat dan terima kasih!