Kumpulan Contoh Surat Resmi Terlengkap

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Menggunakan contoh surat resmi untuk mempelajari berbagai jenis surat biasanya akan lebih mudah dilakukan. Contoh - contoh tersebut akan memberikan gambaran lebih jelas mengenai berbagai teori yang sudah dipelajari.

Maka dari itu ketika kita belajar surat menyurat kita tidak bisa lepas dari berbagai macam surat resmi tersebut.

Kaitannya dengan teori, penting bagi kita untuk mengetahui langsung bagaimana bentuk dan susunan dari surat yang sedang kita pelajari.

Kita juga bisa mengamati berbagai elemen atau bagian surat yang ada pada surat resmi tersebut. Bukan hanya itu, dengan memperhatikan dan mengamatinya lebih dekat maka kita bisa mempelajari juga bagaimana susunan kata dan kalimat yang biasa digunakan.

Jadi, bisa dikatakan mempelajari berbagai contoh surat seperti ini sangat penting dan sangat bermanfaat untuk membantu kita dalam memahami berbagai macam surat tersebut.

Maka dari itu pada kesempatan ini kita akan membahas secara lengkap mengenai berbagai koleksi contoh surat yang sebelumnya telah kita bahas bersama.

Pembahasan kali ini tidak untuk memperpanjang teori tentang pengertian surat resmi atau yang lainnya. Pembahasan ini akan menitikberatkan pada berbagai ulasan ringkas mengenai contoh - contoh yang sebelumnya telah kita pelajari bersama. Jadi, masalah teori atau materi bisa dipelajari di pembahasan terpisah yang sudah ada.

Cara membuat surat resmi
Di atas telah dijelaskan bahwa kita tidak akan membahas masalah teori atau materi di sini. Namun begitu, bagi yang belum begitu jelas atau yang belum mempelajari lebih jauh mengenai materi ini bisa mulai dengan mempelajari pengertian dan bagian-bagian surat resmi.

Pembahasan mengenai berbagai materi atau teori tentang surat ini telah kita bahas sebelumnya. Bagi yang ingin mempelajarinya terlebih dahulu bisa langsung membacanya pada tautan di atas yaitu mengenai cara membuat surat resmi. Di sana telah dijelaskan panjang lebar mengenai materi ini dengan jelas dan bahasa yang mudah.

Jadi, tidak perlu bingung lagi untuk mencari berbagai referensi yang dibutuhkan. Silahkan terlebih dahulu mempelajari pembahasan di atas jika dibutuhkan.

Setelah itu jika sudah selesai bisa langsung cek berbagai koleksi contoh yang sudah disiapkan dibagian pembahasan ini secara khusus.

Koleksi contoh surat resmi
Surat resmi adalah surat yang resmi - ya jelaslah - yang dikeluarkan oleh instansi atau lembaga tertentu. Surat ini memiliki bentuk yang baku dan menggunakan bahasa yang baku pula. Ada banyak contoh surat resmi mulai dari undangan, pemberitahuan, dan berbagai surat lainnya.

Untuk contohnya sudah banyak diberikan, bisa dilihat langsung pada kategori surat resmi di bagian kanan situs. Beberapa contoh tersebut diantaranya terdiri dari beberapa surat berikut.

1) Contoh surat pribadi
2) Contoh surat resmi sekolah
3) Contoh surat resmi perusahaan
4) Contoh surat resmi dinas
5) Contoh surat resmi yang benar
6) Contoh surat tidak resmi
7) Contoh surat resmi osis
8) Contoh surat resmi dalam bahasa inggris

Supaya tidak terlalu repot mencari contoh yang dibutuhkan di bawah ini juga sudah disiapkan sebuah contoh yang bisa langsung kita amati.

Contoh berikut adalah sebuah contoh surat pemberitahuan resmi dari sekolah atas sebuah acara yang akan dilaksanakan. Jelasnya mari kita pelajari langsung surat tersebut di bawah ini.

PEMERINTAH KABUPATEN ASALAN
DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI 1 KEBABLASAN
Jl. Raya Pucuk Hijau Kecamatan Kebablasan Asalan Telp. 213443164

Asalan, Desember 2015

No                   : 070/SKB/12/2015
Lampiran         : –
Perihal             : Pemberitahuan


Yth. Orang tua / Wali Murid
Kelas XII SMA Negeri 1 Kebablasan
Di
Tempat


Dengan hormat,
Dalam rangka meningkatkan pengetahuan para siswa siswi SMAN 1 Kebablasan khususnya kelas XIII. Maka melalui surat ini kami selaku badan pendidikan sekolah, bermaksud mengadakan studi lapangan bagi siswa siswi baik kelas IPA di luar sekolah.

Adapun acara tersebut akan kami laksanakan pada :

Hari/Tanggal               : Senin, 20 September 2014
Pukul                           : 08.00 s.d. 13.00 WIB
Tempat                        : Kebablasan
Acara                           : Penelitian Flora Langka

Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan, atas segala perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih. 
  

Kepala Sekolah
SMAN 1 Kebablasan



Bambang Worowiri, S.Pd.


Di atas hanya sebuah contoh, identitas sekolah atau data sekolah yang digunakan juga hanya untuk kepentingan ilustrasi saja. Dari surat tersebut maka setidaknya kita bisa tahu bagaimana bentuk dan susunan dari sebuah surat resmi.

Jika dilihat, surat resmi (formal) tentu berbeda dengan surat tidak resmi atau non-formal. Surat ini menggunakan bentuk yang sudah baku dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Bisa kita lihat, dalam surat resmi terdapat kepala surat atau kop surat. Surat resmi juga memuat tanggal dan tempat yang jelas.

Selain itu dalam surat resmi ditulis juga nomor surat, perihal dan juga lampiran yang disertakan. Sedangkan dibagian akhir ditutup dengan nama instansi dan nama pengirimnya dengan jelas.

Untuk isi tidak jauh berbeda dengan surat-surat yang biasa kita lihat. Isinya terdiri dari pembukaan, isi atau inti dan penutup.

Isi suratnya secara keseluruhan di tulis dengan bahasa yang baku yang jelas, runut dan efektif. Mengenai bentuk dalam dokumen atau kertas yang sudah dicetak bisa dilihat pada gambar contoh surat di bawah ini.

Kumpulan Contoh Surat Resmi Terlengkap
Contoh Surat Resmi

Demikianlah tadi pembahasan kita mengenai berbagai contoh - contoh surat resmi yang bisa dipelajari di situs ini.

Selain contoh yang ada di atas, bagi yang membutuhkan contoh lain silahkan pilih contoh yang dibutuhkan melalui kategori surat resmi di bagian kanan situs.


Atau bisa juga melihat beberapa contoh lain yang sudah disediakan diakhir pembasan. Itu saja, semoga bermanfaat. Silahkan lanjut dengan berbagai surat lain yang sudah dipersiapkan dibagian akhir pembahasan.